Tampilkan di aplikasi

Buku Sepilar Publishing hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Andai Aku Menjadi Remaja Hafizhah

Senarai Kisah Haru Keluarga, Kegelisahan Remaja Mencari Jati Diri, Memahami Makna Cinta, dan Meraih Cita-Cita

1 Pembaca
Rp 50.000 10%
Rp 45.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 135.000 13%
Rp 39.000 /orang
Rp 117.000

5 Pembaca
Rp 225.000 20%
Rp 36.000 /orang
Rp 180.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Buku yang ada di tangan Anda ini adalah kumpulan cerpen pelajar-santri PPTP Darul Quran The Islamic Boarding School Kota Mojokerto. Buku ini kaya dengan genre tulisan, mulai dari petualangan, cerita rakyat, misteri, kisah seputar kehidupan santri, keluarga, persahabatan, sampai romance jenaka. Buku ini sangat penting sebagai ikhtiar menumbuhkan budaya menulis sejak dini.

Kisah yang disajikan pun unik, kocak, polos, apa adanya, dan khas dunia remaja. Namun, buku ini berbeda dari buku yang lain karena ditulis oleh pelajar sekaligus santri yang setiap hari disibukkan dengan pelajaran sekolah dan pelajaran pondok, serta setoran dan muraja'ah hafalan al-Quran. Jadi, wajar jika sebagian besar cerpen yang ditulis tidak jauh-jauh dari kehidupan sehari-hari mereka, yakni kental dengan nuansa religius keislaman dan dekat dengan dunia pondok pesantren. Inilah kumpulan cerpen Karya Remaja Hafizhah (KRH).

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Amaranggana Lintang Palupi Salsabilla / Azizah Ghoniya Rosalia Harsanah / Bernika Citra Dwi Prasetya / Davinda Estevanie Annabilla Sasmita / Ellena Maharani Fisabilillah / Fairuz Izdihar Haedar Tontowi / Hirtan Kurnia Jannah / Iffah Nur Fauziyah / Nabila Yulia R.N.S. / Rizki Zahratun Nisak / Rohmah Aisyah Putri / Salsabila Isnaini / Tazkiya Adya Nurmadina

Penerbit: Sepilar Publishing
ISBN: 9786027217843
Terbit: Mei 2018 , 146 Halaman

BUKU SERUPA










Ikhtisar

Buku yang ada di tangan Anda ini adalah kumpulan cerpen pelajar-santri PPTP Darul Quran The Islamic Boarding School Kota Mojokerto. Buku ini kaya dengan genre tulisan, mulai dari petualangan, cerita rakyat, misteri, kisah seputar kehidupan santri, keluarga, persahabatan, sampai romance jenaka. Buku ini sangat penting sebagai ikhtiar menumbuhkan budaya menulis sejak dini.

Kisah yang disajikan pun unik, kocak, polos, apa adanya, dan khas dunia remaja. Namun, buku ini berbeda dari buku yang lain karena ditulis oleh pelajar sekaligus santri yang setiap hari disibukkan dengan pelajaran sekolah dan pelajaran pondok, serta setoran dan muraja'ah hafalan al-Quran. Jadi, wajar jika sebagian besar cerpen yang ditulis tidak jauh-jauh dari kehidupan sehari-hari mereka, yakni kental dengan nuansa religius keislaman dan dekat dengan dunia pondok pesantren. Inilah kumpulan cerpen Karya Remaja Hafizhah (KRH).

Pendahuluan / Prolog

Kata Pengantar
Puji syukur ke hadirat Allah SWT Tuhan Yang Mahakuasa, atas segala limpahan rahmat, karunia dan pertolongan-Nya sehingga kumpulan cerpen yang ditulis pelajar-santri PPTP Darul Quran Mojokerto The Islamic Boarding School Kota Mojokerto yang masih remaja belia ini dapat terselesaikan.

Kumpulan Cerpen Karya Remaja Hafizhah (KRH) ini merupakan dokumentasi edisi revisi dari penerbitan sebelumnya. Padatnya kegiatan sekolah dan pondok pesantren, amat terbatasnya waktu, apalagi setiap hari harus menghafal dan menjaga hafalan al-Quran, bukanlah penghalang yang harus dirisaukan untuk berkarya dan bermanfaat dalam bentuk lain. Keberadaan pelajar-santri dalam lingkungan yang menyatu antara sekolah dan pondok pesantren justru menumbuh kembangkan karakter yang mandiri, semangat, kreatif, inovatif dengan tetap dalam koridor kaidah-kaidah syariat Islam.

Kumpulan Cerpen Karya Remaja Hafidhah (KRH) Edisi Revisi ini adalah wujud nyata menumbuh kembangkan literasi kepada pelajar-santri dalam meningkatkan minat baca. Semoga karya ini dapat memberikan inspirasi kepada pembaca, khususnya kaum remaja belia dalam menumbuh kembangkan budaya minat baca dan membentuk budi pekerti yang luhur.

Tiada gading yang tak retak di dunia ini, tiada kesempurnaan manusia dan semua kesempurnaan hanya milik Allah SWT. Segala kritik dan saran ditunggu dengan hati yang lapang dan tangan terbuka demi kesempurnaan terbitan edisi berikutnya.

Akhirnya, teriring dengan memohon ridla Allah SWT, pelajar-santri teruslah berkarya untuk kegiatan yang bermanfaat. Kita tidak akan menyelesaikan apa-apa di dunia ini, kecuali membuat suatu permulaan dan mewariskan keteladanan. Karya kalian kelak akan menjadi amal jariah yang terus mengalir dalam perjalanan hidup dan di kehidupan selanjutnya. Selamat membaca untuk pembaca yang budiman.

Mojokerto, 20 Sya’ban 1439 H
6 Mei 2018 M

Penulis

Amaranggana Lintang Palupi Salsabilla - Amaranggana Lintang Palupi Salsabilla, biasa dipanggil Bella, lahir di Sidoarjo, 9 Maret 2003. Setelah lulus dari SDN Suwaluh II, aku melanjutkan sekolah di PPTP Darul Quran The Islamic Boarding School Kota Mojokerto. Hobi-ku renang dan menyanyi.

Aku memiliki kakak bernama Icha, dia anak sulung dan aku anak bungsu. Kakakku sangat suka mengarang cerita, menulis puisi, membuat baju, menggambar, dan merias. Itu membuatku iri, dan akhirnya aku ingin menjadi seperti kakakku. Aku ingin menjadi penulis hebat.
Azizah Ghoniya Rosalia Harsanah - Azizah Ghoniya Rosalia Harsanah adalah nama panjangku, biasa dipanggil Ghoniya, Azizah, atau Ghoghon. Lahir di Mojokerto, 9 November 2002, anak kedua dari tiga bersaudara. Aku pernah belajar di MI Nurul Huda Mojokerto. Setelah lulus, aku melanjutkan di PPTP Darul Quran The Islamic Boarding School Kota Mojokerto.

Hobiku adalah bermain gadget, laptop yang tersambung dengan internet. Cerpen Rahasia Kalung Alovonia adalah cerita pertamaku yang diterbitkan. Ya, awalnya memang tak bisa dipercaya karyaku diterbitkan. Jika kalian ada kritik atau saran kirim ke email: azizah.ghoniya@gmail.com.
Bernika Citra Dwi Prasetya - Bernika Citra Dwi Prasetya, bisa dipanggil Tya atau Bernika mungkin. Aku lahir 9 Maret 2003. Aku pernah mengenyam pendidikan di SDN Gelang II. Sekarang aku masih duduk di bangku kelas 9 di PPTP Darul Quran The Islamic Boarding School Kota Mojokerto. Aku adalah anak bungsu dari 2 bersaudara. Awalnya aku tak terlalu suka menulis. Aku merasa iri dengan kakakku, dia sering mendapat banyak buku atas namanya.

Kupikir itu yang membuatku ingin mengikuti jejaknya. Hobiku sekarang membaca dan membuat kata-kata nggak jelas. Segala rindu, kritik, saran dan lainnya bisa hubungi email: Bernika.Citra93@gmail.com FB : Bernika Citra
Davinda Estevanie Annabilla Sasmita - Davinda Estevanie Annabilla Sasmita. Kalian bisa panggil aku Davinda. Aku lahir pada tanggal 23 Agustus 2002, dan aku anak terakhir dari 4 bersaudara. Di antara mereka, akulah anak yang paling nakal, cengeng dan manja, pokoknya lengkap deh… Saat ini aku duduk di bangku SMP Kelas 9 di PPTP Darul Quran The Islamic Boarding School Kota Mojokerto. Ini adalah pertama kalinya ceritaku diterbitkan. Awalnya sih nggak menyangka, tapi alhamdulillah ini semua berkat doa orangtua. Segala kritik dan saran, kalian bisa hubungi di email: davindaannabilla@gmail.com atau FB: Davinda Sasmita.
Ellena Maharani Fisabilillah - Ellena Maharani Fisabilillah, biasa dipanggil Ellena atau Ellen saja. Aku lahir pada tanggal 28 September 2002. Aku pernah mengenyam pendidikan di MI Al- Muhsinun Kota Mojokerto, dan sekarang aku melanjutkan di PPTP Darul Quran The Islamic Boarding School Kota Mojokerto.

Aku adalah anak pertama dari 2 bersaudara. Sebenarnya aku tidak terlalu suka menulis dan menulis hanya untuk mengisi waktu luang. Hobiku olahraga dan membaca. Sudah ya, semoga suka dengan cerpenku ini. Bye bye! Bila ada kritik dan saran atau yang lain, bisa hubungi di email: ellenamaharani@gmail.com atau FB: Ellena.
Fairuz Izdihar Haedar Tontowi - Fairuz Izdihar Haedar Tontowi, biasa dipanggil Adis. Nggak nyambung, ya? Aku lahir di Mojokerto, 22 Juli 2003. Anak ketiga dari empat bersaudara dan perempuan sendiri. Terlahir sebagai gadis yang hobi menulis dan main basket.

Saat SMP masuk di PPTP Darul Quran The Islamic Boarding School Kota Mojokerto: menghafal al- Quran, belajar pela-jaran umum, dan menekuni hobi, meski tak semudah yang aku bayangkan. Ini pertama kali cerpenku diterbitkan. Untuk kritik, saran, masukan, sharing, dan lainlain, bisa hubungi di email: fairuz.adis@gmail.com.
Hirtan Kurnia Jannah - Hirtan Kurnia Jannah. Nama Akrabku Hirtan, KJ, Kajo, Tatan, Titan. Aku lahir dengan selamat di Mojokerto pada tanggal 13 Januari 2003. Aku anak sulung dari tiga bersaudara. Aku alumni dari MI Al-Muhsinun dan meneruskan ke PPTP Darul Quran The Islamic Boarding School Kota Mojokerto.

Hobiku corat-coret kertas, seperti menggambar, membuat sketsa wajah, membuat sesuatu yang tidak bikin bosan. Kayak ayahku, aku ingin jadi orang sukses dunia dan akhirat, dan jadi hafizhah. Cerpen ini terinspirasi dari buku yang pernah aku baca. Alhamdulillah cerpenku bisa diterbitkan. Aku berharap bisa menginspirasi pembaca.
Iffah Nur Fauziyah - Iffah Nur Fauziyah, biasa dipanggil Iffah, lahir di Sidoarjao, 27 April 2003. Aku anak pertama dari dua bersaudara. Hobiku membaca al-Quran, menulis cerita dan membaca novel. Saat ini aku sekolah di PPTP Darul Quran The Islamic Boarding School Kota Mojokerto.

Awalnya aku membuat cerpen karena mendapat tugas dari guruku, Alhamdulillah cerpenku termasuk yang akan dibukukan. Aku berharap cerpenku dapat memberi inspirasi bagi pembaca sekalian. Kritik dan saran bisa dikirim ke email: ifahizzah57@gmail.com
Nabila Yulia R.N.S. - Nabila Yulia R.N.S., biasa dipanggil Lala, lahir di Mojokerto, 02 April 2003. Hobiku membaca al-Quran dan mencoba memahami maknanya, menulis apa saja yang ada di benakku. Sekarang aku belajar di PPTP Darul Quran The Islamic Boarding School Kota Mojokerto.

Awalnya, nulis cerpen dalam buku ini hanya tugas dari guruku. Namun akhirnya, aku mendapat kesempatan yang tak pernah kusangka, menjadi salah satu yang terpilih di antara teman yang lain untuk diterbitkan. Semoga dengan cerpen ini aku bisa membuat bahagia keluarga dan menjadi pengalaman bagi pembaca. Jangan males bacanya ya...
Rizki Zahratun Nisak - Rizki Zahratun Nisak, lahir di Mojokerto, 6 Juni 2002, biasa dipanggil Nisak. Aku anak dari Bapak Tantowi dan Ibu Ana, kakak saya Ihda Rosyada namanya. Setelah bersekolah di MI Al-Muhsinun, aku meneruskan di PPTP Darul Quran The Islamic Boarding School Kota Mojokerto.

Aku hanya memiliki satu saudara kandung, dan aku anak bungsu. Aku punya kakek yang senang menulis dan mengarang puisi dan cerita. Aku juga punya sepupu bernama Fida, yang gemar menulis. Aku biasanya membaca karangannya sehingga aku tertarik untuk menulis cerita. Aku bisa dikontak di email: rizki.nisak@yahoo.com.
Rohmah Aisyah Putri - Rohmah Aisyah Putri, biasa dipanggil Putri, Rohmah atau RAP. Aku anak bungsu dari 3 bersaudara. Aku lahir di Mojokerto, 26 September 2003. Saat ini aku mondok di PPTP Darul Quran The Islamic Boarding School Kota Mojokerto.

Di sini aku menghafal al-Quran. Banyak sih cobaannya, tapi dijalani saja. Hobiku berenang dan bersepeda. Sebenarnya aku nggak punya bakat menulis, tapi alhamdulillah cerpenku terpilih. Cerpen ini yang pertama kubuat dan diterbitkan. Benar-benar nggak menyangka. Segala kritik, saran, masukan, sharing dan lain-lain bisa hubungi di email: rohmahaisyah26@gmail.com atau FB: Rohmah Aisyah Putri.
Salsabila Isnaini - Salsabila Isnaini, di rumah aku dipanggil Salsa, di sekolah biasa dipanggil Isna. Aku lahir di Mojokerto, 12 November 2002. Aku anak sulung dari tiga bersaudara. Aku lulusan MI Ismailiyah Paradigma Baru (MIPABA). Kemudian, aku melanjutkan di PPTP Darul Quran The Islamic Boarding School Kota Mojokerto.

Aku sekolah sambil mondok. Hobiku bersepeda dan membaca. Aku tidak menyangka cerpenku diterbitkan dan ini pertama kalinya. Semoga dengan cerpen ini ada pelajaran yang dapat dipetik dan bermanfaat bagi para pembaca.
Tazkiya Adya Nurmadina - Tazkiya Adya Nurmadina. Kalian bisa panggil aku Tazkiya. Aku lahir di Mojokerto, 22 November 2002. Aku anak kedua dari dua bersaudara, di antara aku dan kakakku akulah yang paling cerewet.

Hobiku adalah shopping dan jalan-jalan. Sekarang aku menuntut ilmu di PPTP Darul Quran The Islamic Boarding School Kota Mojokerto. Ini pertama kalinya ceritaku diterbitkan lho, benar-benar nggak nyangka… Ya semoga ceritaku ini dapat menginspirasi teman-teman semua.

Daftar Isi

Cover
Kata Pengantar
Daftar Isi
Fatimah: Jalanku Menuju Hidayah
Kudengar Namaku Disebut dalam Doa Bunda
Bersahabat dengan Kesunyian
Andai Aku Menjadi Remaja Hafizhah
Persahabatan itu Tak Mengenal Status
Rahasia Kalung Alovonia
Kado Teristimewa Buat Nita
Memilih Untuk Tidak Menyerah
Lawan yang Menjadi Kawan
Hikayat Putri Duyung
Tak Sendiri Lagi
Belajar Menjahit di Rumah Nenek
Mencari Makna Cinta
Tentang Penulis
Cover Belakang