Tampilkan di aplikasi

Buku Taman Karya hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Sumber Pembelajaran Interaktif Berbasis Generative Learning

Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka

1 Pembaca
Rp 107.000 16%
Rp 90.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 270.000 13%
Rp 78.000 /orang
Rp 234.000

5 Pembaca
Rp 450.000 20%
Rp 72.000 /orang
Rp 360.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Keberhasilan dalam dunia pendidikan tidak lepas dari unsur yang sangat penting yaitu guru sebagai pemegang peran yang signifikan dalam proses pembelajaran. Salah satu profesi yang membutuhkan kemampuan khusus adalah mengajar, sehingga kemampuan guru dalam kegiatan pembelajaran akan mempengaruhi mutu pendidikan (Indrawati, 2013). Selain berperan menjadi pendidik, guru juga dituntut untuk menjadikan pembelajaran lebih efektif.

Saat ini, kegiatan belajar bukan hanya sekedar kegiatan memberi ilmu pengetahuan, tetapi pembelajaran seharusnya dijadikan tempat untuk penumbuh kembangan kemampuan peserta didik dalam rangka memperoleh pembelajaran yang berkualitas. Kondisi tersebut membutuhkan usaha pendidik untuk mampu mengelola kepribadian peserta didik sehingga peserta didik dapat menyelesaikan bermacam permasalahan, semangat, bekerja keras, rajin, bertanggung jawab, serta menumbuhkan interaksi yang baik antar peserta didik (Ikrima Mailani, 2019). Kepribadian tersebut nantinya akan membantu peserta didik untuk memahami konsep dalam pembelajaran.

Bidang ilmu pengetahuan yang membutuhkan pemahaman konsep di SMA salah satunya adalah pelajaran ekonomi. Ekonomi adalah salah satu bidang ilmu penting bagi kehidupan, dimana kita selalu berhubungan dengan ekonomi di sebagian besar kehidupan. Pembelajaran ekonomi sangat berguna serta banyak memberikan bantuan kepada peserta didik untuk mengetahui bagaimana mengelola keuangan, peserta didik dapat mengelola, memantau, dan merencanakan keuangan mereka sendiri.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Fiska Wahyuni Siregar, S.Pd., M.Pd / Prof. Dr. Henny Indrawati, SP., MM / Dr. Neni Hermita, S.Pd., M.Pd

Penerbit: Taman Karya
ISBN: 9786233254380
Terbit: Mei 2023 , 164 Halaman

BUKU SERUPA










Ikhtisar

Keberhasilan dalam dunia pendidikan tidak lepas dari unsur yang sangat penting yaitu guru sebagai pemegang peran yang signifikan dalam proses pembelajaran. Salah satu profesi yang membutuhkan kemampuan khusus adalah mengajar, sehingga kemampuan guru dalam kegiatan pembelajaran akan mempengaruhi mutu pendidikan (Indrawati, 2013). Selain berperan menjadi pendidik, guru juga dituntut untuk menjadikan pembelajaran lebih efektif.

Saat ini, kegiatan belajar bukan hanya sekedar kegiatan memberi ilmu pengetahuan, tetapi pembelajaran seharusnya dijadikan tempat untuk penumbuh kembangan kemampuan peserta didik dalam rangka memperoleh pembelajaran yang berkualitas. Kondisi tersebut membutuhkan usaha pendidik untuk mampu mengelola kepribadian peserta didik sehingga peserta didik dapat menyelesaikan bermacam permasalahan, semangat, bekerja keras, rajin, bertanggung jawab, serta menumbuhkan interaksi yang baik antar peserta didik (Ikrima Mailani, 2019). Kepribadian tersebut nantinya akan membantu peserta didik untuk memahami konsep dalam pembelajaran.

Bidang ilmu pengetahuan yang membutuhkan pemahaman konsep di SMA salah satunya adalah pelajaran ekonomi. Ekonomi adalah salah satu bidang ilmu penting bagi kehidupan, dimana kita selalu berhubungan dengan ekonomi di sebagian besar kehidupan. Pembelajaran ekonomi sangat berguna serta banyak memberikan bantuan kepada peserta didik untuk mengetahui bagaimana mengelola keuangan, peserta didik dapat mengelola, memantau, dan merencanakan keuangan mereka sendiri.

Pendahuluan / Prolog

Prakata
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillah penulis ucapkan atas rahmat dan hidayah Allah SWT sehingga penulis telah menyelesaikan buku yang berjudul “Sumber Pembelajaran Interaktif Berbasis Generative Learning dalam Implementasi Kurikulum Merdeka”.

Terlepas dari kenyataan bahwa teknologi berkembang dengan sangat cepat, sebagian besar pembelajaran yang berlangsung di kelas masih menggunakan bahan ajar tradisional. Saat ini, Kurikulum Indonesia telah menerapkan kurikulum merdeka, dimana pembelajaran harus bersifat student centre learning. Kurikulum ini menekankan bahwa guru harus mampu memfasilitasi pembelajaran dengan bahan ajar yang mampu membuat mereka aktif dalam pembelajaran. Keberadaan merdeka belajar sangat relevan dengan kebutuhan siswa dan tuntutan pendidikan abad 21 dimana peserta didik harus mampu menguasai teknologi.

Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar saat ini harus mampu meningkatkan kompetensi peserta didik. Dalam merdeka belajar, guru dan siswa memiliki kebebasan mengeksplorasi keterampilan serta meningkatkan pembelajaran sesuai dengan tingkat kompetensinya. Salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh guru adalah dengan mengunakan sumber pembelajaran interaktif dalam proses pembelajaran. Salah satu sumber pembelajaran interaktif yang dapat digunakan adalah e-modul ekonomi berbasis generative learning, upaya ini dilaksanakan agar peserta didik dapat mengeksplore pengetahuannya secara mandiri sesuai capaian pembelajaran kurikulum merdeka. Emodul yang dikembangkan dibuat menggunakan bantuan aplikasi.

Saat ini, banyak sekali aplikasi yang dapat digunakan untuk menghasilkan e-modul yang efektif untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep peserta didik dan sesuai dengan capaian pembelajaran kurikulum merdeka salah satunya adalah menggunakan Aplikasi Canva. Aplikasi Canva berisi banyak sekali fitur yang dapat digunakan oleh guru untuk menghasilkan e-modul yang dapat digunakan peserta didik dalam pembelajaran.

Buku ini akan membahas mengenai rangkaian tahapan pengembangan sumber pembelajaran interaktif berbasis generative learning dengan model pengembangan ADDIE. Dalam buku pengembangan e-modul terdapat contoh aplikasi yang digunakan serta langkah pengembangan sumber pembelajaran. Buku ini juga disertai instrumen dan rancangan pembelajaran yang sesuai dengan capaian pembelajaran kurikulum merdeka.

Penulis sudah berusaha semaksimal mungkin dalam menyelesaikan buku ini, namun penulis mengharapkan saran dan kritikan pembaca untuk perbaikan dan penyempurnaan buku ini di masa mendatang. Penulis yakin buku ini akan memberikan tambahan wawasan pengetahuan bagi semua pembaca khususnya pendidik, pengamat e-modul, dan para peneliti yang membaca buku ini.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Pekanbaru, 22 Mei 2023

Penulis

Daftar Isi

Sampul Depan
Prakata
Daftar Isi
Daftar Gambar
Daftar Tabel
Bab 1. Pendahuluan
Bab 2. E-Modul Ekonomi Berbasis  Generative Learning
     2.1. E-modul Ekonomi
     2.2 Kualitas E-modul Ekonomi
     2.3 Model Generative Learning
     2.4 Pemahaman Konsep
     2.5 Materi Kertas Kerja
Bab 3. Proses Pengembangan E-Modul
     3.1 Pendekatan Pengembangan
     3.2 Model Pengembangan
Bab 4. Produk Hasil Pengembangan
     4.1 Tutorial Pembuatan E-Modul Ekonomi berbasis
     4.2 Kurikulum Merdeka
     4.3 Hasil E-Modul berbasis Generative Learning
     4.4 Kegiatan Pembelajaran Menggunakan E-Modul
Bab 5. Validitas, Praktikalitas, Efektivitas,  Dan Kemampuan Pemahaman Konsep  Peserta Didik
     5.1 Tempat dan Waktu Kegiatan
     5.2 Jenis dan Sumber Data
     5.3 Teknik Pengumpulan Data
     5.4 Instrumen Pengumpulan Data
     .5 Teknik Analisis Data Hasil Validasi oleh Ahli E-Modul
     5.6 Operasional Variabel
     5.7 Analisis Kelayakan E-Modul Ekonomi berbasis
     5.8 Efektivitas Penggunaan E-Modul Ekonomi berbasis
     5.9 Efektivitas Penggunaan E-Modul Ekonomi berbasis
     5.10 Tingkat Praktikal Penggunaan E-Modul Ekonomi
     5.11 Tingkat Praktikal Penggunaan E-Modul Ekonomi
     5.12 Pembahasan
Bab 6. Penutup
     6.1 Kesimpulan
     6.2 Rekomendasi
Daftar Pustaka
Glosarium
Index
Sampul Belakang