Tampilkan di aplikasi

Buku Yudharta Press hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Pengantar Pendidikan Agama Islam

1 Pembaca
Rp 127.000 21%
Rp 100.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 300.000 13%
Rp 86.667 /orang
Rp 260.000

5 Pembaca
Rp 500.000 20%
Rp 80.000 /orang
Rp 400.000

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Ilmu berasal dari kata Arab, masdar dari kata ‘ alima, yang artinya tahu. Jadi ilmu menurut bahasa (etimologi) ialah pengetahuan. Tetapi pengetahuan ada dua macam: 1. Pengetahuan biasa yang di sebut knowledge, yaitu pengetahuan tentang hal-hal yang biasa,yang sehari-hari. 2. Pengetahuan yang ilmiah, yang lazim disebut orang ilmu pengetahuan, atau singkatnya ilmu begitu saja yang bahasa asing disebut science (inggris) atau wetenschap (belanda). Science, berasal dari kata scio atau scire (latin) yang berarti tahu. Jadi Science ialah pengetahuan, maksudnya pengetahuan yang ilmiah.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Ahmad Marzuki

Penerbit: Yudharta Press
ISBN: 9786237817109
Terbit: Januari 2021 , 263 Halaman

BUKU SERUPA










Ikhtisar

Ilmu berasal dari kata Arab, masdar dari kata ‘ alima, yang artinya tahu. Jadi ilmu menurut bahasa (etimologi) ialah pengetahuan. Tetapi pengetahuan ada dua macam: 1. Pengetahuan biasa yang di sebut knowledge, yaitu pengetahuan tentang hal-hal yang biasa,yang sehari-hari. 2. Pengetahuan yang ilmiah, yang lazim disebut orang ilmu pengetahuan, atau singkatnya ilmu begitu saja yang bahasa asing disebut science (inggris) atau wetenschap (belanda). Science, berasal dari kata scio atau scire (latin) yang berarti tahu. Jadi Science ialah pengetahuan, maksudnya pengetahuan yang ilmiah.

Pendahuluan / Prolog

Kata pengantar
Alhamdulillah, bahwa hanya dengan petunjuk dan hidayah-Nya sajalah karya tulis yang berjudul “PengantarPendidikan Agama Islam” ini bisa terwujud dan sampai di hadapan para pembaca yang berbahagia. Semoga kiranya membawa manfaat yang sebesarbesarnya dan memberikan sumbangan yang berarti bagi perkembangan studi pendidikan Agama Islam pada masa sekarang dan yang akan datang.

Karya tulis ini memang bukanlah merupakan karya orisinil, tetapi kami banyak mengutip, meramu, mengulas, dan membandingkan serta menyimpulkan karya-karya dan pemikiran para pakar terdahulu. Hal ini dalam buku-buku referensi yang kami gunakan dalam penulisan ini. Namun demikian, tidak tertutup kemungkinan munculnya pemikiran dan visi yang berbeda. Dengan demikian, karya tulis ini akan bernilai dalam menambah dan mengembangkan kepustakaan tentang studi pendidikan Islam yang telah ada sebelumnya.

Adapun faktor yang terus mendorong penulis untuk menyusun buku ini adalah membantu mahasiswa didalam memahami materi kuliah pendidikan agama Islam.

Demikianlah buku pengantar pendidikan agama Islam ini kami susun, semoga bermanfaat bagi mahasiswa Universitas Yudharta Pasuruan dan siapa saja pembaca yang berminat mempelajari pendidikan agama Islam.

Sebagai pepatah yang menyatakan tiada gading yang tak retak, maka karya tulis ini pun tentunya tiada terbebas dari kekurangan dan kelemahan di dalamnya. Namun kami (penulis) telah berusaha meminimalkan. Untuk itu kami mohon maaf yang sebesar-besarnya dan mengharap tegur sapa serta saran-saran penyempurnaan, agar kekurangan dan kelemahan yang ada tidak sampai mengurangi nilai dan manfaatnya bagi perkembangan studi pendidikan Islam pada umumnya

Penulis

Ahmad Marzuki - Ahmad Marzuki lahir di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur pada 15 Juni 1982. Menamatkan Pendidikan Dasar dan menengah pertama di kampung halamannya, Mojokerto, Jawa Timur, kemudian melanjutkan ke Madrasah Aliyah Darut Taqwa di Pondok Pesantren Ngalah Purwosari Pasuruan. Gelar sarjana diperoleh di Fakultas Agama Islam Universitas Yudharta Pasuruan jurusan Pendidikan Bahasa Arab, dan lulus pendidikan S2 Studi Islam di UNISMA Malang.

Seperti halnya santri pada umumnya, Ia pernah nyantri di Pondok Pesantren Al-Karimy Ngoro Mojokerto tahun 1993- 1997 dan Pondok Pesantren Ngalah Purwosari Pasuruan tahun 1997-2011. Sewaktu Mahasiswa ia aktif di berbagai kegiatan kemahasiswaan, mulai dari kelompok studi, pers mahasiswa.

Komunitas Pergerakan merupakan bagian dari perjalanan intelektualnya semasa menjadi mahasiswa. Ia tidak saja aktif dalam demonstrasi-demonstrasi saja tetapi juga banyak terlibat di kegiatan-kegiatan “akar rumput” sebagai bentuk dedikasi terhadap masyarakat. Di bidang organisasi, pernah aktif di PMII Komisariat Ngalah, HMJ PBA, dan Ikatan Alumni Santri PP. Ngalah (IKSAN).

Daftar Isi

Cover
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab I Ilmu, Filsafat dan Agama
     A. Ilmu
     B. Filsafat
     C. Agama
Bab II Pentingnya Agama dalam Kehidupan
     A. Agama, Sumber Moral
     B. Agama, Petunjuk Kebenaran
     C. Agama, Sumber Informasi Metafisika
     D. Agama, Bimbingan Rohani Bagi Manusia, Di Kala Suka dan Duka
Bab III Agama Wahyu dan Agama Budaya
Bab IV Keberagaman Agama
     A. Studi Agama, Kemajemukan dan Kerukunan
     B. Dialog sebagai Dasar Kerukunan
     C. Islam, Pluralisme dan Kerukunan Hidup Antarumat
     D. Beberapa Pemikiran untuk Menciptakan Kerukunan Hidup
     E. Islam dan Kerukunan Hidup Umat Beragama
     F. Pemantapan Kerukunan Antarumat Beragama
     G. Kebebasan Beragama
Bab V Makna Iman, Islam, dan Ihsan
     A. Makna Dasar Islam
     B. Makna Dasar Iman
     C. Makna Dasar Ihsan
     D. Ihsan, Tasawuf dan Psikoterapi
Bab VI Islam dan ilmu pengetahuan
     A. Hubungan Timbal Balik yang Mesra
     B. Sebagai Kewajiban Keagamaan
     C. Keutamaan Menuntuk Ilmu
     D. Keutamaan Orang Berilmu
     E. Peran Ajaran Islam dalam Perkembangan Ilmu
Bab VII Tujuan Hidup Manusia
     A. Hidup Beragama dan Stabilitas Dunia
     B. Tujuan Hidup Beragama
Bab VIII Sumber-Sumber Hukum dalam Islam
     A. Pengertian Al-Qur’an
     B. Isi dan Pesan-Pesan Al-Qur’an
     C. Fungsi Al-Qur’an
     D. Bukti-Bukti Autentisitas Al-Qur’an
Bab IX Implementasi Ubudiyah dalam Islam
     A. Pengertian Ibadah dan Syariah
     B. Bentuk-bentuk ibadah dan syariah
     C. Prinsip-Prinsip Ibadah Syariah dan Ibadah dalam Islam
     D. Asas-Asas Syariah dan Ibadah dalam Islam
     E. Tujuan Syariah dan Ibadah
     F. Ciri Khas dan Watak Ibadah dan Syariah dalam Islam
Bab X Membangun Karakter Islami
     A. Pengertian dan Tujuan Pendidikan Karakter
     B. Urgensi Pendidikan karakter Islami