Tampilkan di aplikasi

Buku Bestindo Berkah Lestari hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Strategi Cerdas Pemeliharaan Ayam Petelur

1 Pembaca
Rp 95.000 15%
Rp 80.750
Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Manajemen pemeliharaan adalah salah satu faktor yang menentukan tinggi rendahnya produktivitas ayam petelur selain dari faktor bibit dan pakan, sehingga dibutuhkan strategi yang tepat dalam penanganannya, sehingga produktivitas ternak bisa optimal dan keuntungan finansial juga bisa didapatkan. Manajemen pemeliharaan ayam secara umum berkaitan dengan sistem perawatan, sistem pemberian pakan, penanganan penyakit, pengaturan tenaga kerja (SDM) dan pengolahan limbah di kandang. Buku ini membahas dengan detail strategi pemeliharaan ayam petelur mulai dari fase stater sampai fase layer disertai dengan contoh kasus yang sering muncul di lapang beserta solusinya. Buku ini juga dilengkapi dengan penanganan limbah peternakan ayam petelur agar peternakan ayam petelur lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Nining Haryuni / M. Khoirul Anam / Ihsa Kurniawan Mitra / Saifulloh Ali Rohman / M Zainul Fadhli / Sania Farda Almi / Mochammad Imam Muchlisin / Rino Rastika / Muhammad Bahaul Ma’mun
Editor: Nita Opi Ari Kustanti,S.Pt., M.MA., M.Agr / Mohamad Khoirul Muanam., S.H.I., S.H., M.H

Penerbit: Bestindo Berkah Lestari
ISBN: 9786230944208
Terbit: Juli 2023 , 279 Halaman

BUKU SERUPA










Ikhtisar

Manajemen pemeliharaan adalah salah satu faktor yang menentukan tinggi rendahnya produktivitas ayam petelur selain dari faktor bibit dan pakan, sehingga dibutuhkan strategi yang tepat dalam penanganannya, sehingga produktivitas ternak bisa optimal dan keuntungan finansial juga bisa didapatkan. Manajemen pemeliharaan ayam secara umum berkaitan dengan sistem perawatan, sistem pemberian pakan, penanganan penyakit, pengaturan tenaga kerja (SDM) dan pengolahan limbah di kandang. Buku ini membahas dengan detail strategi pemeliharaan ayam petelur mulai dari fase stater sampai fase layer disertai dengan contoh kasus yang sering muncul di lapang beserta solusinya. Buku ini juga dilengkapi dengan penanganan limbah peternakan ayam petelur agar peternakan ayam petelur lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Ulasan Editorial

Salah satu sumber protein yang mudah, murah danbanyak diminati hampir semua masyarakat Indonesia adalah telur ayam. Telur ayam merupakan pangan sumber protein asal hewani yang dihasilkan dari hasil budidaya ayam petelur yang pemeliharaannya selalu dinamis apalagi dengan adanya perkembangan teknologi. Para praktisi peternakan dan industri peternakan khususnya ayam petelur dari hulu hingga hilir terus melakukan riset untuk perbaikan genetik dan mengaplikasikan hasil riset tersebut untuk menjawab tantangan permasalahan dilapang yang dinamis. Penulis buku ini berusaha menyajikan salah satu strategi dalam proses pemeliharaan ayam petelur yang penuh dengan tantangan. Tantangan iklim, tantangan sumber daya, tantangan harga produksi dan tantangan persaingan global, semoga dengan membaca uraian buku ini bisa menambah wawasan kedepan

Owner UD. Suka Makmur / drh. Aris Suharya

Pendahuluan / Prolog

Prakata
Alhamdulillah puji syukur penulis panjatkan kehadirat Alloh SWT yang telah memberikan kemampuan, kesabaran dan hidayahNya sehingga penulis dapat menyelesaikan buku referensi yang berjudul “Strategi Cerdas Pemeliharaan Ayam Petelur”.

Manajemen pemeliharaan adalah salah satu faktor yang menentukan tinggi rendahnya produktivitas ayam petelur selain dari faktor bibit dan pakan, sehingga dibutuhkan strategi yang tepat dalam penanganannya, sehingga produktivitas ternak bisa optimal dan keuntungan finansial juga bisa didapatkan.

Manajemen pemeliharaan ayam secara umum berkaitan dengan sistem perawatan, sistem pemberian pakan, penanganan penyakit, pengaturan tenaga kerja (SDM) dan pengolahan limbah di kandang. Buku ini membahas dengan detail strategi pemeliharaan ayam petelur mulai dari fase stater sampai fase layer disertai dengan contoh kasus yang sering muncul di lapang beserta solusinya. Buku ini juga dilengkapi dengan penanganan limbah peternakan ayam petelur agar peternakan ayam petelur lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Juli, 2023

Penulis

Penulis

Nining Haryuni - Dr. Nining Haryuni, S.Pt.,M.Pt lahir di Blitar pada tanggal 16 Januari 1985. Pendidikan formal penulis dimulai dari TK Al Hidayah Plosorejo tamat tahun 1991. Tahun 1997 Lulus dari MI Miftahul Ulum Plosorejo Kec. Kademangan Kabupaten Blitar, tahun 2000 Lulus dari MTsN 1 Blitar, tahun 2003 Lulus dari SMAN 1 Blitar. Pendidikan penulis dijenjang perguruan tinggi dimulai pada tahun 2003 di Jurusan Nutrisi dan makanan Ternak Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya dan lulus pada tahun 2007. Tahun 2015 penulis menyelesaikan Program Magister di Program Studi Ilmu Ternak Program Pascasarjana Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya Malang. Penulis diterima di Program Doktor Ilmu Ternak Pascasarjana Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya Malang. Selama menjadi mahasiswa Program Magister penulis mendapatkan Beasiswa Tesis dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementrian Keuangan Republik Indonesia dan pada tahun 2017 penulis mendapatkan Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri (BPPDN) untuk menempuh Program Doktoral dan Lulus tahun 2021.
M. Khoirul Anam - M. Khoirul Anam lahir di Sidoarjo pada tanggal 5 Mei 2001. Penulis merupakan putra dari bapak Hadi Suyanto dan ibu Suli’in. Penulis bertempat tinggal di dusun Banjarsari RT 03 RW 13 Desa Wonotirto Kec. Wonotirto Kab. Blitar. Pendidikan penulis dimulai dari SDN 01 Wonotirto Desa Wonotirto dan tamat pada tahun 2013. Pada tahun 2016 tamat dari SMP Nabawi Maftahul Uluum yang berada di pon-pes Maftahul Uluum Desa Jatinom Kanigoro Blitar. Tahun 2019 tamat SMA Nabawi Maftahul uluum Pon-pes Maftahul Uluum, dan pada tahun 2020 penulis mulai menempun Pendidikan S1 Prodi Peternakan Fakultas Ilmu Eksakta di Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Dapat menghubungi penulis melalui akun email: muhammadanam551@gmail.com
Ihsa Kurniawan Mitra - Ihsa Kurniawan Mitra lahir di Blitar pada tanggal 17 April 2002. Penulis merupakan putra dari Bapak Sumitro dan Ibu Nurhayati. Penulis bertempat tinggal di Dusun Sumberjo RT 08 RW 04 Desa Jabung Kec. Talun Kab. Blitar. Pedidikan formal penulis dimulai dari MI Al Hikmah Tulungrejo Jabung Talun dan tamat pada tahun 2014. Pada tahun 2017 tamat dari MTsN Jabung di Jeblog (sekarang MTsN 2 Kabupaten Blitar), tahun 2020 tamat dari MAN 2 Kota Kediri, dan pada tahun yang sama penulis mulai menempuh Pendidikan S1 Prodi Peternakan Fakultas Ilmu Eksakta di Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Dapat menghubungi penulis melalui akun email: ihsakurniawan@gmail.com “Tetap Sehat, Tetap Semangat, agar Bisa Makan – Makan Yang Enak “
Saifulloh Ali Rohman - Saifulloh Ali Rohman lahir di Blitar pada Tanggal 17 Agustus 2001. Penulis merupakan putra dari Bapak Ulin Nuha dan Ibu Evi Mustikowati. Penulis saat ini tinggal di Desa Tumpang RT.02/RW.07 Kecamatan Talun Kabupaten Blitar. Pada tahun 2007 Penulis menyelesaikan Pendidikan di TK AL Hidayah Tumpang. Pada tahun 2013 penulis menyelesaikan Pendidikan di SDN Tumpang. Penulis menyelesaikan Pendidikan di SMPN 2 Talun pada tahun 2016. Pada tahun 2019 penulis menyelesaikan Pendidikan di SMKN 1 Kademangan. Pada tahun 2020, penulis mulai menempuh Pendidikan S1 Peternakan Fakultas Ilmu Eksakta di Universitas Nahdlatul Ulama Blitar hingga saat ini. Penulis dapat dihubungi melalui email: saifullohali08@gmail.com.

“Jalani, hargai, syukuri” - Saiful-
M Zainul Fadhli - M Zainul Fadhli lahir di Blitar pada Tanggal 25 Mei 2001. Penulis merupakan putra dari Bapak Giman Shodiq dan Ibu Fittrotul Hidayah. Penulis saat ini tinggal di Desa Centong, Sawentar RT.004/RW.009 Kec. Kanigoro Kab. Blitar. Pada tahun 2008 Penulis menyelesaikan Pendidikan di TK AL Hidayah Sawentar. Pada tahun 2014 penulis menyelesaikan Pendidikan di MI Miftahul Huda. Penulis menyelesaikan Pendidikan di SMP Darul Falah pada tahun 2017. Pada tahun 2020 penulis menyelesaikan Pendidikan di SMAS PGRI. Pada tahun yang sama, Penulis mulai menempuh Pendidikan S1 Peternakan Fakultas Ilmu Eksakta di Universitas Nahdlatul Ulama Blitar hingga saat ini. Penulis dapat dihubungi melalui email: zainulfadli39@gmail.com.

“Hiduplah dengan kehidupan yang menghidupkan” - Zainul-
Sania Farda Almi - Sania Farda Almi lahir di Blitar pada tanggal 08 Januari 2002. Penulis merupakan putri dari Bapak Imam Musta’in dan Ibu Dwi Mustikaningtyas. Penulis bertempat tinggal di Desa. Mandean RT 04/ RW 02 Kec. Selopuro Kab. Blitar. Pendidikan formal penulis dimulai dari TK Al-hidayah Mandesan dan tamat pada tahun 2008. Pada tahun 2014 penulis tamat dari MI Nurul Huda Mandesan. Tahun 2017 tamat dari MTsN 8 Blitar, tahun 2020 tamat dari MAN 1 Kabupaten Blitar, dan pada tahun yang sama penulis mulai menempuh Pendidikan S1 Prodi Peternakan Fakultas Ilmu Eksakta di Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Dapat menghubungi penulis melalui akun email: saniafarda547@gmail.com.

“ Sesungguhnya Beserta Kesulitan Ada Kemudaha“ (Q.S 94:6)
Mochammad Imam Muchlisin - Mochammad Imam Muchlisin lahir di Blitar, 30 Januari 2002. Penulis merupakan putra dari bapak Mulyono dan ibu Nurul Kiptiyah. penulis bertempat tinggal di dusun Pantimulyo RT 06 RW 03 Desa Kendalrejo Kec. Talun Kab. Blitar. Pendidikan penulis dimulai dari SDN Kendalrejo 01 Desa Kendalrejo dan tamat pada tahun 2013. Pada tahun 2016 tamat dari MTs Bustanul Ulum Minggirsari yang berada di pon-pes Roudlotul Mutaalimin Minggirsari Kanigoro Blitar. Tahun 2019 tamat MA Roudlotul Mutaalimin Pon-pes Roudlotul Mutaalimin, dan pada tahun 2020 penulis mulai menempun Pendidikan S1 Prodi Peternakan Fakultas Ilmu Eksakta di Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Dapat menghubungi penulis melalui akun email : imamuklis213@gmail.com

“ Masjid terlihat, Maju! Maju! Majuuu! “
Rino Rastika - Rino Rastika lahir di Blitar pada tanggal 07 Juni 2002. Penulis merupakan putra dari Bapak Daroji dan Ibu Sri Larasati. Penulis bertempat tinggal di Desa. Krisik RT 03 RW 02 Kec. Gandusari Kab. Blitar. Pedidikan formal penulis dimulai dari TK Saraswati dan tamat pada tahun 2008. Pada tahun 2014 penulis tamat dari SDN Krisik 03. Tahun 2017 tamat dari SMPN 1 Gandusari, tahun 2020 tamat dari SMKN 1 Nglegok, dan pada tahun yang sama penulis mulai enempuh Pendidikan S1 Prodi Peternakan Fakultas Ilmu Eksakta di Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Dapat menghubungi penulis melalui akun email: rinorastika@gmail.com

“ Hidup Udah Sulit Jangan Dipersulit “
Muhammad Bahaul Ma’mun - Muhammad Bahaul Ma’mun lahir di Blitar pada tanggal 1 Januari 2002. Penulis merupakan putra dari Bapak Mohammad Amin dan Ibu Wartini. Penulis bertempat tinggal di Dusun Sumberjo RT 08 RW 04 Desa Jabung Kec. Talun Kab. Blitar. Pedidikan formal penulis dimulai dari MI Al Hikmah Tulungrejo Jabung Talun dan tamat pada tahun 2014. Pada tahun 2017 tamat dari MTsN Jabung di Jeblog (sekarang MTsN 2 Kabupaten Blitar), tahun 2020 tamat dari SMK Islam Kanigoro, dan pada tahun yang sama penulis mulai menempuh Pendidikan S1 Prodi Peternakan Fakultas Ilmu Eksakta di Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Dapat menghubungi penulis melalui akun email: bahaul2002@gmail.com

Editor

Nita Opi Ari Kustanti,S.Pt., M.MA., M.Agr - Nita Opi Ari Kustanti, S.Pt., M.MA., M.Pt lahir di Blitar pada tanggal 8 Oktober 1982. Pendidikan formal penulis dimulai dari TK PKK Bendo Kota Blitar lulus tahun 1988. Tahun 1994 lulus dari SD Negeri Bendo 1 Kota Blitar. Tahun 1997 lulus dari SMP Negeri 1 Blitar dan tahun 2000 lulus dari SMA Negeri 1 Blitar. Tahun 2005 lulus dari Program Studi Produksi Ternak Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya dan tahun 2009 lulus dari Program Magister Jurusan Magister Manajemen Agribisnis Universitas Islam Kadiri. Tahun 2016 penulis menyelesaikan Program Magister Ilmu Ternak di Universitas Brawijaya dengan Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri (BPPDN). Pengelaman kerja penulis sebagai Dosen di Program Studi Ilmu Ternak Fakultas Peternakan Universitas Islam Balitar Blitar dari tahun 2007 sampai sekarang.
Mohamad Khoirul Muanam., S.H.I., S.H., M.H - Penulis lahir pada tanggal 09 September 1986 di Kabupaten Blitar. Penulis menempuh pendidikan Sekolah Dasar di Madrasah Islamiyah Ibtidaiyah Dusun Selorejo RT 002 RW 005 Desa Sidorejo Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar pada tahun 1992 sampai 1998, Madrasah Tsanawiyah Darusalam Desa Sidorejo tahun 1999-2021, Madrasah Aliyah Ma’arif Bakung Udanawu Blitar tahun 2002-2005, Penulis kemudian melanjutkan studinya di Fakultas Hukum jurusan Ilmu Hukum dan Fakultas Agama Islam jurusan Syariah Universitas Muhamadiyah Malang tahun 2005-2010, strata dua Fakultas Hukum konsentrasi Ilmu Hukum Administrasi Negara di Universitas Muhammadiyah Malang tahun 2014-2018. Selama menjadi mahasiswa, Penulis aktif dibeberapa organisasi kemahasiswaan yang bersifat kegiatan non-akademik sebagai anggota BEMFA dan UKM Dakwah Jamaah AR. Fahrudin. Selain itu, Penulis Juga Aktif dikepengurusan BEM UMM selama dua periode dimana periode pertama menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri dan periode kedua menjabat sebagai Menteri Luar Negeri. Pengalaman leadership Penulis, beliau pernah menjabat sebagai Anggota Peangawas Pemilihan Umum (PEMILU) tahun 2017-2019 serta menjadi Ketua Pengawas Pemilihan Kepala Daerah (Bupati Blitar) tahun 2020. Penulis saat ini menjadi tenaga pengajar dibeberapa Universitas ternama di Blitar dan Kediri dan juga menjadi praktisi sebagai Konsultan Hukum. Penulis dapat dihubungi melalui muanammh@gmail.com.

Daftar Isi

Cover
Pengantar Pakar
Prakata
Daftar Isi
Daftar Tabel
Daftar Gambar
Bab 1: Pendahuluan
Bab 2: Ayam Petelur
     A. Sistem Pemeliharaan
     B. Fase Produksi Ayam Petelur
Bab 3:  Fase Stater
     A. Sistem Pemeliharaan
     B. Pemberian Pakan dan Minum
     C. Pengendalian Penyakit
     D. Program Kesehatan
Bab 4: Fase Grower
     A. Managemen Pemeliharaan
     B. Pemberian Pakan dan Minum
     C. Pengendalian Penyakit
Bab 5: Fase Layer
     A. Managemen Pemeliharaan
     B. Pemberian Pakan
Bab 6: Produktivitas Ayam Petelur
     A. Organ Reproduksi Ayam Betina
     B. Proses Pembentukan Telur
     C. Fase Pembentukan Telur
     D. Abnormalitas Pembentukan Telur
     E. Indikator Keberhasilan Produksi
     F. Penentu Produktivitas
Bab 7: Managemen Pencatatan
     A. Manfaat Pencatatan
     B. Dokumen Recording
     C. From Recording
Bab 8: Managemen Tenaga Kerja
     A. Sumber Daya Manusia (SDM)
     B. Produktivitas Tenaga Kerja
     C. Managemen SDM
     D. Sistem Penugasan
     E. Permasalahan & Penanganan
Bab 9: Pengolahan Limbah
     A. Teknologi Pengolahan
     B. Manure Ayam Petelur
     C. Potensi Manure untuk Pakan
     D. Potensi Manure untuk Pupuk
Bab 10: Penutup
Daftar Pustaka
Indeks
Glosarium
Biografi Penulis

Kutipan

Bab 2 (Fase Produksi Ayam Petelur)
Pemeliharaan secara intensif pada ayam  petelur berdasarkan fase produksinya dibagi menjadi tiga fase produksi yaitu fase stater, grower dan layer.

1. FASE STATER (0-8 MINGGU)
Fase stater ayam dimulai pada saat ayam berumur 0-8 minggu. Managemen pemeliharaan fase stater dimulai ketika anak ayam (day old chick) menetas dan masuk kadalam kandang peternak. Day old chick (DOC) ayam petelur umumnya didapatkan dari perusahaan breeding atau poultry shop yang merupakan agen dari perusahaan breeding. DOC ayam petelur merupakan hasil persilangan yang dilakukan secara buatan dan telah dilakukan seleksi dan perbaikan genetik.  Kualitas DOC nantinya akan menentukan produktivitas dari ayam petelur (Depison et al., 2021). Fase stater merupakan fase dimana terjadi perkembangan tulang korteks dan perkembangan kerangka tubuh ayam. Pada fase ini juga merupakan fase untuk membentuk sistem kekebalan dan penyempurnaan saluran pencernaan.

2. FASE GROWER (8-20 MINGGU)
Fase grower dimulai pada umur 8-20 minggu. Ayam pada fase ini disebut juga dengan ayam dara. Pada fase ini, nutrisi pakan yang diberikan pada ayam harus dikontrol dengan teliti.  Fase ini merupakan fase yang sangat penting untuk ayam petelur karena fase ini merupakan fase perkembangan ovarium dan saluran reproduksi yang bakal menentukan produktivitas ayam pada saat memasuki fase layer.

3. FASE LAYER (20 MINGGU- AFKIR)
Fase layer umumnya dimulai pada umur 20 minggu. Pada umur ini ayam mencapai dewasa kelamin dan ayam pertama kali ovulasi. Pada umur ini bobot badan ayam harus dikontrol tidak boleh terlalu kurus ataupun terlalu gemuk. Fase layer dimulai ketika ayam telah mencapai dewasa kelamin (ovulasi pertama) dan dewasa tubuh (bobot badan sesuai dengan standar yang dianjurkan oleh pihak penetas).