Tampilkan di aplikasi

Buku Bestindo Berkah Lestari hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Strategi Memilih Bibit Ayam Petelur

1 Pembaca
Rp 87.000 15%
Rp 73.950
Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Bisnis peternakan ayam petelur merupakan salah satu bisnis yang padat modal, sehingga perlu adanya strategi-strategi pengelolaan bisnis yang maksimal agar didapatkan keuntungan yang optimal. Keberhasilan dari bisnis ayam petelur tentunya ditentukan dari produktivitas ayam yang tinggi. Hal ini tentunya dapat dicapai apabila bibit ayam yang digunakan dalam bisnis memiliki kualitas yang unggul. Perlu adanya strategi yang tepat untuk memilih bibit ayam petelur yang mampu berproduksi secara optimal. Buku ini menyajikan informasi terkait jenis-jenis bibit ayam petelur dan strategi yang tepat untuk memilih.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Nining Haryuni / Mochamad Sang Ryla Fajar / Risa Datul Kasanah / Puji Rahayu / M. Alfin Nafi’uddin / Muhammad Arwani Rizqi Akbar / Fathur Rif’at

Penerbit: Bestindo Berkah Lestari
ISBN: 9786230946035
Terbit: Juli 2023 , 198 Halaman

BUKU SERUPA










Ikhtisar

Bisnis peternakan ayam petelur merupakan salah satu bisnis yang padat modal, sehingga perlu adanya strategi-strategi pengelolaan bisnis yang maksimal agar didapatkan keuntungan yang optimal. Keberhasilan dari bisnis ayam petelur tentunya ditentukan dari produktivitas ayam yang tinggi. Hal ini tentunya dapat dicapai apabila bibit ayam yang digunakan dalam bisnis memiliki kualitas yang unggul. Perlu adanya strategi yang tepat untuk memilih bibit ayam petelur yang mampu berproduksi secara optimal. Buku ini menyajikan informasi terkait jenis-jenis bibit ayam petelur dan strategi yang tepat untuk memilih.

Pendahuluan / Prolog

Prakata
Alhamdulillah puji syukur penulis panjatkan kehadirat Alloh SWT yang telah memberikan kemampuan, kesabaran dan hidayahNya sehingga penulis dapat menyelesaikan buku referensi yang berjudul “Strategi Memilih Bibit Ayam Petelur”. Bisnis peternakan ayam petelur merupakan salah satu bisnis yang padat modal, sehingga perlu adanya strategi-strategi pengelolaan bisnis yang maksimal agar didapatkan keuntungan yang optimal. Keberhasilan dari bisnis ayam petelur tentunya ditentukan dari produktivitas ayam yang tinggi. Hal ini tentunya dapat dicapai apabila bibit ayam yang digunakan dalam bisnis memiliki kualitas yang unggul. Perlu adanya strategi yang tepat untuk memilih bibit ayam petelur yang mampu berproduksi secara optimal. Buku ini menyajikan informasi terkait jenis-jenis bibit ayam petelur dan strategi yang tepat untuk memilih.

Penulis

Nining Haryuni - Dr. Nining Haryuni, S.Pt.,M.Pt lahir di Blitar pada tanggal 16 Januari 1985. Pendidikan formal penulis dimulai dari TK Al Hidayah Plosorejo tamat tahun 1991. Tahun 1997 Lulus dari MI Miftahul Ulum Plosorejo Kec. Kademangan Kabupaten Blitar, tahun 2000 Lulus dari MTsN 1 Blitar, tahun 2003 Lulus dari SMAN 1 Blitar. Pendidikan penulis dijenjang perguruan tinggi dimulai pada tahun 2003 di Jurusan Nutrisi dan makanan Ternak Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya dan lulus pada tahun 2007. Tahun 2015 penulis menyelesaikan Program Magister di Program Studi Ilmu Ternak Program Pascasarjana Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya Malang. Penulis diterima di Program Doktor Ilmu Ternak Pascasarjana Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya Malang. Selama menjadi mahasiswa Program Magister penulis mendapatkan Beasiswa Tesis dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementrian Keuangan Republik Indonesia dan pada tahun 2017 penulis mendapatkan Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri (BPPDN) untuk menempuh Program Doktoral dan Lulus tahun 2021.
Mochamad Sang Ryla Fajar - Mochamad Sang Ryla Fajar biasa dipanggil Sang Ryla lahir di Blitar pada 04 Maret 2002. Penulis lahir dari pasangan Suharyono dan Anita Yuliana dan merupakan anak pertama dari tiga bersaudara. Penulis sekarang tinggal di Dusun Kendalsari, Desa Kendalrejo, Kecamatan Srengat, Kabupaten Blitar. Pendidikan formal penulis dimulai dari TK RA Perwanida Dandong dan lulus pada tahun 2008. Selanjutnya penulis bersekolah di SD Kendalrejo dan lulus pada tahun 2014. Pada tahun 2014 sampai 2017 penulis bersekolah di SMPN 1 Srengat. Selanjutnya penulis meneruskan ke SMAN 1 Srengat dan lulus pada 2020, lalu pada tahun yang sama penulis mulai menempuh pendidikan S1 Prodi Peternakan Fakultas Ilmu Eksakta di Universitas Ulama Blitar. Bisa dihubungi penulis melalui akun email : sangryla432@gmail.com.
Risa Datul Kasanah - Risa Datul Kasanah atau akrab dipanggil dengan (risa) lahir di Blitar ,Jawa Timur pada tanggal 17 Agustus 2000.penulis dari pasangan bapak Rusdianto dan ibu Binti Muslikah dan merupakan anak kedua dari empat bersaudara .penulis ini bertempat tinggal di dsn Sumbernanas, Ponnggok ,Blitar. Pada tahun 2007 penulis masuk sekolah MI Misriu Kebonduren Subontoro,Ponggok dan lulus pada tahun 2013.Kemudian melanjutkan sekolah tingkat pertama pada tahun yang sama di MTS Ma’arif Bacem dan lulus 3 tahun kemudian pada tahun 2016 .selanjutnya masuk sekolah menegah atas di MA Ma’arif Udanwu dan lulus pada tahun 2019.pada tahun 2020 penulis kemudian di trima menjadi mahasiswa program studi peternakan fakultas ilmu ekstata disalah satu perguruan tinggi di Universitas Nahdlatu Ulama Blitar ,dan sekarang penulis menempuh disemester 6.
Puji Rahayu - Puji Rahayu lahir di Balikpapan pada tanggal 07 Maret 2002. Penulis merupakan anak tunggal dari pasangan bapak Mochamad Sugeng dan ibu Sumartin . Penulis tinggal di Dusun Ngade RT 01/ RW 08, Desa Gogodeso, Kecmatan Kanigoro, Kabupaten Blitar. Pendidikan formal penulis dimulai dari TK Al Hidayah Ngade dan tamat pada tahun 2008. Tahun 2014 penulis tamat dari MI Miftahul Huda Gogodeso, tahun 2017 tamat dari MTsN 2 Kabupaten Blitar, tahun 2020 tamat dari SMKN 3 Kota Blitar, dan pada tahun yang sama penulis mulai menempuh pendidikan S1 Prodi Peternakan Fakultas Ilmu Eksakta di Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Dapat menghubungi penulis melalui akun email: rpuji6740@gmail.com
M. Alfin Nafi’uddin - M. Alfin Nafi’uddin lahir di Blitar, Jawa Timur pada tanggal 10 April 2001. Penulis lahir dari pasangan bapak Adi Wasana dan ibu Nanik Wahyunui dan merupakan anak pertama dari dua bersaudara. Penulis tinggal di Dusun Nglaos, Desa Jatinom, Kecmatan Kanigoro, Kabupaten Blitar. Pada 2007 penulis masuk sekolah SD Plus Sunan Pandanaran Sekardangan Kanigoro, dan lulus pada tahun 2013. Kemudian melanjutkan sekolah tingkat pertama pada tahun yang sama di Mts Darul Hikmah Kedungwaru Tulungagung, dan lulus 3 tahun kemudian pada tahun 2016. Selanjutnya masuk sekolah menengah atas di MA Darul Hikmah Kedungwaru Tulungagung dan lulus pada tahun 2019. Pada tahun 2020 penulis diterima menjadi mahasiswa program studi peternakan fakultas ilmu eksakta Universitas Nahdlatul Ulama Blitar, dan sekarang penulis sedang menempuh di semester 6.
Muhammad Arwani Rizqi Akbar - Muhammad Arwani Rizqi Akbar lahir di Blitar, Jawa Timur pada tanggal 27 Desembar 2000. Penulis lahir dari pasangan bapak Ahmad Munahid dan ibu Umi Chasanah dan merupakan anak pertama dari dua bersaudara. Penulis tinggal di Dusun Karanganom, Desa Nglegok, Kecmatan Nglegok, Kabupaten Blitar. Pada 2007 penulis masuk sekolah SDIT Wildan Mukholladun Kemloko, Nglegok dan lulus pada tahun 2013. Kemudian melanjutkan sekolah tingkat pertama pada tahun yang sama di smp Mamba’us Sholihin Sumber, Sanankulon, Blitar dan lulus 3 tahun kemudian pada tahun 2016. Selanjutnya masuk sekolah menengah atas di MA Riyadlul Qur’an Sooko, Kedungmaling, Mojokerto dan lulus pada tahun 2019. Pada tahun 2020 penulis diterima menjadi mahasiswa program studi peternakan fakultas ilmu eksakta Universitas Nahdlatul Ulama Blitar, dan sekarang penulis sedang menempuh di semester 6.
Fathur Rif’at - Fathur Rif’at lahir di TulungAgung, Jawa Timur pada tanggal 19 Februari 2001. Penulis lahir dari pasangan bapak Oni dan ibu Rohma Chasanah dan merupakan anak pertama dari tiga bersaudara. Penulis tinggal di Dusun Tumpuk, Desa Besuki, Kecmatan Besuki, Kabupaten TulungAgung. Pada 2007 penulis masuk sekolah SDN3 Besuki , lulus pada tahun 2013. Kemudian melanjutkan sekolah tingkat pertama pada tahun yang sama di SMP jh, besuki, Tulungagung dan lulus 3 tahun kemudian pada tahun 2016. Selanjutnya masuk sekolah menengah atas di JH, Besuki, Tulungagung dan lulus pada tahun 2019. Pada tahun 2020 penulis diterima menjadi mahasiswa program studi peternakan fakultas ilmu eksakta Universitas Nahdlatul Ulama Blitar, dan sekarang penulis sedang menempuh di semester 6.

Daftar Isi

Sampul
Pengantar Pakar
Prakata
Daftar Isi
Bab 1 Pendahuluan
     Industri Inchatri biologis
     Industri Padat Teknologi
     Industri Padat Modal
Bab 2 Bibit ayam petelur
     A. Syarat bibit ayam petelur
     B. Peraturan perunggasan
Bab 3 Sejarah ayam petelur
     A. Teori terbentuknya bangsa ayam
     B. Klasifikasi ayam petelur
Bab 4 Perkebangan ayam petelur
     A. Tahap perintisan
     B. Tahap pengembangan
     C. Tahap pertumbuhan
     D. Sebaran ayam ras petelur
Bab 5 Tipe ayam petelur
     A. Tipe ringan
     B. Tipe medium
     C. Tipe berat
Bab 6 Strain ayam petelur
     A. Lohman brown
     B. Isa brown
     C. Hy-line brown
     E. Novogen
     F. Bovans
Bab 7 Strategi memeilih bibit ayam petelur
     A. Pendekatan berbasis keturunan
     B. Observasi fisik
     C. Pendekatan dengan sentuhan
Bab 8 Penutup
Daftar pustaka
Indeks
Glosarium
Biografi Penulis