Tampilkan di aplikasi

Buku Bestindo Berkah Lestari hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Potensi Rumput Pakchong sebagai Hijauan Pakan Kambing

1 Pembaca
Rp 77.500 15%
Rp 65.800

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 197.400 13%
Rp 57.027 /orang
Rp 171.080

5 Pembaca
Rp 329.000 20%
Rp 52.640 /orang
Rp 263.200

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Kambing merupakan salah satu ternak yang memiliki peran penting dalam memenuhi kebutuhan pangan manusia. Hijauan pakan merupakan sumber utama nutrisi bagi kambing dimana kualitas hijauan pakan akan berpengaruh langsung terhadap pertumbuhan dan kesehatan ternak. Rumput Pakchong memiliki potensi besar sebagai sumbeer hijauan untuk kambing. Buku ini mengupas tuntas semua aspek penting seperti kandungan nutrisi hingga antinutrisi serta dampak penggunaan rumput pakchong pada pertumbuhan dan produktivitas kambing. Dengan memanfaatkan rumput Pakchong sebagai pakan kambing diharapkan dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas hidup ternak dan memberikan kontribusi yang positif terhadap peternakan yang ramah lingkungan.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: M. Khoirul Anam / Lestariningsih / Nining Haryuni
Editor: Dr. Ir. Syam Rahadi, S.Pt. M.P. M.M. IPM / Niswatin Hasanah

Penerbit: Bestindo Berkah Lestari
ISBN: 9786230983238
Terbit: Januari 2024 , 130 Halaman

BUKU SERUPA










Ikhtisar

Kambing merupakan salah satu ternak yang memiliki peran penting dalam memenuhi kebutuhan pangan manusia. Hijauan pakan merupakan sumber utama nutrisi bagi kambing dimana kualitas hijauan pakan akan berpengaruh langsung terhadap pertumbuhan dan kesehatan ternak. Rumput Pakchong memiliki potensi besar sebagai sumbeer hijauan untuk kambing. Buku ini mengupas tuntas semua aspek penting seperti kandungan nutrisi hingga antinutrisi serta dampak penggunaan rumput pakchong pada pertumbuhan dan produktivitas kambing. Dengan memanfaatkan rumput Pakchong sebagai pakan kambing diharapkan dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas hidup ternak dan memberikan kontribusi yang positif terhadap peternakan yang ramah lingkungan.

Pendahuluan / Prolog

Prakata
Kambing merupakan salah satu ternak yang memiliki peran penting dalam memenuhi kebutuhan pangan manusia. Dalam usaha meningkatkan produktivitas dan kualitas daging atau susu kambing, perhatian terhadap pakan yang diberikan menjadi hal yang sangat penting. Hijauan pakan merupakan sumber utama nutrisi bagi kambing, dan kualitas hijauan pakan akan berpengaruh langsung terhadap pertumbuhan dan kesehatan hewan ternak. Buku ini akan membahas secara mendalam tentang tanaman Pakchong yang memiliki potensi besar sebagai hijauan pakan kambing, yang akan mempelajari tentang aspek-aspek penting seperti keberagaman nutrisi yang terkandung dalam rumput Pakchong, dampaknya terhadap pertumbuhan dan produktivitas kambing, serta teknik budidaya yang tepat untuk mengoptimalkan hasilnya. Pemanfaatan Pakchong sebagai hijauan pakan kambing dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas hidup ternak dan juga memberikan kontribusi yang positif terhadap keberlanjutan lingkungan. Buku ini dapat memberikan wawasan guna mendorong pengembangan peternakan kambing yang berkelanjutan di masa depan.

Penulis

M. Khoirul Anam - M. Khoirul Anam lahir di Sidoarjo pada tanggal 5 Mei 2001. Penulis merupakan putra dari bapak Hadi Suyanto dan ibu Suli’in. Penulis bertempat tinggal di dusun Banjarsari RT 03 RW 13 Desa Wonotirto Kec. Wonotirto Kab. Blitar. Pendidikan penulis dimulai dari SDN 01 Wonotirto Desa Wonotirto dan tamat pada tahun 2013. Pada tahun 2016 tamat dari SMP Nabawi Maftahul Uluum yang berada di pon-pes Maftahul Uluum Desa Jatinom Kanigoro Blitar. Tahun 2019 tamat SMA Nabawi Maftahul uluum Pon-pes Maftahul Uluum, dan pada tahun 2020 penulis mulai menempun Pendidikan S1 Prodi Peternakan Fakultas Ilmu Eksakta di Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Dapat menghubungi penulis melalui akun email: muhammadanam551@gmail.com
Lestariningsih - Penulis lahir di Blitar pada 13 Maret 1990. Tahun 2008 menempuh pendidikan di S1 Prodi Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya Malang dan Lulus pada tahun 2012. Kemudian melanjutkan Program magister Ilmu Ternak dengan program fast track (Program akselerasi) di Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya Malang Lulus pada tahun 2013. Sejak 2010 hingga 2012 menjadi asisten Dosen di Prodi Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya. Pada tahun tahun 2012 – 2015 bekerja di PT. Prima Anugerah Perkasa sebagai Quality Qontrol. Pada tahun 2016 bergabung di Prodi Peternakan Universitas Nahdlatul Ulama Blitar sebagai Dosen dan juga Kaprodi Peternakan. Pada Tahun 2019 – 2020 sebagai Dekan Fakultas Ilmu Eksakta Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Pada tahun 2021 mendapatkan amanah menjadi sekretaris LPPM hingga saat ini. Tugas tambahan penulis juga menjadi Asesor Pengawas Mutu Pakan di Lembaga Sertifikasi Profesi P1 UNU Blitar pada tahun 2020 hingga sekarang. Selain itu penulis juga mendapat amanah sebagai trainer dan pendamping produk halal (pph) dari BPJPH pada tahun 2022. Tahun 2022 penulis menjadi Direktur PT. Bestindo Berkah Lestari
Nining Haryuni - Dr. Nining Haryuni, S.Pt.,M.Pt lahir di Blitar pada tanggal 16 Januari 1985. Pendidikan formal penulis dimulai dari TK Al Hidayah Plosorejo tamat tahun 1991. Tahun 1997 Lulus dari MI Miftahul Ulum Plosorejo Kec. Kademangan Kabupaten Blitar, tahun 2000 Lulus dari MTsN 1 Blitar, tahun 2003 Lulus dari SMAN 1 Blitar. Pendidikan penulis dijenjang perguruan tinggi dimulai pada tahun 2003 di Jurusan Nutrisi dan makanan Ternak Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya dan lulus pada tahun 2007. Tahun 2015 penulis menyelesaikan Program Magister di Program Studi Ilmu Ternak Program Pascasarjana Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya Malang. Penulis diterima di Program Doktor Ilmu Ternak Pascasarjana Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya Malang. Selama menjadi mahasiswa Program Magister penulis mendapatkan Beasiswa Tesis dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementrian Keuangan Republik Indonesia dan pada tahun 2017 penulis mendapatkan Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri (BPPDN) untuk menempuh Program Doktoral dan Lulus tahun 2021.

Editor

Niswatin Hasanah - Dr. Niswatin Hasanah, S.Pt, MP Dilahirkan di Lamongan pada tanggal 7 September 1993. Penulis menyelesaikan Program Magister dan Doktor di Program Studi Ilmu Ternak Program Pascasarjana Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya Malang. Selama menjadi mahasiswa Program Magister penulis mendapatkan Beasiswa Tesis dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementrian Keuangan Republik Indonesia dan pada tahun 2014. Penulis mendapatkan Beasiswa Unggulan Kemendikbudristek untuk menempuh Program Doktoral dan Beasiswa Disertasi dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementrian Keuangan Republik Indonesia.

Penulis mengabdikan diri menjadi Dosen di Politeknik Negeri Jember dan telah menghasilkan karya ilmiah sebanyak 6 jurnal internasonal, 31 jurnal nasional dan sertifikat hak kekayaan intelektual sebanyak 10 sertifikat. Buku ini merupakan buku ke-6 yang penulis hasilkan. Penulis sebagai reviewer jurnal nasional terakreditasi sinta 2. Penulis juga aktif sebagai Asesor Fasilitator Pengawas Mutu Pakan dan Penyelia Halal di Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP-P1 POLIJE) sejak Desember 2018. Saat ini penulis menjadi Owner CV. Chicken Butcher bergerak di bidang supplier ayam broiler.


Daftar Isi

Cover
Halaman Sampul
Halaman Identitas Buku
Prakata
Daftar Isi
Daftar Tabel
Daftar Gambar
Bab 1. Pendahuluan
     1.1 Dinamika Ternak Kambing
     1.2 Hijauan Pakan
Bab 2. Pakchong
     2.1 Sejarah Rumput Pakchong
     2.2 Taksonomi Pakchong
     2.3 Manfaat Pakchong
Bab 3. Budidaya Pakchong
     3.1 Lahan Hijauan
     3.2 Pengolahan Lahan
     3.3 Budidaya Pakchong
Bab 4. Kualitas Nutrisi Pakchong
     4.1 Kandungan Nutrien Pakchong
     4.2 Peningkatan Nutrisi
Bab 5. Pakchong untuk Pakan Kambing
     5.1 Konsumsi Pakan
     5.2 Pertambahan Bobot Badan
     5.3 Konversi Pakan
Bab 6. Penutup
Daftar Pustaka
Indek
Glosarium
Biografi Penulis

Kutipan

BAB 1/ Hijauan Pakan
Rumput Napier Pak chong (Pennisetum purpureum cv Thailand ) atau biasa disebut rumput pakchong merupakan rumput unggul yang cukup populer dikalangan peternak. Rumput Pakchong saat ini sudah banyak tersebar di Pulau Jawa untuk dijadikan sebagai hijauan pakan ternak. Menurut Departemen Pengembangan Peternakan di Thailand Rumput Pakchong dikembangkan oleh Prof. Krailas Kiyotong selama 6 tahun di daerah Pak Chong Thailand. Rumput Pakchong. Rumput Pakchong merupakan hasil persilangan dari Rumput Gajah yang memiliki nama latin Pennisetum purpureum dengan rumput Pearl Millet yang dikenal dengan nama latin Pennisetum glaucum. Persiapan lahan menjadi langkah awal dalam budidaya rumput Pakchong. perawatan rumput Pakchong meliputi penyiraman, pemupukan, dan pemangkasan. Rumput ini membutuhkan penyiraman yang cukup, terutama pada musim kemarau. Pemberian pupuk secara teratur juga penting untuk memastikan pertumbuhan yang baik dan produktivitas rumput. Pemangkasan dilakukan secara rutin untuk menjaga tinggi rumput tetap optimal dan mencegah pertumbuhan gulma. Terdapat beberapa permasalahan yang muncul terkait hijauan pakan ternak kambing

BAB 2/Manfaat Pakchong
Rumput Pakchong (Pennisetum purpureum cv Thailand) memiliki pemanfaatan yang signifikan sebagai pakan ternak, khususnya dalam konteks peternakan ruminansia seperti sapi, kambing, dan domba. Pertama-tama, rumput Pakchong sangat dihargai karena kemampuannya untuk tumbuh cepat dan menghasilkan jumlah hijauan yang melimpah. Daunnya yang lebar dan batang yang tinggi memberikan sumber pakan yang berkualitas baik. Kandungan nutrisi yang tinggi menjadi faktor penting dalam pemanfaatan rumput Pakchong sebagai pakan ternak (Qisthon et al., 2022). Daunnya mengandung protein yang cukup tinggi, serat kasar, dan berbagai vitamin serta mineral, menjadikannya pilihan yang baik untuk meningkatkan kesehatan dan pertumbuhan hewan ternak. Ketersediaan nutrisi yang seimbang ini berkontribusi pada produktivitas dan kesehatan ternak yang dikonsumsinya. Selain sebagai sumber nutrisi, rumput Pakchong juga memberikan keuntungan dalam meningkatkan efisiensi pakan. Pertumbuhannya yang cepat memungkinkan peternak untuk secara reguler memanen hijauan yang segar, yang dapat diberikan kepada ternak, mengurangi ketergantungan pada pakan komersial yang seringkali lebih mahal. Hal ini memberikan alternatif yang ekonomis dan berkelanjutan untuk memenuhi kebutuhan pakan ternak.

BAB 3/ Budidaya Pakchong
Penentuan lokasi lahan untuk penanaman rumput Pakchong (Pennisetum purpureum cv Thailand ) adalah langkah krusial yang mempengaruhi keberhasilan pertumbuhan dan produktivitas tanaman tersebut. Lahan hijauan merujuk pada area pertanian atau padang rumput yang ditanami dengan berbagai jenis tanaman hijauan (Infitria & Khalil, 2014). Tanaman hijauan ini digunakan sebagai pakan ternak, seperti kambing, sapi, domba, dan ternak ternak lainnya. Tanaman hijauan ini dapat berupa rumput, legum, jerami, atau bahkan beberapa jenis tumbuhan berdaun lebar. Tujuan mengembangkan lahan hijauan adalah untuk menyediakan sumber pakan yang sehat dan bergizi bagi ternak.

Tanaman hijauan ini kaya akan serat, protein, vitamin, dan mineral yang penting untuk pertumbuhan dan kesehatan ternak ternak. Selain itu, lahan hijauan juga membantu menjaga kesuburan tanah dan lingkungan yang berkelanjutan, karena akar tanaman akan mengikat tanah, mencegah erosi, dan menyediakan nutrien kedalam tanah. Kondisi lingkungan yang mendukung untuk budidaya tanaman rumput pakchong adalah kondisi lingkungan pada ketinggian 200-1500 mdpl.