Tampilkan di aplikasi

Buku Jejak Pustaka hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Adaptasi Perubahan Iklim dan Ketahanan Pangan

1 Pembaca
Rp 50.000 20%
Rp 40.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 120.000 13%
Rp 34.667 /orang
Rp 104.000

5 Pembaca
Rp 200.000 20%
Rp 32.000 /orang
Rp 160.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Perubahan iklim merupakan ancaman bagi ketahanan pangan global. Perubahan iklim ditandai dengan perubahan yang signifikan pada suhu udara, iklim, dan curah hujan mulai dari sepuluh tahun sampai jutaan tahun secara global, tidak terkecuali di Indonesia. Hal ini dapat berdampak terhadap sector pertanian dimana tanaman pangan bersifat semusim akan relative rentan terhadap perubahan iklim pada kondisi kekurangan dan kelebihan air. Kondisi tersebut berdampak pada produksi pertanian yang menurun sehinggaberdampak pada ketersediaan pangan yang ada.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Tri Mulyaningsih / Yunastiti Purwaningsih / Barokatuminalloh / Winny Perwithosuci / Ika Alicia Sasanti

Penerbit: Jejak Pustaka
ISBN: 9786235422619
Terbit: Agustus 2022 , 76 Halaman

BUKU SERUPA










Ikhtisar

Perubahan iklim merupakan ancaman bagi ketahanan pangan global. Perubahan iklim ditandai dengan perubahan yang signifikan pada suhu udara, iklim, dan curah hujan mulai dari sepuluh tahun sampai jutaan tahun secara global, tidak terkecuali di Indonesia. Hal ini dapat berdampak terhadap sector pertanian dimana tanaman pangan bersifat semusim akan relative rentan terhadap perubahan iklim pada kondisi kekurangan dan kelebihan air. Kondisi tersebut berdampak pada produksi pertanian yang menurun sehinggaberdampak pada ketersediaan pangan yang ada.

Pendahuluan / Prolog

Adaptasi Perubahan Iklim dan Ketahanan Pangan
Cuaca dan iklim merupakan dua kondisi yang hampir sama, yakni sama-sama menggambarkan kondisi udara (atmosfer bumi). Cuaca adalah kondisi atau keadaan udara yang terjadi di suatu daerah atau wilayah dalam periode waktu tertentu. Cuaca dapat berubah-ubah dalam waktu singkat yaitu hanya beberapa jam saja dan ditandai dengan perbedaan siang dan malam. Cuaca terjadi karena perbedaan suhu dan kelembaban udara yang terjadi antara suatu tempat dengan tempat lainnya.Iklim adalah kondisi atau keadaan rata-rata cuaca pada suatu daerah yang luas.Iklim sendiri ditentukan berdasarkan perhitungan waktu yang biasanya mencapai 11 tahun hingga 30 tahun.Iklim pada suatu daerah dipengaruhi oleh letak geografis dan topografi wilayah tersebut, yang artinya perbedaan iklim pada suatu daerah dipengaruhi oleh posisi relatif matahari terhadap daerah tersebut di planet bumi.

Penulis

Tri Mulyaningsih - Tri Mulyaningsih, lahir di Tangerang, 19 Juli 1979.Merupakan dosen di Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret. Riwayat pendidikan sebagai berikut: menyelesaikan pendidikan Strata 1 di Universitas Gadjah Mada (2001) dengan predikat Cumlaude, pendidikan Master di Universitas Gadjah Mada (2004) dan pendidikan Ph.D di University of Canberra (2014) dengan predikat Cumlaude.

Saat ini menjabat sebagai koordinator Grup riset Applied Microeconomics Ketua Peminatan Ekonomi Pembangunan, Program Doktor Ilmu Ekonomi Universitas Sebelas Maret.Bidang penelitian adalah di bidang ekonomi terapan seperti ekonomi industri, ekonomi kesehatan, ekonomi ketenagakerjaan dan ekonomi pendidikan.Saat ini sedang aktif meneliti tentang analisis kebijakan pemerintah dalam bidang pendidikan dan kesehatan dan pengaruhnya terhadap kualitas sumber daya manusia.Pengalaman menulis artikel di jurnal ilmiah, diantaranya adalah “The Regional Skill Differentials: A Study of the Indonesian Labor Market” (dimuat di Singapore Economic Review (Scopus Indexed Journal) tahun 2019); “The Behaviour of Credit Market of the Indonesian Banking Industry” (dimuat di Jurnal Ekonomi Malaysia (Scopus Indexed Journal).


Yunastiti Purwaningsih - Yunastiti Purwaningsih, lahir di Surakarta, 13 Juni 1959. Merupakan Guru Besar dan dosen di Prodi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret. Riwayat pendidikan sebagai berikut: menyelesaikan pendidikan Strata 1 di UGM (1983) dengan predikat sangat memuaskan, pendidikan Master di UGM (1998) dengan predikat Cumlaude, dan pendidikan Doktor di UGM (2010) dengan predikat Cumlaude. Saat ini merupakan anggota dari Grup riset Applied Microeconomics di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sebelas Maret
Barokatuminalloh - Barokatuminalloh, lahir di Purwokerto, 15 Juli 1980. Merupakan dosen di Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman. Riwayat pendidikan sebagai berikut: menyelesaikan pendidikan Strata 1 di Universitas Jenderal Soedirman (2002) dengan predikat sangat memuaskan, Pendidikan Master di Universitas Gadjah Mada (2008) dengan predikat Cumlaude dan pendidikan Doktor di Program Doktor Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret (2021) dengan predikat Cumlaude
Winny Perwithosuci - Winny Perwithosuci adalah dosen pada Program Studi S-1 Ekonomi Pembangunan, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Winnylahir di Karanganyar, 03 Agustus 1993. Winny adalah alumnus Program Studi Sarjana Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sebelas Maret. Pada tahun 2018,Winny menempuh pendidikan lanjutan di Program Magister Ekonomi dan Studi Pembangunan (MESP), Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sebelas Maret.
Ika Alicia Sasanti - Ika Alicia Sasanti lahir di Klaten, 09 November 1996. Ika adalah alumnus Program Studi Sarjana Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sebelas Maret. Pada tahun 2019 Ika menempuh pendidikan lanjutan di Program Magister Ekonomi dan Studi Pembangunan (MESP), Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sebelas Maret dengan predikat Cumlaude. Ika memiliki pengalaman sebagai asisten dosen dan asisten peneliti.Keterlibatan Ika sebagai asisten dosen mengampu mata kuliah Ekonomi Sumber Daya Alam dan Lingkungan, Evaluasi Proyek, Ekonomi Mikro, dan Alat Analisis.

Daftar Isi

Sampul Depan
Halaman Judul
Identitas Buku
Prakata
Daftar Isi
Bab 1 Perubahan Iklim
     A. Cuaca dan Iklim
     B. Pengertian Perubahan Iklim
     C. Dampak Perubahan Iklim
Bab 2 Ketahanan Pangan
     A. Ketahanan Pangan dalam Ilmu Ekonomi
     B. Konsep Ketahanan Pangan dan Keamanan Pangan
     C. Pengertian Ketahanan Pangan
     D. Indikator Ketahanan Pangan
Bab 3 Perubahan Iklim dan Ketahanan Pangan
     A. Dampak Langsung dari Perubahan Iklim terhadap Akti- vitas Pertanian
     B. Dampak Tidak Langsung Perubahan Iklim terhadap Pro-duksi Pertanian dan Ternak
Bab 4 Studi Kasus Fenonema Perubahan Iklim dan Ketahanan Pangan
     A. Studi Kasus Benua Afrika
     B. Studi Kasus Benua Amerika
     C. Studi Kasus Benua Asia
Bab 5 Tantangan Perubahan Iklim dan Ketahanan Pangan
Bab 6 Adaptasi dan Mitigasi Perubahan Iklim dan Ketahanan Pangan
Daftar Pustaka
Profil Penulis
Sampul Belakang