Tampilkan di aplikasi

Buku Media Sains Indonesia hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Ilmu Kesehatan Masyarakat

1 Pembaca
Rp 110.000 41%
Rp 65.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 195.000 13%
Rp 56.333 /orang
Rp 169.000

5 Pembaca
Rp 325.000 20%
Rp 52.000 /orang
Rp 260.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi

Perpustakaan digital
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. Perpustakaan

Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Ilmu Kesehatan Masyarakat. Sistematika buku Ilmu Kesehatan Masyarakat ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Oleh karena itu diharapkan book chapter ini dapat menjawab tantangan dan persoalan dalam sistem pengajaran baik di perguruan tinggi dan sejenis lainnya. Kami menyadari bahwa tulisan ini jauh dari kesempurnaan dan masih terdapat banyak kekurangan, sejatinya kesempurnaan itu hanya milik Yang Kuasa. Oleh sebab itu, kami tentu menerima masukan dan saran dari pembaca demi penyempurnaan lebih lanjut.

Ikhtisar Lengkap   

Penulis: Sartika / Dian Eka Anggreny, SKM, M.Kes / Andi Sani, SKM., M.Kes / Intan Kumalasari, APP, M.KM / Herry Hermansyah, AMAK,. SKM., M.Kes / Elmi Nuryati / Sherli Shobur, SKM. MKM. / Budi Yulianto / Ayu Puspitasari, SKM., M.Kes. / Dr. Maksuk, SKM., M.Kes / Illustri, S.Psi., M.Kes. / Kristy Mellya Putri / Wulan Angraini, SKM., M.KM. / Atik Badi’ah / Dr. Nani Sari Murni, SKM, M.Kes
Editor: Arif Munandar

Penerbit: Media Sains Indonesia
ISBN: 9786233623094
Terbit: Januari 2022 , 265 Halaman

BUKU SERUPA













Ikhtisar

Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Ilmu Kesehatan Masyarakat. Sistematika buku Ilmu Kesehatan Masyarakat ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Oleh karena itu diharapkan book chapter ini dapat menjawab tantangan dan persoalan dalam sistem pengajaran baik di perguruan tinggi dan sejenis lainnya. Kami menyadari bahwa tulisan ini jauh dari kesempurnaan dan masih terdapat banyak kekurangan, sejatinya kesempurnaan itu hanya milik Yang Kuasa. Oleh sebab itu, kami tentu menerima masukan dan saran dari pembaca demi penyempurnaan lebih lanjut.

Pendahuluan / Prolog

Kata Pengantar
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas berkat, rahmat dan karunia-Nya sehingga buku kolaborasi dalam bentuk book chapter dapat dipublikasikan dan dapat sampai dihadapan pembaca. Book cahpter ini disusun oleh sejumlah akademisi dan praktisi sesuai dengan kepakarannya masing-masing. Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Ilmu Kesehatan Masyarakat.

Sistematika buku Ilmu Kesehatan Masyarakat ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Oleh karena itu diharapkan book chapter ini dapat menjawab tantangan dan persoalan dalam sistem pengajaran baik di perguruan tinggi dan sejenis lainnya.

Kami menyadari bahwa tulisan ini jauh dari kesempurnaan dan masih terdapat banyak kekurangan, sejatinya kesempurnaan itu hanya milik Yang Kuasa. Oleh sebab itu, kami tentu menerima masukan dan saran dari pembaca demi penyempurnaan lebih lanjut.

Akhirnya kami mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada semua pihak yang telah mendukung dalam proses penyusunan dan penerbitan buku ini, secara khusus kepada Penerbit Media Sains Indonesia sebagai insiator book chapter ini. Semoga buku ini dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Penulis

Sartika - Lahir di Pangkajene Kabupaten Sidenreng Rappang, Provinsi Sulawesi Selatan, 03 Juli 1989. Dosen di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia (2015). Penulis merupakan Magister Kesehatan Masyarakat peminatan Epidemiologi (2012) dari Universitas Hasanuddin, Makassar. Penulis menjadi tenaga pengajar dengan bidang ilmu kesehatan masyarakat dan menggeluti bidang Epidemiologi, epidemiologi Penyakit Menular dan Tidak Menular serta berbagai matakuliah umum di program studi Kesehatan masyarakat. Karya tulis Penulis pada pendidikan starata satu Sarjana Kesehatan Masyarakat Topik terkait Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Scabies Di Pondok Pesantren sedangkan pada saat mengenyam pendidikan strata dua, magister kesehatan masyarakat, penulis memilih topik terkait Determinan Kejadian Ansietas pada Ibu Hamil.
Dian Eka Anggreny, SKM, M.Kes - Dilahirkan di Lahat, 27 Juli 1982. Ketertarikan penulis terhadap ilmu kesehatan masyarakat dimulai pada tahun 2005, yakni sejak menyelesaikan pendidikan S1 Kesehatan Masyarakat di Program Studi Kesehatan Masyarakat STIK Bina Husada Palembang dan pesatnya perkembangan ilmu kesehatan masyarakat di Indonesia.

Untuk lebih menekuni bidang ilmu kesehatan masyarakat, penulis mendapatkan kesempatan melanjutkan pendidikan ke S2 Kesehatan Masyarakat dan selesai pada tahun 2013 dengan bidang peminatan administrasi kebijakan kesehatan. Saat ini penulis adalah seorang dosen pada Program Studi Kesehatan Masyarakat STIK Bina Husada Palembang dan menduduki jabatan sebagai Ketua Program Studi.

Penulis memiliki kepakaran di bidang kesehatan masyarakat khususnya administrasi kebijakan kesehatan. Untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis juga aktif sebagai peneliti dan menulis artikel di bidang kepakaran tersebut. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi dan juga Kemenristekdikti. Selain sebagai dosen, penulis juga aktif berperan dalam kegiatan di lingkungan kemasyarakat dan sebagai anggota profesi Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia.
Andi Sani, SKM., M.Kes - Lulus S1 di Program Studi Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) pada tahun 2011. Lulus S2 di Program magister Kesehatan Masyarakat Pascasarjana Universitas Hasanuddin pada tahun 2014. Saat ini adalah dosen tetap di Program Studi Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia. Fokus penelitian penulis pada bidang kesehatan kerja.
Intan Kumalasari, APP, M.KM - Ketertarikan penulis di bidang kesehatan membuat penulis memilih Akademi Keperawatan Palembang sebagai langkah awal terjun ke dunia kesehatan yang berhasil diselesaikan pada tahun 1996. Penulis kemudian melanjutkan pendidikan ke Universitas Sumatera Utara untuk mendapatkan gelar perawat pendidik pada Prodi DIV Perawat Pendidik Fakultas Kedokteran USU, Medan dan lulus tahun 1999. Tahun 2015 penulis kembali menyelesaikan S2 di Universitas Sriwijaya dengan bidang peminatan Biostatistik Epodemiologi.

Aspek Pendidikan Kesehatan Reproduksi dan Epidemiologi menjadi konsentrasi penulis. Karya fenomenal penulis dalam bentuk buku yaitu Kesehatan Reproduksi tahun 2012, dilanjutkan dengan buku Panduan Prektik Laboratorium Keperawatan Maternitas tahun 2015. Kedua buku tersebut menjadi Best seller yang diterbitkan oleh Salemba Medica. Penulis juga membuat beberapa buku saku yang diterbitkan oleh Candle Publisher dari tahun 2019-2021. Selain itu, penulis juga aktif sebagai peneliti dan pengabdi sesuai dengan bidang keilmuannya. Hasil penelitian dan pengabdian dipublikasikan dalam bentuk artikel, game kesehatan, video edukasi, poster, booklet dan aplikasi android. Salah satu luaran penelitian dalam bentuk Aplikasi SEHATI (sehat Reproduksi) didedikasikan penulis untuk remaja Indonesia sebagai bahan referensi dan sumber informasi bagi remaja agar lebih memahami seluk beluk kesehatan reproduksi remaja...
Herry Hermansyah, AMAK,. SKM., M.Kes - Penulis saat masih SMP sudah tertarik dibidang kesehatan, untuk mewujudkan ketertarikan tersebut penulis masuk Sekolah Menengah Analis Kesehatan (SMAK) Departemen Kesehatan Palembang. Tahun 1991 diangkat sebagai pegawai negeri sipil sebagai asisten guru praktikum bidang studi Bakteriologi dan pada tahun 1998 mendapat tugas belajar di Akademi Analis Kesehatan (AAK) Departemen Kesehatan Jakarta. Tahun 2000 SMAK ditingkatkan menjadi AAK dan penulis menjadi dosen. Tahun 2002 izin belajar untuk melanjutkan pendidikan di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bina Husada Palembang. Pada tahun 2007 izin belajar di Program Pascasarjana Universitas Sriwijaya Ilmu Biomedik dengan Bidang Kajian Utama Parasitologi Kedokteran. Sampai saat ini sebagai dosen Parasitologi, Bakteriologi, Promkes dan Epidemiologi di Politeknik Kesehatan Palembang jurusan Tehnologi Laboratorium Medis. Sebagai dosen pengampu mata kuliah Promosi Kesehatan dan Epidemiologi menulis buku ini pengalaman pertama bagi penulis. Penulis aktif dalam kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dibidang kajian Parasitologi dan Bakteriologi yang beberapa sudah terbit di journal dan sudah mendapat sertifikat HAKI pengabdian masyarakat tentang Penyakit Tuberculosis.
Elmi Nuryati - Lahir di Banjar Manis Tanggamus Lampung pada tanggal 15 November 1975. Tahun 1996 penulis menyelesaikan pendidikan D III Keperawatan di STIKes Bani Saleh Bekasi dan setelah lulus bekerja di Rumah Sakit Mitra Keluarga Bekasi. Kemudian pada tahun 2000 penulis mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan S1 Kesehatan Masyarakat dengan Peminatan Epidemiologi pada Universitas Diponegoro Semarang. Ketertarikan menulis dan meneliti di mulai sejak penulis menyelesaikan pendidikan S1.

Untuk memperdalam bidang penelitian maka pada tahun 2010 peneliti melanjutkan pendidikan S2 Epidemiologi di Universitas Indonesia lulus tahun 2012 dan tahun 2023 ini penulis telah menyelesaikan Program Doktor (Phd) Nursing pada Mahsa University of Malaysia. Karir sebagai dosen dimulai tahun 1998 pada Akper Muhammadiyah Pringsewu, tahun 2008-2019 di Stikes Muhammadiyah Pringsewu dan tahun 2019 sampai dengan sekarang di Universitas Muhammadiyah Pringsewu. Beberapa buku yang telah ditulis adalah Asuhan Keperawatan Keluarga, Teori dan Aplikasi Epidemiologi Kesehatan, Hipertensi pada Wanita, Penulisan Ilmiah. Penulis mengampu mata kuliah keperawatan dasar, penulisan ilmiah, metodologi penelitian, biostatistik, keperawatan komunitas dan keperawatan keluarga.
Sherli Shobur, SKM. MKM. - Penulis merupakan dosen yang mengabdi di Institusi di bawah naungan Kementerian Kesehatan, Politeknik Kesehatan Jurusan Keperawatan sejak tahun 2001. Minat dan ketertarikan penulis terhadap ilmu kesehatan dimulai sejak tahun 1996 pada saat menimba ilmu di Program Diploma III Keperawatan Depkes Palembang yang diselesaikan pada tahun 1999.

Minat ini juga membuat penulis melanjutkan studi S1 ke Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia dan memilih Jurusan Administrasi Kebijakan Kesehatan dan berhasil diselesaikan pada Tahun 2002. Setahun berselang, penulis langsung melanjutkan ke S2 di Ilmu Kesehatan Masyarakat UI dengan kembali memilih Jurusan Administrasi Kebijakan Kesehatan dengan spesifikasi bidang manajemen dan berhasil diselesaikan pada tahun 2005.

Sebagai dosen yang dituntut tidak hanya memberikan bimbingan dan pengajaran, penulis juga menjadi peneliti yang berkaitan dibidang keahliannya tersebut. Penelitian yang telah dilakukan penulis sebagian besar dibiayai oleh internal perguruan tinggi dan juga Badan PPSDM Kesehatan Kemenkes RI. Selain sebagai peneliti, penulis juga aktif di dalam organisasi – organisasi baik yang terkait dengan kesehatan maupun organisasi keagamaan. Penulis juga aktif memberikan bimbingan terkait dengan kesehatan bagi jamaah haji dan umroh dan sudah mendapatkan sertifikasi sebagai pembimbing profesional....
Budi Yulianto - Dr. Budi Yulianto, M.Kes Lahir di Magetan tahun 1965. Penulis adalah Dosen Prodi Kesehatan Lingkungan Magetan Poltekkes Kemenkes Surabaya. Pendidikan Kesehatan dimulai dari SPPH Magetan (1985), APK TS Surabaya (1994), S1 Ilmu Sosial IKIP PGRI Madiun (1993), S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga Surabaya (2002) dan Pendidikan Doktoral S3 Ilmu Lingkungan / Kesehatan Kerja Universitas Sebelas Maret (2018).

Penulis aktif dalam Seminar dan Pelatihan Kesehatan Lingkungan maupun Kesehatan Masyarakat sebagai Narasumber maupun Peserta. Penulis mengajar SMK3, Dasar-dasar Kesehatan Lingkungan, Audit Lingkungan, Budaya Anti Korupsi, Sanitasi Industri dan K3, Klinik Sanitasi, Monograf Perilaku Pdenggunaan APD sebagai Alternatif Meningkatkan Kinerja Karyawan yang Terpapar Bising Intensitas Tinggi. Penulis juga aktif melaksanakan penelitian setiap tahun baik internal maupun eksternal. Buku yang pernah ditulis antara lain: K3 dan Kesehatan Lingkungan.

Keinginan mengembangkan Ilmu Kesehatan Lingkungan dan Kesehatan Masyarakat mendorong penulis untuk menulis buku. Selain buku Kesehatan Lingkungan dan Kesehatan Masyarakat penulis juga ingin mewujudkan terbitnya buku–buku yang bermanfaat dan relevan dengan Ilmu Kesehatan Lingkungan dan Kesehatan Masyarakat khususnya pada Sanitasi Industri. Selain buku ajar penulis memulai menulis buku Monograf, buku Referensi dari hasil penelitian seputar Kesehatan Lingkungan dan Kesehatan Masyarakat....
Ayu Puspitasari, SKM., M.Kes. - Lulus S1 di Program Studi Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia Tahun 2012. Lulus S2 di Program magister Kesehatan Masyarakat Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia tahun 2016. Saat ini adalah dosen tetap di Program Studi Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia. Mengampuh Mata Kuliah Dasar Kesehatan Lingkungan, Pencemaran Lingkungan, Kesehatan Lingkungan Bencana dan tanggap Darurat, Analisis Kualitas Lingkungan. Fokus Kepada Risest Sanitasi dan Penerapan Melalui Pengabdian Masyarakat.
Dr. Maksuk, SKM., M.Kes - Ketertarikan penulis terhadap ilmu kesehatan lingkungan dimulai pada tahun 2004, dimana saat itu penulis sebagai tenaga sanitarian RSU Kabupaten Belitung dan tahun 2006 penulis pindah ke Balai Teknik Kesehatan Lingkungan Palembang. Hal tersebut membuat penulis melanjutkan pendidikan ke jenjang strata 2 Program Kesehatan Masyarakat Peminatan Kesehatan Lingkungan dan Lingkungan Kerja di STIK Bina Husada Palembang tahun 2008, dan menyelesaikan studi pada tahun 2010. Sebagai seorang dosen yang dituntut senantiasa mengembangkan keilmuan, maka penulis pada tahun 2013 melanjutkan pendidikan Strata 3 pada Program Pascasarjana Ilmu Lingkungan dengan Bidang Kajian Utama Kesehatan Lingkungan di Universitas Sriwijaya dan menyelesaikan studi pada tahun 2017.

Penulis memiliki kepakaran dibidang Kesehatan Lingkungan, dan saat ini sebagai dosen profesional di Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Palembang, penulis pun aktif sebagai peneliti dibidang kepakarannya tersebut. Beberapa penelitian yang telah dilakukan terkait bidang ilmu penulis telah dipublikasikan pada jurnal dan prosiding baik secara nasional maupun internasional. Selain peneliti, penulis juga aktif menulis buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara yang sangat tercinta ini serta dapat mengembangkan keilmuan kesehatan lingkungan.
Illustri, S.Psi., M.Kes. - Dilahirkan Tanjung Enim, 19 Maret 1989. Menyelesaikan Pendidikan S1 Psikologi Di Universitas Bina Darma Palembang tahun 2011 dan langsung melanjutkan Pendidikan S2 Kesehatan Masyarakat di STIK Bina Husada dan menyelesaikan studi tahun 2013.

Karir sebagai dosen dimulai tahun 2013 sampai dengan sekarang di STIK Bina Husada Palembang. Ketertarikan menulis dan meneliti di mulai sejak penulis menyelesaikan pendidikan S2 dan menjadi dosen.

Penulis mulai tertarik menulis terlihat dari beberapa buku yang telah terbit yaitu Buku Ajar Psikologi Kebidanan dan Buku Ajar Psikologi Keperawatan. Selain menulis dan meneliti penulis juga memiliki aktivitas lain yaitu berpengalaman sebagai seorang konselor dan aktif dalam kegiatan psikologi seperti Psikotes, Test Bakat Minat pada anak Sekolah Menengah Pertama (SMP), anak Sekolah Menengah Atas (SMA) dan berpengalaman dalam proses seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) internal institusi. Selain itu penulis juga berpengalaman dalam kegiatan perekrutan karyawan BUMN dan Swasta, dan penulis juga pernah tergabung dalam Organisasi Women Crisis Center (WCC) yang berperan sebagai lembaga pembelaan bagi perempuan dan anak di sumatera selatan yang mengalami kekerasan. Penulis juga aktif dalam meneliti dibuktikan dengan jurnal yang tebit setiap tahun.
Kristy Mellya Putri - Lahir di Nipah Panjang pada tanggal 1 Juli 1990. Riwayat Pendidikan : SMA N 5 Kota Jambi lulus tahun 2008, memperoleh gelar Ahli Madya Kebidanan dari Poltekkes Kemenkes Jambi tahun 2011, memperoleh gelar Sarjana Sains Terapan Program Studi Diploma IV Bidan Pendidik dari Universitas Respati Yogyakarta tahun 2013, memperoleh gelar Magister Kesehatan Masyarakat perminatan Kesehatan Reproduksi dari Universitas Respati Indonesia tahun 2015, memperoleh gelar Profesi Bidan di Poltekkes Kemenkes Jambi tahun 2022. Riwayat Pekerjaan: Dosen tetap di Akbid Jakarta Mitra Sejahtera dari 2013-2021, Dosen tetap Program Studi Pendidikan Diploma III Kebidanan Tahun 2021 dan Pendidikan Profesi Bidan dari 2022 sampai sekarang di Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Adiwangsa Jambi, telah lulus Sertifikasi Dosen. Penulis juga aktif dalam Tridarma Perguruan Tinggi serta keikutsertaan dalam Organisasi Ikatan Bidan Indonesia di Kota Jambi. Adapun buku yang sudah di tulis diantaranya Asuhan Kebidanan, Pendidikan Ilmu Kebidanan, Ilmu Kesehatan Masyarakat, Digitalisasi Dalam Perawatan Kesehatan, Kesehatan Masyarakat dan Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Reproduksi dan Keluarga Berencana, Kesehatan Ibu, Anak dan Keluarga Berencana, Kesehatan Reproduksi, Ibu dan Anak, Pengantar Ilmu Kebidanan dan Etikolegal dalam Praktik Kebidanan, Keperawatan Maternitas dan Keluarga Berencana, Kesehatan Wanita dan Kesehatan Reproduksi, Kebidanan Dasar....
Wulan Angraini, SKM., M.KM. - lahir di Bengkulu 30 Agustus 1988. Penulis menamatkan pendidikan Sarjana Kesehatan Masyarakat di Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Bengkulu tahun 2011.

Pada tahun 2015 penulis menyelesaikan pendidikan Magister Kesehatan Masyarakat di Universitas Indonesia (FKM UI). Saat ini bekerja sebagai Dosen di Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Penulis memiliki kepakaran dibidang Kesehatan Masyarakat untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis pun aktif sebagai peneliti dibidang kepakarannya serta berperan aktif dalam penulisan artikel setiap tahunnya.
Atik Badi’ah - Lahir di Trenggalek, 30 Desember 1965. Bekerja sebagai dosen/Lektor Kepala di Jurusan Keperawatan Politeknik Kesehatan Kemenkes Yogyakarta mulai 1988 s.d sekarang. Lulus Akademi Perawat Dep Kes Yogyakarta 1987, Lulus IKIP PGRI Wates Bimbingan Konseling tahun 1994, Lulus S 1 Keperawatan PSIK FK UNPAD Bandung tahun 1997, Lulus S2 Kesehatan Ibu Anak FK UGM tahun 2002 dan Lulus S3 Promosi Kesehatan Pasca Sarjana UNS Surakarta tahun 2018. Pernah menjadi dosen berprestasi Poltekkes tingkat Nasional tahun 2006. Mendapat penghargaan dari Presiden dan Menteri Kesehatan. Menjadi penguji eksternal Disertasi S3 Promosi Kesehatan UNS. Menjadi Asesor Beban Kinerja Dosen (BKD). Menjadi Reviewer Internal Jurnal Caring Jurusan Keperawatan Poltekkes Yogyakarta, menjadi Reviewer Eksternal Jurnal Internasional Health Notion, Jurnal Nasional Forikes Poltekkes Surabaya, Jurnal Nasional Surya Medika Stikes Surya Global Yogyakarta, Jurnal Nasional Health Sciences and Pharmacy Journal Stikes Surya Global Yogyakarta dan Jurnal Nasional MIKKI Stikes Wira Husada Yogyakarta. Menjadi Reviewer Penelitian Eksternal Nasional dan Reviewer internal Penelitian dan reviewer internal pengabdian masyarakat tingkat Poltekkes Yogyakarta. Menjadi pembicara tingkat lokal dan nasional....
Dr. Nani Sari Murni, SKM, M.Kes - Lahir di Teluk Betung, Propinsi Lampung, 03 Februari 1979. Ketertarikan penulis terhadap ilmu kesehatan masyarakat dimulai pada tahun 2001 silam, yakni sejak penulis menempuh pendidikan S1 Kesehatan Masyarakat di prodi KESEHATAN MASYARAKAT STIK BINA HUSADA PALEMBANG dan berhasil menyelesaikan studi pada tahun 2004.

Selanjutnya penulis mengembangkan ilmu kesehatan masyarakat dengan menjadi dosen untuk mata kuliah Ilmu Kesehatan Masyarakat sejak tahun 2005 s.d 2008, dan mengampu pada mata kuliah lainnya s.d saat ini. Penulis merupakan dosen PNS LLDIKTI Wilayah II yang diperkerjakan di STIK Bina Husada Palembang. Penulis melanjutkan pendidikan ke strata 2 pada tahun 2008 dan berhasil menyelesaikan studi S2 di prodi BIOMEDIK FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SRIWIJAYA pada tahun 2011. Lima tahun kemudian, penulis melanjutkan studi ke strata 3 dan menyelesaikan studi S3 di prodi BIOMEDIK FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS INDONESIA, tepatnya pada bulan Agustus 2020 yang lalu, dengan predikat Cum Laude.

Penulis memiliki kepakaran dibidang epidemiologi dan imunologi. Oleh karena itu, sebagai perwujudan karir sebagai dosen professional maka penulis aktif melakukan penelitian dibidang kepakaran tersebut dan hasil penelitian telah dipublikasikan. Selain melakukan penelitian, penulis melakukan penulisan buku ini dengan harapan dapat lebih memberikan kontribusi positif bagi almamater, institusi pendidikan, serta bangsa dan negara tercinta ini.

Editor

Arif Munandar - Ketertarikan Editor terhadap ilmu keperawatan dimulai pada tahun 2009 silam. Hal tersebut membuat Editor memilih untuk masuk Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Mataram dengan memilih Jurusan Keperawatan dan berhasil lulus pada tahun 2013. Editor kemudian melanjutkan pendidikan Ners Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Mataram dan lulus pada tahun 2014. Lima tahun kemudian, Editor menyelesaikan studi S2 di prodi Keperawatan Program Pasca Ssrjanan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Sebagai pengalaman praktisi, Editor pernah bekerja ±1 tahun sebagai Staf Perawat di Klinik Royal Medikal Kabupaten Lombok Utara dan ±2 tahun sebagai Staf Perawat di Dinas Kesehatan Kabupaten Bima. Namun saat ini Editor memilih untuk mengabdikan diri sebagai Dosen dan aktif mengajar di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Bima. Editor juga pernah mengajar di Universitas Muhammadiyah Cirebon dari tahun 2019 s/d 2021.

Editor memiliki kepakaran dibidang Keperawatan Jiwa, Kesastraan, Riset Kualitatif, Kegawatdaruratan dan Kebencanaan, Manajemen Keperawatan dan Psikologi. Dan untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, Editor pun aktif sebagai peneliti dibidang kepakarannya tersebut. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi. Selain peneliti, Editor juga aktif menulis buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara yang sangat tercinta ini. Atas dedikasi dan kerja keras dalam menulis buku puisi,...

Daftar Isi

Sampul
Kata Pengantar
Daftar Isi
1. Konsep Dasar, Ruang Lingkup Dan Tujuan Ilmu Kesehatan Masyarakat
     Konsep Dasar Ilmu Kesehatan Masyarakat
     Ruang Lingkup Ilmu Kesehatan Masyarakat
     Tujuan Ilmu Kesehatan Masyarakat
     Sasaran Kesehatan Masyarakat
     Daftar Pustaka
     Profil Penulis
2. Prinsip Dasar Ilmu Kesehatan Masyarakat
     Landasan
     Prinsip-Prinsip Dasar
     Upaya Kesehatan Masyarakat
     Kegiatan Kesehatan Masyarakat
     Prinsip-Prinsip Kesehatan Masyarakat
     Domain Kesehatan Masyarakat
     Determinan Kesehatan Masyarakat
     Fungsi Utama Kesehatan Masyarakat
     Daftar Pustaka
     Profil Penulis
3. Perkembangan Kesehatan Masyarakat Indonesia
     Masa Pra Kemerdekaan
     Masa Era Kemerdekaan
     Daftar Pustaka
     Profil Penulis
4. Sasaran Kesehatan Masyarakat
     Individu
     Keluarga
     Kelompok Khusus
     Daftar Pustaka
     Profil Penulis
5. Periode-periode Perkembangan Kesehatan Masyarakat
     Pendahuluan
     Perkembangan Kesehatan Masyarakat di Dunia
     Sepanjang Abad Ke-20 Telah Terjadi Beberapa Kali Wabah di Dunia yaitu:
     Perkembangan Kesehatan Masyarakat di Indonesia
     Usaha yang Dilakukan dalam Penanganan Covid-19
     Masalah Kesehatan yang Dihadapi Indonesia
     Upaya Pemerintah dalam Pemecahan Masalah Kesehatan di Indonesia
     Daftar Pustaka
     Profil Penulis
6. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Derajat Kesehatan Masyarakat
     Definisi Derajat Kesehatan Masyarakat
     Faktor–Faktor yang Mempengaruhi Derajat Kesehatan Masyarakat
     Daftar Pustaka
     Profil Penulis
7. Administrasi Dan Kebijakan Kesehatan
     Pengorganisasian dalam Kesehatan
     Prinsip Pokok Organisasi
     Administrasi Kesehatan
     Unsur – Unsur Pokok Administrasi Kesehatan
     Manajemen Kesehatan
     Fungsi Manajemen Kesehatan
     Unsur-Unsur Manajemen
     Tantangan dan Masalah Kebijakan Manajemen Kesehatan
     Prinsip-Prinsip Manajemen Kesehatan
     Kebutuhan pada Manajemen Kesehatan yang Bermutu
     Jenis-Jenis Manajemen Kesehatan
     Penerapan Manajemen Kesehatan di Indonesia
     Fungsi – Fungsi Manajemen
     Tahapan dalam Proses Manajemen
     Fungsi dan Tingkatan Manajer
     Manajemen Puskesmas
     Daftar Pustaka
     Profil Penulis
8. Keselamatan Dan Kesehatan Kerja
     Keselamatan Kerja
     Kesehatan Kerja
     Upaya Penyelenggaraan Kesehatan Kerja
     Dukungan Penyelengaraan Keselamatan Kerja
     Landasan Hukum Penyelenggaraan Keselamatan dan Kesehatan Kerja
     Perbedaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja
     Penyebab dan Akibat Kerugian Kecelakaan Kerja
     Konsep Dasar dalam Penyusunan Kebijakan Keselamatan Kerja
     Hazard dan Resiko di Tempat Kerja
     Daftar Pustaka
     Profil Penulis
9. Pemberantasan Dan Pencegahan Penyakit Tidak Menular
     Pendahuluan
     Penyakit Tidak Menular
     Pemberantasan dan Pencegahan Penyakit Tidak Menular
     Daftar Pustaka
     Profil Penulis
10. Kesehatan Lingkungan
     Pendahuluan
     Paradigma Kesehatan Lingkungan
     Ruang Lingkup Kesehatan Lingkungan
     Faktor Lingkungan Terhadap Kejadian Penyakit
     Teori yang Berkaitan dengan Kesehatan Lingkungan
     Upaya Penanggulangang Masalah Kesehatan Lingkungan
     Daftar Pustaka
     Profil Penulis
11. Psikologi Kesehatan Dan Sosiologi Kesehatan
     Psikologi Kesehatan
     Sosiologi Kesehatan
     Daftar Pustaka
     Profil Penulis
12. Kesehatan Reproduksi
     Pengertian Kesehatan Reproduksi
     Tujuan Kesehatan Reproduksi
     Sasaran Kesehatan Reproduksi
     Komponan Kesehatan Reproduksi
     Kesehatan Reproduksi dalam Siklus Hidup Perempuan
     Faktor–Faktor yang Mempengaruhi Kesehatan Reproduksi
     Ruang Lingkup Kesehatan Reproduksi
     Masalah Kesehatan Reproduksi
     Hak-Hak Kesehatan Reproduksi
     Dasar Hukum Kesehatan Reproduksi
     Daftar Pustaka
     Profil Penulis
13. Gizi Kesehatan Masyarakat
     Pendahuluan
     Gizi Pada Bayi dan Balita
     Gizi Anak Sekolah, Remaja, Dewasa dan Lansia
     Daftar Pustaka
     Profil Penulis
14. Promosi Kesehatan
     Pengantar Promosi Kesehatan
     Visi dan Misi Promosi Kesehatan
     Empat Kata Kunci Visi Promosi Kesehatan
     Pengertian Promosi Kesehatan
     Tujuan Promosi Kesehatan
     Sasaran Promosi Kesehatan
     Peran Promosi Kesehatan
     Ruang Lingkup Promosi Kesehatan
     Strategi Promosi Kesehatan
     Upaya Pencegahan dalam Promosi Kesehatan
     Prinsip Promosi Kesehatan
     Daftar Pustaka
     Profil Penulis
15. Pemberantasan Dan Pencegahan Penyakit Menular
     Definisi
     Faktor Penyebab
     Pemberantasan Penyakit Menular
     Pencegahan Penyakit Menular
     Imunitas
     Pencegahan Penyakit Menular Melalui Imunisasi dan Vaksinasi
     Daftar Pustaka
     Profil Penulis