Tampilkan di aplikasi

Buku Media Sains Indonesia hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Modul Pembelajaran Matematika Teknik

1 Pembaca
Rp 51.750 13%
Rp 45.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 135.000 13%
Rp 39.000 /orang
Rp 117.000

5 Pembaca
Rp 225.000 20%
Rp 36.000 /orang
Rp 180.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Buku ini adalah panduan komprehensif bagi mahasiswa yang ingin menguasai fondasi matematika yang esensial dalam dunia teknik. Dalam karya ini, pembaca diperkenalkan pada beragam konsep penting, mulai dari pemodelan hingga penyelesaian masalah yang kompleks. Diskusi meliputi sistem persamaan diferensial orde 1 dan 2, Operator D, serta pembahasan mendalam mengenai deret dan transformasi Fourier. Selain itu, buku ini menjelaskan dengan jelas mengenai transformasi Laplace beserta inversenya, membantu pembaca memahami dan mengaplikasikan konsep ini dalam analisis teknis yang mendalam. Dengan pendekatan yang sistematis dan terstruktur, buku ini tidak hanya memberikan pengetahuan dasar, tetapi juga mengajak pembaca untuk mengembangkan keterampilan matematis yang krusial dalam menangani tantangan nyata di bidang teknik.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Emilia Roza / Harry Ramza / M. Mujirudin / Agus Fikri
Editor: Rintho R. Rerung

Penerbit: Media Sains Indonesia
ISBN: 9786233623681
Terbit: Februari 2022 , 107 Halaman

BUKU SERUPA










Ikhtisar

Buku ini adalah panduan komprehensif bagi mahasiswa yang ingin menguasai fondasi matematika yang esensial dalam dunia teknik. Dalam karya ini, pembaca diperkenalkan pada beragam konsep penting, mulai dari pemodelan hingga penyelesaian masalah yang kompleks. Diskusi meliputi sistem persamaan diferensial orde 1 dan 2, Operator D, serta pembahasan mendalam mengenai deret dan transformasi Fourier. Selain itu, buku ini menjelaskan dengan jelas mengenai transformasi Laplace beserta inversenya, membantu pembaca memahami dan mengaplikasikan konsep ini dalam analisis teknis yang mendalam. Dengan pendekatan yang sistematis dan terstruktur, buku ini tidak hanya memberikan pengetahuan dasar, tetapi juga mengajak pembaca untuk mengembangkan keterampilan matematis yang krusial dalam menangani tantangan nyata di bidang teknik.

Pendahuluan / Prolog

Kata Pengantar
Puji syukur penulis ucapkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan nikmat Iman, Islam dan sehat wal’afiat sehinggak bisa menyelesaikan modul pembelajaran Matematika Teknik 2 ini. Penulis juga menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu penulis dalam penyelesaian modul baik langsung maupun tidak langsung. Dengan kerendahan hati, perkenankan penulis menyampaikan rasa terima kasih kepada:

1. Prof. Dr. Gunawan Suryoputro, M.Hum. selaku Rektor Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA
2. Prof. Dr. Abdul Rahman Ghani, M.Pd. Selaku Wakil Rektor 1 Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA
3. Dr. Zamah Sari, MA. selaku Selaku Wakil Rektor 2 Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA
4. Dr. Tri Wintolo Apoko, M.Pd. Selaku Ketua Lembaga Pendidikan dan Pengajaran Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA
5. Dr. Sugema, M.Kom selaku Dekan Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA
6. Harry Ramzah, ST., MT., PhD selaku Ketua Program Studi Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA

Penulis

Penulis

Emilia Roza - Penulis lulus S1 Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Mercu Buana., melanjutkan Pendidikan S2 sebagai Magister Pendidikan bidang Penelitian dan Evaluasi Pendidikan di Program Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA UHAMKA), dilanjutkan dengan Pendidikan S2 sebagai Magister Teknik Elektro Universitas Mercu Buana. Sejak tahun 1999 hingga sekarang menjadi pengajar di Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (UHAMKA).
Harry Ramza - Penulis adalah Doktor (PhD) bidang Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektrikal, Elektronika dan Sistem Teknologi, Fakultas Kejuruteraan dan Pembangunan Alam., Universitas Kebangsaan Malaysia, Selangor Darul Ehsan (UKM). Penulis menerima gelar Sarjana Teknik dalam bidang Teknik Telekomunikasi pada Institut Teknologi Indonesia dan Magister Teknik (M. Eng) pada Jurusan Optoelektroteknika dan Aplikasi Laser, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Pada saat ini penulis bertugas sebagai dosen dan peneliti pada Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik., Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Jakarta, serta anggota Student IEEE Malaysian Chapter, anggota Himpunan Fisika Indonesia (HFI), anggota Persatuan Insinyur Indonesia, anggota Masyarakat Optik Indonesia (MOI) dan anggota pengurus pusat Asosiasi Flowsitometri Indonesia (AFI).
M. Mujirudin - Penulis lulusan S1 Teknik Elektro bidang Teknik Elektronika dan Telekomunikasi (TTE), Fakultas Teknik Universatas Hasanuddin Makassar. Melanjutkan pendidikan S2 sebagai Magister Teknik bidang Teknik Control Industri, di program pasca sarjana Fakultas Teknik Universitas Indonesia (UI), jakarta. Sejak tahun 1997 hingga sekarang menjadi pengajar di Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik UHAMKA.
Agus Fikri - Penulis menyelesaikan S1 Jurusan Teknik Metalurgi Universitas Indonesia dan S2 bidang Manajemen Produksi dan Teknik Mesin di Universitas Trisakti dan Universitas Pancasila. Mulai mengajar dan menjadi Dosen Tetap di Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (UHAMKA) sejak tahun 1998 pada bidang Teknik Metalurgi dan Material, selain itu lima belas tahun terakhir penulis juga mengajar pada bidang Matematika di Program Studi Teknik Mesin, Informatika, dan Elekro untuk matakuliah Kalkulus, Aljabar Linier dan Matematika Teknik.

Editor

Rintho R. Rerung - Ketertarikan editor terhadap ilmu komputer dimulai pada tahun 2006 silam. Hal tersebut membuat editor memilih untuk masuk ke Sekolah Menengah Kejuruan di SMK KR. TAGARI dengan memilih Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) dan berhasil lulus pada tahun 2009. Editor kemudian melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi dan berhasil menyelesaikan studi S1 di prodi TEKNIK INFORMATIKA UNIKOM BANDUNG pada tahun 2014. Dua tahun kemudian, penulis menyelesaikan studi S2 di prodi REKAYASA SISTEM INFORMASI PROGRAM PASCA SARJANA STMIK LIKMI BANDUNG.

Sebagai pengalaman praktisi, editor pernah bekerja ±3 tahun sebagai Programmer dibeberapa perusahaan swasta dengan jabatan terakhir Senior Developer. Namun saat ini editor memilih untuk mengabdikan diri sebagai Dosen dan aktif mengajar dibeberapa Perguruan Tinggi (Pradita University, Universitas Terbuka dan ITHB Bandung). Penulis juga pernah mengajar di Unikom, Poltek POS dan Polibisnis.

Editor memiliki kepakaran dibidang Web Technology dan Data Science. Dan untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, editor pun aktif sebagai peneliti dibidang kepakarannya...

Daftar Isi

Cover Depan
Kata Pengantar
Daftar Isi
Deskripsi Mata Kuliah
Modul 1. Persamaan Differensial Orde Satu
     Latihan 1
     Jawaban Latihan 1
     Rangkuman 1
     Tes Formatif 1
     Kunci Jawaban Tes Formatif 1
Modul 2. Persamaan Differensial Orde Satu
     Latihan 2
     Jawaban Latihan 2
     Rangkuman 2
     Tes Formatif 2
     Kunci Jawaban Tes Formatif 2
Modul 3. Persamaan Differensial Orde Kedua
     Latihan 3
     Jawaban Latihan 3
     Rangkuman 3
     Tes Formatif 3
     Jawaban Tes Formatif 3
Modul 4. Persamaan Differensial Orde Kedua
     Latihan 4
     Jawaban Latihan 4
     Rangkuman 4
     Tes Formatif 4
Modul 5. Metode Operator D
     Latihan 5
     Jawaban Latihan 5
     Rangkuman 5
     Tes Formatif 5
     Jawaban Tes Formatif 5
Modul 6. Metode Operator D
     Latihan 6
     Jawaban Latihan 6
     Rangkuman 6
     Tes Formatif 6
     Jawaban Tes Formatif 6
Modul 7. Transformasi Fourier
     Latihan 7
     Jawaban Latihan 7
     Rangkuman 7
     Tes Formatif 7
     Jawaban Tes Formatif 7
Modul 8. Transformasi Fourier
     Latihan 8
     Jawaban Latihan 8
     Rangkuman 8
     Tes Formatif 8
     Jawaban Tes Formatif 8
Modul 9. Transformasi Fourier
     Latihan 9
     Jawaban latihan 9
     Rangkuman 9
Modul 10. Transformasi Fourier
     Latihan 10
     Jawaban Latihan 10
     Rangkuman 10
     Tes Formatif 10
     Jawaban Tes Formatif 10
Modul 11. Transformasi Laplace
     Latihan 11
     Jawaban Latihan 11
     Rangkuman 11
     Tes Formatif 11
     Jawaban Formatif 11
Modul 12. Transformasi Laplace
     Soal Latihan 12
     Jawaban Latihan 12
     Rangkuman 12
     Tes Formatif 12
     Jawaban Formatif 12
Modul 13. Transformasi Laplace
     Soal Latihan 13
     Jawaban Latihan 13
     Rangkuman 13
     Tes Formatif 13
     Jawaban Formatif 13
Modul 14. Invers Laplace
     Latihan 14
     Jawaban Latihan 14
     Rangkuman 14
     Tes Formatif 14
     Jawaban Tes Formatif 14
Daftar Pustaka
Cover Belakang