Tampilkan di aplikasi

Buku Media Sains Indonesia hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Landasan Pendidikan

1 Pembaca
Rp 100.000 35%
Rp 65.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 195.000 13%
Rp 56.333 /orang
Rp 169.000

5 Pembaca
Rp 325.000 20%
Rp 52.000 /orang
Rp 260.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi

Perpustakaan digital
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. Perpustakaan

Buku ini disusun dengan maksud untuk memperdalam kajian akademik tentang landasan kependidikan. Pada bagian awal buku ini dibahas pengertian landasan pendidikan, hakikat manusia dan peserta didik, unsur-unsur pendidikan, beberapa landasan yang merupakan pijakan dalam melakukan pendidikan, meliputi landasan filosofis, psikologis, historis, antropologis dan sosiologi. Pada bagian lain dibahas teori-teori pembelajaran kognitivistik, konstruktivistik, dan behavioristik serta paradigma baru pendidikan.

Ikhtisar Lengkap   

Penulis: Miftahus Surur / Pahri Siregar / Haeran / Roberta Uron Hurit / Tita Hasanah / Riana Isti Muslikhah / A. Octamaya Tenri Awaru / Imas Mashitoh / Yulmiati / Hamdan Firmansyah / Aam Saepul Alam / Suarlin
Editor: Eka Apriyanti

Penerbit: Media Sains Indonesia
ISBN: 9786233623735
Terbit: Februari 2022 , 240 Halaman

BUKU SERUPA













Ikhtisar

Buku ini disusun dengan maksud untuk memperdalam kajian akademik tentang landasan kependidikan. Pada bagian awal buku ini dibahas pengertian landasan pendidikan, hakikat manusia dan peserta didik, unsur-unsur pendidikan, beberapa landasan yang merupakan pijakan dalam melakukan pendidikan, meliputi landasan filosofis, psikologis, historis, antropologis dan sosiologi. Pada bagian lain dibahas teori-teori pembelajaran kognitivistik, konstruktivistik, dan behavioristik serta paradigma baru pendidikan.

Pendahuluan / Prolog

Kata Pengantar
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat dan karunia-Nya sehingga buku kolaborasi dalam bentuk book chapter dapat dipublikasikan dan dapat sampai di hadapan pembaca.

Book chapter ini disusun oleh sejumlah akademisi dan praktisi sesuai dengan kepakarannya masing-masing.

Untuk mendapatkan pendidikan yang kokoh dan berkualitas harus dimulai dari landasan pendidikan yang kuat. Dasar-dasar kependidikan dibutuhkan sebagai acuan dalam mengimplementasikan teori-teori kependidikan yang tepat sesuai dengan perkembangan jaman serta menjadi Agen of Change dalam mendidik, mengajar, melatih, dan membimbing para siswa.

Buku ini disusun dengan maksud untuk memperdalam kajian akademik tentang landasan kependidikan. Pada bagian awal buku ini dibahas pengertian landasan pendidikan, hakikat manusia dan peserta didik, unsurunsur pendidikan, beberapa landasan yang merupakan pijakan dalam melakukan pendidikan, meliputi landasan filosofis, psikologis, historis, antropologis dan sosiologi.

Pada bagian lain dibahas teori-teori pembelajaran kognitivistik, konstruktivistik, dan behavioristik serta paradigma baru pendidikan.

Kami menyadari bahwa tulisan ini jauh dari kesempurnaan dan masih terdapat banyak kekurangan, sejatinya kesempurnaan itu hanya milik Yang Kuasa. Oleh sebab itu, kami tentu menerima masukan dan saran dari pembaca demi penyempurnaan lebih lanjut.

Akhirnya kami mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada semua pihak yang telah mendukung dalam proses penyusunan dan penerbitan buku ini, secara khusus kepada Penerbit Media Sains Indonesia sebagai inisiator book chapter ini. Semoga buku ini dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Bandung, 15 Januari 2022
Editor

Penulis

Miftahus Surur - Lahir di Kelurahan Mimbaan Kecamatan Panji Situbondo pada tanggal 13 April 1987. Sejak usia SMP sudah menempuh pendidikan pesantren di Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan Sumenep Madura. Kemudian melanjutkan pendidikan di Pondok Pesantren Asy-Syadzili Malang. Menempuh S1 Teknologi Pendidikan FIP Universitas Negeri Malang dan lulus pada tahun 2011. Setelah menempuh S1 penulis diamanahi oleh Pengasuh PP. Asy-Syadzili merintis SMP IT Asy-Syadzili dan menjadi Kepala Sekolah Pertama periode 2011-2014. Pada tahun 2012 melanjutkan jenjang S2 Teknologi Pembelajaran Pascasarjana UM dan lulus pada tahun 2014.Selanjutnya kembali ke tanah kelahiran di Situbondo dan mengabdi sebagai dosen tetap di STKIP PGRI Situbondo. Melanjutkan Program Doktoral Teknologi Pembelajaran di FIP UM pada tahun 2016 dan lulus tahun 2020. Saat ini penulis menjabat sebagi Wakil Ketua 1 Bidang Akademik. Pada tahun 2017-2021 mengabdi sebagai Ketua STIQ Wali Songo Situbondo. Selanjutnya penulis diamanahi sebagai Kepala Biro Tarbiyah wa At Ta’lim yang membawahi semua lembaga pendidikan formal non formal dari tingkat pendidikan Ibtidaiyah sampai Perguruan Tinggi di PP. Wali Songo Situbondo. Penulis juga aktif pada beberapa Yayasan diantaranya, sebagai sekretaris di Yayasan PP. Tarbiyatul Muta’alimin Situbondo dan Ketua di Yayasan Salafiyah Sya’fi’iyah Al-Amien Situbondo.
Pahri Siregar - Penulis lahir di Siloting, salah satu desa kecil di daerah Kota Padangsidimpuan tepatnya pada tanggal 27 Agustus 1988. Penulis menempuh pendidikan di sekolah dasar (SDN) 142451 Pudun, Kota Padangsidimpuan. Mulai tahun 1999 sampai dengan tahun 2001. Kemudian melanjutkan ke Madrasah Tsanawiyah NU Padangsidimpuan tahun 2001 sampai dengan tahun 2004. Setelah tamat MTs, lanjut ke Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Padangsidimpuan tahun 2004 sampai dengan tahun 2007. Setelah itu, penulis kuliah di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Padangsidimpuan (sekarang IAIN Padangsidimpuan) jurusan Pendidikan Agama Islam. Tamat Strata 1 (S-1) tahun 2012 penulis lanjut mengambil S2 di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga tahun 2012 sampai 2014. Penulis mengambil jurusan Pendidikan Islam Konsentrasi Bimbingan dan Konseling Islam. Pada tahun yang sama, yakni tahun 2014, penulis diterima menjadi dosen di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Padangsidimpuan. Kemudian, pada tahun 2017 penulis mendapatkan beasiswa program 5000 Doktor Mora Scholarship Kemenag RI yang bekerjasama dengan Perguruan Tinggi Keagamaan dan Perguruan Tinggi Umum. Penulis memilih Perguruan Tinggi Umum berdasarkan keilmuan yang digeluti yaitu Bimbingan dan Konseling. Penulis melanjutkan kuliah S-3 di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung jurusan Bimbingan dan Konseling sejak tahun 2017 sampai sekarang...
Haeran - Lahir di Lambur, 05 Januari 1980. Menyelesaikan Program Strata Satu (S1) nya pada Fakultas Sastra Jurusan Sastra Inggris Universitas Ekasakti (UNES) Padang pada tahun 2007. Tahun 2011 mendapat beasiswa Bantuan Pendidikan Pascasarjana (BPPS) dari Dikti untuk melanjutkan pendidikan di Program Magister Ilmu Linguistik Program Pascasarjana Universitas Andalas (UNAND) Padang dan selesai tahun 2014.

Semasa kuliah aktif mengikuti berbagai lomba penulisan karya tulis ilmiah di antaranya: Writing Competition yang diadakan oleh United Nation Development Program (UNDP) tahun 2003, Lomba Menulis Mahasiswa yang diadakan oleh Media Indonesia (2004), Lomba Karya Tulis Mahasiswa yang diadakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup bekerjasama dengan PT. Gobel Battery Indonesia (2005), Lomba Karya Tulis yang diadakan oleh Perhimpunan Jurnalis Indonesia (PJI) bekerjasama dengan Harian Republika (2005), dan Lomba Karya Tulis Tingkat Nasional Kategori Mahasiswa yang diadakan oleh Media Indonesia (2006). Seminar internasional yang pernah diikuti adalah The International Conference on Global Education V Organized by Ekasakti University Padang (2017) dan The International Seminar on Melayu Identity, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jambi (2017). Saat ini penulis menjadi dosen di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah (STIES) Al-Mujaddid Tanjung Jabung Timur dengan mengampu beberapa mata kuliah seperti Bahasa Inggris, Bahasa Arab, Bahasa Indonesia, Studi Multikultural dan Metodologi Penelitian.
Roberta Uron Hurit - Penulis lahir di Lewotala, 23 Maret 1994. Menyelesaikan pendidikan S-1 di Universitas Nusa Cendana Kupang (2016), dan S-2 Pendikan Matematika di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta (2020). Penulis bekerja sebagai Dosen di Intitut Keguruan dan Teknologi Larantuka pada tahun 2017-2018. Satu tahun kemudian, pada tahun 2018 Melanjutkan pendidan S2. Kepakaran penulis di bidang pendidikan matematika. Penulis aktif menulis artikel ilmiah yang berkaitan dengan bidang keahliah dan artikel-artikel yang bersifat umum lainya. Penulis juga aktif dalam menulis buku- buku pengetahuan umum, diantaranya penulis bersama dalam buku Gapah Melatip dan Pendidikan yang Memerdekakan, Landasan Pendidikan, Belajar dan Pembelajaran, Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan Pendidikan Guru Inspiratif.
Tita Hasanah - Penulis lahir di Bandung. Menempuh pendidikan dasar hingga atas juga di Kota Kembang tersebut. Tingkat sarjananya diselesaikan di Institut Agama Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Sedangkan untuk Strata Dua ditempuh di Institut Pertanian Bogor. Saat ini penulis mengabdi sebagai dosen di Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Sahid Bogor. Penulis kerap terlibat dalam kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat. Aktivitas lainnya ialah sebagai Asesor Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non Formal (BAN PAUD PNF) Provinsi Jawa Barat.
Riana Isti Muslikhah - Penulis merupakan dosen muda di Jurusan Pendidikan Administrasi Universitas Negeri Yogyakarta. Wanita kelahiran 23 Februari 1990 ini menempuh sarjana pada Program Studi Pendidikan Ekonomi bidang keahlian khusus Pendidikan Administrasi perkantoran Universitas Sebelas Maret (UNS) dan berhasil lulus pada tahun 2008. Setelah menyelesaikan studi S-1, penulis melanjutkan pendidikan magisternya di Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Sebelas Maret.

Penulis memiliki kepakaran di bidang Pendidikan Administrasi Perkantoran. Saat ini, dalam profesinya sebagai dosen ditugaskan mengajar beberapa mata kuliah yaitu Manajemen Administratif, Simulasi Perkantoran, Kesekretarisan, Korespondensi Bisnis dan Strategi Pembelajaran Administrasi Perkantoran. Sebagai dosen baru, penulis aktif dalam berbagai kegiatan penelitian, diantaranya yaitu Penelitian Research Group FE UNY, Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi dan Penelitian Institusional. Selain melaksanakan kegiatan Tridharma perguruan tinggi, penulis juga mendapatkan tugas tambahan sebagai admin Unit Penjaminan Mutu FE UNY dan Kepala Bidang Administrasi LSP UNY.
A. Octamaya Tenri Awaru - Penulis merupakan dosen Program Studi Pendidikan Sosiologi di Universitas Negeri Makassar. Biasa dipanggil Andi Tenri oleh orang-orang disekitarnya memiliki hobi membaca menyanyi dan membaca buku. Lahir di Kabupaten Sinjai pada tanggal 03 Oktober 1982, dari pasangan H. Andi Abdul Rahman dan Hj. Andi Nilma anak bungsu dari 12 bersaudara. Menamatkan S1 di Universitas Negeri Makassar Program Studi Pendidikan Administrasi perkantoran pada tahun 2004. S2 pada Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial/ Pendidikan Sosiologi dan S3 bidang Ilmu Sosiologi di Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Makassar dengan kajian Sosiologi Keluarga dengan judul kajian Rekonstruksi Pendidikan Seksual Pada Keluarga di Kota Makassar. Penulis memiliki kepakaran dibidang Sosiologi Keluarga dan aktif menulis sekaitan dengan isu-isu terkini dalam keluarga.

Selain sebagai dosen yang aktivitas utamanya mengajar penulis saat ini dipercayakan sebagai Sekertaris Jurusan Sosiologi Antropologi, selain itu juga menjadi anggora organisasi diantaranya Sejak tahun 2020 menjadi Pengurus Pusat Asosiasi Pendidikan Sosiologi Antropologi Indonesia (APPSANTI), Pengurus Pusat Himpunan Sarjana Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial Indonesia (HISPISI) dan juga menjabat sebagai Bendahara Asosiasi Praktisi Dan Sarjana Administrasi Perkantoran (ASPAPI) Sulawesi Selatan
Imas Mashitoh - Penulis lahir di Ciamis, 31 Maret 1991. Penulis telah menempuh pendidikan formal di di SDN 1 Cikalong, MTsN 1 Pangandaran, MAN 1 Pangandaran, kemudian penulis melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi, penulis menyelesaikan pendidikan S1 di UIN Sunan Gunung Djati Bandung pada tahun 2012, kemudian penulis melanjutkan pendidikan S2 di Universitas Galuh Ciamis dan lulus pada tahun 2016.

Ketertarikan penulis terhadap ilmu pendidikan dimulai sejak tahun 2016. Penulis memiliki kepakaran di ilmu pendidikan. Dan untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulispun aktif sebagai peneliti dibidang tersebut. Beberapa penelitian telah diterbitkan dijurnal nasional. Penulis mulai aktif di Perguruan Tinggi di STITNU Al Farabi Pangandaran, selain sebagai dosen penulis juga sebagai ketua Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini.
Yulmiati - Lahir di Muara Badak Ilir Kecamatan Muara Badak Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur pada 7 September 1984. Pendidikan Studi Strata 1 dengan jurusan Pendidikan Bahasa Inggris UIN Alauddin Makassar selesai tahun 2008 dengan predikat Cumlaude. Pada almamater yang sama melanjutkan program Magister dengan konsentrasi Pendidikan dan Keguruan UIN Alauddin Makassar dan selesai pada tahun 2012 dengan predikat Amat Baik. Pengalaman kerja: Guru pada SMA IT Wahdah Islamiyah Makassar pada tahun 2009-2012. Guru pada MA DDI Polewali 2019-sekarang, Dosen Tetap pada Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan/ FTIK IAI DDI Polewali Mandar 2015-sekarang, Tutor Universitas Majene Sulawesi Barat 2015-sekarang. Saat ini berkantor sebagai Sekretaris UPT Ma’had al-Jami’ah IAI DDI Polewali Mandar (2020-sekarang). Saat ini lebih menyibukkan diri pada kegiatan-kegiatan keislaman dan umum di masyarakat seperti Pengajaran Baca Tulis al Qur’an dan Pengembangan Bahasa Asing khususnya bahasa Inggris.
Hamdan Firmansyah - Lahir di Sukabumi tanggal 02 Agustus 1981 dari pasangan Ibu Suaebah seorang pendidik dan Bapak Fajar Hidayat seorang jurnalis. Penulis menikahi wanita yang lahir dari pasangan Ibu Emi Ratnawati dan Bapak Mardjuki bernama Putri Ema Swandayani, S.Kep dan Alhamdulillah baru dikaruniai lima orang anak: Hizqil Hilqiya, Yusya Alyasa, Asmatuha Fariha Yaumia, Muhammad Arasya Muntaha dan Muhammad Irsyad Rasyid. Sekarang penulis bersama keluarga merintis Lembaga Pendidikan dan Dakwah Pesantren Cendekia di Kota Sukabumi. Pendidikan yang ditempuh pada Institut Studi Islam Darussalam Pondok Modern Gontor Jurusan Manajemen Lembaga Keuangan Islam tamat tahun 2004. Institut Agama Islam Riyadlotul Mujahidin Pondok Pesantren Wali Songo Ponorogo Jurusan Mu’amalat (Hukum Ekonomi Syariah) tamat tahun 2004 dan Program Akta IV Tarbiyah Jurusan Pendidikan Agama Islam di tempat yang sama. Pada tahun 2005-2006 mendapat beasiswa dari Zakariyya Islamic University Lenasia South Africa untuk Program Studi Islam. Pada tahun 2006, penulis melanjutkan studi di Program Pascasarjana Magister Manajemen Pendidikan Sekolah Tinggi Manajemen IMNI Jakarta hingga selesai tahun 2007. Kemudian melanjutkan studi pada Program Pascasarjana Magister Hukum Ekonomi Syariah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung dengan berhasil meraih predikat Cum Laude. Dan saat ini telah menyelesaikan Program Pascasarjana Doktor Hukum Islam Konsentrasi Hukum Ekonomi Syariah di almamater yang sama yaitu...
Aam Saepul Alam - Aam Saepul Alam Animo menulis kolaborasi pada kajian Pendidikan, filsafat dan Agama. Editor kuliah tahun 1995 -1999 beasiswa Kemenag di Fakultas Ushuludin Jurusan Tafsir Hadits IAIN Bandung, meraih gelar Serjana Agama (1999) suka mengkaji kajian Tema Pendidikan dalam prespektif Agama dan Filsafat. Melanjutkan S2 Konsentrasi Pendidikan Agama Islam Pasca Sarjana UIN Sunan Gunung Djati bandung (2009) judul Tesis “ Guru Profesionalis Pandangan Al-Ghazali”. Penulis melanjutkan Doktoral /S3 Beasiswa Kementrian Agama tahun 2017 di almamater yang sama konsentrasi Religious Studies dengan judul Disertasi “Agama Dan Negara” (Pemikiran Politik Hasyim Muzadi) Lulus 2021 dengan nilai IPK. 38,9. Adapun pengalaman bekerja sebagai dosen tersertifikasi (2013) KOPERTAIS Jawa Barat dan Banten dengan pangkat Lektot/IIIC tempat dinas kerja STAI Siliwangi Garut 2007 sampai sekarang dengan mengampu mata kuliah Tafsir Tarbawi, Ulumul al-Qur’an dan Pendidikan Islam anak Usia Dini, juga sebagai Tim Penilai buku Keagamaan Balitbang Kementerian Agama 2021. Di tahun 2022 sebagai tim Asesor PPG Kemendikbud RI. Adapun tulisan yang pernah dimuat di media diantaranya: Ibnu Kholdun Sang Pemuda Sosiologi (Media Pembinaan Depag 2001), Al-Qur,an Maha Musik Klasik untuk Janin ( Media Pembinaan Kemenag 2004), GNOT dalam Islam ( Pikiran Rakyat 1989), dan Masyarakat Transisi Kajian Sosiologi ( Resensi di AKSI Media Nasional 1989).
Suarlin - Lahir di Pompanua Watampone 7 April 1970, sebagian pendidikan dasar di Jakarta, pendidikan menengah diselesaikan di kota kelahiran Watampone. Pendidikan Tinggi diploma II dan S1 di IKIP ujung Pandang Civic Hukum/PKn, Pendidikan S2 Magister Sospol diselesaikan di Universitas Hasanuddin dan Pendidikan Doktor S3 di Universitas Negeri Makassar Ilmu kebijakan Publik. Sempat mengenyam Pendidikan beasiswa Dikti 2008- 2009 di University of Southern Queensland Australia. Karir dosen di IKIP saat ini UNM dimulai pada tahun 1995, dan saat ini telah menjadi ASN dan sudah mendapatkan penghargaan Satya Lencana dari presiden RI. Mendapatkan penghargaan dari Rektor sebagai Dosen teladan terbaik FIP UNM 2014, dan menjadi dosen berprestasi UNM. Beberapa buku dan karya tulis ilmiah telah terbit sesuai dgn bidang keilmuan seperti Kewarganegaraan Indonesia, HAM, Membangun jiwa kewirausahaan dll. Sebagai salah satu tim audit Mutu akademik sebagai awal mula pembentukan Penjaminan Mutu UNM, Pernah menduduki jabatan sebagai Ketua penjaminan mutu FIP UNM. Dan saat ini sebagai staf ahli Rektor bidang perencanaan dan kerjasama UNM. Aktifis Lembaga Kemahasiswaan ini sangat menyukai Bulutangkis, beberapa kali mendapatkan medali untuk almamaternya IKIP/UNM pada event Nasional kejuaraan Bulutangkis antar perguruan tinggi Indonesia. Diluar kampus aktif sebagai pengurus Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia, Himpunan sarjana pendidikan ilmu sosial dan PBSI.

Editor

Eka Apriyanti - Lahir di Mataram tahun 1985. Bersekolah dan tinggal di Kota Makassar. Pindah ke Kabupaten Bekasi mengikuti suami. Menempuh Pendidikan S1 di Universitas Negeri Makassar Program Studi Pendidikan Biologi, lulus tahun 2007, kemudian melanjutkan pendidikan S2 di universitas yang sama mengambil Program Studi Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup (PKLH), lulus tahun 2010. Tahun 2011 bekerja sebagai staf pengajar di Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pembangunan Indonesia (STKIP-PI) Makassar pada program studi Pendidikan Biologi mengampu matakuliah Biologi Umum, Pengetahuan Lingkungan, dan Ekologi. Pada tahun 2016 editor mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan studi S3 di Universitas Negeri Jakarta mengambil Program Studi Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup (PKLH), lulus tahun 2019. Selain mengajar editor juga aktif menulis buku, dan menjadi reviewer di beberapa jurnal nasional.

Daftar Isi

Cover Depan
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab 1. Pengertian Landasan Pendidikan
     Pendahuluan
     Landasan Pendidikan Ki Hajar Dewantara
     Landasan Pendidikan KH. Hasyim Asy’arri
     Landasan Pendidikan KH. Ahmad Dahlan
Bab 2. Hakikat Manusia dan Peserta Didik
     Hakikat Manusia
     Empat Aliran Manusia
     Pengertian Peserta Didik
     Tugas dan Tanggungjawab Peserta Didik
     Kebutuhan Peserta Didik
     Peserta didik sebagai “raw material”
Bab 3. Unsur-unsur Pendidikan
     Pendahuluan
     Unsur-unsur Pendidikan
Bab 4. Landasan Filosofis Pendidikan
     Pengertian Landasan Pendidikan
     Jenis-Jenis Landasan
     Landasan Filosofis Pendidikan
     Peranan Landasan Filosofis Pendidikan
     Landasan Filosofis Pendidikan di Indonesia
     Permasalahan Pendidikan di Indonesia
Bab 5. Landasan Psikologis Pendidikan
     Psikologi dalam Pendidikan
     Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Manusia
     Proses-Proses Perkembangan Manusia
     Tahapan Perkembangan Manusia
Bab 6. Historis Pendidikan Nasional
     Landasan Historis Pendidikan Nasional
     Pendidikan pada Zaman Purba
     Pendidikan di Zaman Kerajaan Hindu Budha
     Pendidikan di Zaman Kerajaan Islam
     Pendidikan Pada Zaman Pengaruh Portugis dan Spanyol
     Pendidikan Pada Zaman Kolonial Belanda
     Pendidikan Pada Zaman Penjajahan Jepang
     Pendidikan Indonesia Pada Tahun 1945-1969
     Pendidikan Era PJP 1
     Pendidikan Indonesia di Masa Reformasi
     Implikasi Sejarah Terhadap Konsep Pendidikan Nasional
Bab 7. Landasan Sosiologis dan Antropologis Pendidikan
     Pengantar
     Pendidikan dalam Perspektif Sosiologi Antropologi
     Pendekatan Sosiologi Antropologi dalam Pendidikan
     Problematika Sosiologi Antropologi Dalam Proses Pembelajaran abad 21
Bab 8. Landasan Kurikulum Pendidikan
     Definisi Kurikulum
     Peran Dan Fungsi Kurikulum
     Komponen Kurikulum Pendidikan
     Landasan Pengembangan Kurikulum Pendidikan
     Landasan Filosofis Pengembangan Kurikulum
     Landasan Psikologis Pengembangan Kurikulum
     Landasan Sosiologis, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) Pengembangan Kurikulum
Bab 9. Landasan Behavioristik
     Apa itu belajar dan pembelajaran???
     Lalu, Kapan sesuatu itu disebut belajar dan yang bukan belajar???
     Landasan Behaviorisme
     Pendekatan Pembelajaran Behavioristik
     Penguatan dan Hukuman
Bab 10. Landasan Kognitivistik
     Pengertian Kognitif
     Perkembangan Kognitif
     Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Kognitif
     Pembelajaran Kognitivistik
     Landasan Kognitivistik
Bab 11. Landasan Kontruktivisme dalam Pembelajaran
     Pengertian Landasan Kontruktivisme
     Kontruktivisme Dalam Lintas Sejarah
     Kontruktivisme Pandangan Jean Piaget
     Konsep Belajar Konstruktivisme Vygotsky
     Pandangan-Pandangan Dalam Kontruktivisme
     Landasan, Langkah-Langkah dan Prinsip-prinsip Konstruktivisme
     Model-Model Pembelajaran Dalam Teori kontruktiktivisme
     Simpulan
Bab 12. Paradigma Baru Pendidikan
     Pendahuluan
     Paradigma Pendidikan
Cover Belakang