Tampilkan di aplikasi

Buku Media Sains Indonesia hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

MSDM Dalam Organisasi

Konsep dan Praktik

1 Pembaca
Rp 102.000 36%
Rp 65.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 195.000 13%
Rp 56.333 /orang
Rp 169.000

5 Pembaca
Rp 325.000 20%
Rp 52.000 /orang
Rp 260.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Sistematika buku MSDM dalam Organisasi: Konsep dan Praktik ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri atas 16 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya: Bab 1 Konsep dan Ruang Lingkup MSDM, Bab 2 Peranan dan Pentingnya MSDM dalam Organisasi, Bab 3 Perencanaan dan Penempatan SDM dalam Organisasi, Bab 4 Analisis Jabatan SDM, Bab 5 Transformational Leadership dan Ambidextrous Leadership, Bab 6 Manajemen Partisipatif, Bab 7 Pelatihan dan Pengembangan SDM, Bab 8 Sistem Kompensasi SDM, Bab 9 Motivasi Kerja dan Etos Kerja, Bab 10 Manajemen Talenta dan Manajemen Karir, Bab 11 Kepuasan dan Produktivitas Kerja, Bab 12 Penilaian dan Evaluasi Kinerja SDM, Bab 13 Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), Bab 14 Hubungan Ketenagakerjaan dan PHK, Bab 15 Organizational Citizenship Behavior, dan Bab 16 Analisis SDM Global.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Islamuddin / Darwin Lie / Robert Tua Siregar / Kevin Indajang / Salman Faris / Putri Anggreni / Tika Nirmala Sari / Arfie Yasrie / Amanda Amalia / Agusthina Risambessy / Trisnia Manggiasih / Riyan Sisiawan Putra / Andifa Dwi Fani / Ni Ketut Ardani / Andini Grace Tinia / Melkyory Andronicus
Editor: Acai Sudirman

Penerbit: Media Sains Indonesia
ISBN: 9786231954404
Terbit: Juli 2023 , 251 Halaman










Ikhtisar

Sistematika buku MSDM dalam Organisasi: Konsep dan Praktik ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri atas 16 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya: Bab 1 Konsep dan Ruang Lingkup MSDM, Bab 2 Peranan dan Pentingnya MSDM dalam Organisasi, Bab 3 Perencanaan dan Penempatan SDM dalam Organisasi, Bab 4 Analisis Jabatan SDM, Bab 5 Transformational Leadership dan Ambidextrous Leadership, Bab 6 Manajemen Partisipatif, Bab 7 Pelatihan dan Pengembangan SDM, Bab 8 Sistem Kompensasi SDM, Bab 9 Motivasi Kerja dan Etos Kerja, Bab 10 Manajemen Talenta dan Manajemen Karir, Bab 11 Kepuasan dan Produktivitas Kerja, Bab 12 Penilaian dan Evaluasi Kinerja SDM, Bab 13 Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), Bab 14 Hubungan Ketenagakerjaan dan PHK, Bab 15 Organizational Citizenship Behavior, dan Bab 16 Analisis SDM Global.

Pendahuluan / Prolog

Kata Pengantar
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat dan karunia-Nya sehingga buku kolaborasi dapat dipublikasikan dan dapat sampai di hadapan pembaca. Analisa perencanaan sumber daya manusia atau perencanaan tenaga kerja didefinisikan sebagai proses menentukan kebutuhan tenaga kerja dan berarti mempertemukan kebutuhan tersebut agar pelaksanaannya berinteraksi dengan rencana organisasi.

Konsep dasar manajemen sumber daya manusia diperlukan, mengingat persaingan mengarah kepada persaingan global. Dengan konsep dasar manajemen sumber daya manusia global, paling tidak profesional muda Indonesia memahami masalah mendasar manajemen sumber daya manusia global, yang selanjutnya mampu menumbuh kembangkan sesuai pembangunan yang dihadapi.

Buku ini hadir untuk menambah buku-buku terkait MSDM dalam Organisasi yang telah ada. Kami mengharapkan buku ini dapat menjadi referensi dan bahan bacaan untuk menambah pengetahun para pembaca khususnya yang berkaitan dengan MSDM dalam Organisasi.

Sistematika buku MSDM dalam Organisasi: Konsep dan Praktik ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri atas 16 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya: Bab 1 Konsep dan Ruang Lingkup MSDM, Bab 2 Peranan dan Pentingnya MSDM dalam Organisasi, Bab 3 Perencanaan dan Penempatan SDM dalam Organisasi, Bab 4 Analisis Jabatan SDM, Bab 5 Transformational Leadership dan Ambidextrous Leadership, Bab 6 Manajemen Partisipatif, Bab 7 Pelatihan dan Pengembangan SDM, Bab 8 Sistem Kompensasi SDM, Bab 9 Motivasi Kerja dan Etos Kerja, Bab 10 Manajemen Talenta dan Manajemen Karir, Bab 11 Kepuasan dan Produktivitas Kerja, Bab 12 Penilaian dan Evaluasi Kinerja SDM, Bab 13 Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), Bab 14 Hubungan Ketenagakerjaan dan PHK, Bab 15 Organizational Citizenship Behavior, dan Bab 16 Analisis SDM Global.ii Akhir kata penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam proses penulisan buku ini hingga dapat selesai dengan baik, secara khusus kepada Penerbit Media Sains Indonesia sebagai inisiator buku ini. Penulis berharap buku ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan dapat memberi kontribusi yang positif demi kemajuan nusa dan bangsa Indonesia yang tercinta.

Penulis

Islamuddin - Lahir di Padang Sidempuan, Pada Tanggal 04 Februai 1968. Lulus S1 di Program Studi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan Universitas Jambi Pada Tahun 1992. Dan Lulus S2 di Program Studi Magister Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Jakarta Tahun 2007. Dan Lulus S3 di Program Doktor Ilmu Manajemen Universitas Bengkulu Pada Tahun 2021. Saat ini bekerja sebagai dosen di Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
Darwin Lie - Lahir di Kota Pematangsiantar, 10 Januari 1963. Menyelesaikan Studi S-1 di Universitas Simalungun Tahun 1988. Melanjut studi Magister (S-2) di Program Pasca Sarjana Magister Manajemen Universitas Islam Sumatera Utara lulus pada tahun 2004. Tahun 2010 melanjutkan studi S-3di Program Doktor Ilmu Manajemen Fakultas Pascasarjana Universitas Pasundan lulus bulan Juni tahun 2012. Saat ini aktif mengajar di Universitas Prima Indonesia pada Program Studi Doktor Manajemen. Menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Pengupahan Kota Pematangsiantar Periode 2019-2021. Berkolaborasi dengan beberapa penulis untuk menulis buku: Pengantar Bisnis, Manajemen Strategik, Usaha Kecil & Kewirausahaan: Pola pikir, Pengetahuan, Keterampilan, Pengantar Manajemen, Manajemen Sumber Daya Manusia, dan beberapa buku yang lainnya.
Robert Tua Siregar - Penulis lahir di Pematangsiantar pada November 1967. Pendidikan sarjana diperoleh dari Universitas Sisingamangaraja XII pada tahun 1992 dan gelar Magister diperoleh dari Universitas Sumatera Utara pada tahun 2001 dan pendidikan doktor diperoleh dari Universitas Malaya pada tahun 2011. Saat ini aktif mengajar di Program Studi Magister Manajemen Universitas Prima Indonesia di Kota Medan.
Kevin Indajang - Lahir di Pematangsiantar, pada tanggal 25 April 1995. Lulus S-1 di Program Studi Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Sultan Agung Pematangsiantar pada tahun 2017 dan S-2 di Program Studi Magister Manajemen Fakultas Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara pada tahun 2019. Saat ini sedang bekerja sebagai Dosen pada program studi Manajemen di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Sultan Agung serta aktif menulis buku dibidang Manajemen.
Salman Faris - Lahir di Rantauprapat, pada tanggal 09 September 1989. Lulus S-1 di Program Studi S1-Kimia Institut Pertanian Bogor pada tahun 2013 dan S-2 di Program Studi Magister Manajemen Universitas Prima Indonesia pada tahun 2019. Saat ini sedang bekerja sebagai Dosen pada program studi S1-Manajemen di Universitas Prima Indonesia.
Putri Anggreni - Lahir di Denpasar-Bali pada tanggal 7 Mei 1974, Dr. Putri panggilan akrabnya di lingkungan kampus sangat mencintai profesinya sebagai seorang dosen. Ketertarikannya pada bidang ilmu Manajemen, Metode Penelitian, dan Evaluasi pendidikan mengilhami tulisan-tulisan hasil karyanya yang dipublikasikan dalam kegiatan-kegiatan forum ilmiah. Menyelesaikan pendidikan S1, S2, dan S3 dengan harapan dapat menjadi seorang dosen yang profesional dan berkontribusi nyata terhadap dunia pendidikan tinggi, masyarakat, bangsa dan negara. Karya tulis yang dihasilkan juga pernah mendapatkan Best Paper dalam Seminar Nasional maupun Seminar Internasional. Kecintaannya pada dunia menulis sudah pula menghasilkan beberapa buah buku monograf dan buku referensi. Memiliki motto dalam menulis adalah sebagai berikut: Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian (Pramoedya Ananta Toer). Artinya menulis bukan bakat, melainkan kebiasaan yang terlatih. Jadi menulis itu sebuah keterampilan yang bisa dipelajari dan dilatih semua orang. JUST DO IT.
Tika Nirmala Sari - Lahir di Medan, pada tanggal 30 Oktober 1983. Lulus S-1 di Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Medan Area pada tahun 2010 dan S-2 di Program Studi Magister Manajemen Bidang Minat Manajemen Sumber Daya Manusia Program Pascasarjana Universitas Terbuka pada tahun 2015. Saat ini sedang bekerja sebagai Dosen pada program studi Manajemen di Universitas Potensi Utama serta aktif membidangi kemahasiswaan.
Arfie Yasrie - Ketertarikan penulis terhadap ilmu ekonomi dimulai pada tahun 1997 silam. Hal tersebut membuat penulis memilih untuk masuk Perguruan Tinggi S1 Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang dan berhasil lulus tahun 2002. Tahun 2013 kemudian, penulis menyelesaikan studi S2 di Magister Manajemen konsentrasi Manajemen Sumber Daya Manusia pada STIE Indonesia Banjarmasin. Penulis saat ini berstatus sebagai Dosen PNS Dpk pada Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Indonesia (STIMI) Banjarmasin Program Studi S1 Manajemen Jl. Kuripan No. 26 Banjarmasin. Penulis memiliki keahlian di bidang Manajemen. Dan untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis pun aktif sebagai peneliti di bidang keahliannya tersebut. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi dan juga biaya sendiri yang diterbitkan pada Jurnal Nasional maupun Jurnal Internasional.
Amanda Amalia - Penulis lahir di Yogyakarta, 4 Maret 1992. Riwayat sarjana pada jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, lulus pada tahun 2014. Kemudian melanjutkan pendidikan kembali S2 pada tahun 2015 di Magister Ilmu Komunikasi Universitas Gadjah Mada, lulus pada tahun 2017. Riwayat pekerjaan saat ini, sebagai dosen di Program Studi Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Rupa Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Agusthina Risambessy - Penulis menekuni bidang ilmu manajemen sumber daya manusia sejak tahun 1998 Penulis menyelesaikan pendidikan SD Negeri 3 Waai tahun 1981, Tamat SMP N Waai 1984, menyelesaikan SMA N Tulehu 1987, melanjutkan studi pada Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pattimura Ambon 1995, mengajar pada Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen 1998, Lulus S-2 Ilmu Administrasi Bisnis Program Magister Pascasarjana Universitas Brawijaya Malang 2005. Lulus S-3 ILMU Administrasi Bisnis Program Magister Pascasarjana Universitas Brawijaya Malang 2010. Menjadi tenaga Detasering pada Kemenristek DIKTI. Ditugaskan pada Institut Bisnis dan Informatika (IBI Darmajaya) di Lampung 2011 dan 2012. Penulis memiliki kepakaran di bidang Manajemen Sumber Manusia, untuk mengembangkan kepakaran penulis melakukan penelitian dan memenangkan Penelitian MP3EI pada tahun 2015, 2016, 2017 dan melakukan berbagai penelitian yang didanai oleh Fakultas dan Universitas. Selain itu, penulis juga terlibat memberikan materi-materi Manajemen Sumber Daya Manusia pada Badan Diklat Maluku, penulis juga aktif menulis boock chapter dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi pengembangan daerah, masyarakat, bangsa dan negara yang sangat tercinta.
Trisnia Manggiasih - Penulis lahir di Ujung Pandang, 14 September 1985, Riwayat Sarjana dimulai pada jurusan Psikologi Universitas Islam Bandung, lulus pada tahun 2011, kemudian melanjutkan S2 di Magister Manajemen Universitas Pasundan, lulus tahun 2013. Tahun 2017 lulus Sarjana pada jurusan Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta. Riwayat Pekerjaan : Karir dosen dimulai tahun 2020 sebagai dosen di Universitas Jenderal Achmad Yani sampai dengan sekarang. Penulis yang merupakan Dosen Jurusan Manajemen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Achmad Yani.
Riyan Sisiawan Putra - Penulis merupakan Dosen Manajemen pada Program Studi Manajemen Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya sejak tahun 2013. Sebagai Dosen, selain menempuh Pendidikan Formal penulis juga mengikuti berbagai pelatihan untuk menambah kemampuannya kini dalam hal praktik lapangan, pengajaran, penelitian dan pengabdian. Tidak berhenti disitu, penulis juga mengikuti sertifikasi berkelas internsional yang mendukung pengembangan kemampuan. Penulis juga merupakan Konsultan Manajemen yang menangani masalah-masalah yang ada pada perusahaan. Beberapa buku yang penulis telah hasilkan, di antaranya Buku Analisa Laporan Keuangan Syariah, Cara Membidik Pasar, dan Santri Preneur. Selain itu, penulis juga aktif melakukan penelitian yang diterbitkan di berbagai jurnal nasional maupun internasional.
Andifa Dwi Fani - Ketertarikan penulis terhadap manajemen dimulai pada tahun 2009 silam. Hal tersebut membuat penulis memilih untuk masuk ke SMAN 1 Ciamis dengan memilih Jurusan Ilmu Pendidikan Sosial dan berhasil lulus pada tahun 2012. Penulis kemudian melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi dan berhasil menyelesaikan studi S1 di prodi Manajemen, di Universitas Galuh pada tahun 2016. selanjutnya, penulis menyelesaikan studi S2 di prodi Manajemen Keuangan Mikro Terpadu, Program Pasca Sarjana Universitas Padjadjaran dan lulus pada tahun 2019.
Ni Ketut Ardani - Penulis dengan mempunyai latar belakang pendidikan Ilmu Hukum, saat ini sebagai staf pengajar di Prodi Hukum Unversitas Bali Dwipa.

Penulis menyelesaikan pendidikan S1 di Universitas Udayana kemudian meneruskan ke Program Sp.N yaitu di Kenotariatan, Universitas Airlangga selanjutnya meneruskan S2 di Magister Kenotariatan Universitas Udayana. Penulis juga aktif kegiatan perempuan dan kegiatan sosial lainnya serta menjadi narasumber terkait perempuan dan hak waris. Sejalan dengan program MBKM di mana setiap orang tidak dituntut untuk paham pada satu bidang ilmu saja karena dalam kehidupan yang kompleks ini banyak ilmu yang perlu diketahui dan dipahami sehingga akan lebih siap dalam menghadapi persaingan di era saat ini.
Andini Grace Tinia - Penulis memiliki kepakaran dibidang ilmu Manajemen. Dan untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis pun aktif sebagai peneliti dibidang kepakarannya tersebut. Penulis merupakan salah satu Dosen Tetap di Fakultas Ekonomi Universitas Galuh. Saat ini penulis sedang melanjutkan studi S3 di Universitas Pasundan dengan mengambil program studi Doktor Ilmu Manajemen.
Melkyory Andronicus - Lahir di Jakarta, pada tanggal 26 Februari 1985. Lulus S-1 di Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Sumatera Utara pada tahun 2006 dan S-2 di Program Studi Magister Manajemen Sekolah Pasca Sarjana Universitas Sumatera Utara pada tahun 2014. Saat ini sedang bekerja sebagai Dosen pada program studi Manajemen di Universitas Prima Indonesia.

Editor

Acai Sudirman - Lahir di Lubuk Pakam, 15 Maret 1989, lulus dari Jurusan Sarjana Manajemen dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung pada tahun 2016. Gelar Magister Manajemen diperoleh dari program Magister Manajemen Fakultas Pascasarjana Universitas HKBP Nommensen Medan dengan konsentrasi Manajemen Pemasaran dan lulus pada tahun 2018. Saat ini aktif mengajar pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung pada Program Studi Manajemen. Selain sebagai dosen, penulis mengisi waktu sehari-hari dengan menulis dan telah menulis buku lebih dari 70-an dengan topik manajemen dan bisnis. Selain aktif menulis buku, penulis juga mulai belajar menjadi editor buku. Penulis menargetkan di akhir tahun 2022 bisa menghasilkan sebanyak 100 buku, baik sebagai penulis maupun sebagai editor. Motto penulis “Jomblo 4.0: Talk Less Do More”.

Daftar Isi

Cover Depan
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab 1. Konsep dan Ruang Lingkup MSDM
     Pendahuluan
     Pengertian Manajemen SDM
     Perencanaan Manajemen SDM
     Strategi Perencanaan SDM
     Tantangan dan Strategi SDM
     Analisis Sumber Daya Manusia
Bab 2. Peranan dan Pentingnya MSDM dalam Organisasi
     Pendahuluan
     Fungsi dan Peran Manajemen SDM
     Pengelolaan SDM dalam Organisasi
     Analisis Pekerjaan SDM dalam Organisasi
     Analisis Kebutuhan SDM
     Perencanaan Ketenagakerjaan
     Perencanaan Kebutuhan Tenaga Kerja di Masa Depan
     Perencanaan Suksesi dan Pengembangan Karir
     Kesiapan SDM Organisasi dalam Perubahan Organisasi
Bab 3. Perencanaan dan Penempatan SDM dalam Organisasi
     Pendahuluan
     Perencanaan SDM
     Faktor-Faktor Yang Pempengaruhi Perencanaan SDM
     Penempatan SDM dalam Organisasi
     Urgensi Penempatan SDM dalam Organisasi
     Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia
Bab 4. Analisis Jabatan SDM
     Pendahuluan
     Peran SDM dalam Organisasi
     Analisis Jabatan SDM
     Pengembangan dan Pemberdayaan MSDM
Bab 5. Transformational Leadership dan Ambidextrous Leadership
     Pendahuluan
     Manfaat Perilaku Organisasi bagi Individu
     Kepemimpinan Dalam Organisasi
     Transformational Leadership
     Ambidextrous Leadership
     Konsep Ambidextrous Leadership
Bab 6. Manajemen Partisipatif
     Pendahuluan
     Apa Itu Manajemen Partisipatif?
     Jenis Manajemen Partisipatif
     Strategi yang Dapat Digunakan Untuk Menerapkan Manajemen Partisipatif
     Proses-Proses yang Mempengaruhi Partisipasi
     Manfaat Manajemen Partisipatif
     Persyaratan Manajemen Partisipatif
     Kekhawatiran
     Keterampilan Untuk Manajemen Partisipatif
Bab 7. Pelatihan dan Pengembangan SDM
     Pendahuluan
     Pelatihan SDM
     Memastikan Transfer Pelatihan
     Memilih Metode Pelatihan
     Pendekatan Pengembangan SDM
     Prinsip Dasar Pengembangan SDM
     Strategi Pengembangan SDM
Bab 8. Sistem Kompensasi SDM
     Pengertian Kompensasi
     Sistem Kompensasi
     Bentuk-Bentuk Kompensasi
     Jenis-Jenis Kompensasi
     Fungsi Kompensasi
     Tujuan dan Manfaat Kompensasi
     Faktor-Faktor yang Memengaruhi Pemberian Kompensasi
     Prinsip Kompensasi
     Metode Pemberian Kompensasi
     Indikator Pemberian Kompensasi
Bab 9. Motivasi Kerja dan Etos Kerja
     Motivasi Kerja
     Etika, Konflik dan Komunikasi Organisasi
     Etos Kerja
Bab 10. Manajemen Talenta dan Manajemen Karir
     Manajemen Talenta
     Perkembangan Manajemen Talenta
     Proses Manajemen Talenta
     Faktor yang Berpengaruh Dalam Manajemen Talenta
     Faktor Kesuksesan Manajemen Talenta
     Manajemen Karir
     Metode Pengembangan Karir
     Manajemen Karir Individu
     Efektivitas Karir
     Karakteristik Keefektifan Karir
Bab 11. Kepuasan dan Produktivitas Kerja
     Pengertian Kepuasan Kerja
     Teori Kepuasan Kerja
     Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja
     Meningkatkan Kepuasan Kerja
     Pengertian Produktivitas Kerja
     Faktor-faktor yang Mempengaruhi Produktivitas Kerja
     Indikator Produktivitas Kerja
Bab 12. Penilaian dan Evaluasi Kinerja SDM
     Sejarah dan Kebutuhan Evaluasi Kinerja
     Penilaian Kinerja
     Tujuan dan Manfaat Penilaian Kinerja
     Indikator Pengukuran Kinerja Karyawan
     Kriteria Penilaian Kinerja
     Standar Kinerja (Performance Standard)
     Metode Penilaian Kinerja
     Kesalahan Penilaian
     Evaluasi Kinerja sebagai Alat Bantu Mengatasi Persoalan Organisasi
     Kunci Sukses Evaluasi Kinerja
Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)
     Pendahuluan
     Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3)
     Tujuan K3
     Manfaat
     Kebijakan K3
     Keselamatan Kerja
     Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Kecelakaan Kerja
     Mencegah terjadinya kecelakaan kerja
     Kesehatan Kerja
     Rangkuman
Bab 14. Hubungan Ketenagakerjaan dan PHK
     Pendahuluan
Bab 15. Organizational Citizenship Behavior
     Urgensi Organizational Citizenship Behavior dalam Organisasi
     Pengertian Organizational Citizenship Behavior
     Dimensi Organizational Citizenship Behavior
     Motif Organizational Citizenship Behavior
     Faktor yang Mempengaruhi Terbangunnnya Organizational Citizenship Behavior
     Manfaat Organizational Citizenship Behavior
Bab 16. Analisis SDM Global
     Pendahuluan
     Pengelolaan SDM Tingkat Global
     Pentingnya Pengelolaan Sumber Daya Manusia Global
     Karakteristik Sumber Daya Manusia di Era Society 5.0
     Karakteristik Pengembangan Sumber Daya Manusia Global yang Profesional
     Kompleksitas Pengelolaan MSDM pada Perusahaan Global
Cover Belakang