Tampilkan di aplikasi

Buku Media Sains Indonesia hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

MSDM (Pengembangan SDM Era Digital)

1 Pembaca
Rp 110.000 41%
Rp 65.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 195.000 13%
Rp 56.333 /orang
Rp 169.000

5 Pembaca
Rp 325.000 20%
Rp 52.000 /orang
Rp 260.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Keberhasilan sebuah organisasi sangat ditentukan oleh kualitas sumber daya manusia yang dimiliki. Pengembangan SDM sangat penting dan menjadi perhatian pihak manajemen dalam sebuah organisasi. Persaingan semakin sengit dalam menghadapi era digital seperti sekarang ini, menjadikan perusahaan berlomba-lomba untuk meningkatkan kualitas SDM yang dimiliki. Sistematika penyusunan buku yang diberi judul MSDM (Pengembangan SDM Era Digital) membahas materi mengenai pengembangan SDM di tengah era digital yang semakin canggih, yang disajikan dalam sembilan belas bab.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Ervina Maulida / Rachmatullaily Tinakartika Rinda / Firina Lukitaningtias / Asriani / Aji Tuhagana / Sitti Mujahida Baharuddin / Erlambang Budi Darmanto / Hasniati / Wike Pertiwi / Novi Yanti / Iwan Henri Kusnadi / Wanta / Budi Rismayadi / Arief Sirajuddin S / Fitria Fissamawati / Acai Sudirman / Nur Fatma / Sri Rahmi / Ade Risna Sari
Editor: Hartini

Penerbit: Media Sains Indonesia
ISBN: 9786233625746
Terbit: Juli 2022 , 315 Halaman










Ikhtisar

Keberhasilan sebuah organisasi sangat ditentukan oleh kualitas sumber daya manusia yang dimiliki. Pengembangan SDM sangat penting dan menjadi perhatian pihak manajemen dalam sebuah organisasi. Persaingan semakin sengit dalam menghadapi era digital seperti sekarang ini, menjadikan perusahaan berlomba-lomba untuk meningkatkan kualitas SDM yang dimiliki. Sistematika penyusunan buku yang diberi judul MSDM (Pengembangan SDM Era Digital) membahas materi mengenai pengembangan SDM di tengah era digital yang semakin canggih, yang disajikan dalam sembilan belas bab.

Pendahuluan / Prolog

Kata Pengantar
Segala puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, atas limpahan Karunia dan Rahmat-Nya, sehingga buku ini dapat diselesaikan tepat. Buku ini merupakan buah pemikiran dari para praktisi dan akademisi yang dituangkan dalam bentuk buku kolaborasi. Buku ini diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan para pembaca, sekaligus melengkapi daftar buku-buku MSDM yang telah ada.

Keberhasilan sebuah organisasi sangat ditentukan oleh kualitas sumber daya manusia yang dimiliki. Pengembangan SDM sangat penting dan menjadi perhatian pihak manajemen dalam sebuah organisasi. Persaingan semakin sengit dalam menghadapi era digital seperti sekarang ini, menjadikan perusahaan berlomba-lomba untuk meningkatkan kualitas SDM yang dimiliki.

Sistematika penyusunan buku yang diberi judul MSDM (Pengembangan SDM Era Digital) membahas materi mengenai pengembangan SDM di tengah era digital yang semakin canggih, yang disajikan dalam sembilan belas bab. Karya ini masih terdapat banyak sekali kekurangan baik dari segi teknik penyusunan maupun materinya. Oleh sebab itu, saran dan kritik yang membangun dari para pembaca sangat diharapkan demi penyempurnaan karya lebih lanjut.

Buku ini dapat selesai berkat dukungan dari berbagai pihak. Perkenankan kami mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada pihak yang telah memberikan kontribusi di dalam penyelesaian buku ini. Secara khusus, terima kasih kepada Media Sains Indonesia sebagai inisiator book chapter ini. Akhirnya, kami berharap buku ini dapat bermanfaat bagi seluruh pembaca.

Penulis

Ervina Maulida - Ketertarikan penulis terhadap pendidikan dan ilmu manajemen dimulai pada tahun 2009 silam. Hal tersebut membuat penulis memilih untuk masuk ke Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Jakarta melalui jalur seleksi prestasi PMDK (Penelusuran Minat dan Kompetensi) dan berhasil lulus S1 pada tahun 2013. Penulis kemudian melanjutkan pendidikan S2 pada tahun 2014 dengan beasiswa dari pemerintah Indonesia di University of Aberdeen dan berhasil mendapatkan gelar Master of Business Administration in Human Resource Management pada tahun 2015.Sebelum berkarir sebagai dosen profesional, penulis pernah tinggal di benua biru selama hampir 4 tahun dan aktif sebagai citizen journalist untuk salah satu televisi swasta nasional yang meliput keanekaragaman budaya di wilayah Eropa Barat. Selain itu, penulis juga telah menerbitkan beberapa antologi yang mana salah satunya berbentuk ensiklopedia dan telah diterbitkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan untuk digunakan oleh seluruh Sekolah Dasar di Indonesia. Saat ini, penulis aktif berprofesi sebagai Dosen dan memiliki kepakaran dibidang kepemimpinan dan manajemen sumber daya manusia. Penelitian yang dilakukan penulis juga pernah didanai oleh hibah dari Kemenristek DIKTI.
Rachmatullaily Tinakartika Rinda - Penulis yang lulus S-1 Jurusan Perusahaan dari Fakultas Ekonomi Universitas Jayabaya pada tahun 1986 dan setelah lulus melamar menjadi dosen di Universitas Ibn Khaldun Bogor yang mengajar sampai dengan sekarang. Selanjutnya, melanjutkan pendidikan ke jenjang S-2 di Sekolah Tinggi IMMI Jurusan Manajemen dan lulus tahun 2005, dan sekarang sedang mengambil S-3 jurusan Ilmu Manajemen di Univeritas Pakuan Bogor. Profesinya sebagai dosen memberikan pengajaran melalui penelitaian dan pengabdian pada masyarakat dan mendorong ketertarikannya di bidang ilmu manajemen dan kewirausahaan. Sehingga selain dosen, penulis juga seorang pengusaha properti, dan penulis juga dalam kegiatan social lainnya sehingga penulis mendiriakn Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dan beberapa Pos PAUD serta bergabung dengan Yayasan Yatim dan Dhuafa, penulis juga aktif dalam kegiatan penulis Fiksi dalam Nubar dengan nama samaran “Rinda”.
Firina Lukitaningtias -



Dilahirkan di Kota Malang tanggal 9 Nopember 1981. Menyelesaikan pendidikan S-1 pada tahun 2004 di jurusan Kimia Fakultas MIPA Universitas Brawijaya Malang, dan menyelesaikan pendidikan S-2 pada tahun 2009 di Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis juga di Universitas Brawijaya Malang. Penulis adalah seorang pengajar tetap di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Wisnuwardhana Malang sejak tahun 2016 sampai sekarang. Sebelum terjun dalam dunia pendidikan tinggi penulis pernah berkecimpung dalam dunia retail dan farmasi. Penulis memiliki kepakaran di bidang manajemen sumber daya manusia. Dan untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis telah memperoleh sertifikat pendidik nasional pada tahun 2019 serta aktif sebagai peneliti di bidang kepakarannya tersebut. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi dan juga Kemenristek DIKTI. Penulis mengajar mata kuliah Perilaku Organisasi, Pengantar Manajemen, Teori Ekonomi Mikro, Statistika Deskriptif, dan Statistika Inferensial.
Asriani - Ketertarikan penulis terhadap ilmu ekonomi khususnya manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) dimulai sejak tahun 2005 silam. SDM atau yang sering disebut HRM merupakan bagian yang pernah digeluti oleh penulis sejak penulis bekerja di beberapa departemen store sebagai HRD. Hal ini menginspirasi penulis untuk melanjutkan Pendidikan Magister Manajemen pada tahun 2015 pada program Pascasarjana STIE AMKOP Makassar dan selesai tahun 2017. Pada tahun 2018 penulis mengawali karir sebagai dosen yayasan pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) AMKOP MAKASSAR bidang ilmu manajemen.
Aji Tuhagana - Penulis lahir di Tasikmalaya, 23 Januari 1972. Penulis merupakan dosen tetap dan menjabat sebagai Kabag. Kepegawaian pada Universitas Buana Perjuangan Karawang. Penulis menyelesaikan studi Sarjana pada Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sunan Gunung Djati Bandung pada tahun 1996. Kemudian, penulis menyelesaikan studi Magister Manajemen pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pengembangan Bisnis dan Manajemen Jakarta pada tahun 2012. Pada tahun 2015-2019, penulis pernah menjabat sebagai Kabag. Akademik pada Universitas Buana Perjuangan Karawang.
Sitti Mujahida Baharuddin - Penulis adalah dosen tetap STIE AMKOP pada Program Pascasarjana, lahir di Pinrang tahun 1981. Lulus S-1 di STKIP YPUP tahun 2003 dan S-1 STIE Wira Bakti Makassar 2015, Lulus S-2 Universitas Muslim Indonesia (UMI) 2013, Lulus S-3 Universitas Hasanuddin (UNHAS) 2019. Saat ini, aktif melakukan pendampingan pemberdayaan desa dan menjadi pengurus pada DEKOPINDA (Dewan Koperasi Indonesia) Cab. Makassar sebagai Ketua Bidang Kelembagaan Organisasi DEKOPINDA serta aktif menjadi narasumber dibeberapa kegiatan.
Erlambang Budi Darmanto - Ketertarikan penulis terhadap Kewirausahaan dimulai pada tahun 1993 silam. Ketertarikan pada bidang kewirausahaan mendorong penulis aktif menjadi Direktur di berbagai perusahaan. Selain itu, keaktifan penulis sebagai direktur di berbagai perusahaan mengantarkannya merambah pada bidang kewirausahaan skala Internasional yakni Ekspor-Impor. Tidak cukup sampai di sana saja, aktivitasnya sebagai pegiat ekspor-impor, wakil ketua umum Organisasi GPEI Jawa Timur (Gabungan Perusahaan Ekspor), Pengurus KADIN Jawa Timur (Kamar Dagang dan Industri) dan Ketua Komite Skema LSP Ekspor-Impor International mengantarkan penulis sebagai Narasumber pada kegiatan Focus Groub Discussion (FGD), Kuliah Tamu dan Seminar di skala Nasional-Internasional. Keaktifan penulis di berbagai bidang ekonomi khususnya kewirausaaan membuka kesempatan bagi penulis untuk menempuh Pendidikan S-3 Prodi Ilmu Ekonomi di Universitas Airlangga pada tahun 2016-2021 dan sebagai Dosen Profesional di Universitas Terbuka. Penulis pun aktif sebagai peneliti di bidang kepakarannya tersebut. Selain peneliti, penulis juga aktif menulis buku dengan tema kewirausahaan dan usaha internasional dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara yang sangat tercinta ini.
Hasniati - Lahir di Panjo’jo, 18 Pebruari 1974, anak ke-8 dari 9 bersaudara. Lulus S-1 Program Studi Manajemen tahun 2003 pada Sekolah Tinggi Ilmu Amkop Makassar, lulus S-2 tahun 2008 Program Magsiter Universitas Hasanuddin Makassar jurusan Manajemen Agribisnis. Saat ini, adalah dosen tetap pada program studi manajemen pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Amkop Makassar. Selain sebagai dosen penulis juga bekerja sebagai staff administrasi khusus melayani mahasiswa pada program sarjana dan penulis juga aktif organisasi pada perkumpulan dosen swasta yaitu Adpertisi (Assosiasi Dosen Perguruan Tinggi Swasta Indonesia) dan aktif melaksanakn pengabdian pada masyarakat yang diadakan oleh Adpertisi. Akhir kata penulis mengucapkan syukur Alhamdulillah atas selesainya book chapter dengan judul Manajemen Pengembangan Karir.
Wike Pertiwi - Ketertarikan penulis terhadap manajemen pada tahun 2002 silam. Hal tersebut membuat penulis memilih untuk masuk ke Sekolah Menengah Atas pada SMA Negeri 5 Cirebon dengan peminatan IPS dan berhasil lulus pada tahun 2005. Penulis kemudian melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi dan berhasil menyelesaikan studi D3 di prodi Komputer Akuntansi STIKOM Poltek Cirebon pada tahun 2005. Setelah tiga tahun, penulis kemudian melanjutkan studi S-1 di prodi Manajemen pada STIE Cirebon. Kemudian, penulis menyelesaikan studi S-2 di prodi Manajemen Program Pascasarjana STIE Cirebon. Pada saat ini penulis merupakan dosen tetap pada Universitas Buana Perjuangan Karawang. Penulis memiliki kepakaran dibidang Manajemen Sumber Daya Manusia. Untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis pun aktif sebagai peneliti dibidang kepakarannya tersebut. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi dan juga Kemenristek DIKTI. Selain meneliti, penulis juga aktif menulis buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara yang sangat tercinta ini.
Novi Yanti - Penulis lahir di Padang pada tanggal 21 November 1983. Penulis telah mengajar dan menjadi dosen tetap Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Ekasakti Padang sejak tahun 2014. Penulis Mendapatkan Gelar Sarjana Ekonomi dari Prodi Manajemen FE UNP, dan Magister Manajemen dari Program Pascasarjana STIE Gotong Royong Jakarta. Mata kuliah yang pernah penulis ajar adalah Pengantar Manajemen, Matematika Bisnis, Statistik Ekonomi, Manajemen Keuangan, Manajemen Investasi dan Portofolio, Teknik Proyeksi Bisnis dan beberapa mata kuliah manajemen lainnya. Selain mengajar penulis juga aktif melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi dan juga Kemenristek DIKTI. Selain peneliti, penulis juga aktif menulis artikel yang sudah dipublikasikan di beberapa jurnal baik nasional terindeks sinta maupun internasional seperti jurnal terindeks scopus dan juga Copernicus. Hal ini penulis lakukan dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara tercinta ini. Penulis juga pernah mendapatkan penghargaan poster dan artikel terbaik dari reviewer Dikti pada tahun 2019. Penulis juga pernah menjabat sebagai Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat di STIE “KBP’ Padang, menjadi sekretaris Prodi Manajemen FE Unes Padang dan menjadi salah seorang anggota pengelola jurnal di jurnal Benefita LLDIKTI X Sebagai Section Editor.
Iwan Henri Kusnadi - Penulis merupakan Dosen Bidang ilmu Administrasi Publik dan Kebijakan Publik Pada Program Studi Ilmu Administrasi Negara pada Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Subang. Sebagai seorang yang sepenuhnya mengabdikan dirinya sebagai dosen, selain pendidikan formal yang telah ditempuhnya penulis juga mengikuti berbagai pelatiha untuk meningkatkan kinerja dosen, khususnya di bidang Pengajaran, Penelitian Dan Pengabdian. Beberapa buku yang penulis telah hasilkan, di antaranya Ilmu Administrasi Publik, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Strategi, Sistem Administrasi Negara Republik Indonesiaa, Ekonomi Kreatif, dan lain-lain. Selain itu, penulis juga aktif melakukan penelitian yang diterbitkan di berbagai jurnal nasional maupun internasional. Penulis juga aktif menjadi pemakalah diberbagai kegiatan dan menjadi narasumber pada Workshop/Seminar/Lokakarya tertentu.
Wanta - Lahir di Karawang pada tanggal 7, bulan Maret tahun 1978. Berprofesi sebagai dosen dalam bidang ilmu manajemen sumber daya manusia. Meniti karir sebagai dosen dimulai pada tahun 2005 di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yayasan Pendidikan Nusantara (STIE YPN) sampai dengan tahun 2015. Kemudian pada tahun 2015, pindah homebased ke Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang sampai dengan sekarang, dan menetasp di Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Pernah menjabat sebagai Ketua Program Studi Manajemen FEB UBP Karawang dari tahun 2015 sampai dengan 2019. Penulis memiliki kompetensi di bidang Manajemen Sumber Daya Manusia, dan telah tersertifikasi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Saat ini, penulis sedang melanjutkan studi Program Doktor Ilmu Manajemen di Universitas Pasundan – Bandung. Selain berprofesi sebagai dosen, penulis juga aktif di Majelis Daerah Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (MD KAHMI) Kabupaten Karawang (sebagai Presidium KAHMI). Sebagai pengurus Kelompok Penggerak Pariwisata (Kompepar) Kabupaten Karawang dari tahun 2020 sampai dengan sekarang.
Budi Rismayadi - Penulis lahir di Bnadung, 24 Desember 1973. Penulis merupakan dosen tetap dan menjabat sebagai Dekan pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Buana Perjuangan Karawang. Penulis menyelesaikan studi Sarjana Ekonomi (S.E) pada Fakultas Ekonomi Universitas Singaperbangsa Karawang pada tahun 2000. Kemudian, penulis menyelesaikan studi Magister Manajemen pada Sekolah Tinggi Manajemen IMMI Jakarta. Dan kemudian penulis menyelesaikan studi Doktor Ilmu Manajemen pada Fakultas Ekonomi Universitas Persada Indonesia (YAI) pada tahun 2017. Pada saat ini, penulis juga aktif sebagai Konsultan Sumber Daya Manusia dan penulis memiliki sertifikat di antaranya yaitu Sertifikat HR Manager dari BNSP, Sertifikat Asesor Kompetensi, serta Sertifikat Administrasi Perkantoran.

Arief Sirajuddin S - Penulis lahir di Jeneponto pada tanggal 21 Juli 1976 dari pasangan Sunu dan B. Dg. Lanti sebagai anak pertama dari Tujuh bersaudara. Melanjutkan pendidikan S-1 di Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian jurusan Penyuluhan Pertanian berkelanjutan dan selesai pada tahun 2008 dengan gelar Sarjana Sains Terapan (S.ST). Melanjutkan studi ke jenjang S-2 pada tahun 2012 di Universitas Hasanuddin dengan mengambil jurusan Ilmu Komunikasi dai Fakultas Sosial Politik dan selesai pada tahun 2014 dengan gelar Master Ilmu Komunikasi (M.I.Kom) dan 2020 melanjutkan kembali kejenjang S-3 dengan mengambil jurusan yang sama di Univertas Hasanuddin sampai sekarang. Tahun 2018 penulis menjadi dosen tetap di Polbangtan Gowa sampai sekarang dan giat menulis artikel ilmiah yang menjadi tugas seorang dosen untuk melaksanakan Tridarma Perguruan tinggi yang menjadi acuan dalam melaksanakan tugas sebagai pengajar.
Fitria Fissamawati - Penulis yang lulus S-1 Jurusan Manajemen Agribisnis IPB, Melanjutkan S-2 Jurusan Manajemen Universitas Ibnu Khaldun Bogor dan saat ini sedang menyelesaikan studi di S-3 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura. Saat ini, penulis sebagai Dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadyah Pontianak.
Acai Sudirman - Lahir di Lubuk Pakam, 15 Maret 1989, lulus dari Jurusan Sarjana Manajemen dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung pada tahun 2016. Gelar Magister Manajemen diperoleh dari program Magister Manajemen Fakultas Pascasarjana Universitas HKBP Nommensen Medan dengan konsentrasi Manajemen Pemasaran dan lulus pada tahun 2018. Saat ini aktif mengajar pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung pada Program Studi Manajemen. Selain sebagai dosen, penulis mengisi waktu sehari-hari dengan menulis dan telah menulis buku lebih dari 70-an dengan topik manajemen dan bisnis. Selain aktif menulis buku, penulis juga mulai belajar menjadi editor buku. Penulis menargetkan di akhir tahun 2022 bisa menghasilkan sebanyak 100 buku, baik sebagai penulis maupun sebagai editor. Motto penulis “Jomblo 4.0: Talk Less Do More”.
Nur Fatma - Lahir di Bontosunggu, 18 Agustus 1967, Sulawesi Selatan. Lulusan S-1 STIP Al-Gazali jurusan Pertanian Agronomi tahun 1993, lulusan S-2 Program Magister Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMKOP (STIE AMKOP) Makassar tahun 2016 dan saat ini bekerja sebagai dosen tetap. Hobi seni, membaca buku dan bertanam. Sayang keluarga, Suami dan Anak. Motto: Sami’na wa Atho’na. “Dengarkan dan Laksanakan”. Senang pergi travelling, berteman dengan siapa saja, dan bisa saling sharing.
Sri Rahmi - Ketertarikan penulis terhadap perilaku dan psikologis konsumen membuat penulis memilih jurusan manajemen pemasaran di Program Pascasarjana STIE Amkop Makassar pada tahun 2019. Penulis juga menyelesaikan S1 pada prodi manajemen di kampus yang sama pada tahun 2017 dengan mengambil konsentrasi manajemen keuangan. Tahun 2020 penulis memulai karirnya sebagai dosen dan mengabdikan diri pada almamaternya STIE Amkop Makassar. Penulis juga aktif melakukan penelitian dalam bidang ilmu manajemen pemasaran khususnya pada tema consumer behavior, brand management, dan consumer psychology. Penulis telah menerbitkan hasil penelitiannya pada jurnal bereputasi nasional dan jurnal bereputasi yang terindeks internasional. Pada tahun 2020, penulis merupakan salah satu penerima hibah penelitian dosen pemula yang diselenggarakan oleh Kemenristek DIKTI. Selain sebagai dosen, saat ini penulis juga merupakan marketing manager pada salah satu perusahaan yang bergerak dibidang property. Adanya hubungan yang kuat antara peran penulis sebagai akademisi dan praktisi dibidang pmasaran, membuat penulis selalu ingin memberikan kontribusi positif dalam bidang ilmu ini. Khususnya bagi mahasiswa, dan masyarakat luas pada umumnya.
Ade Risna Sari - Lahir di Pontianak, 30 September 1973. Saat ini penulis tinggal di Pontianak, Kalimantan Barat. Pendidikan tinggi ditempuh mulai dari S-1 di Fakultas Hukum Universitas Panca Bhakti Pontianak (lulus 1997), S-2 pascasarjana Universitas Tanjungpura Pontianak (UNTAN) prodi Administrasi Publik konsentrasi Kebijakan Publik (lulus 2014). Penulis mengambil Akta Mengajar (Akta IV) di Universitas Terbuka Pontianak (lulus 2006). Aktivitas penulis saat ini mengajar pada jenjang Diploma III dan jenjang sarjana (S-1) di Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik  dan beberapa Fakultas lain di lingkungan Universitas Tanjungpura Pontianak. Penulis juga menjadi korektor UAS THE Padang serta menjadi editor buku dan reviewer jurnal.

Editor

Hartini - Editor berasal dari Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan. Menyelesaikan pendidikan Strata Satu (S-1) di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE-YPUP) Makassar tahun 2005. Selanjutnya, melanjutkan pendidikan Strata Dua (S-2) di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE-YPUP) Makassar tahun 2010 program studi magister manajemen. Kemudian melanjutkan pendidikan (S-3) pada Universitas Hasanuddin (UNHAS) program studi ilmu ekonomi, jurusan manajemen dan menyelesaikan pendidikan pada tahun 2018. Saat ini, bekerja sebagai dosen tetap pada STKIP Pembangunan Indonesia Makassar. Pada tahun 2013, menjabat sebagai ketua Program Studi, kemudian diberi amanah untuk menjabat Ketua LPM. Memiliki kepakaran dalam bidang manajemen dan mulai aktif menulis berbagai buku, beberapa buku yang berhasil diterbitkan antara lain: Buku referensi dengan judul (Person Organization Fit (P-O Fit), Quality of Work Life, dan Keadilan Organisasi; MSDM (Digitalisasi Human Resources)). Buku kolaborasi (Pengantar Manajemen untuk Organisasi Publik; Pengantar Bisnis; Perilaku Organisasi; Kinerja Karyawan; Setahun Covid-19 dari Berbagai Perspektif; BUM Desa sebagai Kekuatan Ekonomi Baru Kisah Inspirasi S-3). Beberapa tulisan yang telah dihasilkan dalam bentuk jurnal nasional yang terakreditasi dan jurnal internasional pada bidang keilmuan khususnya manajemen. Beberapa artikel...

Daftar Isi

Cover Depan
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab 1. Konsep Dasar Manajemen Sumber Daya Manusia
     Manajemen Sumber Daya Manusia Saat Ini
     Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia
     Model-Model Manajemen Sumber Daya Manusia
     Tujuan dari Manajemen SDM
Bab 2. Fungsi Perencanaan dalam Manajemen
     Pendahuluan
     Pengertian Perencanaan
     Jenis-Jenis Perencanaan
     Proses Penyusunan Perencanaan
     Pengertian Manajemen
     Fungsi Perencanaan
     Efisiensi dan Efektivitas Manajemen
     Fungsi Perencanaan dalam Manajemen
Bab 3. Peran dan Fungsi Utama MSDM dalam Organisasi
     Pendahuluan
     Pengertian Sumber Daya Manusia
     Peran Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM)
     Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM)
     Perubahan Peran Manajemen Sumber Daya Manusia
     Manfaat Manajemen SDM Digital
Bab 4. Sistem Informasi MSDM dalam Organisasi
     Konsep Sistem Informasi Manajemen
     Pengertian dan Kegiatan Utama Sistem Informasi
     Organisasi dan Ciri-Cirinya
     Pengertian dan Kegiatan Utama Sistem Informasi
     Komponen Sistem Informasi Sumber Daya Manusia
     Model Sistem Informasi Sumber Daya Manusia
     Hakikat Pengembangan Sistem Informasi Manajemen
     Manfaat Perkembangan Sistem Informasi Manajemen
Bab 5. Rekrutmen dan Seleksi
     Rekrutmen
     Prinsip-Prinsip Rekrutmen
     Proses dan Sumber Rekrutmen
     Seleksi
Bab 6. Analisis Jabatan Berbasis Kompetensi
     Analisis Jabatan
     Manfaat dan Tujuan Analisis Jabatan
     Informasi Jabatan
     Metode Pengumpulan Informasi Pekerjaan
     Prinsip dan Prosedur Analisis Jabatan
     Format Penyajian Hasil Analisis Jabatan
     Kesimpulan
Bab 7. Audit MSDM dalam Perusahaan
     Pendahuluan
     Keutamaan, Tujuan, dan Manfaat Audit Sumber Daya
     Ruang Lingkup Audit Sumber Daya Manusia (SDM)
     Aturan Dasar, Sumber Data, dan Pendekatan Riset
     Kesimpulan: Rekomendasi Laporan Hasil Audit
Bab 8. Manajemen Pengembangan Karier
     Manajemen Sumber Daya Manusia
     Pengertian Pengembangan
     Karier
     Faktor Penentu Karier
     Career Develompment (Pengembangan Karier)
     Manfaat Career Development (Pengembangan Karir)
     Faktor-Faktor yang Memengaruhi Career Development
     Tahap-Tahap Career Development (Pengembangan
     Kinerja Karyawan
     Indikator Kinerja Karyawan
     Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kinerja Karyawan
Bab 9. Teori Kepemimpinan dalam Pengambilan Keputusan
     Definisi Kepemimpinan
     Teori- Teori Kepemimpinan
Bab 10. Teori Motivasi: Intrinsik dan Ekstrinsik
     Pengertian Motivasi
     Teori Motivasi
     Jenis-Jenis Motivasi
     Indikator Motivasi
Bab 11. Budaya Organisasi dan Indikatornya
     Pendahuluan
     Pengertian Budaya Organisasi
     Indikator dan Karakteristik Budaya Organisasi
     Tingkatan Budaya Organisasi
     Elemen Budaya Organisasi
     Fungsi Budaya Organisasi
     Menciptakan Budaya Organisasi
     Mempertahankan Budaya Organisasi
     Strategi Membangun Budaya Organisasi yang Baik
Bab 12. Konsep Komitmen Organisasional
     Apa itu Komitmen Organisasi ?
     Jenis-Jenis Komitmen
Bab 13. Pentingnya Fungsi Pengawasan dan Manfaatnya
     Definisi Pengawasan
     Tujuan Pengawasan
     Fungsi Pengawasan
     Tipe dan Jenis Pengawasan
Bab 14. Membangun Loyalitas Karyawan
     Loyalitas Karyawan
     Faktor-Faktor yang Memengaruhi Loyalitas
     Pentingnya Membangun Loyalitas Karyawan
     Strategi Meningkatkan Loyalitas Kerja
     Sebab-Sebab Turunnya Loyalitas dan Cara
Bab 15. Keadilan dan Kelayakan dalam Pemberian Kompensasi
     Pendahuluan
     Pengertian Kompensasi
     Tujuan Pemberian Kompensasi
     Mamfaat Pemberian Kompensasi
     Faktor yang Memengaruhi Kompensasi
     Prinsip Keadilan dalam Kebijakan Kompensasi
     Sistem Pembayaran Kompensasi
Bab 16. Konsep Digitalisasi Sumber Daya Manusia
     Pendahuluan
     Peran HRM dalam Menghadapi Era Digital
     Persaingan Digitalisasi SDM 4.0
     Pengelolaan HRM pada Era Digitalisasi SDM 4.0
     Pentingnya Adaptasi Digitalisasi SDM 4.0
     Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Manusia
Bab 17. Pengembangan SDM pada Era Digital
     Pendahuluan
     Digital Company
     Pengertian Pengembangan SDM
     Tujuan dan Manfaat Pengembangan SDM
     Tips Melakukan Pengembangan SDM secara Digital
Bab 18. Strategi Menghadapi Digitalisasi Melalui Transformasi SDM
     Konsep Digitalisasi
     Digitalisasi dan Sumber Daya Manusia (SDM)
     Transformasi SDM dalam Menghadapi Digitalisasi
Bab 19. Peran Human Capital Management dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan
     Pengertian Human Capita
     Jenis-Jenis Human Capital
     Human Capital Management dan Human Resources
     Fungsi, Tugas dan Manfaat serta Peran Human Capital
Cover Belakang