Tampilkan di aplikasi

Buku Media Sains Indonesia hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

MSDM

(TRANSFORMASI SDM DALAM ORGANISASI)

1 Pembaca
Rp 95.000 32%
Rp 65.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 195.000 13%
Rp 56.333 /orang
Rp 169.000

5 Pembaca
Rp 325.000 20%
Rp 52.000 /orang
Rp 260.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Buku ini hadir untuk menambah wawasan dan pengetahuan para pembaca sekaligus menambah daftar buku-buku MSDM yang telah ada.

MSDM merupakan hal terpenting di dalam organisasi, sebab sumber daya manusia adalah aset yang harus dijaga, dipelihara, dan dikelola dengan baik agar tujuan organisasi dapat dicapai secara efektif dan efisien. Keberhasilan sebuah organisasi sangat ditentukan oleh kualitas sumber daya manusia yang dimiliki.

Buku yang diberi judul MSDM (Transformasi SDM dalam Organisasi) membahas materi mengenai perubahan SDM dalam organisasi, yang disajikan dalam dua belas bab. Karya ini masih terdapat banyak sekali kekurangan baik dari segi teknik penyusunan maupun materinya.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Yuan Badrianto / Ansari / Andi Nona Yuliana Amran / Bambang Suntoro / Wage Ummami / Rina / Erna Atiwi Jaya Esti / Hamdan Firmansyah / Limgiani / Riana Isti Muslikhah / Sapinah / Aditya Wardhana
Editor: Hartini

Penerbit: Media Sains Indonesia
ISBN: 9786233622448
Terbit: Desember 2021 , 216 Halaman










Ikhtisar

Buku ini hadir untuk menambah wawasan dan pengetahuan para pembaca sekaligus menambah daftar buku-buku MSDM yang telah ada.

MSDM merupakan hal terpenting di dalam organisasi, sebab sumber daya manusia adalah aset yang harus dijaga, dipelihara, dan dikelola dengan baik agar tujuan organisasi dapat dicapai secara efektif dan efisien. Keberhasilan sebuah organisasi sangat ditentukan oleh kualitas sumber daya manusia yang dimiliki.

Buku yang diberi judul MSDM (Transformasi SDM dalam Organisasi) membahas materi mengenai perubahan SDM dalam organisasi, yang disajikan dalam dua belas bab. Karya ini masih terdapat banyak sekali kekurangan baik dari segi teknik penyusunan maupun materinya.

Pendahuluan / Prolog

Kata Pengantar
Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas limpahan karunia dan petunjuk-Nya, sehingga buku ini dapat diselesaikan dengan baik. Buku ini adalah ide dari para praktisi dan akademisi yang dituangkan dalam bentuk book chapter. Buku ini hadir untuk menambah wawasan dan pengetahuan para pembaca sekaligus menambah daftar buku-buku MSDM yang telah ada.

MSDM merupakan hal terpenting di dalam organisasi, sebab sumber daya manusia adalah aset yang harus dijaga, dipelihara, dan dikelola dengan baik agar tujuan organisasi dapat dicapai secara efektif dan efisien.

Keberhasilan sebuah organisasi sangat ditentukan oleh kualitas sumber daya manusia yang dimiliki.

Buku yang diberi judul MSDM (Transformasi SDM dalam Organisasi) membahas materi mengenai perubahan SDM dalam organisasi, yang disajikan dalam dua belas bab.

Karya ini masih terdapat banyak sekali kekurangan baik dari segi teknik penyusunan maupun materinya. Oleh sebab itu, saran dan kritik yang membangun dari para pembaca sangat diharapkan demi penyempurnaan karya lebih lanjut. Buku ini dapat selesai berkat dukungan dari berbagai pihak. Izinkan kami mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada pihak yang telah memberikan kontribusi di dalam penyelesaian buku ini. Secara khusus, terima kasih kepada Media Sains Indonesia sebagai inisiator book chapter ini. Akhirnya, kami berharap buku ini dapat bermanfaat bagi seluruh pembaca.

Penulis

Yuan Badrianto - Lahir di Jampang Tengah Sukabumi, 27 Januari 1981, menempuh pendidikan SD Impres Pasir Angin di sebuah pedesaan tanpa listrik pada saat itu dan melanjutkan pendidikan SMPN Jampang Tengah, demi mendapatkan pendidikan yang lebih baik, penulis berpindah ke pusat kota lalu menuntaskan SMA di Smart School SMUN 3 Kodya Sukabumi, lulus SMA tahun 1999 dan penulis merantau ke Bekasi.

Selama 20 tahun Penulis berkarir sebagai praktisi di Industri dan HRD sambil menuntaskan kuliah jurusan Psikologi di Universitas Az-zahra Jakarta, lulus tahun 2010, melanjutkan Pendidikan Magister Management DIKLAT di Universitas Muhammadiyah Jakarta, lulus tahun 2014 lalu kembali menempuh pendidikan Magister Pendidikan Islam pada Universitas Islam 45 Bekasi dan menyelesaikan S3 Business Administration pada tahun 2022 dari PWU Filipina.

Saat ini penulis menjadi Komisaris di PT Orion Madani Globalindo, beraktifitas sebagai Dosen di Universitas Pelita Bangsa, Assesor MSDM, Executive Training Development pada berbagai institusi dan LPK serta trainer asosiasi untuk Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, begitu mencintai pekerjaan di bidang SDM penulis mendapatkan excellent award sebagai Proactive Leader dari Global Company. Passion penulis adalah sharing dan mengisi pelatihan baik di organisasi perusahaaan maupun pendidikan, Penulis berharap semoga karya kecil ini dapat menjadi jembatan inspirasi bagi pembaca serta memberikan tujuan sebagai bentuk berbagi.
Ansari - Lahir pada Tanggal 07 Agustus 1979 di Kayu Kul Kabupaten Aceh Tengah. Saat ini, penulis adalah Dosen Tetap di Fakultas Ekonomi Universitas Gajah Putih Takengon Aceh Tengah. Menyelesaikan pendidikan Sarjana Ekonomi dengan konsentrasi Manajemen di Fakultas Ekonomi Universitas Syiah Kuala Banda Aceh pada tahun 2002. Pendidikan Magister Manajemen diselesaikan di Program Pascasarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Syiah Kuala Banda Aceh pada tahun 2018. Saat ini, sedang mengikuti Program Doktor Ilmu Manajemen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis USK Banda Aceh. Selain mengajar, penulis juga aktif sebagai penulis dan menjadi narasumber pada berbagai kegiatan seminar. Aktif di berbagai penelitian dan pengabdian, adapun buku yang sudah diterbitkan penulis adalah Kinerja Pelayanan Publik Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah, Manajemen Strategi (Membangun Keunggulan Kompetitif), Perekonomian Indonesia (Suatu Tinjauan Koseptual), Manajemen Pemasaran (Perspektif Digital Marketing), Pengantar Bisnis (Pengembangan SDM dalam Menghadapi Persaingan Bisnis), Manajemen Risiko (Prinsip dan Implementasi), Sistem Informasi Manajemen (Pendekatan Konseptual), Kewirausahaan Dasar.
Andi Nona Yuliana Amran - Penulis adalah anak bungsu dari 4 bersaudara. Lahir di Ujung Pandang atau sekarang dikenal dengan Kota Makassar tanggal 23 Juli 1993. Penulis menempuh jenjang Pendidikan di SD Inpres Beroanging Makassar (1999 – 2005), di SMP Negeri 7 Makassar (2005 – 2008). Adapun jenjang Pendidikan Menengah Atas di SMA Negeri 7 Makassar (2008 – 2011). Penulis menyelesaikan pendidikan strata satu di Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Lembaga Pendidikan Indonesia (2011 – 2015), lalu melanjutkan Pendidikan Magister di Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Lembaga Pendidikan Indonesia (2016 – 2018), dan saat ini sedang melanjutkan pendidikan program Doktor dalam bidang ilmu Manajemen pada program pascasarjana Universitas Muslim Indonesia (2019 – sedang berlangsung).


Bambang Suntoro - Penulis lahir di Prabumulih, menyelesaikan pendidikan di SDN 03 Pertamina Prabumulih Sumatra Selatan SMP Yaktapena IV Prabumulih, SMAN 1 Jambi, Studi S-1 Manajemen Universitas Jambi (1996), & Studi S-2 Magister Manajemen Universitas Jambi (2004). Setelah lulus S-1 pernah bekerja di beberapa Bank Pemerintah diantarannya Bank Rakyat Indonesia (2004) di Jambi, Bank Mandiri (2007) Jakarta, Bank Mayapada (2010) di Jakarta. Penulis mulai aktif mengajar pada tahun 2009 sebagai dosen tetap di Bina Sarana Informatika dan kemudian di STIE GICI Cibitung, dengan mata kuliah peminatan: Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya, Pengantar ekonomi Mikro, Pengantar Ekonomi Makro, dan Pengantar Bisnis. Penulis aktif di organisasi Sukses Berkah Community, aktif juga di organisasi keagamaan DKM (Dewan Kemakmuran Masjid) dan organisasi sosial kemasyarakatan di lingkungan tempat tinggal sebagai Satgas Covid-19, serta aktif di organisasi profesi PPRI (Perkumpulan Pengusaha Rental Indonesia) sebagai staf kepelatihan. Juga sebagai Pendiri Koperasi Sarana Mulya Bersama yang bergerak di bidang Jasa.


Wage Ummami - Penulis tertarik mempelajari dan mendalami tentang Manajemen Sumber Daya Manusia diawali dari kuliah S-1 pada prodi manajemen pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Keuangan Perbankan Pembangunan Padang. Setelah menyelesaikan S-1, kemudian penulis melanjutkan Pendidikan ke S-2 konsentrasi Administrasi Pendidikan atau Manajemen Pendidikan pada Universitas Negeri Padang. Meskipun konsentrasinya bukan Manajemen Sumber Daya Manusia, namun permasalahan yang sering terjadi di dunia kerja terutama yang berhubungan dengan sumber daya manusia membuat penulis semakin tertantang untuk mendalami Manajemen Sumber Daya Manusia khususnya Manajemen Sumber Daya Manusia Kependidikan. Kepakaran yang penulis miliki juga berhubungan dengan pengembangan Sumber Daya Manusia. Saat ini, penulis menjadi dosen tetap pada STKIP Nasional Pariaman dan mengampu mata kuliah Pengantar Manajemen, Manajemen Sumber Daya Manusia Kependidikan, Pengantar Pendidikan dan Profesi Pendidikan. Beberapa penelitian juga telah penulis hasilkan baik yang didanai oleh Lembaga maupun oleh DIKTI. Penulis berharap buku ini dapat memberikan kontribusi positif dalam pengembangan ilmu pengetahuan khususnya Manajemen Sumber Daya Manusia.
Rina - Penulis dilahirkan di Ujung Pandang pada tanggal 15 Nopember 1976 sebagai anak pertama dari tiga bersaudara dari pasangan Ismail dan Maemuna. Cita-cita awal dari penulis ingin menjadi teknisi di Perusahaan, hal tersebut membuat penulis memilih salah satu sekolah kejuruan di STM. PEMBANGUNAN Makassar dengan jurusan Listrik Industri (LI) karena di STM PEMBANGUNAN jenjang pendidikan yang harus dilalui selama empat tahun yang setara D-4 dan penulis lulus tahun 1996. Selanjutnya, penulis melanjutkan pendidikan ke jenjang Perguruan Tinggi Negeri di Makasar melalui Jalur Penerimaan Mahasiswa Jalur Khusus (PMJK) dan berhasil menyelesaikan studi S-1 di Prodi Teknik Elektro pada tahun 2001 di Universitas Negeri Makassar. Beberapa tahun kemudian, penulis kembali kuliah S-1 pada Prodi Manajemen dan selesai tahun 2007. Pada tahun 2008, penulis melanjutkan jenjang Pendidikan S-2 pada prodi Manajemen dan selesai di tahun 2010. Pada tahun 2013 penulis melanjutkan kuliah S-3 Program Pascasarjana di Universitas Muslim Indonesia dan selesai tahun 2017. Sebelum penulis terjung ke dunia Pendididkan sebagai Dosen, penulis pernah kerja di NIIT (International IT Education Centre) tahun 2001, Pekerjaan selanjutnya di tahun 2005 bekerja di salah satu Konsultan Teknik sebagai Ka. Keuangan. Awal karir di dunia Pendidikan di Tahun 2006 hingga sekarang.


Erna Atiwi Jaya Esti - Lahir di Malang bulan Oktober 1960. Mengenyam pendidikan dasar, menengah dan tinggi di Malang. Lulus Sarjana Ekonomi (Manajemen) dari Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya dan Magister Manajemen, Pasca Sarjana, Universitas Brawijaya dengan konsentrasi manajemen keuangan. Semenjak tahun1987 menjadi tenaga pendidik pada Fakultas Ekonomi Universitas Panca Bhakti, Pontianak dengan mengampu mata kuliah Manajemen, Manajemen Keuangan dan Pengantar Bisnis. Meniti karir pada jabatan struktural mulai dari kasub. Akademik dan terakhir ka. BAAK. Tahun 2006 menjadi tenaga pendidik pada Fakultas Ekonomi, Universitas Wisnuwardhana, Malang dengan mengampu mata kuliah Manajemen Keuangan, Pasar Keuangan, Bank dan Lembaga Keuangan lainnya dengan tugas tambahan sebagai Kaprodi Manajemen hingga Juni 2020. Penulis juga sebagai Dosen Dpk pada LLDIKTI wilayah VII dan telah memiliki sertifikasi pendidik. Beberapa penelitian dan pengabdian kepada masyarakat telah dilakukan baik didanai oleh internal perguruan tinggi, juga Kemenristek DIKTI.
Hamdan Firmansyah - Lahir di Sukabumi tanggal 02 Agustus 1981 dari pasangan Ibu Suaebah seorang pendidik dan Bapak Fajar Hidayat seorang jurnalis. Penulis menikahi wanita yang lahir dari pasangan Ibu Emi Ratnawati dan Bapak Mardjuki bernama Putri Ema Swandayani, S.Kep dan Alhamdulillah baru dikaruniai lima orang anak: Hizqil Hilqiya, Yusya Alyasa, Asmatuha Fariha Yaumia, Muhammad Arasya Muntaha dan Muhammad Irsyad Rasyid. Sekarang penulis bersama keluarga merintis Lembaga Pendidikan dan Dakwah Pesantren Cendekia di Kota Sukabumi. Pendidikan yang ditempuh pada Institut Studi Islam Darussalam Pondok Modern Gontor Jurusan Manajemen Lembaga Keuangan Islam tamat tahun 2004. Institut Agama Islam Riyadlotul Mujahidin Pondok Pesantren Wali Songo Ponorogo Jurusan Mu’amalat (Hukum Ekonomi Syariah) tamat tahun 2004 dan Program Akta IV Tarbiyah Jurusan Pendidikan Agama Islam di tempat yang sama. Pada tahun 2005-2006 mendapat beasiswa dari Zakariyya Islamic University Lenasia South Africa untuk Program Studi Islam. Pada tahun 2006, penulis melanjutkan studi di Program Pascasarjana Magister Manajemen Pendidikan Sekolah Tinggi Manajemen IMNI Jakarta hingga selesai tahun 2007. Kemudian melanjutkan studi pada Program Pascasarjana Magister Hukum Ekonomi Syariah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung dengan berhasil meraih predikat Cum Laude. Dan saat ini telah menyelesaikan Program Pascasarjana Doktor Hukum Islam Konsentrasi Hukum Ekonomi Syariah di almamater yang sama yaitu...
Limgiani - Sebagai Dosen di Universitas Wisnuwardhana Malang, meraih gelar S1 di IKIP PGRI Malang pada tahun 1986, S-2 di Universitas Kanjuruhan Malang pada 2004, dan menyelesaikan S-3 di Universitas Merdeka Malang pada tahun 2014. Penulis memiliki kepakaran di bidang Manajemen Sumber Daya Manusia dan mengajar di Program Studi S-1 Manajemen dan S-1 Akuntansi serta S-2 Magister Manajemen. Tak hanya sebagai pengajar, penulis juga aktif sebagai peneliti di bidang Manajemen Sumber Daya Manusia. Berbagai penelitian yang dilakukan mendapatkan dukungan finansial dari internal perguruan tinggi dan Kemenristek DIKTI, menciptakan kontribusi pengetahuan yang berkelanjutan serta melakukan pengabdian kepada masyarakat. Selain itu, penulis turut menyumbangkan pemikiran melalui penulisan artikel-artikel untuk jurnal nasional dan internasional serta book chapter, menunjukkan komitmen terhadap pengembangan ilmu dan mewujudkan karier sebagai dosen profesional yang berkualitas.


Riana Isti Muslikhah - Penulis merupakan dosen muda di Jurusan Pendidikan Administrasi Universitas Negeri Yogyakarta. Wanita kelahiran 23 Februari 1990 ini menempuh sarjana pada Program Studi Pendidikan Ekonomi bidang keahlian khusus Pendidikan Administrasi perkantoran Universitas Sebelas Maret (UNS) dan berhasil lulus pada tahun 2008. Setelah menyelesaikan studi S-1, penulis melanjutkan pendidikan magisternya di Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Sebelas Maret.

Penulis memiliki kepakaran di bidang Pendidikan Administrasi Perkantoran. Saat ini, dalam profesinya sebagai dosen ditugaskan mengajar beberapa mata kuliah yaitu Manajemen Administratif, Simulasi Perkantoran, Kesekretarisan, Korespondensi Bisnis dan Strategi Pembelajaran Administrasi Perkantoran. Sebagai dosen baru, penulis aktif dalam berbagai kegiatan penelitian, diantaranya yaitu Penelitian Research Group FE UNY, Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi dan Penelitian Institusional. Selain melaksanakan kegiatan Tridharma perguruan tinggi, penulis juga mendapatkan tugas tambahan sebagai admin Unit Penjaminan Mutu FE UNY dan Kepala Bidang Administrasi LSP UNY.
Sapinah - Penulis merupakan dosen tetap LLDIKTI IX yang dipekerjakan di STKIP Pembangunan Indonesia. Penulis menyelesaikan studi S-1 di Jurusan Pendidikan Dunia Usaha Program Studi Pendidikan Akuntansi IKIP Ujung Pandang pada tahun 1992. Kemudian penulis menyelesaikan studi Magister Sains di Prodi Manajemen Keuangan UNHAS tahun 2000. Penulis memiliki kepakaran di bidang Akuntansi dan Manajemen Keuangan. Sebagai dosen tetap di STKIP Pembangunan Indonesia yang sekarang berganti nama menjadi Universitas Patompo, penulis aktif melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat serta mempublikasikan hasil penelitian dan pengabdian masyarakat baik pada jurnal nasional terakreditasi maupun jurnal internasional. Saat ini penulis menduduki jabatan Wakil Ketua Bidang Administasi dan Keuangan STKIP Pembangunan Indonesia. Selain itu penulis merupakan anggota Asosiasi Dosen Republik Indonesia (ADRI) dan juga aktif dalam organisasi sosial keagamaan.
Aditya Wardhana - Penulis merupakan dosen tetap Universitas Telkom. Penulis menyelesaikan studi Sarjana Ekonomi (SE) di Universitas Padjadjaran pada tahun 1997 sebagai wisudawan terbaik. Kemudian, menyelesaikan studi Magister Sains (MSi) di Universitas Padjadjaran tahun 2003 dan Magister Manajemen (MM) di Universitas Pasundan tahun 2012 sebagai wisudawan terbaik. Saat ini penulis sedang melanjutkan studi Doktor Ilmu Manajemen di prodi Manajemen Universitas Pasundan. Penulis memiliki kepakaran di bidang manajemen sumber daya manusia, manajemen pemasaran, dan manajemen strategik. Penulis memiliki pengalaman praktisi di Citibank dan di PT Perusahaan Gas Negara Tbk dan meraih predikat the best employee serta sebagai konsultan di beberapa BUMN seperti Surveyor Indonesia, Badan Klasifikasi Kapal Indonesia, Pertamina, BNI 46, PTPN VIII, Biofarma, Kementerian Koordinator Perekonomian RI dan Kementerian Perhubungan. Penulis juga aktif melakukan berbagai penelitian terindeks Scopus dan Sinta dan telah menulis lebih dari 250 buku dalam bidang bisnis. Penulis mendapatkan penghargaan sebagai dosen dengan kinerja penelitian terbaik tahun 2022 dari LLDIKTI Wilayah 4 Jawa Barat dan memiliki Sertifikasi Penulis Buku Non-Fiksi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) RI.

Editor

Hartini - Editor berasal dari Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan. Menyelesaikan pendidikan Strata Satu (S-1) di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE-YPUP) Makassar tahun 2005. Selanjutnya, melanjutkan pendidikan Strata Dua (S-2) di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE-YPUP) Makassar tahun 2010 program studi magister manajemen. Kemudian melanjutkan pendidikan (S-3) pada Universitas Hasanuddin (UNHAS) program studi ilmu ekonomi, jurusan manajemen dan menyelesaikan pendidikan pada tahun 2018. Saat ini, bekerja sebagai dosen tetap pada STKIP Pembangunan Indonesia Makassar. Pada tahun 2013, menjabat sebagai ketua Program Studi, kemudian diberi amanah untuk menjabat Ketua LPM. Memiliki kepakaran dalam bidang manajemen dan mulai aktif menulis berbagai buku, beberapa buku yang berhasil diterbitkan antara lain: Buku referensi dengan judul (Person Organization Fit (P-O Fit), Quality of Work Life, dan Keadilan Organisasi; MSDM (Digitalisasi Human Resources)). Buku kolaborasi (Pengantar Manajemen untuk Organisasi Publik; Pengantar Bisnis; Perilaku Organisasi; Kinerja Karyawan; Setahun Covid-19 dari Berbagai Perspektif; BUM Desa sebagai Kekuatan Ekonomi Baru Kisah Inspirasi S-3). Beberapa tulisan yang telah dihasilkan dalam bentuk jurnal nasional yang terakreditasi dan jurnal internasional pada bidang keilmuan khususnya manajemen. Beberapa artikel...

Daftar Isi

Cover Depan
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab 1. Memahami Konsep dasar MSDM
     Urgensi Manajemen Sumber Daya Manusia
     Konsep Dasar Manajemen Sumber Daya Manusia
     Tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM)
     Fungsi Manajemen Sumber Daya
     Manfaat Manajemen Sumber Daya Manusia
Bab 2. Fungsi MSDM dalam Organisasi
     Pendahuluan
     Pengertian MSDM
     Ruang Lingkup MSDM
     Fungsi MSDM
     Tujuan dan Proses MSDM
     Kesimpulan
Bab 3. Perencanaan SDM Sebagai Kunci Kesuksesan Organisasi
     Definisi Perencanaan Sumber Daya Manusia (SDM)
     Tujuan Perencanaan SDM
     Tahapan dalam Perencanaan SDM
     Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Perencanaan SDM
Bab 4. Rekrutmen dan Seleksi Karyawan
     Pendahuluan
     Definisi Rekrutmen
     Tujuan Rekrutmen
     Fungsi dan Manfaat, serta Proses Rekrutmen
     Metode atau Sumber Rekrutmen
     Strategi Perekrutmen yang Baik
     Definisi Seleksi
     Tujuan, Fungsi, Manfaat, dan Proses Seleksi
     Metode Seleksi
Bab 5. Motivasi Intrinsik dan Ekstrinsik
     Pengertian Motivasi
     Pentingnya Motivasi
     Jenis-Jenis Motivasi
Bab 6. Sistem Kompensasi dan Penghargaaan
     Jenis Kompensasi
     Jenis Insentif
     Jenis Penghargaan
     Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kompensasi
     Tujuan Kompensasi
Bab 7. Pengambilan Keputusan: Individu dan Kelompok
     Pengertian Pengambilan Keputusan
     Proses Pengambilan Keputusan
     Perencanaan Sumber Daya Manusia sebagai
     Pengambilan Keputusan Individu
     Pengambilan Keputusan Kelompok
Bab 8. Teori Kepemiminan dalam Perilaki Organisasi
     Konsep Perilaku Organisasi
     Konsep Kepemimpinan
     Fungsi dan Peran Kepemimpinan
     Prinsip Dasar Kepemimpinan
     Komponen dalam Kepemimpinan
     Teori-Teori Gaya Kepemimpinan
     Teori Kepemimpinan dalam Perilaku Organisasi
Bab 9. Manajemen Karir dan Kinerja
     Karir
     Manajemen Karir
     Tujuan Manajemen Karir
     Manfaat Manajemen Karir
     Proses Manajemen Karir dalam Perusahaan
     Manfaat Manajemen Karir
     Proses Manajemen Karir dalam Perusahaan
     Manajemen Karir dalam Suatu Organisasi
     Kinerja
Bab 10. Loyalitas dan Produktivitas Karyawan
     Pendahuluan
     Pengertian Loyalitas Karyawan
     Membangun Loyalitas Karyawan
     Aspek-Aspek Loyalitas Karyawan
     Manfaat Loyalitas Karyawan
     Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Karyawan
     Pengertian Produktivitas Karyawan
     Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produktivitas
     Indikator Pengukuran Produktivitas
Bab 11. Konsep Pengembangan Sumber daya Manusia Berbasis Kompetensi
     Konsep Pengembangan Sumber Daya Manusia
     Kompetensi
     Pengembangkan Sumber Daya Manusia Berbasis  Kompetensi
     Tujuan Pengembangan Sumber Daya Manusia Berbasis
     Manfaat Pengembangan Sumber Daya Manusia
Bab 12. Penilaiam Prestasi Kerja Karyawan
     Pengertian Prestasi Kerja Karyawan
     Karakteristik Penilaian Prestasi Kerja Karyawan
     Tujuan Penilaian Prestasi Kerja Karyawan
     Tahapan Penilaian Prestasi Kerja Karyawan
     Metode-Metode Penilaian Prestasi Kerja Karyawan
     Tugas Manajemen SDM dalam Mengembangkan
     Kesalahan Umum dalam Penilaian Prestasi Kerja
Cover Belakang