Tampilkan di aplikasi

Buku Media Sains Indonesia hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Manajemen Operasional

(Produksi dan Operasi)

1 Pembaca
Rp 110.000 41%
Rp 65.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 195.000 13%
Rp 56.333 /orang
Rp 169.000

5 Pembaca
Rp 325.000 20%
Rp 52.000 /orang
Rp 260.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Buku ini menyajikan pengetahuan mengenai manajemen operasional, baik konsep, teori, maupun contoh kasus. Diharapkan buku ini dapat memberikan tambahan ilmu dan pengetahuan kepada para pembaca khususnya terkait dengan manajemen operasional. Manajemen operasional merupakan seluruh kegiatan dalam mengatur dan mengoordinasi faktor-faktor produksi secara efektif dan efisien untuk dapat menciptakan serta menambah nilai dan manfaat dari produk dan layanan melalui perubahan dari input menjadi ouput. Buku ini disusun dalam bentuk book chapter yang terdiri atas empat belas bab, dan diberi judul Manajemen Operasional (Produksi dan Operasi). Buku ini masih jauh dari kesempurnaan dan terdapat banyak kekurangan, sehingga kami sangat mengharapkan masukan dari para pembaca demi penyempurnaan karya berikutnya.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Yuan Badrianto / Suriadi / Sjamsuridjal / Yohanes P. Erick A. / Hari Nugroho / Acai Sudirman / Rachmatullaily Tinakartika Rinda / Irfan Wildzan Muafa / Endang Gunaisah / Dexi Triadinda / Rosye Rosaria Zaena / Safrizal / Norma Fitria / Dian Rokhmawati
Editor: Hartini

Penerbit: Media Sains Indonesia
ISBN: 9786233624435
Terbit: Maret 2022 , 253 Halaman










Ikhtisar

Buku ini menyajikan pengetahuan mengenai manajemen operasional, baik konsep, teori, maupun contoh kasus. Diharapkan buku ini dapat memberikan tambahan ilmu dan pengetahuan kepada para pembaca khususnya terkait dengan manajemen operasional. Manajemen operasional merupakan seluruh kegiatan dalam mengatur dan mengoordinasi faktor-faktor produksi secara efektif dan efisien untuk dapat menciptakan serta menambah nilai dan manfaat dari produk dan layanan melalui perubahan dari input menjadi ouput. Buku ini disusun dalam bentuk book chapter yang terdiri atas empat belas bab, dan diberi judul Manajemen Operasional (Produksi dan Operasi). Buku ini masih jauh dari kesempurnaan dan terdapat banyak kekurangan, sehingga kami sangat mengharapkan masukan dari para pembaca demi penyempurnaan karya berikutnya.

Pendahuluan / Prolog

Kata Pengantar
Alhamdulillah, Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat limpahan Hidayah dan Karunia-Nya yang telah diberikan kepada kami, sehingga buku ini dapat disusun dan diterbitkan tepat waktu. Buku ini menyajikan pengetahuan mengenai manajemen operasional, baik konsep, teori, maupun contoh kasus. Diharapkan buku ini dapat memberikan tambahan ilmu dan pengetahuan kepada para pembaca khususnya terkait dengan manajemen operasional.

Manajemen operasional merupakan seluruh kegiatan dalam mengatur dan mengoordinasi faktor-faktor produksi secara efektif dan efisien untuk dapat menciptakan serta menambah nilai dan manfaat dari produk dan layanan melalui perubahan dari input menjadi ouput. Buku ini disusun dalam bentuk book chapter yang terdiri atas empat belas bab, dan diberi judul Manajemen Operasional (Produksi dan Operasi). Buku ini masih jauh dari kesempurnaan dan terdapat banyak kekurangan, sehingga kami sangat mengharapkan masukan dari para pembaca demi penyempurnaan karya berikutnya.

Kami sadar sepenuhnya bahwa di dalam penyusunan buku ini, banyak pihak yang terlibat memberikan kontribusinya. Oleh sebab itu, kami menghaturkan terima kasih yang tak terhingga kepada pihak yang telah memberikan bantuannya. Secara khusus, terima kasih kepada Media Sains Indonesia sebagai inisiator book chapter ini. Semoga buku ini bermanfaat.

Februari, 2022
Editor

Penulis

Yuan Badrianto - Lahir di Jampang Tengah Sukabumi, 27 Januari 1981, menempuh pendidikan SD Impres Pasir Angin di sebuah pedesaan tanpa listrik pada saat itu dan melanjutkan pendidikan SMPN Jampang Tengah, demi mendapatkan pendidikan yang lebih baik, penulis berpindah ke pusat kota lalu menuntaskan SMA di Smart School SMUN 3 Kodya Sukabumi, lulus SMA tahun 1999 dan penulis merantau ke Bekasi.

Selama 20 tahun Penulis berkarir sebagai praktisi di Industri dan HRD sambil menuntaskan kuliah jurusan Psikologi di Universitas Az-zahra Jakarta, lulus tahun 2010, melanjutkan Pendidikan Magister Management DIKLAT di Universitas Muhammadiyah Jakarta, lulus tahun 2014 lalu kembali menempuh pendidikan Magister Pendidikan Islam pada Universitas Islam 45 Bekasi dan menyelesaikan S3 Business Administration pada tahun 2022 dari PWU Filipina.

Saat ini penulis menjadi Komisaris di PT Orion Madani Globalindo, beraktifitas sebagai Dosen di Universitas Pelita Bangsa, Assesor MSDM, Executive Training Development pada berbagai institusi dan LPK serta trainer asosiasi untuk Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, begitu mencintai pekerjaan di bidang SDM penulis mendapatkan excellent award sebagai Proactive Leader dari Global Company. Passion penulis adalah sharing dan mengisi pelatihan baik di organisasi perusahaaan maupun pendidikan, Penulis berharap semoga karya kecil ini dapat menjadi jembatan inspirasi bagi pembaca serta memberikan tujuan sebagai bentuk berbagi.
Suriadi - Penulis adalah dosen tetap pada Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Buton. Menyelesaikan pendidikan S-1 pada Fakultas Pertanian Universitas Haluoleo Kendari dan melanjutkan S-2 Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi STIE Widdiya Wiwaha Yogyakarta serta S-3 pada Fakultas Ekonomi Universitas Muslim Indonesia Makassar. Penulis menekuni bidang ilmu Manajemen Sumber Daya Manusia. Penulis juga telah menghasilkan publikasi pada jurnal Internasional bereputasi dan nasional terakreditasi antara lain The consciousness of excellent quality service to improve effectiveness of TQM and kaizen-PDCA quality management, Agribisness community empowerment in the management Nirwana beach tourism area in City of Baubau, The empowerment of Coconut farmers through the processing of Virgin Coconut Oil (VCO), Effect of App utilization on the agricultural efficiency of rural communities, Marketing of innovative products for environmentally friendly small and medium enterprises. Book Chapter tentang Perkembangan Perekonomian Indonesia Saat Serangan Pandemi Covid-19, Book Chapter tentang Revolusi Industri 4,0 bagi Pengembangan Sumber Daya Muasia, Book Chapter tentang Tantangan Pengembangan MSDM Era Digital.
Sjamsuridjal - Ketertarikan penulis terhadap bidang manajemen industri dimulai pada saat mengambil pendidikan S-2 di Magister Manajemen Teknologi Institut Teknologi Bandung. Ketertarikan tersebut dilanjutkan dengan memilih mengampu matakuliah Manajemen Operasional dan Riset Operasi/Penelitian Operasional pada Universitas Nasional Pasim Bandung. Penulis memiliki kepakaran di bidang manajemen industri dan telah memiliki sertifikasi dosen pada bidang tersebut. Selanjutnya untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis pun aktif sebagai peneliti di bidang kepakarannya tersebut. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi dan juga Kemenristek DIKTI (melalui skema kompetensi hibah bersaing Dikti). Selain peneliti, penulis juga aktif menulis jurnal dan buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara yang sangat tercinta ini. Puluhan artikel jurnal karya penulis yang berkaitan dengan manajemen operasional telah diterbitkan pada berbagai jurnal terakreditasi Sinta mupun jurnal lainnya. Demikian juga dalam penulisan buku ajar, penulis telah menuliskan berbagai buku ajar, baik yang diterbitkan melalui penerbit ber-ISBN maupun yang ditulis untuk keperluan bahan ajar di Universitas Nasional Pasim.
Yohanes P. Erick A. - Penulis lahir di Semarang pada tanggal 25 Juni 1982 dan menempuh pendidikan S1 Teknik Arsitektur Universitas Katolik Soegijapranata Semarang pada tahun 2000 dan lulus di tahun 2006 dengan gelar S.T. Pada tahun 2009, penulis melanjutkan studi S2 di Magister Arsitektur Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dan berhasil lulus di tahun 2010 dengan gelar M.Sc. Saat ini penulis aktif sebagai dosen arsitektur di Universitas Gorontalo sejak tahun 2012, penulis juga aktif sebagai peneliti baik yang didanai oleh internal perguruan tinggi, instansi swasta, NGO maupun dari Kemenristek DIKTI.
Hari Nugroho - Penulis menamatkan studi S1 di Universitas Pelita Harapan, Karawaci, Tangerang dalam jurusan Akuntansi (S.E.) tahun 2006. Penulis lalu melanjutkan studi pascasarjana S2 ke Universitas Bina Nusantara dan lulus pada tahun 2008 dengan konsentrasi dalam manajemen keuangan (M.M.). Penulis kemudian melanjutkan studi S2 di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) dan lulus pada tahun 2011 dengan konsentrasi ekonomi internasional (M.S.E.). Pendidikan terakhir penulis adalah lulus dari Program Pascasarjana Ilmu Ekonomi S3 dari FEB UI dengan spesialisasi ekonomi makro pada tahun 2018 (Dr.).

Penulis memiliki ketertarikan dalam bidang ekonomi energi dan ekonomi makro. Beberapa penelitian yang telah dilakukan diterbitkan di beberapa jurnal nasional terakreditasi. Selain sebagai peneliti, penulis juga aktif menulis buku dalam topik matematika ekonomi, ekonomi energi dan ekonometri dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara yang sangat tercinta ini. Penulis saat ini aktif sebagai dosen pada jurusan Ekonomi di Universitas Pertamina. Penulis menyenangi olahraga alam bebas, traveling dan membaca buku.
Acai Sudirman - Lahir di Lubuk Pakam, 15 Maret 1989, lulus dari Jurusan Sarjana Manajemen dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung pada tahun 2016. Gelar Magister Manajemen diperoleh dari program Magister Manajemen Fakultas Pascasarjana Universitas HKBP Nommensen Medan dengan konsentrasi Manajemen Pemasaran dan lulus pada tahun 2018. Saat ini aktif mengajar pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung pada Program Studi Manajemen. Selain sebagai dosen, penulis mengisi waktu sehari-hari dengan menulis dan telah menulis buku lebih dari 70-an dengan topik manajemen dan bisnis. Selain aktif menulis buku, penulis juga mulai belajar menjadi editor buku. Penulis menargetkan di akhir tahun 2022 bisa menghasilkan sebanyak 100 buku, baik sebagai penulis maupun sebagai editor. Motto penulis “Jomblo 4.0: Talk Less Do More”.
Rachmatullaily Tinakartika Rinda - Penulis yang lulus S-1 Jurusan Perusahaan dari Fakultas Ekonomi Universitas Jayabaya pada tahun 1986 dan setelah lulus melamar menjadi dosen di Universitas Ibn Khaldun Bogor yang mengajar sampai dengan sekarang. Selanjutnya, melanjutkan pendidikan ke jenjang S-2 di Sekolah Tinggi IMMI Jurusan Manajemen dan lulus tahun 2005, dan sekarang sedang mengambil S-3 jurusan Ilmu Manajemen di Univeritas Pakuan Bogor. Profesinya sebagai dosen memberikan pengajaran melalui penelitaian dan pengabdian pada masyarakat dan mendorong ketertarikannya di bidang ilmu manajemen dan kewirausahaan. Sehingga selain dosen, penulis juga seorang pengusaha properti, dan penulis juga dalam kegiatan social lainnya sehingga penulis mendiriakn Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dan beberapa Pos PAUD serta bergabung dengan Yayasan Yatim dan Dhuafa, penulis juga aktif dalam kegiatan penulis Fiksi dalam Nubar dengan nama samaran “Rinda”.
Irfan Wildzan Muafa - Lahir di Trenggalek, 18 Mei 1994, Penulis merupakan lulusan Strata Satu jurusan Manajemen konsentrasi pemasaran di Universitas Musamus Merauke pada tahun 2016 serta Strata Dua Magister Manajemen konsentrasi pemasaran di Universitas Diponegoro Semarang pada tahun 2018. Pada tahun 2019 mulai aktif mengajar sebagai dosen pada jurusan manajemen fakultas ekonomi dan bisnis Universitas Musamus Merauke. Penulis memiliki kepakaran dalam bidang ilmu manajemen, khususnya pada manajemen pemasaran. Sejauh ini penulis telah mengampu mata kuliah pengantar manajemen, penganggaran perusahaan, ekonomi manajerial, manajemen pemasaran, sistem informasi manajemen, komunikasi pemasaran, manajemen pemasaran jasa, manajemen bisnis ritel, studi kelayakan bisnis, dan juga komunikasi pemasaran. Penulis memiliki kepakaran dalam bidang manajemen pemasaran, untuk dapat menunjang karir sebagai dosen di universitas musamus, penulis pun aktif dalam membuat karya ilmiah dan juga pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan kepakarannya. Salah satu penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh penulih di danai oleh dana internal kampus, yang masing-masing pada tahun 2019 dan 2020.
Endang Gunaisah - Pengalaman masa remaja penulis mengikuti berjualan dengan Tante (Adek Ibu Kandung) berdagang klontongan. Ternyata menjadi pengalaman yang sangat berharga, misalnya beberapa trik berjualan sukses antara lain bagaimana cara menentukan harga, sehingga berhasil menjadi toko terlaris pada saat itu. Pekerjaan Penulis adalah menjadi Dosen Perguruan Tinggi Vokasi di Politeknik Kelautan dan Perikanan Sorong Provinsi Papua Barat. Pengalaman memimpin Perguruan Tinggi yang berlangsung satu periode (2017-2021) menjadi bekal kembali mengampu mata kuliah Kewirausahaan dan inovasi yang ditugaskan. Pendidikan penulis diawali dari SD, SMP, dan SMA di Kabupaten Brebes, melanjutkan S-1 di UNS Surakarta, S-2 mengambil Teknologi Kelautan di IPB dan S-3 di Universitas Pendidikan Sultan Idris Malaysia. Hampir semua yang dipelajari tidak linier dengan bidang kewirausahaan, namun begitu diberikan tugas mengampu mata kuliah, penulis tertarik dan terus menekuni bidang ini. Berhasil lulus sertifikasi Coach Kewirausahaan, penulis hingga sekarang berusaha mengabdikan diri menjadi narasumber dan coach kewirausahaan bagi ibu-ibu wirausaha muda. Semoga ilmunya terus bermanfaat.
Dexi Triadinda - Lahir di Kota Malang, Desember tahun 1990. Lulus S-1 di Program Studi Ilmu Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang (FE UM) tahun 2012. Lulus S-2 di Program Magister of Management Universitas Brawijaya Malang tahun 2015. Saat ini adalah Dosen tetap Program Studi Manajemen di Universitas Buana Perjuangan Karawang. Mengampu mata kuliah Ekonomi Internasional dan Management Pemasaran Global. Ketertarikan penulis di bidang manajemen pemasaran melahirkan beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi dan juga Kemenristek DIKTI. Selain peneliti, penulis juga aktif menulis buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara yang sangat tercinta ini.
Rosye Rosaria Zaena - Ketertarikan penulis terhadap ilmu ekonomi dimulai pada tahun 1998 silam. Hal tersebut membuat penulis memilih untuk kuliah dan berhasil menyelesaikan studi S-1 prodi Akuntansi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Membangun pada tahun 2022. Pada tahun 2006 penulis menyelesaikan studi S-2 prodi Ilmu Akuntansi Program Pascasarjana Universitas Padjadjaran Bandung, dan pada tahun 2018 penulis menyelesaikan Program Doktor Ilmu Akuntansi Universitas Padjadjaran Bandung. Pada tahun 2008, Penulis memulai karir sebagai dosen tetap pada Universitas Muhammadiyah Bandung, sebagai dosen Luar biasa juga pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Membangun, yang kemudian pada tahun 2017 pindah homebase ke Universitas Nasional PASIM. Untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis pun aktif sebagai peneliti di bidang kepakarannya tersebut. Beberapa penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang telah dilakukan, didanai oleh internal perguruan tinggi dan juga Kemenristek DIKTI. Selain peneliti, penulis juga aktif menulis buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara yang sangat tercinta ini.
Safrizal - Penulis lahir di Langsa Propinsi Aceh pada tanggal 29 Desember 1973, menyelesaikan pendidikan S-1 di STIE Nusa Bangsa Medan pada tahun 1998, dengan skripsi tentang “Analisis Perencanaan dan Pengawasan Proses Produksi Pada PT Lontar Papyrus Pulp & Paper Aceh Timur”. Kemudian menyelesaikan pendikan Magister Ilmu Manajemen pada Universitas Sumatra Utara (USU) di tahun 2014 dengan tesis “Pengaruh Keselamatan & Kesehatan Kerja (K3) Dan Disiplin terhadap Produktivitas Tenaga Kerja pada PMKS Tj. Sementok PTPN I (Persero) Nusantara Langsa”. Penulis saat ini aktif sebagai Dosen tetap pada Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Samudra, Aceh, sejak tahun 2004. Penulis mengampu mata kuliah Akuntansi Manajemen sejak tahun 2010 di Prodi Manajemen, juga mengampu beberapa mata kuliah wajib pada program studi tersebut.
Norma Fitria - Lahir di Desa Balerejo, Batanghari, Lampung Timur. Pada tahun 2000, menyelesaikan Pendidikan SD, tahun 2003 menyelesaikan MTs, Tahun 2006 Meyelesaikan Madrasah Aliyah, dan pada tahun 2011 menyelesaikan Sarjana Strata I. Tahun 2013, menyelesaikan Magister Strata II, dan di tahun 2015 masuk kuliah Program Pascasarjana Doktoral pada UIN Raden Intan Lampung dan selesai pada tahun 2019. Ilmu Manajemen Pendidikan Islam diminati Penulis sejak kuliah pada pascasarjana Doktoral. Hal tersebut, membuat penulis memilih untuk menulis, meneliti dan melakukan pengabdian masyarakat terkait bidang Manajemen Pendidikan Islam. Pencapaian yang diperolah adalah Sekretaris Umum Forum Pimpinan PTKIS Kopertais XV, Pelatihan Auditor Mutu Internal (AMI) Best-Q Institute yang diadakan oleh UIN Malang 2021, Peserta Annual Conference on Reasearch Proposal 2022 (ACRP) Tahun 2021, Presenter Internasional Seminar on Sosial Humanities and Malay Islamic Civilization (ISSHMIC) 2021, Narasumber dalam Training Of Trainer Pengurus Wilayah RPA Lampung 2021, Presenter Webinar Nasional KOMINFO Lampung 2021, Presenter Webinar Nasional BAWASLU Lampung 2021. Untuk mewujudkan pengembangan karir sebagai dosen profesional, Penulis juga aktif menulis buku maupun jurnal ilmiah.
Dian Rokhmawati - Penulis memilih masuk ke jurusan Sosial SMAN 4 Malang pada 2000 dan lulus pada tahun 2004. Kemudian melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi STIBA (Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Asing) mengambil jurusan Bahasa dan Sastra Inggris dengan Bahasa Jerman sebagai bahasa minor kemudian lulus pada tahun 2008 dan memperoleh gelar S.S (Sarjana Sastra). Kemudian tahun 2009 penulis sempat mengambil pendidikan Akta IV di Universitas Negeri Malang dan lulus pada tahun yang sama. Pada tahun 2013 penulis melanjutkan pendidikan ke program Pascasarjana dengan konsentrasi Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) dan berhasil lulus pada tahun 2015 dengan gelar M.M. Sebagai dosen muda, penulis aktif dalam berbagai kegiatan seminar, pelatihan dan konferensi untuk mengembangkan potensi dan karir kedosenan. Keterlibatan penulis dalam buku ini adalah upaya turut aktif membuat karya buku yang kedua, setelah buku pertamanya yang berjudul English for Business an Introduction. Penulis merupakan pengampu mata kuliah English for Business, Pengantar Manajemen, Komunikasi Bisnis, Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) dan MSDM Internasional.

Editor

Hartini - Editor berasal dari Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan. Menyelesaikan pendidikan Strata Satu (S-1) di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE-YPUP) Makassar tahun 2005. Selanjutnya, melanjutkan pendidikan Strata Dua (S-2) di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE-YPUP) Makassar tahun 2010 program studi magister manajemen. Kemudian melanjutkan pendidikan (S-3) pada Universitas Hasanuddin (UNHAS) program studi ilmu ekonomi, jurusan manajemen dan menyelesaikan pendidikan pada tahun 2018. Saat ini, bekerja sebagai dosen tetap pada STKIP Pembangunan Indonesia Makassar. Pada tahun 2013, menjabat sebagai ketua Program Studi, kemudian diberi amanah untuk menjabat Ketua LPM. Memiliki kepakaran dalam bidang manajemen dan mulai aktif menulis berbagai buku, beberapa buku yang berhasil diterbitkan antara lain: Buku referensi dengan judul (Person Organization Fit (P-O Fit), Quality of Work Life, dan Keadilan Organisasi; MSDM (Digitalisasi Human Resources)). Buku kolaborasi (Pengantar Manajemen untuk Organisasi Publik; Pengantar Bisnis; Perilaku Organisasi; Kinerja Karyawan; Setahun Covid-19 dari Berbagai Perspektif; BUM Desa sebagai Kekuatan Ekonomi Baru Kisah Inspirasi S-3). Beberapa tulisan yang telah dihasilkan dalam bentuk jurnal nasional yang terakreditasi dan jurnal internasional pada bidang keilmuan khususnya manajemen. Beberapa artikel...

Daftar Isi

Cover Depan
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab 1. Gambaran Umum Manajemen Operasional
     Definisi Manajemen Operasional
     Sejarah Manajemen Operasional
     Urgensi Manajemen Operasional
     Manfaat Mempelajari Manajemen Operasional
     Faktor yang Memengaruhi Keberhasilan Manajemen Operasional
     Kesimpulan
Bab 2. Perkembangan Manajemen Operasional
     Pendahuluan
     Sejarah Singkat Manajemen Operasional
     Tren dalam Pengembangan Manajemen Operasional
     Pengembangan dan Implementsi Strategi Operasional
Bab 3. Penentuan Lokasi Suatu Pabrik
     Pentingnya Lokasi
     Faktor-Faktor yang Memengaruhi Lokasi
     Metode Analisis Penentuan Lokasi
     Metode Pemeringkatan Faktor
     Metoda Perbandingan Biaya
     Metode Pusat Grafitasi
     Latihan Soal
Bab 4. Pemeliharaan Fasilitas dan Penanganan Bahan
     Pengantar
     Pemeliharaan
     Penanganan Bahan
Bab 5. Perencanaan Fasilitas dan Sistem Kerja
     Pendahuluan
     Perencanaan Fasilitas
Bab 6. Perencanaan Kapasitas dan Tata Letak
     Pendahuluan
     Alur Proses Perencanaan Kapasitas
     Jenis-Jenis Alur Proses Perencanaan Kapasitas
     Tujuan Desain Tatak Letak (Layout)
     Tipe/Jenis Layout
     Tata Letak Kantor
     Tata Letak Gudang
     Tata Letak Proses
     Tata Letak Sel Kerja
     Tata Letak Ritel/Toko/Eceran
     Tata Letak Berorientasi Produk
Bab 7. Proses Produksi dan Keselamatan Kerja
     Pedahuluan
     Pengertian Proses Produksi
     Jenis Proses Produksi
     Pengertian Keselamatan Kerja
     Tujuan Keselamatan Kerja
     Meningkatkan Keselamatan Kerja
     Alasan Penting Keselamatan Kerja
     Pendekatan Sistem Manajemen Kesehatan Kerja
Bab 8. Sistem Produksi dan Operasi
     Manajemen Produksi dan Operasi
     Sejarah Manajemen Produksi dan Operasi
     Ruang Lingkup Manajemen Produksi
     Jenis-Jenis Proses Produksi
     Penentuan Luas Produksi
     Metode-Metode Pemilihan Lokasi Pabrik
Bab 9. Pengendalian Persediaan
     Pengertian Persediaan
     Jenis-Jenis Persediaan
     Fungsi Persediaan
     Tujuan Persediaan
     Faktor-Faktor yang Memengaruhi Persediaan
     Biaya yang Berkaitan dengan Persediaan
     Pengendalian Persediaan
     Tujuan Pengendalian Persediaan
     Pengendalian Gudang
     Metode Pengendalian Persediaan
     Simpulan
Bab 10. Desain dan Pengembangan Produk
     Definisi Desain Produk
     Tahapan Proses Desain Produk
     Metode Desain Produk
     Definisi Pengembangan Produk
     Tujuan Pengembangan Produk
     Proses Pengembangan Produk
     Tahapan Proses Pengembangan Produk
     Faktor Pendukung dan Penghambat Pengembangan Produk
Bab 11. Break Event Point (BEP)
     Pendahuluan
     Telaah Literatur
     Faktor-Faktor yang Membentuk BEP
     Manfaat Break Even Point
     Cara Menghitung Break Even Point
     Kesimpulan
Bab 12. Manajemen Provek
     Pendahuluan
     Arti Manajemen
     Arti Proyek
     Manajemen Proyek
     Arti Penting Manajemen Proyek
     Macam-Macam Proyek
     Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keberhasilan Proyek
Bab 13. Total Quality Management in Education
     Pendahuluan
     Pengertian Kualitas
     Definisi Total Quality Management
     Konsep Total Quality Management
     Total Quality Management Pendidikan
     Tahapan-Tahapan Total Quality Management Pendidikan
Bab 14. Sumber Daya Manusia dalam Manajemen Operasional
     Pengertian Manajemen Operasional
     Pentingnya Manajemen Operasional
     Sumber Daya Manusia (SDM) dalam Manajemen Operasional
Cover Belakang