Tampilkan di aplikasi

Buku Media Sains Indonesia hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Manajemen Agribisnis

1 Pembaca
Rp 95.000 32%
Rp 65.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 195.000 13%
Rp 56.333 /orang
Rp 169.000

5 Pembaca
Rp 325.000 20%
Rp 52.000 /orang
Rp 260.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi

Perpustakaan digital
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. Perpustakaan

Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Manajemen Agribisnis. Sistematika buku Manajemen Agribisnis ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri atas 12 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya: Pengertian dan Sistem Agribisnis, Ruang Lingkup Agribisnis, Peranan Agribisnis dalam Perekonomian, Fungsi Manajemen dalam Agribisnis, Manajemen Perencanaan Agribisnis, Manajemen Input Agribisnis, Manajemen Produksi Agribisnis, Manajemen Pengolahan Agribisnis, Manajemen Pemasaran Agribisnis, Manajemen Kelembagaan Agribisnis, Manajemen Pembiayaan Agribisnis, dan Manajemen Risiko Agribisnis.

Ikhtisar Lengkap   

Penulis: Amruddin / Aliyah Fahmi / Hikmah / Rahmat Joko Nugroho / I Gusti Ngurah Aryawan Asasandi / Luh Putu Kirana Pratiwi / Hamdan Firmansyah / Milawati Saranani / Achmad Amiruddin / Ulyasniati / Adah / Eni Setyowati
Editor: Annisa Ishmat Asir

Penerbit: Media Sains Indonesia
ISBN: 9786233622769
Terbit: Desember 2021 , 217 Halaman

BUKU SERUPA













Ikhtisar

Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Manajemen Agribisnis. Sistematika buku Manajemen Agribisnis ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri atas 12 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya: Pengertian dan Sistem Agribisnis, Ruang Lingkup Agribisnis, Peranan Agribisnis dalam Perekonomian, Fungsi Manajemen dalam Agribisnis, Manajemen Perencanaan Agribisnis, Manajemen Input Agribisnis, Manajemen Produksi Agribisnis, Manajemen Pengolahan Agribisnis, Manajemen Pemasaran Agribisnis, Manajemen Kelembagaan Agribisnis, Manajemen Pembiayaan Agribisnis, dan Manajemen Risiko Agribisnis.

Pendahuluan / Prolog

Kata Pengantar
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat dan karunia-Nya sehingga buku kolaborasi dalam bentuk book chapter dapat dipublikasikan dan dapat sampai di hadapan pembaca. Book chapter ini disusun oleh sejumlah akademisi dan praktisi sesuai dengan kepakarannya masing-masing.

Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Manajemen Agribisnis. Sistematika buku Manajemen Agribisnis ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan.

Buku ini terdiri atas 12 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya: Pengertian dan Sistem Agribisnis, Ruang Lingkup Agribisnis, Peranan Agribisnis dalam Perekonomian, Fungsi Manajemen dalam Agribisnis, Manajemen Perencanaan Agribisnis, Manajemen Input Agribisnis, Manajemen Produksi Agribisnis, Manajemen Pengolahan Agribisnis, Manajemen Pemasaran Agribisnis, Manajemen Kelembagaan Agribisnis, Manajemen Pembiayaan Agribisnis, dan Manajemen Risiko Agribisnis.

Kami menyadari bahwa tulisan ini jauh dari kesempurnaan dan masih terdapat banyak kekurangan, sejatinya kesempurnaan itu hanya milik Yang Kuasa. Oleh sebab itu, kami tentu menerima masukan dan saran dari pembaca demi penyempurnaan lebih lanjut.

Akhir kata, kami mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada semua pihak yang telah mendukung dalam proses penyusunan dan penerbitan buku ini, secara khusus kepada Penerbit Media Sains Indonesia sebagai inisiator book chapter ini. Semoga buku ini dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Penulis

Amruddin - Menyelesaikan pendidikan S1 di Fakultas Peternakan Unhas (1996) selanjutnya S2 di PPs UNM (2001) dan PPs UIM (2014) Program Studi Agribisnis, serta menyelesaikan S3 di Program Sosiologi UNM (April-2021). Aktif berorganisasi pada Perhimpunan Sarjana Pertanian Indonesia (PISPI), Asosiasi Agribisnis Indonesia (AAI), PERHEPI Komisariat Makassar serta ICMI Sulsel (2023-2028). Sejak (16/6/2022) penulis berhomebase di Pascasarjana Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar sebelumnya diamanahkan ketua prodi Agribisnis periode 2014-2018 di Fakultas Pertanian.

Alhamdulillah sejak akhir 2020 telah menulis lebih 60 buku kolaborasi yang diterbitkan 8 penerbit. Diterbitkan oleh Penerbit Media Sains Indonesia diantaranya adalah Manajemen Agribisnis, Dasar-Dasar Manajemen (Konsep dan Teori), Kewirausahaan, Bisnis Digital, Pengantar Manajemen, Manajemen Bisnis Kontemporer (Konsep Syariah), Manajemen Strategik (Konsep, Teori dan Praktik), Tatakelola Penelitian Era Society 4.0, serta Ekonomi Manajerial (Teori dan Analisis) dan Manajemen Pemasaran : Konsep dan Aplikasinya (Mei-2023) selain menjadi editor buku Pengantar Sosiologi Pertanian (Jan-2022). Sehari-hari sebagai dosen pada matakuliah; Sosiologi Pertanian, Modal Sosial Pertanian, Manajemen Agribisnis, Manajemen Strategi Agribisnis, Agribisnis Peternakan, Ekonomi Manajerial serta Manajemen Pemasaran dan Rantai Pasok Agribisnis.
Aliyah Fahmi - Ketertarikan penulis terhadap ilmu kimia dimulai pada tahun 2002 silam. Pada saat itu, penulis memulai perkuliahan pada program studi D3 Analis Kimia di Universitas Sumatera Utara, yang dilanjutkan S1 Kimia pada tahun 2005 s/d 2007. Penulis kemudian melanjutkan perkuliahan pada jenjang magister di tahun 2014 s/d 2016 dan menjadi Dosen Kimia di Universitas Efarina, Pematang Siantar. Pada saat ini, Penulis sedang menjalani studi S-3 di Universitas Andalas Padang dimana topik disertasi Penulis berkaitan dengan teh dari Sumatera Utara. Penulis pula telah melakukan kunjungan ke PTPN 4. Unit Teh Bah Butong untuk mendalami disertasi Penulis. Penulis aktif pula di dalam penelitian dan penulisan artikel-artikel Ilmiah maupun pemaparan sebagai dosen terhadap para mahasiswa/i. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh LPDP, Kemenristek dan BPI. Selain Peneliti, Penulis juga aktif menulis buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi negara Indonesia.


Hikmah - Ketertarikan penulis terhadap ilmu kimia dimulai pada tahun 2002 silam. Pada saat itu, penulis memulai perkuliahan pada program studi D3 Analis Kimia di Universitas Sumatera Utara, yang dilanjutkan S1 Kimia pada tahun 2005 s/d 2007. Penulis kemudian melanjutkan perkuliahan pada jenjang magister di tahun 2014 s/d 2016 dan menjadi Dosen Kimia di Universitas Efarina, Pematang Siantar. Pada saat ini, Penulis sedang menjalani studi S-3 di Universitas Andalas Padang dimana topik disertasi Penulis berkaitan dengan teh dari Sumatera Utara. Penulis pula telah melakukan kunjungan ke PTPN 4. Unit Teh Bah Butong untuk mendalami disertasi Penulis. Penulis aktif pula di dalam penelitian dan penulisan artikel-artikel Ilmiah maupun pemaparan sebagai dosen terhadap para mahasiswa/i. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh LPDP, Kemenristek dan BPI. Selain Peneliti, Penulis juga aktif menulis buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi negara Indonesia.


Rahmat Joko Nugroho - Pendidikan Dasar diselesaikan SD Negeri Jemur Pejagoan, dilanjutkan di SMP Negeri I Kebumen. Ketertarikan penulis terhadap dunia pertanian dimulai sejak sekolah di SMA Negeri I Kebumen dengan mengikuti berbagai kegiatan dibidang pertanian. Setelah selesai kemudian penulis melanjutkan kuliah di Universitas Jendral Soedirman Purwokerto pada Fakultas Peternakan. Kemudian Bekerja pada Departemen Transmigrasi dan Pemukiman Perambah Hutan sebai tenaga dilapangan di Kabupaten Musi Banyuasin Sumatra Selatan. Selanjutnya penulis bekerja di PT Warnert lambert Indonesia di tempatkan di Bandar Lampung, kenudian penulis dipindahkan ke Samarinda Kalimantan Timur, di perusahaan ini penulis banyak menerima berbagai pelatihan manajemen dan marketing. Kemudian penulis melanjutkan pendidikan strata dua di Universitas Mulawarman Samarinda Pada Fakultas Kehutanan dan mendapat beasiswa CIFOR dalam penyelesaian studinya. Kemudian penulis bekerja pada perusahaan Pupuk NPK Pelangi produksi Pupuk Kaltim. Selanjutnya penulis mendirikan CV Tiara Agrosejahtera yang bergerak dalam bidang konsultan pertanian. Selanjutnya sebagai tenaga pengajar di Universitas Ma’arif Nahdlatul Ulama Kebumen dan selanjutnya melanjutkan studi Doktoral di Fakultas Pertanian minat studi manajemen Agribisnis Universitas Gajahmada.



I Gusti Ngurah Aryawan Asasandi - Penulis merupakan Dosen Fakultas Pertanian dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar PSDKU Mataram, mulai aktif sebagai dosen pada Tahun 2014 dengan minat sosial ekonomi pertanian. Gelar Sarjana penulis peroleh dari Fakultas Pertanian Universitas Mataram dengan Program Studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian pada tahun 2011, lalu penulis melanjutkan pendidikan Magister di Program Pascasarjana Pengelolaan Sumberdaya Lahan Kering Universitas Mataram dengan konsentrasi Agribisnis dan selesai pada tahun 2013. Penulis juga aktif dalam menjadi narasumber maupun konsultan dalam program pembangunan pedesaan sejak tahun 2011, penulis juga menjabat sebagai ketua LSM RURAL yang berbasis pada pemberdayaan masyarakat dan lingkungan. Saat ini (tahun 2021) penulis sedang melanjutkan studi Doktoral pada Fakultas Pertanian Universitas Udayana dengan spesialisasi kajian Evaluasi Program.


Luh Putu Kirana Pratiwi - Ketertarikan penulis pada ekonomi pertanian dimulai ketika menempuh Sarjana Pertanian pada tahun 2010 dan berhasil meraih predikat cumlaude. Di masa itu penulis juga terlibat sebagai tim research dosen dalam penelitian Sistem Pertanian Terintegrasi di Provinsi Bali. Pengalaman kerja penulis dimulai pada Dunia Perbankan tahun 2014, dilanjutkan dengan bekerja sebagai Akunting pada Finance, kemudian sebagai Finansial Konsultan. Akibat sulitnya mengatur waktu dalam menempuh pendidikan Magister Agribisnis khususnya ketika masa pembuatan Tesis, akhirnya penulis lebih memilih bekerja pada sekolah internasional di bidang biologi. Selepas Master penulis bekerja sebagai Dosen di Universitas Mahasaraswati Denpasar dengan mengajar mata kuliah pemasaran, statistik, manajemen, ekonomi mikro, dsb. Penulis juga aktif melakukan penelitian dan pengabdian pada kajian Community Based Tourism, Urban Farming, Mina Padi, Agrowisata, Pertanian Berkelanjutan dan Asuransi Pertanian. Beberapa penelitian berhasil didanai oleh Perguruan Tinggi dan Kemenristekdikti. Saat ini penulis juga sedang melanjutkan kuliah S3 Program Studi Doktor Ilmu Pertanian dengan fokus Disertasi Penelitian mengenai Daya Saing Kopi Arabika Secara Internasional Khususnya Pasar Ekspor.


Hamdan Firmansyah - Lahir di Sukabumi tanggal 02 Agustus 1981 dari pasangan Ibu Suaebah seorang pendidik dan Bapak Fajar Hidayat seorang jurnalis. Penulis menikahi wanita yang lahir dari pasangan Ibu Emi Ratnawati dan Bapak Mardjuki bernama Putri Ema Swandayani, S.Kep dan Alhamdulillah baru dikaruniai lima orang anak: Hizqil Hilqiya, Yusya Alyasa, Asmatuha Fariha Yaumia, Muhammad Arasya Muntaha dan Muhammad Irsyad Rasyid. Sekarang penulis bersama keluarga merintis Lembaga Pendidikan dan Dakwah Pesantren Cendekia di Kota Sukabumi. Pendidikan yang ditempuh pada Institut Studi Islam Darussalam Pondok Modern Gontor Jurusan Manajemen Lembaga Keuangan Islam tamat tahun 2004. Institut Agama Islam Riyadlotul Mujahidin Pondok Pesantren Wali Songo Ponorogo Jurusan Mu’amalat (Hukum Ekonomi Syariah) tamat tahun 2004 dan Program Akta IV Tarbiyah Jurusan Pendidikan Agama Islam di tempat yang sama. Pada tahun 2005-2006 mendapat beasiswa dari Zakariyya Islamic University Lenasia South Africa untuk Program Studi Islam. Pada tahun 2006, penulis melanjutkan studi di Program Pascasarjana Magister Manajemen Pendidikan Sekolah Tinggi Manajemen IMNI Jakarta hingga selesai tahun 2007. Kemudian melanjutkan studi pada Program Pascasarjana Magister Hukum Ekonomi Syariah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung dengan berhasil meraih predikat Cum Laude. Dan saat ini telah menyelesaikan Program Pascasarjana Doktor Hukum Islam Konsentrasi Hukum Ekonomi Syariah di almamater yang sama yaitu...
Milawati Saranani - Lahir di Ujung Pandang, 18 Nopember 1976, Lulusan S1 pada Program Studi Agribisnis Universitas Lakidende Unaaha, kemudian melanjutkan Program Pascasarjana pada Program Studi yang sama di Universitas Halu Oleo dan lulus pada tahun 2020. Saat ini menjadi dosen tetap pada Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Lakidende. Mengampu Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian, Manajemen Agribisnis, Tataniaga Pertanian dan Kewirausahaan. Penulis juga aktif menulis di beberapa jurnal nasional serta beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi dan juga Kemenristek DIKTI. dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara yang sangat tercinta ini.


Achmad Amiruddin - Penulis dilahirkan di Palu, 9 November 1992. Pendidikan tingkat menengah atas ditempuh di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Palu pada tahun 2008-2011. Selanjutnya penulis diterima pada program studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Hasanuddin (UNHAS) dan lulus pada tahun 2015. Penulis memiliki kesempatan melanjutkan studi di sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor program studi Magister Sains Agrisbisnis, Fakultas Ekonomi dan Manajemen tahun 2015.

Selama berkarir penulis aktif mengikuti berbagai seminar dan konferensi, baik yang berskala nasional maupun internasional. Penulis juga aktif sebagai anggota di Perhimpunan Ekonomi Pertanian Indonesia (PERHEPI). Karya ilmiah penulis yang berjudul Analisis Daya Saing dan Dinamika Ekspor Produk Kelapa Sawit Indonesia dalam Perdagangan Internasional akan diterbitkan pada jurnal internasional Journal Agris on-line Papers in Economics and Informatics dengan judul Competitiveness of Indonesian and Malaysian Palm Oil Products in International Trade. Karya ilmiah tersebut merupakan hasil karya penulis dalam tugas akhir di Magister Sains Agribisnis Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor.


Ulyasniati - Lahir di Kendari Tanggal 25 Januari 1988. Pada Tahun 2005 penulis melanjutkan pendidikan S1 di Universitas Lakidende (UNILAKI) Unaaha pada Fakultas Pertanian Jurusan Agribisnis dan Selesai pada bulan Desember 2011. Selanjutnya Tahun 2017 menyelesaikan studi pasca sarjana di Universitas Halu Oleo pada Program Studi Agribisnis dan saat ini penulis tengah melanjutkan studi Program Doktoral di Universitas Halu Oleo Kendari pada program studi Ilmu Pertanian.

Tahun 2011 sampai sekarang bekerja sebagai Dosen Tetap Yayasan di Universitas Lakidende Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian. Mengampu mata kuliah Agribisnis Tanaman Hortikultura, Manajemen Agribisnis, Ekonomi Makro dan Riset Operasional. Penulis juga aktif menulis di beberapa jurnal nasional, internasional serta beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi dan juga Kemenristek DIKTI, dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara yang sangat tercinta ini.


Adah - Lahir di Parigi 10 Agustus 1987 Adalah seorang ibu dari 2 orang anak. Ketertarikan penulis terhadap ilmu Akuntansi dimulai pada tahun 2003 silam saat penulis memilih untuk masuk ke Sekolah Menengah Kejuruan di SMK HEPWETI Ciamis dengan memilih Jurusan Akuntansi dan berhasil lulus pada tahun 2006. Guna Mempelajari Akuntansi lebih lanjut Penulis lanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi dan berhasil menyelesaikan studi S1 di FKIP Prodi Pendidikan IPS Pendidikan Akuntansi Universitas Galuh Ciamis pada tahun 2011. Enam tahun kemudian, penulis menyelesaikan studi S2 di prodi Magister Manajemen Konsentrasi Manajemen Pendidikan Program Pasca Sarjana STIMA IMMI JAkarta. Tahun 2014 penulis mulai aktif di Perguruan tinggi STITNU ALFARABI PANGANDARAN yang merupakan Perguruan Tinggi swasta pertama di pangandaran dan pada awal tahun 2021 penulis dipercaya untuk menjadi sekretaris Prodi MPI di STITNU ALFARABI PANGANDARAN.

Penulis memiliki kepakaran dibidang Pendidikan dan Akuntansi Manajemen. Dan untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis pun aktif sebagai peneliti dibidang kepakarannya tersebut. Ketertarikan penulis terhadap agribisnis dikarenakan factor lingkungan yang selalu berhubungan dengan dunia pertanian.


Eni Setyowati - Penulis bernama Eni Setyowati, lahir di Tulungagung, 6 Mei 1976. Saat ini sebagai dosen di UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Penulis pernah mengenyam pendidikan di SDN 2 Sidorejo, SMPN I Kauman, SMAN I Tulungagung, S1 di Universitas Brawijaya Malang dan STKIP PGRI Tulungagung, S2 di Universitas Brawijaya Malang, serta S3 di Universitas Negeri Malang. Beberapa buku solo, buku antologi dan artikel di jurnal baik nasional maupun internasional telah penulis hasilkan. Bidang yang ditekuni penulis adalah pendidikan biologi dan lingkungan. Selain sebagai dosen, saat ini penulis juga sebagai ketua jurusan Tadris Biologi UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, serta aktif bergabung dalam komunitas penulis Sahabat Pena Kita, Asosiasi Biologi dan Pendidikan biologi (ADBPB PTKI), dan Perhimpunan Biologi Indonesia (PBI). Ketertarikan dalam bidang menulis tumbuh sejak di bangku kuliah. Selain menekuni bidang pendidikan biologi dan lingkungan, penulis juga menekuni bidang literasi. Penulis dikaruniai dua orang putra dan berkat dukungan keluarga, alhamdulillah penulis selalu aktif dalam kegiatan akademik, non-akademik maupun literasi.

Editor

Annisa Ishmat Asir - Ketertarikan Editor terhadap ilmu pertanian dan kesehatan dimulai pada tahun 2016 silam. Hal tersebut membuat Editor memilih untuk masuk ke Sekolah Menengah Atas di SMAN 10 Gowa dengan memilih Jurusan IPA dan berhasil lulus pada tahun 2019. Editor kemudian melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi dan saat ini menjalani semester akhir dalam menyelesaikan studi S1 di UNIVERSITAS HASANUDDIN, prodi AGRIBISNIS.

Selain berkuliah, pada tahun 2019-2020, penulis merupakan salah satu Tim Inspirator Lulus PTN yang berkontribusi dalam mengedukasi para calon mahasiswa-(i) di Indonesia. Selain itu, dalam mengisi kesehariannya penulis bekerja sebagai Tentor Bahasa Indonesia di Lembaga Bimbingan JILC, penulis juga bergabung dalam berbagai program kemanusiaan dan bakti sosial yaitu pada komunitas Earth Hour Makassar. Penulis saat ini juga merupakan anggota Himpunan Pengusaha Muda Indonesia PT. UNHAS, dan termasuk ke dalam salah satu Pendidik Muda yang mengedukasi para siswa-siswi Sekolah Dasar hingga Menengah pada program Ayo Mengajar Indonesia dibawah naungan BAPPENAS. Editor juga aktif menulis buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara Indonesia yang sangat tercinta ini.


Daftar Isi

Cover Depan
Kata Pengantar
Daftar Isi
BAB 1. Pengertian dan Sistem Agribisnis
     Pendahuluan
     Beberapa Pengertian
     Sistem Agribisnis
     Pembangunan Berbasis Agribisnis
     Kesimpulan
BAB 2. Ruang Lingkup Agribisnis
     Pendahuluan
     Subsistem Pengadaan dan Penyaluran Sarana Produksi
     Subsistem Usaha Tani
     Subsistem Pengolahan dan Pemasaran (Tata Niaga)
     Sektor Agribisnis
     Sektor Input Agribisnis
     Sektor Output Agribisnis
     Sektor Jasa Agribisnis
BAB 3. Peranan Agribisnis dalam Perekonomian
     Pendahuluan
     Rincian Pembahasan Materi
     Sistem Agribisnis
     Peranan Agribisnis Dalam Pertanian
     Peranan Agribisnis Dalam Perekonomian
     Peranan Agribisnis Dalam Perekonomian Nasional
     Peranan Agribisnis Dalam Perdagangan Internasional
     Peranan  Agribisnis  Dalam  Pembangunan Ekonomi Daerah
     Kedudukan Agribisnis Dalam Perekonomian Nasional
BAB 4. Fungsi Manajemen Agribisnis
     Fungsi Manajemen Agribisnis
     Perencanaan
     Pengorganisasian
     Pengarahan
     Pengendalian/Control
BAB 5. Manajemen Perencanaan Agribisnis
     Pendahuluan
     Pentingnya Perencanaan Dalam Agribisnis
     Perencanaan Dalam Agribisnis
     Perencanaan Model Kanvas Bisnis
BAB 6. Manajemen Input Agribisnis
     Agribisnis sebagai Sebuah Sistem
     Peranan Subsistem Agribinisnis Hulu (Input Agribisnis)
     Komponen Subsistem Agribisnis
     Prinsip Mendasar dalam Membangun Manajemen Agribisnis
BAB 7. Manajemen Produksi Agribisnis
     Pengertian Agribisnis
     Pengertian Manajemen Produksi
     Fungsi Manajemen Produksi
     Ruang Lingkup Manajemen Produksi
     Kerangka Keputusan Manajemen Produksi
     Manajemen Produksi Agribisnis
BAB 8. Manajemen Pengolahan Agribisnis
     Pendahuluan
     Keuntungan Dalam Mengolah Hasil Pertanian
BAB 9. Manajemen Pemasaran Agribisnis
     Rantai Pasok
     Logistik dan Rantai Pasok
     Peran Rantai Pasok
     Kebutuhan Produsen dan Konsumen
     Fasilitas
     Transportasi
     Inventaris
     Sumber Daya
     Harga
     Informasi
     Faktor Eksternal
     Kesimpulan
BAB 10. Manajemen Kelembagaan Agribisnis
     Pengertian Kelembagaan Agribisnis
     Manajemen Kelembagaan
     Subsistem Kelembagaan Agribisnis
     Jenis dan Peran Kelembagaan Agribisnis
     Kelembagaan Pasca Panen dan Pengolahan Hasil
     Kelembagaan Pemasaran Hasil
     Kelembagaan Jasa Layanan Pendukung
BAB 11. Manajemen Pembiayaan Agribisnis
     Definisi Pembiayaan
     Manajemen Pembiayaan Agribisnis
     Peningkatan Sumber Daya Keuangan
     Modal dan Pinjaman
     Biaya Modal
     Penentuan Jumlah Pinjaman
     Prosedur Pinjaman
     Sumber Penawaran Modal
BAB 12. Manajemen Risiko Agribisnis
     Pendahuluan
     Konsep Risiko
     Jenis-Jenis Risiko Dalam Agribisnis
     Pengelolaan Risiko Dalam Agribisnis
     Analisis Risiko Dalam Agribisnis
     Implementasi Manajemen Risiko Agribisnis
Cover Belakang