Tampilkan di aplikasi

Buku Nuansa Cendekia hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Eksekusi Putusan Perdata

Proses Eksekusi dalam Tataran Teori dan Praktik

1 Pembaca
Rp 90.000 14%
Rp 77.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 231.000 13%
Rp 66.733 /orang
Rp 200.200

5 Pembaca
Rp 385.000 20%
Rp 61.600 /orang
Rp 308.000

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Buku ini didedikasikan bagi mahasiswa dan praktisi hukum yang ingin mengetahui dan memperdalam pengetahuan dalam bidang hukum, khususnya dalam kasus perata. Di dalamnya berisi arahan, pengetahuan dan pengalaman dalam berbagai persoalan mengenai proses eksekusi yang dilakukan oleh jurusita atau jurusita pengganti sebagai alur administrasi peradilan. Hadirnya buku ini diharapkan dapat menjadi buku pegangan (handbook) bagi para mahasiswa dan pelaksana hukum di lapangan, khususnya mereka yang sedang berperkara dalam ranah hukum perdata.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Nandang Sunandar

Penerbit: Nuansa Cendekia
ISBN: 9786023509560
Terbit: Mei 2023 , 322 Halaman

BUKU SERUPA










Ikhtisar

Buku ini didedikasikan bagi mahasiswa dan praktisi hukum yang ingin mengetahui dan memperdalam pengetahuan dalam bidang hukum, khususnya dalam kasus perata. Di dalamnya berisi arahan, pengetahuan dan pengalaman dalam berbagai persoalan mengenai proses eksekusi yang dilakukan oleh jurusita atau jurusita pengganti sebagai alur administrasi peradilan. Hadirnya buku ini diharapkan dapat menjadi buku pegangan (handbook) bagi para mahasiswa dan pelaksana hukum di lapangan, khususnya mereka yang sedang berperkara dalam ranah hukum perdata.

Pendahuluan / Prolog

Kata Pengantar
Puji syukur ke hadirat Allah Swt atas segala karunia-Nya sehingga buku ini bisa diselesaikan sesuai dengan target yang telah ditentukan. Selain itu, tak lupa bacaan salawat patut diucapkan untuk Nabi Muhammad Saw sebagai manusia yang berpengaruh besar pada peradaban manusia hingga sekarang ini.

Gagasan penulisan buku ini adalah untuk mengungkapkan pengalaman penulis selama menjadi jurusita di Pengadilan Negeri Bandung Kelas I-A, yang selama menjalankan tugas dan fungsi sebagai jurusita mendapat banyak pengalaman yang berharga, baik dari segi teori keilmuan maupun praktik di lapangan.

Jurusita adalah salah satu pejabat yang bertugas di pengadilan, selain hakim, panitera, dan sekretaris pengadilan. Pekerjaan jurusita lebih banyak berada di lapangan, sehingga Anda tak akan menemukan jurusita duduk di belakang hakim saat sidang berlangsung. Meskipun demikian, hasil kerja jurusita berpengaruh pada administrasi pengadilan. Tenaganya terutama dibutuhkan dalam perkara perdata sejak awal hingga eksekusi putusan. Dalam menjalankan tugasnya, terutama sita eksekusi, jurusita sering menjadi sasaran tindak kekerasan. Jurusita adalah garda terdepan abdi pengadilan pada saat eksekusi berlangsung. Dialah yang acapkali membacakan amar putusan pengadilan yang memerintahkan eksekusi.

Hadirnya buku ini diharapkan dapat menjadi buku pegangan (handbook) bagi para mahasiswa dan pelaksana hukum di lapangan, khususnya mereka yang sedang berperkara dalam ranah hukum perdata. Penulisan buku ini dapat penulis rampungkan berkat bimbingan, arahan dan dorongan semangat serta bantuan dari berbagai pihak.

Ucapan terimakasih atas pengertian, dukungan dan doa, penulis sampaikan kepada istri tercinta: Selmi Hestiawati, S.Sos., M.H., dan anak-anak tercinta: Helga Sunandika, S.H., Bella Novita Sunandika, S.H., Tarisya Adzani Sunandika, Albin Mahya Aqillah Sunandar, Arsya Abizar Sunandar, dan Shaqueena Azkya Sunandar yang selalu penulis banggakan dan selalu memberikan semangat keceriaan sehingga penulis dapat menyelesaikan buku ini. Juga dengan harapan bahwa kelak kalian dapat lebih baik dari apa yang ayahnya capai sekarang.

Pada kesempatan ini juga, penulis menghaturkan terimakasih yang sebesar besarnya kepada Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia, Prof. Dr. H.M. Syarifuddin, S.H., M.H. yang telah berkenan memberikan ulasan sekapur sirih dalam buku ini.

Selanjutnya, tak lupa penulis ucapkan terimakasih kepada Dirjen Badilum, Dr. H. Prim Haryadi, S.H., M.H.; KPT Bandung, H. Abdul Kadir, S.H., M.H.; KPN Bale Bandung, Hj. Tenry Muslinda, S.H., M.H.; WKPN, Ahmad Satibi, S.H., M.H.; Panitera PN Bale Bandung, Denry Purnama, S.H., M.H.; dan Sekertaris PN Bale Bandung, Nana Rusmana, S.H. Semoga kehadiran buku ini dapat memberikan manfaat positif dan membawa perubahan ke arah yang lebih baik untuk para jurusita di mana pun dalam melaksanakan tugasnya.

Penulis menyadari bahwa masih banyak kekurangan dalam penulisan buku ini serta masih jauh dari kata sempurna, mengingat segala keterbatasan pada kemampuan dan pengetahuan yang penulis miliki. Oleh karena itu, segala kritik dan saran yang positif dan menbangun dari pembaca sangatlah penulis harapkan dalam rangka penyempurnaan dan penulisan buku selanjutnya.

Wassalâmu ‘alaikum warahmatullâhi wabarakâtuh

Penulis

Nandang Sunandar - Dr. Nandang Sunandar, S.H., M.H. dilahirkan di Kota Bandung pada 13 Agustus 1973. Saat ini menjabat sebagai Panitera Muda Perdata di Pengadilan Negeri Bale Bandung. Pendidikan tingginya dimulai dengan S1 Hukum di Fakultas Hukum Universitas Pasundan yang diselesaikan pada tahun 1999, dan Magister Hukum pada Pascsarjana Universitas Pasundan yang diselesaikan pada tahun 2004. Selanjutnya, Program Doktor Ilmu Hukum Program Pascasarjana Universitas Islam Bandung diselesaikan pada tahun 2015.

Suami dari Selmi Hestiawati, S.Sos., M.H. ini dikaruniai 6 orang anak yang bernama Helga Sunandika, S.H., Bella Novita Sunandika, S.H., Tarisya Adzani Sunandika, Albin Mahya Aqila Sunandar, Arsya Abizar Sunandar, dan Shaquena Azkya Sunandar. Di sela-sela kesibukannya sebagai Panitera, saat ini penulis juga sedang menyelesaikan beberapa naskah lainnya tentang ilmu hukum.

Daftar Isi

Cover Depan
Halaman Prancis
Halaman Judul
Copyright
Kata Pengantar
Daftar Isi
BAB I Putusan Pengadilan
     A. Pengertian Putusan Pengadilan
     B. Asas-asas Putusan Pengadilan
     C. Jenis Jenis Putusan
     D. Fungsi Putusan Pengadilan
     E. Kekuatan Putusan Pengadilan
     F. Putusan Serta-Merta (Uitvoerbaar Bij Voorraad)
     G. Pengaruh Filsafat Hukum dalam Keputusan Pengadilan
BAB II Eksekusi
     A. Pengertian Eksekusi
     B. Dasar Hukum Eksekusi
     C. Pihak yang Terlibat dalam Eksekusi
     D. Asas Asas Eksekusi
     E. Jenis Jenis Eksekusi
     F. Tatacara Eksekusi
BAB III Mengurai Problematika Eksekusi Putusan Perdata
     A. Persoalan Pelaksanaan Eksekusi Putusan Perdata
     B. Hambatan Hambatan dalam Pelaksanaan Eksekusi Putusan Perdata
     C. Mengurai Problematika Eksekusi Putusan Perdata
BAB IV Tantangan Pengadilan Negeri dalam Menghadapi Eksekusi Putusan Perdata
     A. Reformasi Sistem Peradilan Perdata Indonesia
     B. Besarnya Beban dan Tanggung Jawab Ketua Pengadilan dalam Pelaksanaan Eksekusi
     C. Peran Aparat Penegak Hukum dalam Pelaksanaan Putusan Pelaksanaan Putusan Pengadilan
     D. E-Court dan Masa Depan Sistem Peradilan Modern di Indonesia
BAB V Menuju Pelaksanaan Eksekusi Putusan Perdata yang Efektif
     Peran Jurusita dalam A. Pelaksanaan Putusan Pengadilan
     B. Jurusita Sebagai Ujung Tombak Eksekusi Putusan Perdata
     C. Kesuksesan Eksekusi Putusan Perdata bukan Hanya
BAB VI Peningkatan Kapasitas dan Kualitas Jurusita dalam Pelaksanaan Eksekusi Putusan Perdata
     A. Ketidakseimbangan Wewenang dan Kompetensi Jurusita
     B. Peningkatan Kompetensi Sumber Daya Manusia Pengadilan
BAB VII Perlindungan Hukum bagi Jurusita dalam Pelaksanaan Eksekusi
     A. Makna Perlindungan Hukum
     B. Perlindungan Hukum Bagi Aparatul Sipil Negara
     C. Perlindungan Hukum Bagi Jurusita dalam Pelaksanaan Eksekusi
BAB VIII Penutup SOP Pelaksanaan Eksekusi Putusan Perdata
     A. Pendahuluan
     B. Standar Operasional Prosedur Perdata Umum
Indeks
Daftar Pustaka
Tentang Penulis
Cover Belakang