Tampilkan di aplikasi

Buku Nuansa Cendekia hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Bisnis dan Budidaya Sayuran Baby

1 Pembaca
Rp 59.000 15%
Rp 50.150

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 150.450 13%
Rp 43.463 /orang
Rp 130.390

5 Pembaca
Rp 250.750 20%
Rp 40.120 /orang
Rp 200.600

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Perkembangan jumlah penduduk Indonesia akan menjadi negara yang berpenduduk sangat besar pada beberapa dekade mendatang. Indonesia mempunyai peluang besar dan sangat prospektif untuk mengembangkan bisnis dan budidaya sayuran, khususnya aneka sayuran baby. Imbangan permintaan dan penawaran komoditas sayuran ini menjadi indikator penting dalam pencapaian kecukupan gizi dan ketahanan pangan masyarakat.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Herdi Yudirachman, M.T. / Dr. Rahmat Rukmana
Editor: Irwan Kurniawan

Penerbit: Nuansa Cendekia
ISBN: 9786023502301
Terbit: Maret 2016 , 200 Halaman










Ikhtisar

Perkembangan jumlah penduduk Indonesia akan menjadi negara yang berpenduduk sangat besar pada beberapa dekade mendatang. Indonesia mempunyai peluang besar dan sangat prospektif untuk mengembangkan bisnis dan budidaya sayuran, khususnya aneka sayuran baby. Imbangan permintaan dan penawaran komoditas sayuran ini menjadi indikator penting dalam pencapaian kecukupan gizi dan ketahanan pangan masyarakat.

Pendahuluan / Prolog

Kata Pengantar
Sumber daya pertanian Indonesia sangat potensial bagi pengembangan bisnis dan budidaya sayuran. Permintaan produk sayuran cenderung terus meningkat dari tahun ke tahun, baik di pasar lokal, swalayan domestik maupun pasar global. Saat ini terdapat kecenderungan permintaan pasar (konsumen) di dalam negeri dan ekspor makin meminati aneka jenis sayuran baby (sayuran muda).

Hal ini merupakan isyarat baik bagi petani ataupun pengusaha untuk memanfaatkan peluang bisnis dan budidaya komoditas tersebut. Sayuran baby merupakan sayuran yang umur panennya dipercepat atau ukuran hasil yang dikecilkan (mini), baik sayuran batang, daun, maupun sayuran buah. Sayuran baby dapat dijadikan komoditas unggulan pertanian (agribisnis), karena mempunyai prospek yang baik untuk memenuhi permintaan pasar dalam negeri (domestik) dan ekspor.

Kecenderungan ini merupakan indikasi semakin bergesernya selera konsumen atau pasar pada sayuran baby yang bebas pestisida dan organik. Sayuran baby dapat dipetik sangat muda, masa panen yang cepat dan lahan yang semakin sempit menjadi alasan dipilihnya bisnis dan budidaya sayuran ini. Kelebihan sayuran baby antara lain tidak memerlukan pestisida, jarak tanaman lebih rapat, dan biaya produksi lebih rendah, namun hasilnya lebih sehat dengan cita rasa yang lebih renyah, empuk, segar, dan dapat dikonsumsi oleh semua kalangan.

Penggunaan sayuran baby masih terbatas pada kalangan tertentu, walaupun ada yang sudah sangat dikenal dan digemari masyarakat luas, seperti baby labu siam dan baby corn. Masih sedikitnya pembudidaya di tengah banyaknya permintaan, membuat peluang tersendiri dalam dunia sayur-mayur baby di Indonesia. Permintaan dan harga jual sayuran baby yang tinggi di Supermarket dan waktu tanam yang relatif singkat membuat bisnis dan budidaya sayuran baby sangat menjanjikan. Sebagai sayuran kelas menengah atas, jenis sayuran baby yang banyak dicari konsumen dan potensial dibudidayakan di Indonesia di antaranya baby buncis, baby caisim, baby jagung (baby corn), baby kailan, baby kapri, baby kedelai, baby kubis, baby lobak, baby mentimun, baby pakcoy, baby petsai, baby selada, baby wortel, dan baby zucchini.

Buku ini diharapkan menjadi sumber informasi bagi petani dan pengusaha pertanian, penyuluh pertanian, dan peserta didik di sekolah-sekolah kejuruan pertanian program studi tanaman pangan dan hortikultura, serta segenap pemerhati bisnis sayuran baby. Materi yang disajikan dalam buku ini meliputi prospek agribisnis sayuran baby, pengenalan jenis sayuran baby, teknik budidaya, pascapanen, dan aneka olahan hasil berbahan baku sayuran baby.

Perkembangan ilmu dan teknologi pertanian, khususnya dalam budidaya tanaman sayuran baby, senantiasa berubah dari waktu ke waktu. Kami menyadari dan meyakini bahwa buku ini tentunya belum lengkap membahas seluk beluk bisnis dan budidaya aneka sayuran baby. Kami sangat menantikan saran, masukan, dan kritikan yang berwawasan kemitraan dari para pembaca untuk perbaikan buku ini pada waktu yang akan datang.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini, perkenankan kami menyampaikan terimakasih dan penghargaan yang tulus kepada penerbit dan para peneliti di Balai Penelitian Tanaman Sayuran Lembang. Terimakasih disampaikan pula kepada sahabat-sahabat di Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan), Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan (BP4K) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Majalengka, serta para petani sayuran.

Semoga bermanfaat dan bermakna.

Daftar Isi

Sampul
Kata Pengantar
Daftar Isi
BAB I Pendahuluan
     Potensi Sumber Daya Hortikultura
     Prospek Sayuran Baby
BAB II Pengenalan Sayuran Baby
     Jenis dan Spesifikasi
     Manfaat dan Khasiat
     Inovasi Teknologi
BAB III Budidaya Sayuran Baby
     Buncis
     Caisim
     Jagung
     Kailan
     Kapri
     Kedelai
     Kubis
     Lobak
     Mentimun
     Pakcoy
     Petsai
     Selada
     Wortel
     Zucchini
BAB IV Pascapanen Sayuran Baby
     Penanganan Pascapanen
     Analisis Usaha
     Aneka Olahan
Daftar Pustaka
Indeks
Tentang Penulis