Tampilkan di aplikasi

Buku Sukarya hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Panduan Praktis Mengenal Tumbuhan di Sekitar Kita

Edisi Tumbuhan Tropis

1 Pembaca
Rp 440.000 37%
Rp 279.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 837.000 13%
Rp 241.800 /orang
Rp 725.400

5 Pembaca
Rp 1.395.000 20%
Rp 223.200 /orang
Rp 1.116.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

eBook “Panduan Praktis Mengenal Tumbuhan di Sekitar Kita”, sebuah buku panduan praktis yang akan membantu kita semua untuk mengenal tumbuhan yang kita jumpai di halaman rumah, tepi jalan, taman dan kebun dengan mudah dan cepat. Buku ini dirancang untuk memberikan kemudahan maksimum bagi kita semua untuk bisa mengenali dan mengidentifikasi tumbuhan yang umum ditanam untuk hiasan taman dan peneduh jalan, termasuk tanaman buah-buahan yang biasa dijumpai di halaman rumah dan kebun kita.

Mudah dan enak dipakai di HP dan i-pad: data ilmiah dan deskripsi ringkas sekitar 550 jenis tumbuhan dengan ilustrasi 3500 foto yang indah dan informatif.



Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Deniek G. Sukarya / Dr. Joko R. Witono

Penerbit: Sukarya
ISBN: 9786021876886
Terbit: Maret 2018 , 619 Halaman

BUKU SERUPA










Ikhtisar

eBook “Panduan Praktis Mengenal Tumbuhan di Sekitar Kita”, sebuah buku panduan praktis yang akan membantu kita semua untuk mengenal tumbuhan yang kita jumpai di halaman rumah, tepi jalan, taman dan kebun dengan mudah dan cepat. Buku ini dirancang untuk memberikan kemudahan maksimum bagi kita semua untuk bisa mengenali dan mengidentifikasi tumbuhan yang umum ditanam untuk hiasan taman dan peneduh jalan, termasuk tanaman buah-buahan yang biasa dijumpai di halaman rumah dan kebun kita.

Mudah dan enak dipakai di HP dan i-pad: data ilmiah dan deskripsi ringkas sekitar 550 jenis tumbuhan dengan ilustrasi 3500 foto yang indah dan informatif.



Pendahuluan / Prolog

Pendahuluan Oleh Deniek G. Sukarya
Terima kasih telah membeli eBook “Panduan Praktis Mengenal Tumbuhan di Sekitar Kita”, sebuah buku panduan praktis yang akan membantu kita semua untuk mengenal tumbuhan yang kita jumpai di halaman rumah, tepi jalan, taman, lapangan dan kebun dengan mudah dan cepat. Buku ini dirancang untuk memberikan kemudahan maksimum bagi kita semua untuk bisa mengenali dan mengidentifikasi tumbuhan yang umum ditanam untuk hiasan taman dan peneduh jalan, termasuk tanaman buah-buahan yang biasa dijumpai di tegalan, halaman rumah dan kebun kita.

Selama 3 tahun saya keliling memotret dan mendata setiap tumbuhan yang saya temui di lokasi-lokasi yang disebutkan di atas. Ribuan foto dan data awal dari berbagai tumbuhan tersebut kemudian dikategorikan dalam kelompok perawakan/habitus untuk menyederhanakan pencarian. Jumlah tumbuhan yang ditemukan berjumlah sekitar 600 jenis. Semua tumbuhan kemudian dianalisis dan diidentifikasi oleh teman-teman ahli botani dari Kebun Raya Bogor yang sangat antusias mendukung penerbitan buku ini. Buku ini merupakan salah satu sarana bagi pelaksanaan upaya konservasi yang menjadi salah satu misi utama dari Kebun Raya Bogor.

Pertimbangan utama saya menerbitkan eBook “Panduan Praktis Mengenal Tumbuhan di Sekitar Kita” ini adalah karena tidak tersedianya buku referensi tumbuhan yang memuat data ilmiah dan deskripsi umum yang dilengkapi dengan foto-foto hingga mudah dipakai untuk mengenal jenis-jenis tumbuhan yang biasa dijumpai dalam aktivitas keseharian kita. Saya beberapa kali mengunjungi sekolah yang halamannya ditumbuhi berbagai jenis tumbuhan, dan ketika bertanya tentang nama jenis-jenis tumbuhan kepada beberapa murid dan guru yang saya temui, hampir tidak ada yang tahu namanama tumbuhan yang ada di sana. Sedih sekali rasanya, karena tidak ada satupun yang tertarik untuk mengenal tumbuhan yang mereka jumpai setiap hari selama bertahun-tahun.

Masalah utamanya adalah kurangnya minat para guru dan murid terhadap keberadaan dunia tumbuh-tumbuhan. Mereka melihatnya sebagai sesuatu yang biasa, tidak menarik dan tidak ada hubungannya dengan kehidupan mereka. Padahal fungsi tumbuhan dalam kehidupan manusia sangatlah penting dan saling berhubungan. Karena itu, saya pikir sangatlah mendesak untuk mulai meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang ekologi dan fungsi tumbuhan untuk segala kehidupan di bumi ini. Tanpa tumbuhan, tidak akan ada kehidupan di bumi ini, karena tumbuhan menyerap gas beracun CO2 dan memproduksi oksigen yang memungkinkan manusia dan makhluk hidup lainnya bernapas. Tanpa tumbuhan yang menutupi permukaan tanah dengan dedaunan dan akar-akarnya akan mudah terjadi banjir, tanah longsor dan kekeringan di musim kemarau.

Dengan adanya eBook “Panduan Praktis Mengenal Tumbuhan di Sekitar Kita” ini, para pendidik atau orang tua kini dengan mudah bisa mulai memperkenalkan dan mengajarkan tentang berbagai jenis tumbuhan yang biasa ditemui seharihari. EBook ini menyediakan referensi dan data ilmiah tentang tumbuhan yang dipresentasikan dengan menarik dan disusun sesuai perawakan tumbuhan sehingga mudah digunakan untuk mengenali tumbuhan. Ilustrasi tentang berbagai bagian tumbuhan, seperti daun, bunga, buah, dll.nya juga sangat membantu dan memudahkan proses pengenalan tumbuhan untuk kita semua. Berbekal buku yang praktis dibawa kemana-mana, kini setiap orang akan bisa mengenali tumbuhan dengan cepat dan mudah. Dengan bisa mengetahui nama dan fungsi dari berbagai tumbuhan, kita semua, termasuk anak-anak secara perlahan akan mulai tertarik, menghargai dan mencintai tumbuh-tumbuhan. Saya mengucapkan terima kasih kepada GAPKI (Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia), Universitas Gunadarma dan JABABEKA atas dukungan dalam penerbitan buku “Panduan Praktis Mengenal Tumbuhan Di Sekitar Kita” Edisi Cetak tahun 2018.

Selamat bersahabat dengan alam, khususnya tumbuh-tumbuhan!


Pengantar Oleh Dr. Joko R. Witono
Tumbuhan merupakan salah satu ciptaan Tuhan yang memiliki peran sangat penting alam kehidupan di bumi. Tidak ada makhluk hidup lain yang mampu bertahan hidup tanpa adanya tumbuhan. Dalam siklus jaring-jaring makanan, tumbuhan berada pada posisi sebagai produsen, hal ini berarti bahwa keberadaannya mempengaruhi makhluk hidup lain, karena tumbuhan menyediakan sumber makanan, oksigen untuk bernafas, dan ruang hidup bagi semua makhluk hidup.

Tumbuhan terdapat di berbagai belahan dunia, mulai dari daerah yang beriklim tropis sampai daerah yang ekstrim dingin di kutub hingga ekstrim panas di padang pasir, pada tanah yang subur maupun tandus/marjinal. Kalau kita perhatikan, jenis-jenis tumbuhan yang terdapat di negara tropis, seperti Indonesia berbeda dengan negara yang beriklim dingin di belahan bumi utara maupun selatan. Ilmu dan teknologi yang diciptakan manusia memang mampu menumbuhkan jenis jenis tumbuhan tropis di Eropa demikian pula sebaliknya, namun biaya yang diperlukan sangatlah mahal. Tumbuhan tropis dapat tumbuh dengan baik jika dipelihara di rumah-rumah kaca di Eropa, namun kondisi iklim mikro di dalam rumah kaca harus dimodifikasi agar sesuai dengan kondisi iklim tropis yang hangat, seperti rumah kaca yang berada di kebun raya di Eropa dan Amerika.

Tahukah anda bahwa tumbuhan terdiri atas beratus-ratus ribu jenis? Diperkirakan ada sekitar 844.000 jenis tumbuhan yang menghiasi bumi. Setiap jenis tumbuhan memiliki ciri yang berbeda-beda, sehingga tumbuhan dikelompokkan berdasarkan berbagai kriteria. Untuk kepentingan ilmiah, setiap jenis tumbuhan memiliki nama latin (nama ilmiah) dan dikelompokkan berdasarkan morfologinya khususnya ciriciri bagian generatifnya (bunga dan buah). Kadang-kadang ciri lain, seperti bentuk tajuk, batang, kulit kayu, kayu, akar, daun dan bagian lainnya kadang-kadang dapat digunakan untuk membedakan jenis tumbuhan tertentu. Untuk kepentingan praktis, tumbuhan sering kali dikelompokkan berdasarkan perawakan (pohon, perdu, terna/herba, liana, paku dan lainnya), tempat hidup (daratan dan perairan), ukuran (makroflora dan mikroflora) atau wilayah geografisnya (tumbuhan tropis, subtropis, temperate dan kutub).

Tumbuhan yang berada di bumi, pastilah memiliki fungsi, baik fungsi ekologi maupun ekonomi. Berbagai jenis tumbuhan yang telah dibudidayakan untuk kepentingan estetika, ekonomi, ekologi dipilih, karena masyarakat telah mengetahui fungsi dan kegunaan setelah dilakukan kajian/penelitian yang mendalam. Jenis tumbuhan yang dimusnahkan atau tidak ditanam terjadi karena manusia belum mengetahui kegunaan dan dianggap tidak memiliki nilai ekonomi.

Secara umum, tumbuhan memiliki fungsi sebagai berikut: sumber pangan dan obat, papan (perumahan), sandang, sumber energi, bahan pembuatan minuman, pewarna alami, bahan baku industri dan lain sebagainya.

Sebagai sebuah kelompok makhluk hidup, tumbuhan memiliki kebutuhan tertentu untuk dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Ada jenis yang hanya tumbuh dengan baik pada suhu yang hangat, ada pula tumbuhan yang memerlukan suhu dingin. Ada jenis yang lebih menyukai lokasi yang teduh/ternaung, ada pula yang tumbuh dengan baik pada tempat yang terbuka. Berbagai jenis tumbuhan menyukai tempat yang kering, ada yang tumbuh lebih baik di tepi aliran air yang lembap dan lain sebagainya.

Seperti halnya makhluk hidup yang lain, tumbuhan akan tumbuh dan berkembang dengan baik jika dipelihara. Pemeliharaan dilakukan mulai dari tahap penyemaian biji, anakan sampai tumbuhan dewasa. Secara umum, pemeliharaan mencakup kegiatan: penyiraman, pemupukan, pengolahan tanah, pengendalian gulma, hama dan penyakit. Untuk mendukung program penanaman pohon yang telah digaungkan oleh Pemerintah Republik Indonesia dalam beberapa dekade terakhir, pemilihan jenis-jenis tumbuhan yang sesuai dengan lokasi penanaman dan fungsinya merupakan hal penting yang harus dilakukan. Berbagai jenis pohon telah tersedia di nurseri, kolektor hingga penjual tanaman hias dengan kualitas dan harga yang bervariasi. Penanaman jenis tumbuhan asli Indonesia, khususnya tumbuhan yang tergolong langka merupakan hal yang perlu diprioritaskan dan dipromosikan untuk ditanam. Selain untuk tujuan konservasi, penanaman tumbuhan langka Indonesia juga memacu pemanfaatannya untuk tujuan penelitian dan pendidikan.

Buku “Panduan Praktis Mengenal Tumbuhan di Sekitar Kita” Edisi Tumbuhan Tropis disusun sebagai alat bantu bagi pembaca untuk mengenal berbagai jenis tumbuhan yang ditemui sehari-hari, mulai dari tumbuhan yang berada di dalam rumah atau kantor hingga tumbuhan di luar ruangan seperti pekarangan rumah, taman perkantoran, taman gedung, hingga pohon peneduh. Jenis-jenis tumbuhan yang termuat dalam buku ini tidak hanya tumbuhan asli atau berasal dari Indonesia, tetapi juga tumbuhan dari manca negara yang telah beradaptasi dengan baik di Indonesia. Mari kita mengenal tumbuhan yang ada di sekitar kita, memelihara dan melestarikannya agar tumbuh dan berkembang dengan baik.


Penulis

Deniek G. Sukarya - Sebagai orang Bali asli, Deniek tumbuh di tengah budaya Bali yang dinamis. Tidak seperti orang Bali pada umumnya, dia memilih fotografi sebagai medium untuk mengekspresi citra artistiknya. Sekarang, fotografi telah memberikan dia kepuasan yang maksimum, baik sebagai sebuah profesi maupun untuk pemenuhan kepuasan hidup.

Sebagai seorang pekerja seni yang ulet, Deniek telah menekuni fotografi selama lebih dari 40 tahun di bidang fotografi professional untuk periklanan, laporan tahunan, potret eksekutif, industri, potret model, dokumentari, foto wisata, pemandangan dan alam. Hasil karyanya telah dipublikasikan di berbagai buku, majalah, periklanan, materi promosi, poster dan kalender.

Deniek juga memberikan berbagai seminar fotografi sebagai bagian dari tanggung jawab sosialnya bagi perkembangan fotografi di Indonesia. Dia juga menulis beragam topik artikel untuk berbagai penerbitan mulai dari artikel wisata, budaya dan alam sampai tulisan tip dan teknik fotografi.

Daftar Isi

Sampul
Pendahuluan
Pengantar
Panduan Praktis Mengenal Tumbuhan di Sekitar Kita
Cara Pemakaian yang Praktis
Pohon
     Abiu, Sasangkangan
     Akasia Hitam
     Akasia Mangium
     Akasia Pilang
     Alpukat
     Angsana, Sonokembang
     Ara Ampelas
     Ara Suci, Bodi, Ancak
     Ara
     Asam Jawa
     Asam Landa
     Asoka
     Asoka Kuning
     Bakau
     Baobab
     Bayur
     Belimbing Manis
     Belimbing Wuluh
     Beringin
     Bintaro
     Bohinia, Pohon Bunga Kupu-Kupu
     Bungur
     Buni
     Cemara Kipas
     Cemara Lilin
     Cemara Norfolk, Arukaria Norfolk
     Cemara Sumatera
     Cempaka
     Cempedak
     Cengkeh
     Cereme
     Coklat
     Dadap
     Damar Raja
     Dedalu Peking
     Durian
     Duku
     Flamboyan
     Gamal
     Gayam
     Glodogan Tiang
     Jabon
     Jakaranda
     Jamblang, Duwet
     Jambu Air
     Jambu Biji
     Jambu Bol
     Jambu Monyet
     Jati
     Jati Mas
     Jengkol
     Jeruk Bali
     Johar
     Johar Jambon
     Johar Raksasa, Manduirana
     Kamboja
     Kapuk Sutra Kuning
     Kapuk Randu
     Kasia Emas
     Kawista
     Kayu Manis
     Kayu Putih
     Kayu Santan, Kayu Jawa
     Kayu Tutub, Timanga
     Keben
     Kecrutan
     Kecubung Bunga Terompet
     Kedondong
     Kelor
     Kemiri
     Kemiri Sunan
     Kenanga, Sandat
     Kepel
     Kepohpoh
     Kepuh
     Kesemek
     Kerai Payung
     Kersen, Ceri Singapur
     Ketapang
     Ketapang Kencana
     Kimalaka
     Ki Putri
     Kluwak
     Kol Banda
     Kopsia Putih
     Kwanitan, Demulih
     Lamtoro
     Lengkeng
     Mahkota Dewa
     Mahoni
     Majapahit
     Mangga
     Mangga Bacang, Mangga Limus
     Mangga Kemang
     Manggis
     Matoa
     Melinjo
     Mengkudu
     Mindi
     Mundu
     Nangka
     Nangkadak
     Nyamplung, Camplung
     Pala
     Panggal Buaya
     Petai
     Pinus Sumatera, Tusam Sumatera
     Pohon Karet
     Pohon Pakis Brazil
     Pohon Sosis
     Pulai
     Rambutan
     Randu Merah
     Rambai Manis, Kepundung
     Rasamala
     Saga Merak
     Saputangan Jambon
     Sawo Duren, Kenitu
     Sawo Kecik
     Sawo Manila
     Sengon
     Sengon Tarisi
     Sentul, Kecapi
     Sikat Botol
     Sirsak
     Sonokeling Hitam
     Srikaya
     Sukun
     Suren
     Tabebuya
     Tanjung
     Terap, Benda
     Trembesi
     Trengguli
     Trenggulun, Tengulun
     Turi
     Walisongo
     Walisongo Besar
     Waru Gunung
     Waru Laut
Perdu
     Adenium, Kamboja Jepang
     Air Mancur, Bunga Kembang Api
     Akalifa, Hanjawan
     Amamali, Kemali
     Andong
     Anting Merah Kecil
     Anting Putri
     Aralia
     Babakoan
     Bambu Hoki, Drasena Bintik , Bambu Rejeki
     Belimbing Cina, Ceremai Landa
     Beluntas
     Bohinia Salju
     Buah Ara Tin
     Budleya, Perdu Kupu-kupu
     Bunga Flamingo
     Bunga Mangkok Putih
     Bunga Pukul Delapan
     Cempaka Gendong, Magnolia
     Dahlia Lonceng
     Daun Katuk
     Daun Madu Landep
     Daun Suji
     Daun Zebra
     Delima
     Dewandaru
     Drakaena
     Euodia Harum Manis
     Genteng Peujit
     Herba Mala
     Hujan Emas
     Ilang-ilang, Kenanga Harum
     Jarak
     Jeruju Gunung
     Jeruk Kingkit
     Jeruk Manis
     Jeruk Purut
     Kaca Piring, Jempiring
     Kaliandra, Lousiana
     Kamboja Pudika
     Kapas Hutan
     Kastuba, Poinsetia
     Kemangi
     Kembang Anting Ratu
     Kembang Bokor
     Kembang Bulan
     Kembang Emas
     Kembang Kardinal
     Kembang Koning
     Kembang Lilin, Lolipop
     Kembang Mahkota Merah
     Kembang Pagoda
     Kembang Pagoda Merah
     Kembang Sepatu
     Kembang Sepatu Gantung
     Kemerakan, Bunga Merak
     Kemuning
     Kenyeri, Oleander
     Kerasi
     Kerendang, Buah Samarinda
     Ketepeng Cina
     Kopsia Jambon
     Kopi
     Kopsia Titik Kuning
     Krosandra
     Kumis Kucing
     Landik
     Lempeni
     Lonceng Kuning
     Magnolia Jepang
     Mangkokan
     Mawar
     Medinila, Harendong
     Medinila Pesolek
     Melati Jepang, Eldorado Emas
     Melati Kincir, Rimbosa
     Melati, Menur, Menuh
     Melati Salju
     Menori, Widuri
     Mirten
     Mondokaki, Kembang Susu
     Murbei
     Nusa Indah
     Oleander Kuning
     Orok-orok
     Pacar Cina
     Pandan
     Perdu Bambu Sari
     Perdu Cendrawasih
     Perdu Meriah
     Perdu Macan Ketawa
     Perdu Miki Tikus
     Perdu Pentas
     Pucuk Arjuna
     Pucuk Merah
     Puring, Kayu Emas
     Rododendron, Azalea
     Ruelia, Petunia Meksiko
     Salvia
     Sambang Darah
     Senduduk, Harendong
     Sinyo Nakal, Kembang Langit Brazil
     Soka
     Teh
     Tekoma
     Tulak Wungu, Don Temen
     Waru Matahari
Palem
     Kelapa Sawit
     Kelapa
     Palem Aleksander
     Palem Ambon
     Palem Aren
     Palem Bindang
     Palem Botol
     Palem Ekor Tupai
     Palem Hitam
     Palem Jepang
     Palem Kamaedorea
     Palem Karanda, Sisik Naga
     Palem Keramik Seram
     Palem Kipas
     Palem Kipas Cina
     Palem Kipas Fiji, Palem Dop
     Palem Kuning
     Palem Korma
     Palem Latania
     Palem Lontar
     Palem Merah
     Palem Nibung
     Palem Nibung Besar
     Palem Nipah
     Palem Peji
     Palem Putri
     Palem Raja
     Palem Sadeng
     Palem Sagu
     Palem Sarai, Palem Ekor Ikan
     Palem Segitiga
     Palem Weregu
     Pinang Sirih
     Salak Pondoh
Sikas
     Sikas Daun Dolar
     Sikas Meksiko, Dion
     Sikas Pakis Haji
     Sikas Pakis Lasa
Bambu
     Bambu Ampel
     Bambu Ampel Gading (Bambusa vulgaris)
     Bambu Ater
     Bambu Belang
     Bambu Betung
     Bambu Buluh
     Bambu Gading Suci
     Bambu Tali
     Bambu Tutul
Pakis
     Pakis Gajah
     Pakis Pohon Bersisik
     Pakis Sarang Burung
     Pakis Sayur
     Pakis Suplir
     Pakis Tanduk Rusa
     Pakis Tiang, Pakis Pohon
     Pakis Uban
Merambat
     Air Mata Pengantin
     Alamanda Kuning
     Asante Merekah
     Bohinia Kokiana
     Bugenvil, Bunga Kertas
     Bunga Api Irian
     Bunga Bawang
     Bunga Sungsang
     Bunga Telang, Teleng
     Bunga Tunbergia
     Bunga Tunbergia Biru
     Cincau Rambat
     Daun Ekor Naga
     Dolar-dolaran, Dolar Rambat
     Kacang Kara, Kacang Parang
     Kacang Panjang
     Kecipir, Kelongkang
     Kembang Pagi Ceria
     Kembang Terompet Api
     Kemrunggi, Ketket
     Ketimun
     Kongea
     Labu, Waluh
     Lada
     Liana Gajah
     Mangkok Emas
     Markisa
     Markisa Merah
     Melati Belanda
     Melon
     Pare, Paya
     Pelengkung Molek
     Pilo Evansii
     Pilo Kuning
     Pilo Merah
     Pilo Selum
     Putri Malu
     Rincik Bumi, Sangga Langit
     Semangka
     Seruni Laut
     Sirih
     Sirih Gading
     Stropantus
     Tapak Kuda
     Tapanawa Jumbai
     Ubi Rambat
     Vernonia
Herba / Terna
     Adam Hawa
     Aglaonema Burma
     Alang-Alang
     Alang-Alang Ekor
     Anturium Pinokio
     Aster
     Bakung Besar, Amarilis
     Bakung Laba-Laba, Bakung Pantai
     Bakung Rawa
     Bangle
     Bawang Lili Jambon
     Bawang Lili Putih
     Bayam
     Begonia
     Bromelia
     Bunga Bangkai Raksasa, Titan Arum
     Bunga Bintang, Korejat
     Bunga Kancing
     Bunga Kasturi
     Bunga Matahari
     Bunga Pukul Empat
     Bunga Sekam
     Cabai
     Cocor Bebek
     Dahlia
     Daun Bahagia
     Daun Beludru
     Daun Mutiara
     Daun Tembaga
     Erantemum Biru
     Gandasuli
     Garut
     Gelombang Cinta
     Ginseng Jawa
     Helikonia
     Herbras, Gerbera
     Iris Kuning
     Iris Jingga
     Jahe
     Jahe Merah
     Jahe Merak
     Jawer Kotok, Jelutung Warna-Warni
     Jahe Sarang Lebah
     Jali-Jali
     Jengger Ayam
     Kacang Pintoi
     Kalatea Bintang
     Kalatea Garis Halus
     Kalatea Keris
     Kalatea Lisong
     Kana, Bunga Tasbih
     Kecombrang
     Kedelai
     Keladi Warna-warni
     Kembang Desember
     Kembang Kertas
     Kembang Mentari Lembayung Jingga
     Kencur
     Kenikir
     Ketela Pohon
     Koreopsis Kuning
     Kosmos
     Kostus Jingga, Pacing
     Krokot
     Krisan, Seruni
     Kunyit
     Kuping Gajah
     Lengkuas Malaka
     Lili Amazon
     Lili Krinum
     Lili Kuning, Hemerokalis
     Lili Natal
     Lili Ungu
     Maranta Bali
     Miyana Mangkuk
     Nanas
     Nanas Merah
     Narsis Pantai
     Pacar Air
     Pacar Air Hutan
     Pisang Kipas
     Pepaya
     Pisang
     Poderosa
     Rumput Jari
     Rumput Laba-Laba, Lili Paris
     Rumput Lari, Rumput Angin
     Sambang Colok
     Sambang Getih, Simpar Darah
     Selendang Putih
     Semanggi Hias
     Sereh
     Si Cantik Taiwan
     Strelitsia, Pepisangan
     Stroberi Kebun
     Talas, Ubi Talas
     Tapak Dara
     Tara
     Tebu
     Temu Ireng
     Temulawak
     Terung
     Tomat
     Violet Afrika
Sukulen
     Agave Amerika
     Aloe Hijau
     Furkraea Meksiko
     Buah Naga
     Hati Ungu
     Kaktus
     Lidah Buaya
     Lidah Mertua
     Sansivera Ular
     Mahkota Berduri
     Nolina
     Penawar Lipan
     Wijaya Kusuma
     Yuka Belati
     Yuka Raksasa, Giant Yucca
Tanaman Air
     Eceng Gondok
     Ekor Kucing Daun Sempit
     Genjer
     Kangkung
     Kapu-kapu
     Kentang Bebek
     Lotus Cina
     Lili Air
     Melati Air
     Padi
     Papayungan
     Papirus
     Patat Air
     Pontederia
     Semanggi
     Teratai Raksasa Viktoria Amazon
     Teratai, Tunjung
Anggrek
     Anggrek Bulan
     Anggrek Dendrobium Bertudung
     Anggrek Hibrid/Silangan
     Anggrek Kalajengking
     Anggrek Macan
     Anggrek Merpati
     Anggrek Tanah
     Kecantikan Anggrek Alam Indonesia
Referensi
Sampul Belakang