Tampilkan di aplikasi

Buku Tanesa hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Mengenal Abon dan Teknik Pengolahannya

1 Pembaca
Rp 65.000 15%
Rp 55.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 165.000 13%
Rp 47.667 /orang
Rp 143.000

5 Pembaca
Rp 275.000 20%
Rp 44.000 /orang
Rp 220.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Pangan sebagai kebutuhan dasar manusia menjadi salah satu tantangan untuk memenuhinya dengan cara mengolah hasil produk perkebunan seperti jantung pisang. Jantung pisang memiliki nutrisi yang baik dalam menjaga kesehatan tubuh manusia, seperti: menurunkan kolesterol, mencegah stroke, menurunkan gula darah dan sangan baik jika dikonsumsi oleh lansia karena dapat melancarkan pencernaan dalam tubuh. karena banyaknya manfaat dari jantung pisang, maka dapat kita olah menjadi produk olahan abon jantung pisang fortifikasi daging ikan bandeng dengan cita rasa tinggi.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Netty Maria Naibaho, S.TP., M.Sc., M.P / Suci Ramadhani / Rudito
Editor: Nur Maulida Sari

Penerbit: Tanesa
ISBN: 9786239851811
Terbit: November 2021 , 111 Halaman










Ikhtisar

Pangan sebagai kebutuhan dasar manusia menjadi salah satu tantangan untuk memenuhinya dengan cara mengolah hasil produk perkebunan seperti jantung pisang. Jantung pisang memiliki nutrisi yang baik dalam menjaga kesehatan tubuh manusia, seperti: menurunkan kolesterol, mencegah stroke, menurunkan gula darah dan sangan baik jika dikonsumsi oleh lansia karena dapat melancarkan pencernaan dalam tubuh. karena banyaknya manfaat dari jantung pisang, maka dapat kita olah menjadi produk olahan abon jantung pisang fortifikasi daging ikan bandeng dengan cita rasa tinggi.

Pendahuluan / Prolog

Prakata
Puji dan Syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas berkat yang telah diberikan kepada Penulis. Berkat dan Karunianyalah, naskah buku referensi ini terselesaikan dengan baik. Penulis memiliki mimpi untuk menyusun sebuah buku dan nantinya bermanfaat bagi masyarakat luas terutama bidang pengolahan pangan di industri rumah tangga. Para pengusaha industri rumah tangga tidak pernah menulis proses pengolahan usahanya dalam buku, akan tetapi sekedar pengetahuan turun temurun dari pendahulunya. Oleh karena itu, penulis tertantang untuk mewujudkan naskah buku ini atas dasar keingintahuan. Khususnya pengolahan abon jantung pisang yang nantinya dijadikan sebagai usaha industri rumah tangga. Selain itu, buku ini disusun dari catatan yang penulis buat untuk berbagai kuliah dan kursus berdasarkan pengalaman penulis dalam pelaksanaan penelitian dan pelatihan. Penyusun berusaha untuk menggunakan literatur yang terkini sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Namun karena keterbatasan waktu dan kesulitan mendapatkan bahan perpustakaan maka banyak prinsip pengolahan bidang pangan ini terlewatkan.

Penulis menyampaikan terima kasih kepada Pengelola pengabdian dan penelitian (P2M) Politeknik Pertanian Negeri Samarinda yang telah membantu menerbitkan naskah Buku ini. Pada akhirnya penyusun sampaikan terima kasih kepada suami dan kedua anaknya telah memberikan kesabaran dan pengertian mereka tentang penggunaan waktu senggang penyusun di malam hari maupun di hari libur dalam penyusunan buku naskah ini. Tanpa Dukungan yang kuat dari mereka maka buku ini tidak terselesaikan. Meskipun telah berusaha untuk menghindari kesalahan, pepatah mengatakan” tidak ada gading yang tidak retak”. Maka buku ini bukanlah gading sehingga retaknya sangat banyak. Karena itu, penyusun berharap agar pembaca berkenan memberikan kritik maupun saran untuk memberikan kesempurnaan buku ini.

Penulis

Netty Maria Naibaho, S.TP., M.Sc., M.P - Netty Maria Naibaho, S.TP., M.P., M.Sc. Lahir di Desa Bandar Hinalang 02 Oktober 1985, adalah Dosen Teknologi Hasil Perkebunan, Jurusan Teknologi Pertanian Politeknik Pertanian Negeri Samarinda. Menyelesaikan pendidikan dasar di Desa Tano Tinggir, Kab. Purba Kec.

Simalungun tahun 1997, pendidikan menengah pertama tahun 2000 di Kec. Silimakuta Saribudolok, pendidikan menengah atas tahun 2003 di Samarinda.

Gelar Sarjana Teknologi Pertanian tahun 2008 di Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman Samarinda. Tahun 2008 penulis diterima sebagai dosen tetap (PNS) di Politeknik Pertanian Negeri Samarinda. Selanjutnya pada tahun 2010 penulis melanjutkan pendidikan Pascasarjana program Master Double Degree Universitas Brawijaya, Malang dan King Mongkut’s University of Technology Thonburi, Bangkok lulus tahun 2012.

Tahun 2014-sekarang penulis sebagai ketua Laboratorium Mikrobiologi Program Studi Teknologi Hasil Pertanian. Tahun 2018 ditunjuk sebagai Ketua Rekognisi Pembelajaran Masa lampau (RPL) di Politeknik Pertanian Negeri Samarinda. Tahun 2019 sebagai Koordinator Pendidikan Akademi Komunitas Bulungan (AKN) Kalimantan Utara. Penulis mendapatkan hibah Penelitian dan Pengabdian dari RistekDikti Simlibtamas pada tahun 2015 dan 2016. Penelitian kompetitif Internal Politani tahun 2018-2021. Kegiatan profesi yang pernah diikuti sebagai anggota Perhimpunan Ahli Teknologi Pangan (PATPI) tahun 2010-2016.

Suci Ramadhani - Suci Ramadhani, A.md, Lahir pada 22 November 1999 di Pinrang, Sulawesi Selatan.

Pada tahun 2006 masuk ke Sekolah Dasar di MI DDI Masolo, dan lulus pada tahun 2012 pada tahun yang sama melanjutkan pendidikan ke SMPN 1 Patampanua Kabupaten Pinrang Sulawesi Selatan dan lulus pada tahun 2015.

Pada tahun 2015 penulis melanjutkan pendidikan Sekolah Menengah Atas di SMK Negeri 2 Pinrang Kabupaten Pinrang lulus pada tahun 2018, penulis melanjutkan pendidikan D3 Program Studi Teknologi Hasil Perkebunan Jurusan Teknologi Pertanian. Penulis melakukan kegiatan Magang Industri di Politeknik Pertanian Negeri Samarinda selama 3 bulan terhitung dari bulan September Hingga Desember 2020.
Rudito - Dr. Rudito, S.TP., MP. Lahir di Kediri pada tanggal 19 Juni 1969. Pendidikan S-1 di Jurusan Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Institut Pertanian Malang tahun 1993 dan Menempuh Pendidikan S-2 di Jurusan Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Pascasarjana, Universitas Brawijaya tahun 1999 kemudian Menyelesaikan Pendidikan S-3 Ilmu Kehutanan, Program Studi Doktor, Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman tahun 2021. Sejak tahun 2003 sampai sekarang menjadi dosen pada Program Studi Teknologi Hasil Perkebunan, Politeknik Pertanian Negeri Samarinda.

Daftar Isi

Cover
Sampul
Prakata
Daftar Isi
Daftar Gambar
Daftar Tabel
Bab 1 Pendahuluan
Bab 2 Data dan Teori
     2.1 Jantung Pisang
     2.2 Ikan Bandeng
     2.3 Metode Pengolahan Bahan Pangan
     2.4 Abon
     2.5 Kandungan Gizi Abon Ikan dan Standar Mutunya
     2.6 Bahan Baku dan Bahan Penunjang
     2.7 Bumbu-Bumbu
     2.8 Tahapan Pembuatan Abon Jantung Pisang Fortifikasi Ikan Bandeng
     2.9 Mutu Abon Jantung Pisang
Bab 3 Pembahasan dan Pemecahan Masalah
     3.1 Kadar Air
     3.2 Kadar Abu
     3.3 Kadar Lemak
     3.4 Kadar Serat Kasar
     3.5 Kadar Protein
     3.6 Nilai Warna
     3.7 Nilai Rasa
     3.8 Aroma
     3.9 Tekstur
     3.10 Analisis Kelayakan Usaha Abon Jantung Pisang
Bab 4 Penutup
Daftar Referensi
Glosarium
Indeks
Riwayat Penulis