Tampilkan di aplikasi

Buku Taman Karya hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Ragam Makanan dan Minuman Khas Riau

1 Pembaca
Rp 87.000 18%
Rp 71.500

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 214.500 13%
Rp 61.967 /orang
Rp 185.900

5 Pembaca
Rp 357.500 20%
Rp 57.200 /orang
Rp 286.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Buku ini disusun dengan tujuan agar masyarakat Indonesia khusus nya masyarakat Riau mengetahui dan lebih mengenal berbagai ragam makanan dan minuman yang menjadi salah satu ciri khas budaya Riau. Selain itu buku ini dapat juga menjadi rujukan bagi pemerintah di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota dalam menyusun kebijakan pangan terutama pangan lokal di wilayahnya. Penulisan buku ini diinisiasi oleh pengurus PATP cabang Pekanbaru yang terinspirasi oleh PATPI Pusat yang telah menyusun buku Ensiklopedia Produk Pangan Indonesia, Pengurus PATPI cabang Pekanbaru Ingin lebih mengeksplorasi berbagai ragam makanan dan minuman yang selama ini menjadi bagian dari budaya masyarakat di Provinsi Riau dari Kepulauan Riau dengan melakukan Inventarisasi serta menuliskannya dalam suatu buku.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Angga Pramana / Dewi Fortuna Ayu / Emma Riftyan / Fahroji / Imelda Yunita / Irdha Mirdhayati / Mhd Andry Kurniawan / Nur Hasnah AR / Rahmadini Payla Juarsa / Rahmayuni / Reiza Mutia AR / Riri Nasirly / Shanti Fitriani / Sumartini / Vonny Setiaries Johan / Yanti Nopiani / Yelmira Zalfiatri / Yossie Kharisma Dewi / Yusmarini

Penerbit: Taman Karya
ISBN: 9786233254120
Terbit: Maret 2023 , 177 Halaman










Ikhtisar

Buku ini disusun dengan tujuan agar masyarakat Indonesia khusus nya masyarakat Riau mengetahui dan lebih mengenal berbagai ragam makanan dan minuman yang menjadi salah satu ciri khas budaya Riau. Selain itu buku ini dapat juga menjadi rujukan bagi pemerintah di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota dalam menyusun kebijakan pangan terutama pangan lokal di wilayahnya. Penulisan buku ini diinisiasi oleh pengurus PATP cabang Pekanbaru yang terinspirasi oleh PATPI Pusat yang telah menyusun buku Ensiklopedia Produk Pangan Indonesia, Pengurus PATPI cabang Pekanbaru Ingin lebih mengeksplorasi berbagai ragam makanan dan minuman yang selama ini menjadi bagian dari budaya masyarakat di Provinsi Riau dari Kepulauan Riau dengan melakukan Inventarisasi serta menuliskannya dalam suatu buku.

Pendahuluan / Prolog

Prakata
Alhamdulillah puji syukur kehadirat Allah Subhanahu wa ta’ala atas segala rahmat dan karuniaNya buku “Ragam Makanan dan Minuman Khas Riau” dapat diselesaikan dan diterbitkan. Buku ini berisi berbagai artikel mengenai makanan maupun minuman yang biasa dibuat dan dikonsumsi oleh masyarakat Riau (Provinsi Riau dan Provinsi Kepulauan Riau). Penulisan buku ini diinisiasi oleh pengurus PATPI cabang Pekanbaru yang terinspirasi oleh PATPI Pusat yang telah menyusun buku Ensiklopedia Produk Pangan Indonesia. Pengurus PATPI cabang Pekanbaru ingin lebih mengeksplorasi berbagai ragam makanan dan minuman yang selama ini menjadi bagian dari budaya masyarakat di Provinsi Riau dan Kepulauan Riau dengan melakukan inventarisasi serta menuliskannya dalam suatu buku.

Buku ini disusun dengan tujuan agar masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Riau mengetahui dan lebih mengenal berbagai ragam makanan dan minuman yang menjadi salah satu ciri khas budaya Riau. Selain itu buku ini dapat juga menjadi rujukan bagi pemerintah di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota dalam menyusun kebijakan pangan terutama pangan lokal di wilayahnya.

Ucapan terima kasih disampaikan kepada Dekan Fakultas Pertanian yang telah mendukung terbitnya buku Ragam Makanan dan Minuman Khas Riau dan juga kepada Kontributor. Buku ini diyakini belum bisa merangkum semua ragam makanan dan minuman khas Riau, oleh karena itu untuk ke depannya diharapkan buku ini dapat dilengkapi dan meskipun telah diupayakan sebaik mungkin, tentu masih terdapat kekurangan. Oleh karena itu saran dan kritik yang bersifat membangun sangat diharapkan untuk perbaikan ke depannya.

Pekanbaru, Januari 2023



Tim Editor

Penulis

Angga Pramana - Angga Pramana, dosen pada Program Studi Teknologi Industri Pertanian sejak tahun 2018. Ia menyelesaikan jenjang S1 pada Fakultas Pertanian Institut STIPER Yogyakarta Tahun 2007, S2 ditempuh pada Program Studi Teknologi Hasil Perkebunan Universitas Gadjah Mada dan lulus pada tahun 2015.
Dewi Fortuna Ayu - Dewi Fortuna Ayu, dilahirkan di Pekanbaru pada tanggal 14 Desember 1976. Pendidikan S1 penulis ditempuh di Jurusan Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB), lulus pada Tahun 2000 dan melanjutkan studi di PS Ilmu Pangan pada Program Pascasarjana IPB serta lulus pada tahun 2004. Gelar doktor pada PS Ilmu Pangan Sekolah Pascasarjana IPB diperoleh pada tahun 2015. Sejak tahun 2005 penulis bekerja sebagai dosen di Program Studi Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Pertanian Universitas Riau. Bidang keahlian yang ditekuni mencakup kimia, biokimia pangan dan gizi. Pada tahun 2017, penulis diamanahi sebagai Ketua Jurusan Teknologi Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Riau.
Emma Riftyan - Emma Riftyan, dosen di Jurusan Teknologi Pertanian, Fakultas Pertanian Universitas Riau sejak tahun 2019. Pendidikan Jenjang S1 Teknologi Industri Pangan pada Fakultas Teknolongi Industri Pertanian Universitas Padjadjaran, Jatinangor telah diselesaikan pada tahun 2012. Sebelum melanjutkan ke jenjang S2, penulis pernah bekerja di PT. Lion Super Indo sebagai Food Safety Auditor pada tahun 2012-2014. Pendidikan S2 ditempuh pada Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan Universitas Gadjah Mada dan lulus pada tahun 2016. Pengalaman penelitian dan fokus bidang ilmu yang dilakukan adalah terkait dengan mikrobiologi pengolahan pangan dan keamanan bakteri probiotik.
Fahroji - Fahroji, ASN pada Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Riau. Ia menyelesaikan pendidikan S1 pada jurusan Teknologi Hasil Pertanian Universitas Brawijaya Malang pada tahun 2007, sedangkan pendidikan S2 di Asian Institute of Technoloy (AIT) Thailand program Food Engineering and Bioprocess Techology pada tahun 2016. Penulis merupakan fungsional Pengawas Mutu Hasil Pertanian dimana sebelumnya sebagai fungsional Peneliti (2013-2020), disamping itu juga menjabat sebagai Sub Koordinator Kerjasama dan Pelayanan Pengkajian BPTP Riau.
Imelda Yunita - Imelda Yunita, dosen pada Program Studi Teknologi Industri Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Riau sejak tahun 2022. Ia menyelesaikan jenjang S1 pada Fakultas Teknologi Pertanian Jurusan Teknologi Hasil Pertanian Universitas Andalas Padang pada tahun 2015, S2 ditempuh pada Program Studi Teknologi Industri Pertanian Universitas Andalas dan lulus pada tahun 2018. Penulis memiliki bidang keahlian pada RekayasaSistem dan Manajemen Industri. Menjadi .nggota APTA sejak tahun 2020 hingga sekarang.
Irdha Mirdhayati - Irdha Mirdhayati, dosen pada Program Studi Peternakan Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau sejak tahun 2004. Ia menyelesaikan jenjang S1 pada Fakultas Perikanan Universitas Riau Pekanbaru pada tahun 1999, S2 ditempuh pada Program Studi Ilmu Pangan Institut Pertanian Bogor dan lulus pada tahun 2004. Program Doktor dalam bidang Ilmu Pangan ditempuh di Institut Pertanian Bogor dan lulus tahun 2015. Menjadi Anggota PATPI sejak tahun 2016 hingga sekarang.
Mhd Andry Kurniawan - Mhd Andry Kurniawan, Dosen pada Program Studi Teknologi Industri Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Riau. Ia menyelesaikan jenjang S1 pada Program Studi Teknik Industri Universitas Islam Indonesia pada tahun 2009. Untuk Program S2 ditempuh pada Program Studi Teknik Industri Universitas Gadjah Mada dan lulus pada tahun 2015.
Nur Hasnah AR - Nur Hasnah AR, dosen pada Program Studi Teknologi Hasil Pertanian Universitas Riau sejak tahun 2022. Ia menyelesaikan jenjang S1 pada Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Andalas pada Tahun 2013, S2 ditempuh pada Program Studi Teknologi Pascapanen Institut Pertanian Bogor pada tahun 2017.
Rahmadini Payla Juarsa - Rahmadini Payla Juarsa, dosen pada Program Studi Teknologi Industri Pertanian Universitas Riau sejak tahun 2022. Ia menyelesaikan jenjang S1 dan S2 pada Program Studi Teknologi Industri Pertanian IPB Universiti. Ia berasal dari Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau. Kesehariannya erat dengan masyarakat suku banjar dan potensi lokal daerah pesisir.
Rahmayuni - Rahmayuni, dosen pada Jurusan Teknologi Pertanian Universitas Riau sejak tahun 2009. Penulis menyelesaikan pendidikan sarjana (S1) di Program Studi Budidaya Pertanian Universitas Riau pada tahun 2006 dan Pendidikan S2 di Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan Universitas Gadjah Mada pada tahun 2009. Penulis menjadi anggota PATPI sejak tahun 2014 hingga sekarang.
Reiza Mutia AR - Reiza Mutia AR, dosen Institut Teknologi Perkebunan Pelalawan Indonesia (ITP2I) sejak tahun 2016 dan saat ini mengajar di Program Studi Teknologi Pasca Panen ITP2I. Ia menyelesaikan jenjang S1 pada tahun 2011 dari Departemen Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Institut Pertanian Bogor. Jenjang S2 ditempuh di Departemen Kejuruteraan Bioproses, Fakultas Kejuruteraan Kimia, Universiti Teknologi Malaysia pada tahun 2015.
Riri Nasirly - Riri Nasirly, dosen Institut Teknologi Perkebunan Pelalawan Indonesia (ITP2I) sejak tahun 2017 dan saat ini mengajar di Program Studi Teknik Industri ITP2I. Menyelesaikan jenjang S1 pada tahun 2009 dari Teknik Industri Universitas Andalas. Jenjang S2 ditempuh di Teknik Industri Universitas Gadjah Mada pada tahun 2016.
Shanti Fitriani - Shanti Fitriani, menyelesaikan jenjang S1 pada Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor pada tahun 2001 dan jenjang S2 ditempuh pada Pusat Pengajian Sains Kimia dan Teknologi Makanan Universiti Kebangsaan Malaysia, lulus pada tahun 2004. Program Doktor dalam bidang Food Sciences ditempuh di University of Nottingham, UK dan lulus tahun 2016. Sejak tahun 2005 bergabung sebagai dosen di Fakultas Pertanian Universitas Riau. Menjadi Anggota PATPI sejak tahun 2010 hingga sekarang, dan saat ini diamanahkan sebagai Sekretaris PATPI Cabang Pekanbaru.
Sumartini - Sumartini, dosen pada Program Studi Pengolahan Hasil Laut Politeknik Kelautan dan Perikanan Dumai sejak tahun 2019. Ia menyelesaikan jenjang S1 pada Program Studi Teknologi Hasil Perikanan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro pada tahun 2012, S2 ditempuh pada Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan Universitas Gadjah Mada dan lulus pada tahun 2014. Menjadi Anggota PATPI sejak tahun 2022.
Vonny Setiaries Johan - Vonny Setiaries Johan, dosen pada Program Studi Teknologi Industri Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Riau sejak tahun 2002. Penulis lahir di Pekanbaru, dan menyelesaikan jenjang S1 pada Program Studi Teknologi Industri Pertanian Institut Pertanian Bogor pada tahun 1999. Memperoleh gelar Magister dalam Teknik Industri dari Universitas Indonesia pada tahun 2002 dan menyelesaikan Program Doktor dalam bidang Teknologi Industri Pertanian di Institut Pertanian Bogor tahun 2012. Saat ini penulis merupakan anggota PATPI cabang Pekanbaru.
Yanti Nopiani - Yanti Nopiani, dilahirkan di Tandun pada tanggal 15 November 1992. Pendidikan penulis diawali di Diploma Agroindustri UGM lulus pada tahun 2014, kemudian melanjutkan program Sarjana di Jurusan Teknologi Hasil Pertanian Universitas Mercu Buana Yogyakarta dan lulus pada tahun 2015. Kemudian penulis melanjutkan pascasarjana di jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan UGM dan lulus pada tahun 2019. Saat ini penulis bekerja sebagai dosen di Jurusan Teknologi Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Riau
Yelmira Zalfiatri - Yelmira Zalfiatri, lahir di Dumai, 5 Agustus 1985. Menyelesaikan jenjang S1 di Universitas Riau pada tahun 2008 dengan Jurusan Teknik Kimia. Menyelesaikan jenjang S2 di Magister Pencengahan Pencemaran Lingkungan Jurusan Teknik Kimia di Universitas Gadjah Mada tahun 2011. Penulis memiliki keahlian di bidang Kimia Hasil Pertanian, Teknologi Proses Pengolahan Hasil Pertanian dan Perkebunan, Pengolahan Limbah Hasil Pertanian dan Perkebunan, serta Energi baru dan Terbaharukan.
Yossie Kharisma Dewi - Yossie Kharisma Dewi, dosen pada Program Studi Teknologi Industri Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Riau sejak tahun 2019. Menyelesaikan jenjang S1 pada Program Studi Teknologi Hasil Pertanian Universitas Riau, Pekanbaru tahun 2013. Menyelesaikan jenjang S2 pada Program Studi Teknologi Industri Pertanian Universitas Andalas, Padang tahun 2015. Penulis memiliki bidang keahlian pada Teknologi Proses dan Lingkungan. Menjadi Anggota PATPI sejak tahun 2019 hingga sekarang.
Yusmarini - Yusmarini, dosen pada Program Studi Teknologi Hasil Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Riau sejak tahun 1999. Ia menyelesaikan jenjang S1 pada Fakultas Peternakan Universitas Andalas Padang pada tahun 1993, S2 ditempuh pada Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan Universitas Gadjah Mada dan lulus pada tahun 1997. Program Doktor dalam bidang Ilmu Pangan ditempuh di Universitas Gadjah Mada dan lulus tahun 2011. Menjadi Anggota PATPI sejak tahun 2012 hingga sekarang dan saat ini diamanahkan sebagai Ketua PATPI Cabang

Daftar Isi

Sampul
Kata Pengantar
Prakata
Daftar Isi
Abon Ikan
Air Matu Bejanda
Air Mata Pengantin
Anyang Paku
Asam Pedas Ikan Baung
Bandrek
Bodak Baghondam
Bolu Kemojo
Cangkuak Daging Sapi
Cendol Durian
Dadih (Dadio)
Es Laksamana Mengamuk
Es Lancang Kuning
Es Tebak
Gulai Bebotok
Gulai Ikan Patin
Gulai Pangkek
Hamparan Tatak
Ikan Kapiek
Ikan Salai Patin
Ikan Selais Asap
Kacang Pukul
Kerupuk Atom
Ketan Talam Durian
Kokek Baka
Konji Barayak
Kopi Sekanak
Kue Asidah
Laksa
Lempeng Sagu
Lopek Bugi
Luti Gendang
Mandai
Mie Sagu
Mie Tarempa
Pajri Nenas
Periok Boruk
Pulut Kucung
Roti Canai
Sambal Ikan Lomek
Tempoyak Durian
Tumis Belacan
Wajik Lopuar
Biodata penulis