Tampilkan di aplikasi

Buku Unisri Press hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Analisis Kebijakan Model Pengembangan Sekolah Ramah Anak (SRA) pada Sekolah Dasar (SD) dalam Mengimplementasikan Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Daerah untuk Mendukung Kota Layak Anak

1 Pembaca
Rp 48.000 29%
Rp 34.000
Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Pentingnya pendidikan karakter budaya daerah pada Sekolah Ramah Anak, dalam mewujudkan Kota Layak Anak. Konsep dasar Sekolah Ramah Anak merupakan kebijakan global yang dikeluarkan oleh UNICEF. Diratifikasi oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak kedalam Permen PPPA No. 8 Tahun 2014 Tentang Sekolah Ramah Anak menjadi salah satu bagian dalam pembahasan buku ini utnuk mengimplementasikan di Sekolah Dasar (SD) untuk mengembangkan kebijakan dan programnya sesuai dengan konteks budaya daerah yang disesuaikan dengan karakteristik budaya daerahnya masing-masing

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Dr. Siti Supeni, SH, M.Pd. / Oktiana Handini, S.Pd., M.Pd. / Luqman Al Hakim, S.Pd.,M.Pd.

Penerbit: Unisri Press
ISBN: 9786239798185
Terbit: Oktober 2021 , 244 Halaman

BUKU SERUPA










Ikhtisar

Pentingnya pendidikan karakter budaya daerah pada Sekolah Ramah Anak, dalam mewujudkan Kota Layak Anak. Konsep dasar Sekolah Ramah Anak merupakan kebijakan global yang dikeluarkan oleh UNICEF. Diratifikasi oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak kedalam Permen PPPA No. 8 Tahun 2014 Tentang Sekolah Ramah Anak menjadi salah satu bagian dalam pembahasan buku ini utnuk mengimplementasikan di Sekolah Dasar (SD) untuk mengembangkan kebijakan dan programnya sesuai dengan konteks budaya daerah yang disesuaikan dengan karakteristik budaya daerahnya masing-masing

Pendahuluan / Prolog

Prakata
Puji syukur kami panjatkan kepada TuhanYangMahaEsa yang telah memberikan rahmat dan petunjuk-Nya,sehingga penulisan buku dpaat selesai, semogadapatmemberikan manfaat bagi para pengambil kebijakanyangrelevan, dengan judul "Analisis KebijakanModelPengembangan Sekolah Ramah Anak (SRA) PadaSekolahDasar (SD) Dalam Mengimplementasikan PendidikanKarakterBerbasis Budaya Daerah Untuk Mendukung KotaLayakAnak".

Pentingnya pendidikan karakter budaya daerahpadaSekolah Ramah Anak, dalam mewujudkan Kota LayakAnak.Konsep dasar Sekolah Ramah Anak merupakankebijakanglobal yang dikeluarkan oleh UNICEF. Diratifikasi olehKementerian Pemberdayaan Perempuan dan PerlindunganAnak kedalam Permen PPPA No. 8 Tahun 2014TentangSekolah Ramah Anak menjadi salah satu bagiandalampembahasan buku ini utnuk mengimplementasikandi SekolahDasar (SD) untuk mengembangkan kebijakan danprogramnyasesuai dengan konteks budaya daerah yangdisesuaikandengan karakteristik budaya daerahnya masing-masing.

Indonesia mempunyai keanekaragaman budayadaerahsebagai ciri khas kebhinekaan, oleh karena itu memerlukankebijakan dan program spesifik dalammengimplemenasikanpendidikan karakter pada Sekolah Dasar untuk mewujudkanSekolah Ramah Anak berbasis budaya daerah sebagai KotaLayak Anak.

Tulisan dalam buku ini merupakan serangkianhasil penelitian strategis nasional dengan didanai oleh KemeristekDikti Tahun 2021-2023, bekerja sama dengan mitraPGRI(Persatuan Guru Republik Indonesia) Kota Surakarta. Penelitian dilakukan pada 4 Provinsi, yaitu di Kota Surakarta(Jawa Tengah), Kabupaten Aceh Tengah, Kota Samarinda(Kalimantan Timur), dan Kota Denpasar (Bali).

Tujuan penulisan buku naskah kebijakan adalahuntuk: 1) menganalisis kebutuhan Sekolah Ramah Anak (SRA) dalammengimplementasikan pendidikan karakter berbasis budayadaerah, 2) menghasilkan model pengembangan pendidikankarakter SRA berbasis budaya daerah, 3) membuat prosedurpengembangan pendidikan karakter berbasis budayadaerahsebagai asset pariwisata daerah, 4) menguji efektifitas model pengembangan pendidikan karakter berbasis budayadaerahpada Kota Layak Anak (KLA), 5) produksi bukupanduanSekolah Ramah Anak berbasis pendidikan karakter dan budaya daerah untuk digunakan pada SDdi seluruhIndonesia,dilihat dari aspek edukatif, rekreatif, maupunkompetitif, 6)membuat konsep kebijakan tentang SRAberbasis seni budayadaerah sebagai potensi wisata daerah.

Buku ini memberikan acuan kepada stakeholder sekolahdasar dalam merancang kebijakan dan programagar kebijakanyang bersifat nasional dapat diimplementasikandalamskalalokal di sekolah. Tri pusat pendidikan (sekolah, keluarga, danmasyarakat) merupakan lembaga yang memiliki tanggungjawab untuk terwujudnya Sekolah Ramah Anak dibahasperandan partisipasinya. Namun demikian, kami menyadari bahwamasih terdapat banyak kekurangan dalampenulisannaskahkebijakan yang tertuang pada buku ini, kami mohonkritikdansaran yang membangun dari para pembaca untukperbaikanbuku ini. Semoga buku ini dapat bermanfaat, terimakasih.


Surakarta
2021

Penulis

Dr. Siti Supeni, SH, M.Pd. - Penulis mengajarpada Program Studi PPKn FKIP Unisri sejak tahun 1984. Ia menyelesaikan studi Doktor (S-3) Ilmu Pendidikan dari Universitas Negeri Yogyakarta. Selama karirnya, penulis rajin mengikuti kegiatan penelitian melalui Hibah Dikti, Hibah Yayasan, APBD, terutama tentang “Pendidikan Karakter” pada Sekolah Dasar dari berbagai perspektif. I atelah menghasilkan luaran berupa; buku teks, Buku Naskah Kebijakan, berbagai Jurnal Internasional (Scopus), dan Jurnal Nasional terindex Sinta 2. Ia juga secara konsisten melakukan Pengabdian Masyarakat melalui KKN Tematik, Seminar Internasional/Nasional dan kegiatan akademik lain.
Oktiana Handini, S.Pd., M.Pd. - Penulis menyelesaikan studi S3 Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Sebelas Maret tahun 2021. Ia mengajar pada Bidang Ilmu Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan bidang IPS. Ia telah mengabdi sebagai dosen Program Studi PGSD FKIP Unisri sejakt ahun2014.Penulis mengikuti kegiatan penelitian yang dilakukan melalui Hibah Dikti DRPM, tentang Model PembelajaranTematik Integratif pada Sekolah Dasar dalam berbagai perspektif. Selama karirnya, ia telah menghasilkan luaran berupa; buku teks, Buku Ajar, berbagai Jurnal Internasional (Scopus), dan Jurnal Nasional terindex Sinta 2, juga aktif dalam Pengabdian Masyarakat melalui KKN Tematik, Seminar Internasional/Nasional, dan kegiatan akademik lain.
Luqman Al Hakim, S.Pd.,M.Pd. - Penulis adalah dosen Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Slamet Riyadi. Ia memperoleh gelar Pasca Sarjana (S-2) Pendidikan Bahasa Inggris dari Universitas Muhammadiyah Surakarta pada tahun 2009. Kemudian, memperoleh gelar Magister Pendidikan Bahasa Inggris dari Universitas Sebelas Maret pada tahun 2012. Ia rajin melakukan penelitiannya pada pengajaran bahasa Inggris khususnya membaca, menulis, dan program pengabdian kepada masyarakat. Selama karirnya, ia telah berhasil mencatatkan karya di banyak publikasi seperti prosiding, jurnal internasional, dan jurnal nasional terakreditasi.

Daftar Isi

Cover Depan
Halaman Judul
Identitas Buku
Prakata
Daftar Isi
Bab I Pendahuluan
Bab II Urgensi Sekolah Ramah Anak
     A. Tujuan Pendidikan
     B. Hak-Hak Anak
     C. Sekolah Ramah Anak
     D. Komponen Sekolah Ramah Anak
Bab III Konsep Dasar dan Kebijakan Sekolah Ramah Anak
     A. Konsep Dasar Sekolah Ramah Anak (SRA)
     B. Kebijakan Sekolah Ramah Anak
     C. Sekolah Ramah Anak Berbasis Budaya
Bab IV Konsep Model Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Daerah pada Sekolah Ramah Anak
     A. Pendidikan Karakter
     B. Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Daerah Pada Sekolah Ramah Anak di Surakarta Provinsi Jawa Tengah
     C. Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Daerah Pada Sekolah Ramah Anak di Gayo Takengon Kabupaten Aceh Tengah
     D. Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Daerah Pada Sekolah Ramah Anak di Kota Denpasar Provinsi Bali
     E. Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Daerah Pada Sekolah Ramah Anak di Kota Samarinda provinsi Kalimantan TImur
Bab V Analisis Model Sekolah Ramah Anak
Bab VI Mengembangkan Analisis Kebijakan Sekolah Ramah Anak
     A. Analisis Kebijakan Untuk Mengembangkan Sekolah Ramah Anak (SRA)
     B. Analisis Untuk Kebijakan (Analysis for Policy)
     C. Proses Kebijakan
Daftar Pustaka
Profil Penulis
Cover Belakang