Tampilkan di aplikasi

Buku Adab hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Pengantar Ilmu Negara

1 Pembaca
Rp 60.000 17%
Rp 50.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 150.000 13%
Rp 43.333 /orang
Rp 130.000

5 Pembaca
Rp 250.000 20%
Rp 40.000 /orang
Rp 200.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Dalam suatu Negara ada beberapa unsur yang harus dipenuhi sebagai syarat menjadi sebuah Negara yang berdaulat yaitu : (a) penduduk yang tetap; (b) wilayah tertentu; (c) pemerintah; dan (d) kemampuan mengadakan hubungan dengan negara-negara lain. Buku ini membahas dari pengertian negara sampai susunan suatu Negara yang diharapkan bias sebagai pegangan para mahasiswa dalam memperdalam ilmu kenegaraan.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Dr. Conie Pania Putri, S.H., M.H. / Evi Purnama Wati, SH, MH

Penerbit: Adab
ISBN: 9786236872536
Terbit: Januari 2021 , 122 Halaman

BUKU SERUPA










Ikhtisar

Dalam suatu Negara ada beberapa unsur yang harus dipenuhi sebagai syarat menjadi sebuah Negara yang berdaulat yaitu : (a) penduduk yang tetap; (b) wilayah tertentu; (c) pemerintah; dan (d) kemampuan mengadakan hubungan dengan negara-negara lain. Buku ini membahas dari pengertian negara sampai susunan suatu Negara yang diharapkan bias sebagai pegangan para mahasiswa dalam memperdalam ilmu kenegaraan.

Pendahuluan / Prolog

Kata pengantar
Alhamdulillah, puji syukur penulis ucapkan atas limpahan rahmat dan bimbingan Allah SWT. yang telah memberikan kemampuan kepada penulis dalam menyelesaikan buku ini. Serta tidak lupa shalawat serta salam selalu kita haturkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, beserta keluarga, shahabat, serta pengikut beliau hingga akhir zaman.

G.S. Diponolo menulis dalam bukunya Ilmu Negara, jilid 1 : Pada hemat kita negara itu adalah suatu organisasi kekuasaan yang berdaulat yang dengan tata pemerintahan melaksanakan tata tertib atas suatu umat disuatu daerah tertentu. Bagaimana bentuk dan coraknya, Negara selalu merupakan organisasi kekuasaan. Organisasi kekuasaan ini selalu mempunyai tata pemerintahan. Dan tata pemerintahan ini selalu melaksanakan tata tertib atas suatu umat di daerah tertentu”.

Dalam suatu Negara ada beberapa unsur yang harus dipenuhi sebagai syarat menjadi sebuah Negara yang berdaulat yaitu : (a) penduduk yang tetap; (b) wilayah tertentu; (c) pemerintah; dan (d) kemampuan mengadakan hubungan dengan negara-negara lain.

Buku ini membahas dari pengertian negara sampai susunan suatu Negara yang diharapkan bias sebagai pegangan para mahasiswa dalam memperdalam ilmu kenegaraan.

Penulis sangat menyadari bahwa dalam penulisan buku ini tidak akan terlepas dari kekurangan. Maka dari itu, penulis memohon maaf dan mengharapkan saran yang membangun untuk perbaikan karya penulis berikutnya. Semoga amal ibadah kita dibalas oleh Allah SWT dan kita semua mendapatkan rahman dan rahim-Nya. Aamiin.

Penulis

Dr. Conie Pania Putri, S.H., M.H. - Tempat dan tanggal lahir : Muara Enim, 31 Juli 1979
Agama : Islam
Pekerjaan : Direktur PT. Srikandi Tiga Putri
Dosen Tetap Fakultas Hukum Universitas Kader Bangsa
Alamat : Jalan Nusatenggara 3 Blok AR 12 RT/RW : 054/018 Kelurahan 15
Ulu Kecamatan Seberang Ulu I Jakabaring, Palembang
• Staff Legal Hukum Kantor Advocat Abadi B. Darmo tahun 1998-2002
• Dosen Tetap Fakultas Hukum Universitas Kader Bangsa Palembang
tahun 2012 sampai sekarang
• Dosen luar biasa Fakultas Hukum Universitas IBA Palembang tahun
2015 sampai sekarang
• Pembicara pada Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan
Anak Provinsi Sumsel tahun 2019
Evi Purnama Wati, SH, MH - Penulis lahir di kota Palembang, pada 13 Maret 1972 adalah Alumnus dari Fakultas Hukum Universitas Palembang (1996), Pasca Sarjana di Universitas Lampung (2003). Saat ini penulis tercatat sebagai Dosen Fakultas Hukum Ilmu Hukum (1996), dan Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Palembang serta beberapa PTS di Kota Palembang. Awal mengajar pada tahun 1996 untuk mata kuliah Ilmu Negara (Semester Ganjil). Seiring berjalannya waktu juga mengasuh mata kulia,h Hukum Tata Negara, Hukum Administrasi Negara, dan Hukum Administrasi Daerah (Semester Genap). Aktif menjadi anggota PHLI (Asosiasi Pengajar Hukum Lingkungan Indonesia) dan sebagai Pengurus Pusat AP HTN-HAN SUMSEL 2017- 2022. Jabatan Jenjang Akademik sebagai Lektor Kepala dan Dosen Sertifikasi pada Fakultas Hukum Universitas Palembang

Daftar Isi

Sampul
Kata pengantar
Daftar isi
Bab I Pendahuluan
Bab II Nilai fungsi dan status negara
Bab III Teori sifat hakekat negara
Bab IV Teori pembenaran negara (Rechtsvaardiging theorieen)
Bab V Teori terjadinya negara dan runtuhnya negara
Bab VI Teori tujuan negara
Bab VII Teori type type negara
Bab VIII Teori bentuk negara
Bab IX Teori kedaulatan
Bab X Teori unsur unsur negara
Bab XI Teori fungsi negara
Bab XII Teori konstitusi
Bab XIII Teori perwakilan
Bab XIV Susunan negara