Tampilkan di aplikasi

Buku Alba Media Indonesia hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Problem Based Learning dan Case Based Learning

Sintaks dan Implementasi pada Kelas Daring

1 Pembaca
Rp 50.000 10%
Rp 45.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 135.000 13%
Rp 39.000 /orang
Rp 117.000

5 Pembaca
Rp 225.000 20%
Rp 36.000 /orang
Rp 180.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Buku "Problem Based Learning dan Case Based Learning: Sintaks dan Implementasi pada Kelas Daring" menjelaskan tentang pengertian, sintaks, efektivitas implementasi, serta modul skema daring dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Case Based Learning (CBL). Buku ini terdiri dari tiga Bab yang dilengkapi dengan langkah-langkah penggunaan media daring dalam pengimplementasian model pembelajaran. Penulis berharap dengan adanya buku ini dapat bermanfaat bagi para pembaca untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan terutama dalam ranah pendidikan mengenai pengelolaan model pembelajaran berbasis masalah.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Dwi Winarsih / Suwito Singgih / Boris Ramadhika / Ayu Nuryanti / Muhamad Ardi Amirul / Muhamad Ridwan Nureifa / Novita Nurfitiria
Editor: Ahmad Muhlisin

Penerbit: Alba Media Indonesia
ISBN: 978623999834
Terbit: September 2022 , 134 Halaman

BUKU SERUPA










Ikhtisar

Buku "Problem Based Learning dan Case Based Learning: Sintaks dan Implementasi pada Kelas Daring" menjelaskan tentang pengertian, sintaks, efektivitas implementasi, serta modul skema daring dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Case Based Learning (CBL). Buku ini terdiri dari tiga Bab yang dilengkapi dengan langkah-langkah penggunaan media daring dalam pengimplementasian model pembelajaran. Penulis berharap dengan adanya buku ini dapat bermanfaat bagi para pembaca untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan terutama dalam ranah pendidikan mengenai pengelolaan model pembelajaran berbasis masalah.

Pendahuluan / Prolog

Prakata
Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah Subhanahu wa Ta’ala, Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan buku yang berjudul “Sintaks Problem Based Learning & Case Based Learning” yang dilengkapi dengan modul pembelajaran dengan baik.

Buku ini menjelaskan tentang pengertian, sintaks, efektivitas implementasi, serta modul skema daring dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Case Based Learning (CBL). Penulis berharap dengan adanya buku ini dapat bermanfaat bagi para pembaca untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan terutama dalam ranah pendidikan mengenai pengelolaan model pembelajaran berbasis masalah.

Pada kesempatan ini, penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam penyusunan dan penyelesaian buku ini, yakni dosen prodi Pendidikan IPA dan dosen prodi Pendidikan Bahasa Inggris selaku dosen di Universitas Tidar. Tidak lupa penulis mengucapkan terima kasih kepada penulis buku, jurnal, dan sejenisnya yang karyanya dijadikan sebagai rujukan dan sumber referensi oleh penulis.

Penulis menyadari bahwa buku kami masih jauh dari kata sempurna dan masih banyak kekurangan dalam penulisan maupun penyusunan buku ini karena keterbatasan pengetahuan dan pengalaman penulis. Maka dari itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca sebagai evaluasi dalam menyusun karya ke depannya.

Magelang, 22 Agustus 2022
Penulis

Penulis

Dwi Winarsih - Dr.Dwi Winarsih, M.Pd. lahir di Magelang, 7 November 1967. Beliau mendapatkan gelar Sarjana Pendidikan dalam bidang ilmu Pendidikan Bahasa Inggris di tahun 1991. Kemudian beliau melanjutkan studi Magister pada bidang Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Negeri Semarang dan selesai pada tahun 2002. Beliau mendapatkan gelar Doktor pada bidang Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Negeri Semarang pada tahun 2012.

Beliau saat ini aktif menjadi dosen di Universitas Tidar, Magelang di prodi S1 Pendidikan Bahasa Inggris. Beliau pernah menjabat sebagai Wakil Dekan II (Bidang Umum dan Keuangan) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar periode 2015-2019. Saat ini selain menjadi dosen, beliau juga aktif menjabat sebagai Koordinator Pusat Penjaminan Mutu Pendidikan Lembaga Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan Universitas Tidar periode 2019-2023.
Suwito Singgih - Suwito Singgih, M.Pd lahir di Brebes tanggal 9 Agustus 1988. Beliau menempuh pendidikan di SD N 3 Brebes, SMP N 2 Brebes, SMA N 1 Brebes. Kemudian, beliau melanjutkan pendidikan Sarjana di Prodi Pendidikan Fisika Universitas Negeri Yogyakarta dan Magister di Prodi Pendidikan Fisika Universitas Ahmad Dahlan. Selama menempuh pendidikan, beliau juga aktif baik dalam hal akademik maupun non akademik.

Setelah menempuh pendidikan, beliau pernah menjabat menjadi Dosen dan Ketua Penjaminan Mutu di Politeknik Trisila Dharma Tegal pada tahun 2018-2019. Pada saat ini, beliau menjabat menjadi Dosen (2019-sekarang) dan Koordinator Program Studi (2021-2025). Di sela-sela kesibukannya, beliau juga aktif dalam dunia pelatihan, pembuatan karya ilmiah, penelitian, dan pengabdian.
Boris Ramadhika - Boris Ramadhika, M.Pd. Lahir di Temanggung, 15 Maret 1992, Boris Ramadhika menempuh pendidikan di SD N 1 Jampiroso Temanggung, SMP N 1 Temanggung, dan SMA N 1 Temanggung. Kemudian beliau melanjutkan studi dan mendapatkan gelar Sarjana Pendidikan di bidang Pendidikan Bahasa Inggris pada tahun 2014 di Universitas Negeri Yogyakarta. Selanjutnya, beliau menempuh Magister di Universitas Negeri Yogyakarta dan mendapatkan gelar Magister Pendidikan di bidang Linguistik Terapan konsentrasi Pendidikan Bahasa Inggris pada tahun 2017.
Ayu Nuryanti - Lahir di Magelang, 7 Juli 2001. Merupakan mahasiswa Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Mengikuti komunitas tari HIMADIKTAR sebagai anggota dan sarana meenyalurkan minat dalam dunia seni terutama seni tari. Memiliki prestasi yaitu Lolos Pendanaan P2MW Tingkat Universitas Tidar (2022).
Muhamad Ardi Amirul - Lahir di Kebumen, 6 Agustus 2002. Merupakan mahasiswa Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Hingga tahun 2022 masih aktif dalam berbagai macam organisasi, Himpunan Mahasiswa Pendidikan IPA, Pramuka, Ikatan Mahasiswa Rowokele, dan Ikatan Mahasiswa KebumenUntidar. Memiliki banyak perstasi/penghargaan yang diaraih selama menjadi pelajar ataupun mahasiswa. Lolos Pendanaan P2MW Tingkat Universitas Tidar (2022), Lolos Pendanaan PMW Tingkat Universitas Tidar (2021), Lulusan Terbaik 2 (Berdasarkan (2020).
Muhamad Ridwan Nureifa - Lahir di Kulonprogo, 01 Mei 2001. Merupakan mahasiswa Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pada tahun 2022- hingga saat ini, aktif dalam kegiatan kemahasiswaan seperti UKM UKAI Ar-Ribath dan Mahasiswa daerah Paguyuban Mahasiswa Jakarta-Jawa Barat. Prestasi yang pernah diraih selama menjadi mahasiswa. Lolos Pendanaan PMW Tingkat Fakultas Universitas Tidar (2022), Awardee Beasiswa Pancakarsa Kab.Bogor (2021).
Novita Nurfitiria - Lahir di Kebumen, 03 November 2001. Merupakan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Hingga tahun 2022 masih aktif dalam berbagai macam organisasi, Himpunan English Department Student Association (EDSA) sebagai Wakil Ketua Himpunan, dan sebagai anggota dalam Ikatan Mahasiswa Kebumen Untidar. Tak hanya itu, Novita juga aktif pada organisasi di luar kampus yang berorientasi Pendidikan bernama Marsiajar.id sebagai Project Manager.

Daftar Isi

Sampul
Prakata
Daftar Isi
Bab I. Pengertian dan Sintaks Pada Model Problem Based Learning (PBL) dan Case Based Learning (CBL)
     A. Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning)
     B. Pembelajaran Model Studi Kasus (Case Based Learning)
     C. Perbedaan Problem Based Learning dengan Case Based Learning
Bab II. Efektivitas Implementasi PBL dan CBL di Sekolah
     A. Efektivitas Implementasi PBL dan CBL pada Mata Pelajaran IPA
     B. Efektivitas Implementasi PBL dan CBL pada Mata Pelajaran Bahasa
Bab III. Modul Dalam Skema Daring Dengan Model Problem Based Learning (PBL) dan Case Based Learning (CBL)
     A. Gambaran Modul Secara Umum Google Classroom (GC) dan Edmodo
     B. Penggunaan Google Classroom (GC) dan Edmodo Skema Pembelajaran Daring dalam Model Problem Based Learning (PBL)
     C. Penggunaan Google Classroom (GC) dan Edmodo Skema Pembelajaran Daring dalam Model Case Based Learning (CBL)
Kesimpulan Modul
Daftar Pustaka
Epilog
Glosarium
Biografi Penulis