Tampilkan di aplikasi

Buku Garudhawaca hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Implementasi Supervisi Pendidikan Islam di Era Disrupsi

Implementasi Supervisi dalam Merubah Lembaga Pendidikan Islam Menjadi Lembaga Unggulan (Teori dan Praktik)

1 Pembaca
Rp 60.000 42%
Rp 35.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 105.000 13%
Rp 30.333 /orang
Rp 91.000

5 Pembaca
Rp 175.000 20%
Rp 28.000 /orang
Rp 140.000

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Seperti sesuai dengan judulnya, buku ini mencoba memberikan informasi mengenai gambaran pelaksanaan supervisi di sekolah maupun di madrasah, yang terdiri dari supervisi akademik dan manajerial dalam praktik klinis. Di samping itu, buku ini juga mengantarkan para praktisi pendidikan dan pendidikan Islam untuk melakukan praktik nyata supervisi di lapangan, sehingga pada akhir buku ini sengaja penulis lampirkan berbagai beberapa instrumen supervisi pendidikan yang bisa dimanfaatkan untuk melaksanakan supervisi.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Eko Wahyudi

Penerbit: Garudhawaca
ISBN: 9786234220438
Terbit: Januari 2023 , 151 Halaman










Ikhtisar

Seperti sesuai dengan judulnya, buku ini mencoba memberikan informasi mengenai gambaran pelaksanaan supervisi di sekolah maupun di madrasah, yang terdiri dari supervisi akademik dan manajerial dalam praktik klinis. Di samping itu, buku ini juga mengantarkan para praktisi pendidikan dan pendidikan Islam untuk melakukan praktik nyata supervisi di lapangan, sehingga pada akhir buku ini sengaja penulis lampirkan berbagai beberapa instrumen supervisi pendidikan yang bisa dimanfaatkan untuk melaksanakan supervisi.

Pendahuluan / Prolog

Kata Pengantar
Buku ini disusun karena kegelisahan penulis pada fenomena yang terjadi di lapangan, dimana banyak praktisi pendidikan yang tidak memahami hakikat dari supervisi pendidikan, terlebih lagi supervisi pendidikan Islam, yang dijalankan di lembaga-lembaga pendidikan Islam. Buku ini mencoba memberikan informasi mengenai gambaran pelaksanaan supervisi di sekolah maupun di madrasah, yang terdiri dari supervisi akademik dan manajerial dalam praktik klinis. Di samping itu, buku ini juga mengantarkan para praktisi pendidikan dan pendidikan Islam untuk melakukan praktik nyata supervisi di lapangan, sehingga pada akhir buku ini sengaja penulis lampirkan berbagai beberapa instrumen supervisi pendidikan yang bisa dimanfaatkan untuk melaksanakan supervisi.

Secara garis besar, penulis dalam buku ini ingin memaparkan pada bab 1, penulis memaparkan mengenai model-model supervisi pendidikan Islam secara umum, yang dilanjutkan dengan bab 2 tentang pelaksanaan supervisi klinis di lembaga pendidikan Islam.

Pada bab 3 penulis berusaha menjabarkan mengenai teknik-teknik pelaksanaan supervisi pendidikan Islam. Sedangkan pada bab 4 penulis berusaha mengungkap mengenai pengembangan penelitian pendidikan agama Islam. Bab 5 dari buku ini menerangkan mengenai problematika guru dalam pendidikan dan diakhiri dengan bab penutup.

Pada akhir kata, penulis menyadari bahwa buku yang berada di tangan pembaca ini banyak kekurangan di sana sini yang penulis sengaja maupun tidak sengaja. Maka dari itu, saran dan kritik dari pembaca yang budiman sangat penulis harapkan. Semoga buku ini mendatangkan barokah dan manfaat bagi penulis sendiri khususnya, dan bagi siapapun yang berusaha mempelajari buku ini.


Penulis

Eko Wahyudi - Nama lengkap EKO WAHYUDI, seorang pendidik mengabdi di satu sekolah kejuruan, yakni di SMK Negeri 1 Pagerwojo, sejak Mei tahun 2009 hingga saat ini. Penulis lahir di desa Ngunut, Kecamatan Ngunut, dan Kabupaten Tulungagung pada tanggal 02 November 1985.

Penulis memulai pendidikan dari jenjang Madrasah Ibtida’iyah yaitu MI al-Ifadah Kaliwungu selama 6 tahun. Setelah itu melanjutkan ke MTsN Aryojeding selama 3 tahun hingga lulus pada tahun 2001. Pada saat SMA, penulis memilih sekolah di MAN 1 Tulungagung hingga lulus pada tahun 2004. Untuk S1, penulis memilih STAIN Tulungagung, pada prodi Pendidikan Agama Islam, hingga lulus tahun 2008, dan langsung ditempatkan di SMK Negeri 1 Pagerwojo hingga saat ini. Program S2, penulis tempuh di Pps STAI Diponegoro Tulungagung hingga lulus tahun 2011, dengan konsentrasi pada Manajemen Pendidikan Islam. Program S2 yang kedua, penulis tempuh di Pps Universitas Islam Malang (UNISMA), program beasiswa Kemenag RI tahun 2012-2014, penulis mengambil konsentrasi Supervisi Pendidikan Islam.

Selain bidang literasi, penulis juga aktif pada kegiatan perawatan tanaman anggrek, penghijauan, serta kegiatan penelusuruan hutan, khususnya wilayah hutan pegunungan Wilis.

Harapan penulis, semoga karya ini sebagai penyulut api semangat dalam bidang literasi, hingga penulis semakin produktif dalam menghasilkan karya di kemudian hari.

Penulis bisa dihubungi melalui email ekowahyudi@gmail.com

Daftar Isi

Sampul
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab I. Model-Model Supervisi Pendidikan Islam
     A. Pengantar
     B. Model Supervisi Tradisional
     C. Model Supervisi Ilmiah
     D. Model Supervisi Artistik
Bab II. Pelaksanaan Supervisi Klinis di Lembaga Pendidikan Islam
     A. Pengantar
     B. Konsep Supervisi Klinis
     C. Peran Pengawas Sebagai Supervisor
Bab III. Teknik-Teknik Pelaksanaan Supervisi Pendidikan Islam
     A. Pengantar
     B. Teknis Supervisi Manajerial
     C. Teknis Supervisi Akademik
Bab IV. Pengembangan Penelitian Pendidikan Agama Islam Bagi Supervisor
     A. Pengantar
     B. Konsep Penelitian Tindakan
     C. Pelaksanaan PTK di Sekolah
Bab V. Problematika Guru dalam Pendidikan Islam
     A. Pengantar
     B. Problema Guru dalam Ketrampilan Mengajar
     C. Problema Guru dalam Motivas Kerja
     D. Problema Guru dalam Kepuasan Kerja
Bab VI. Beberapa Petunjuk Untuk Membantu Guru
     A. Membantu Guru-GUru yang Belum Berpengalaman
     B. Membantu Guru-Guru yang Sedia Membantu Guru yang Tidak Hadir
     C. Membantu Guru-Guru yang Bekerja Kurang Efektif
     D. Membantu Guru-Guru yang Superior
     E. Membantu Guru-Guru yang Mempunyai Kelemahan Pribadi
     F. Membantu Guru-Guru yang Kurang Rajin
     G. Membantu Guru-Guru yang Kurang Bergairah
     H. Membantu Guru-Guru yang Kurang Demokratis
     I. Membantu Guru-Guru yang Selalu Menentang
     J. Membantu Guru-Guru yang Terlalu Lama Bekerja Routine
     K. Membantu Guru-Guru yang Menghadapi Keruwetan Dalam Masalah Disiplin
Daftar Pustaka
Biografi Penulis