Tampilkan di aplikasi

Buku Jejak Pustaka hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Multimedia Pendidikan Kesehatan dan Nutrisi

1 Pembaca
Rp 50.000 15%
Rp 42.500

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 127.500 13%
Rp 36.833 /orang
Rp 110.500

5 Pembaca
Rp 212.500 20%
Rp 34.000 /orang
Rp 170.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Departemen Gizi dan Kesehatan Masayarakat FKMUI menjelaskan tentang pentingnya gizi seimbang sebagai upaya menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. Upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia harus dilakukan sejak dini. Tumbuh kembang pada anak yang optimal tergantung pemberian nutrisi dengan kualitas yang baik dan benar.

Pengembangan multimedia berbasis interaktif bagi pendidikan kesehatan dan nutrisi pada anak sudah menjadi kebutuhan bagi orang tua.Dengan adanya multimedia berbasis interaktif ini membantu orang tua serta guru dalam menyampaikan materi mengenai kesehatan dan nutrisi pada anak sehingga dapat meningkatkan pemahaman dan menarik minat anak untuk mengingat pendidikan kesehatan dan nutrisi.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Rika Widya, S.Psi., M.Psi / Salma Rozana, S.Pd., M.Pd / Virdyra Tasril, S.Kom., M.Kom

Penerbit: Jejak Pustaka
ISBN: 9786235422084
Terbit: Juni 2022 , 64 Halaman

BUKU SERUPA










Ikhtisar

Departemen Gizi dan Kesehatan Masayarakat FKMUI menjelaskan tentang pentingnya gizi seimbang sebagai upaya menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. Upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia harus dilakukan sejak dini. Tumbuh kembang pada anak yang optimal tergantung pemberian nutrisi dengan kualitas yang baik dan benar.

Pengembangan multimedia berbasis interaktif bagi pendidikan kesehatan dan nutrisi pada anak sudah menjadi kebutuhan bagi orang tua.Dengan adanya multimedia berbasis interaktif ini membantu orang tua serta guru dalam menyampaikan materi mengenai kesehatan dan nutrisi pada anak sehingga dapat meningkatkan pemahaman dan menarik minat anak untuk mengingat pendidikan kesehatan dan nutrisi.

Pendahuluan / Prolog

Kata Pengantar
Saat yang paling baik bagi seorang anak untuk memperoleh pendidikan yang tepat disebut masa peka yaitu usia dini. Oleh karena itu pada masa ini jangan diabaikan dan perlu dimanfaatkan sebaik-baiknya secara cermat dan hatihati.

Di Indonesia secara resmi menggunakan pedoman “Empat Sehat Lima Sempurna”. Sampai sekarang pedoman ini masih dikenal untuk menyiapkan pola hidup sehat dimasyarakat Indonesia dalam menghadapi masalah kekurangan gizi. Namun pola dan kebiasan satu penyebab timbulnya masalah kesehatan dan masalah kesejahteraan bagi keluarga dan masyarakat pendidikan merupakan salah satu kunci terbentuknya sumber daya manusia yang kompeten dalam membangun bangsa.

Melalui pendidikan diharapkan dapat menciptakan generasi yang berguna untuk bangsa dan negara. Selain itu dengan pendidikan diharapkan pula dapat meningkatkan diri seseorang dalam segala aspek. Proses kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah menjadi salah satu sorotan utama dalam peningkatan mutu pendidikan.

Upaya peningkatan mutu pendidikan tersebut menjadi bagian terpadu dari upaya peningkatan kualitas manusia, baik aspek kemampuan, kepribadian, maupun Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional adalah mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Adanya peran dan fungsi pendidikan yang penting maka perlu perbaikan mutu pendidikan secara terus menerus. Perbaikan ini meliputi proses dalam belajar mengajar. Sardiman A.M (2012:13) menyatakan bahwa proses belajar mengajar merupakan proses kegiatan interaksi antara dua unsur manusiawi, yakni siswa sebagai pihak belajar dan guru sebagai pihak yang mengajar, dengan siswa sebagai subjek pokoknya.

Penulis

Rika Widya, S.Psi., M.Psi - Rika Widya, S.Psi., M.Psi. Lahir di kota Medan tanggal 17 Juli 1991. Anak dari Alm Muhammad Ali dan Affani Herniza. Penulis Menyelesaikan pendidikan S1 di tempuh di Universitas Medan Area (UMA) Jurusan Psikologi pada tahun 2013. Menyelesaikan pendidikan Pasca Sarjana di UMA dengan mengambil jurusan Psikologi Industri dan Organisasi pada tahun 2016. Penulis pernah menjadi terapis Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) selama 1 tahun. Profesi penulis saat ini seorang dosen yang mengajar di Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Universitas Pembangunan Panca Budi Medan, dan menjadi narasumber di beberapa sekolah PAUD/RA. Adapun karya-karya penulis yaitu: (1). Sifat-Sifat Nabi (Materi Pendidikan Akhlak Anak Islami) tahun 2020, (2) Mendidik Anak Sejak Dini (Inspirasi Pendidikan Karakter Imam Al-Ghazali) tahun 2020, dan (3) Holistik Parenting (Pengasuhan dan Karakter Anak dalam Islam) tahun 2020.

Salma Rozana, S.Pd., M.Pd - Lahir dikota Medan tanggal 23 februari 1973, mengajar dan menjadi kepala sekolah di TK ABA 19 Binjai dari tahun 2000 sampai 2017 Menyelesaikan D2 PGTK dan program sarjana (S1) di UMN Al- Washliyah Nusantara Medan Jurusan Bimbingan dan Konseling tahun 2011. Kemudian menyelesaikan Pasca Sarjana di Program Pendidikan dasar Konsentrasi PAUD pada tahun 2016.

Selanjutnya saat ini penulis adalah seorang dosen di Universitas Pembangunan Panca Budi Medan dan STIT-AR Raudhah Tandem–Langkat keduanya adalah program Sarjana (S1) PIAUD, Penulis juga seorang Asesor Ban PAUD Sumatera Utara, penulis juga aktif dibidang organisasi, yaitu Gabungan Organisasi Pendidik Taman Kanak-kanak Indonesia (GOPTKI) Kota Binjai khususnya dalam bidang Pendidikan dan Himpunan Pendidik Anak Usia Dini (Himpaudi) kota Binjai Bidang Penelitian dan diklat.

Adapun karya–karya penulis adalah 1) Guru PAUD Merajut Mimpi Menuju Istana; tahun 2018, 2) Sifat- sifat nabi (Materi Pendidikan Akhlak Anak Islami); tahun 2020, 3) Mendidik anak sejak dini (inspirasi Pendidikan Karakter Imam Al–Ghazali; Tahun 2020, 4) Dokrin Pendidikan Islam "Dalam Membentuk Karakter Bangsa"; Tahun 2020. 5) Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini (Melalui Permainan Tradisional Engklek); tahun 2020. 6) Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini; (Teori Dan Praktik); tahun 2020. 7) Holistik Parenting: Pengasuhan dan Karakter Anak dalam Islam"; Strategi Taktis Pendidikan Karakter Anak Usia Dini | 136 tahun 2020.
Virdyra Tasril, S.Kom., M.Kom - Lahir di Kota Padang, 13 Agustus 1991. Setelah menamatkan pendidikan SMA Negeri 9 Padang, melanjutkan pendidikan S-1 di jurusan Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer di UPI "YPTK" Padang dan lulus pada tahun 2013. Pada tahun 2015 melanjutkan pendidikan S2 – Sistem Informasi di UPI "YPTK" Padang dan tamat pada tahun 2016. Pengalaman mengajar dimulai Januari 2017 di Universitas Pembangunan Pancabudi Medan Penulis aktif sebagai staf pengajar di Fakultas Sains dan Teknologi, Program Studi Teknologi Informasi Universitas Pembangunan Panca Budi. Selain kesibukan mengajar, juga aktif dalam melakukan melakukan Tri dharma pergurua tinggi. Tulisan berupa beberapa artikel yang diterbitkan dalam bentuk jurnal Nasional maupun Internasional.

Daftar Isi

Sampul Depan
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab I: Pendahuluan
Bab II: Media Pembelajaran dan Multimedia Pembelajaran Interaktif
     A. Media Pembelajaran
     B. Multimedia Pembelajaran Interaktif
Bab III: Pola Hidup Sehat dan Pendidikan Kesehatan Anak
     A. Pola Hidup Sehat Anak Melalui Nutrisi
     B. Pendidikan Kesehatan Anak
Bab IV: Pengembangan Multimedia Interaktif dan Penilaian Pembelajaran
     A. Prosedur Pengembangan Multimedia Berbasis Interaktif
     B. Hasil Uji Produk
     C. Analisis Pengembangan Multimedia Berbasis Interaktif
Bab V: Penutup
Daftar Pustaka
Biodata Penulis
Sampul Belakang