Tampilkan di aplikasi

Buku Media Sains Indonesia hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Manajemen Pendidikan Islam

1 Pembaca
Rp 108.000 40%
Rp 65.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 195.000 13%
Rp 56.333 /orang
Rp 169.000

5 Pembaca
Rp 325.000 20%
Rp 52.000 /orang
Rp 260.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Manajemen memiliki posisi penting dalam menentukan keberhasilan suatu organisasi untuk mencapai tujuan-tujuannya. Kemampuan organisasi dalam merencanakan, mengelola, mengorganisasikan, mengawasi dan mengevaluasi kegiatan-kegiatan organisasinya merupakan penentu bagi keberhasilan organisasi/lembaga/institusi. Oleh sebab itu, manajemen perlu menjadi fokus perhatian dalam aktivitas organisasi, termasuk dalam lembaga atau institusi pendidikan Islam.

Pembahasan tentang manajemen pendidikan Islam setidaknya berisi tentang manajemen pendidikan yang mengelaborasikan nilai-nilai Islam dalam setiap konsep dan fungsi-fungsi manajemen pendidikan. Sehingga nilainilai Islam mewarnai setiap implementasi fungsi manajemen di lembaga pendidikan Islam. Berikut ini diuraikan tentang konsep dasar manajemen pendidikan Islam.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Feiby Ismail / Muhammad Haris / Jumira Warlizasusi / Cepi Budiyanto / Siti Julaiha / M. Muhsin Ks. / Jaja Jahari / Ayit Irpani / Mardan Umar / Arifia Retna Yunita / Abdul Gafur / Uswah Fadilah / Hasnawati / Wahyu Fitrina Defi
Editor: Zaedun Na’im

Penerbit: Media Sains Indonesia
ISBN: 9786233622103
Terbit: November 2021 , 284 Halaman

BUKU SERUPA










Ikhtisar

Manajemen memiliki posisi penting dalam menentukan keberhasilan suatu organisasi untuk mencapai tujuan-tujuannya. Kemampuan organisasi dalam merencanakan, mengelola, mengorganisasikan, mengawasi dan mengevaluasi kegiatan-kegiatan organisasinya merupakan penentu bagi keberhasilan organisasi/lembaga/institusi. Oleh sebab itu, manajemen perlu menjadi fokus perhatian dalam aktivitas organisasi, termasuk dalam lembaga atau institusi pendidikan Islam.

Pembahasan tentang manajemen pendidikan Islam setidaknya berisi tentang manajemen pendidikan yang mengelaborasikan nilai-nilai Islam dalam setiap konsep dan fungsi-fungsi manajemen pendidikan. Sehingga nilainilai Islam mewarnai setiap implementasi fungsi manajemen di lembaga pendidikan Islam. Berikut ini diuraikan tentang konsep dasar manajemen pendidikan Islam.

Pendahuluan / Prolog

Kata Pengantar
Alhamdulillah, Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, karena berkat rahmat dan karunia-Nya sehingga buku kolaborasi dalam bentuk book chapter ini dapat dipublikasikan dan dapat sampai di hadapan pembaca. Book chapter ini disusun oleh sejumlah akademisi dan praktisi pendidikan dalam bidang manajemen Pendidikan Islam. Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Manajemen Pendidikan Islam.

Sistematika buku Manajemen Pendidikan Islam ini disajikan dalam berbagai aspek kehidupan di sebuah lembaga pendidikan yang mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapannya. Buku ini terdiri atas 14 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya:

Konsep Dasar Manajemen Pendidikan Islam, Ruang Lingkup Manajemen Pendidikan Islam, Manajemen Personalia Pendidikan Islam, Manajemen Kesiswaan Pendidikan Islam, Manajemen Kurikulum Pendidikan Islam, Manajemen Keuangan Pendidikan Islam, Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan Islam, Kepemimpinan Pendidikan Islam, Manajemen Mutu Pendidikan Islam, Manajemen Perubahan Pendidikan Islam, Manajemen Konflik Pendidikan Islam, Manajemen Pesantren, Manajemen Madrasah, Manajemen Perguruan Tinggi Islam Kami menyadari bahwa tulisan ini jauh dari kesempurnaan dan masih terdapat banyak kekurangan, sejatinya kesempurnaan itu hanya milik Allah SWT Yang Kuasa.

Oleh sebab itu, kami tentu menerima masukan dan saran dari pembaca demi penyempurnaan lebih lanjut. Akhirnya kami mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada semua pihak yang telah mendukung dalam proses penyusunan dan penerbitan buku ini, secara khusus kepada Penerbit Media Sains Indonesia sebagai inisiator book chapter ini. Semoga buku ini dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Bandung 1 November 2021

Editor.

Penulis

Feiby Ismail - lahir di Manado tanggal 26 Februari 1982. Penulis mulai menekuni disiplin ilmu Pendidikan Islam sejak S1 di Program Studi Pendidikan Agama Islam, kemudian mendalam ilmu Manajemen Pendidikan pada strata S2 di Universitas Negeri Manado. Penulis melanjutkan kajian-kajian Manajemen Pendidikan sampai meraih gelar doktor Manajemen Pendidikan di Universitas Negeri Manado. Selanjutnya, berbagai tulisan dan artikel bertemakan manajemen pendidikan Islam diterbitkan dalam jurnal ilmiah nasional dan internasional, penulis juga telah menerbitkan beberapa judul buku seperti Manajemen Mutu Madrasah, Pengembangan Kurikulum, dan Pendidikan Agama Islam. Mengawali karir sebagai pengelola Laboratorium Micro Teaching, kemudian sebagai Sekretaris Jurusan Pendidikan Agama Islam dan pernah aktif sebagai pengelola Jurnal Pendidikan Iqra’ IAIN Manado, tahun 2017-2019 menjabat sebagai Ketua Program Studi Manajemen Pendidikan Islam dan saat ini menjalankan amanah sebagai Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama pada Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Manado. Aktif di berbagai organisasi profesi, Penulis adalah Bendahara Umum Perkumpulan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (PPMPI) Se-Indonesia periode 2017-2021, sebagai Wakil Ketua di Perkumpulan Manajer Pendidikan Islam Indonesia (Permapendis) periode 2019-2024 dan sebagai pengurus di Asosiasi Prodi Manajemen/Administrasi Pendidikan Indonesia (APMAPI) periode 2017-2022.
Muhammad Haris - Anak kedua dari H. P. Muhsinudin (Alm) dan Hj. Kusmiati, lahir pada 24 Maret 1987 Puskesmas Pangandaran. Jenjang pendidikan sejak 1990, Raudhatul Athfal (RA) Al-Fajar, dilanjutkan tahun 1994 Madrasah Ibtidaiyah (MI) Pondoklombok Sidomulyo, lulus tahun 2000. Melanjutkan di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTs N) Pangandaran, hingga 2003. Sejak itu, merantau di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Yogyakarta 1 dan Madrasah Aliyah Keagamaan Negeri (MAK N) Yogyakarta, lulus tahun 2006.

Dari Yogyakarta hijrah ke Surabaya, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sunan Ampel, Strata Satu (S1) Pendidikan Agama Islam, lulus tahun 2010. Tiga hari sebelum Wisuda, dua hari sebelum Yudisium, menjadi Dosen Luar Biasa (DLB) di Kependidikan Islam, yang kini Manajemen Pendidikan Islam (MPI). Strata Dua (S2) konsentrasi Pendidikan Islam Institut Agama Islam Darussalam (IAID) Ciamis Jawa Barat, lulus tahun 2013, predikat Cumlaude. Setelah lulus, menjadi Dosen Luar Biasa (DLB) pada Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) Pendidikan Agama Islam Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, hingga 2015. Tahun 2014 menikah dengan Hidayatul Mufidah, Alhamdulillah diberi kepercayaan dengan dua keturunan, yaitu Ahmad Munif Al Hafi dan Muhammad Kamil AlHafi. Sejak tahun 2016, menjadi Dosen Tetap Institut Pesantren Sunan Drajat (INSUD) Lamongan pada Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI).
Jumira Warlizasusi - Penulis berasal dari daerah Sumatera Barat. Beliau dilahirkan pada tanggal 25 September 1966 di Tarusan Pesisir Selatan. Jumira menamatkan pendidikannya di di SDN 4 Kota Sawahlunto Sumatera Barat. Setelah tamat SD lalu melanjutkan sekolah di SMP Negeri Sawah Lunto dan tamat tahun 1982. Kemudian sekolahnya dilanjutkan di SMAN 4 Padang, tamat tahun 1985. Pada tahun 1986 menempuh pendidikan D3 (Diploma 3) Sendratasik IKIP Padang tamat tahun 1989. Pada tahun 1990 beliau tranfer pendidikan dari D3 IKIP Padang ke S1 IKIP Jogjakarta Prodi Pendidikan Seni Tari. Tahun 2007 melanjutkan pendidikannya di S2 Manajemen Pendidikan Universitas Bengkulu dan tahun 2015 pendidikan terakhirnya di Prodi Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Jakarta dan menamatkan pendidikannya tahun 2018. Jumira Warlizasusi memiliki 3 orang anak dari Dr. H. Ifnaldi, M.Pd yaitu Farhan Fadhillah sekarang sedang co-ass di Fakultas Kedokteran Gigi Baiturrahmah Padang, anak yang kedua Fathur Rizki kuliah di Istanmbul Zahabattin Zaim Turki Prodi Hubungan Internasional dan anak yang bungsu Fayza Zahira Ikhwanina klas XI di MAN Insan Cendekia Bengkulu Tengah. Hasil karya tulis berupa buku diantaranya yaitu Kepemimpinan Transformasi Pendidikan Tinggi (2018), Komitmen Guru (2019), Studi Islam Internasional (Kajian dan Pendekatan Multidisipliner, Bookchapter, 2021).
Cepi Budiyanto - Lahir di Lebak Banten pada tanggal 28 April 1987. Merupakan Dosen Tetap pada Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Al-Ihsan Baleendah Bandung dan mengemban amanah sebagai Ketua Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) jenjang Sarjana (S1) sejak tahun 2021. Yang beralamat di Jl. Adipati Agung No. 40 Baleendah Kabupaten Bandung.

Cepi Budiyanto menamatkan Sekolah Dasar di SDN Mekarmanik 1 Banten lulus tahun 1999, Madrasah Tsanawiyah di Al-Idrus Rangkasbitung Banten lulus tahun 2002, Sekolah Menengah Atas di Al-Ittihad Cianjur Jawa Barat lulus tahun 2005, melanjutkan studi ke tingkat Sarjana Jurusan Kependidikan Islam (KI) lulus tahun 2009 di UIN Sunan Gunung Djati dan setelah empat tahun lanjut ke program Magister Manajemen Pendidikan Islam (MPI) lulus tahun 2015, di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

Selain menjadi dosen Cepi Budiyanto juga menjadi guru di SMK Nur Kautsar sebagai guru Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK) dan memiliki usaha dalam bidang fashion anak-anak yaitu kerudung anak dan gamis anak dengan merek niswa/niswa.hijabkids sejak tahun 2019.

Di antara karya tulis ilmiah yang ditulisnya adalah: 1) Manajemen Tenaga Pendidik Madrasah (studi kasus MI Al-Misbah Cipadung Bandung, 2) Manajemen Pendidikan Kepramukaan Dalam Pembentukan Karakter, 3) Pembentukan Karakter Disiplin Melalui Metode Pembiasaan di Lingkungan Sekolah Dasar.
Siti Julaiha - lahir di Amuntai, 9 Oktober 1977, anak keenam dari tujuh bersaudara dari pasangan Bapak (Alm) H. Thalhah dan Ibu Hj. Atiah. Menikah dengan Imtiqa, S.Ag., MH pada tahun 2004 dan dikaruniai 2 orang anak yaitu Welny Muhammad Zamzami dan Weidad Nur Faezah.

Pendidikan Sarjana (S1) di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Antasari Banjarmasin jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) FTIK dan lulus tahun 2000 sebagai lulusan terbaik dengan predikat Cumlaude. Pada tahun 2001 melanjutkan pendidikan Program Magister (S2) di Program Studi Manajemen Pendidikan (MP) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan lulus tahun 2003. Pendidikan Program Doktor (S3) dilanjutkan pada tahun 2015 di program Studi Manajemen Pendidikan Universitas Mulawarman dan selesai pada tahun 2020, dengan IPK 3, 81.

Pada tahun 2005 diangkat PNS sebagai dosen di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, dan tahun 2011 mutasi ke IAIN Samarinda sebagai dosen tetap di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Selain sebagai dosen, penulis juga menjabat sebagai ketua program studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) IAIN Samarinda dan aktif sebagai pengurus wilayah Muslimat NU Kalimantan Timur sebagai ketua IV masa hikmat sampai tahun 2022

Selain sebagai peneliti, penulis juga aktif menulis buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara yang tercinta ini.
M. Muhsin Ks. - Lahir di Demak, 11 Juni 1951, adalah Dosen Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fak. Agama Islam Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang. Lulus dari Fakultas Syari’ah Unhasy Tebuireng tahun 1977, dan Program Pascasarjana S2 Prodi PAI IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta tahun 1993. Dari tahun 1998-2001 menjabat Ketua LP3M, dan tahun 2002-2011 menjabat Sekretaris Program Pascasarajan, kemudian pada tahun 2011- sekrang menjabat Wakil Rektor 2 di Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang
Jaja Jahari - Guru Besar bidang Ilmu Administrasi Pendidikan UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan mengemban Amanah sebagai Ketua Prodi Manajemen Pendidikan Islam jenjang Magister (S2) sejak tahun 2018. Lelaki kelahiran tahun 1956 ini menamatkan Magister dan Doktor Administrasi Pendidikan di Universitas Pendidikan Indonesia Bandung.

Selain menjadi dosen adalah Jaja Jahari juga menjadi pembina Yayasan Darul Hikam Bandung yang mengelola sekolah unggulan dari mulai Taman Kanak-Kanak (TK) sampai dengan Sekolah Menengah Atas (SMA). Di antara buku yang ditulisnya adalah: 1) Manajemen Sumber Daya Manusia Pendidikan Islam, 2) Kepemimpinan Pendidikan Islam, 3) Pengeloaaan Pendidikan, 4) Manajemen Madrasah dan lain-lain. Untuk berhubungan bisa
Ayit Irpani - Ketertarikan penulis terhadap dunia pendidikan mengantarkannya pada gelar doktor yang berhasil di raih pada tahun 2019. Pendidikan menengah diselesaikan di Pesantren Persis Garut, dan semakin menguatkannya untuk mendalami Pendidikan agama Islam. Lulus S1 dari Institut Al-Aqidah Jakarta dengan jurusan Awal Syaksiyah tak menyurutkannya untuk menekuni dunia pendidikan. Penulis kemudian melanjutkan pendidikan jenjang S2 di Universitas Garut pada Prodi Manajemen Pendidikan Islam. Pada saat yang sama penulis menjadi guru pada Sekolah Dasar Islam Terpadu di Bekasi. Tak berhenti sampai disitu, penulis menyelesaikan S3 di UIN Sunan Gunung Djati Bandung Jurusan Pendidikan Islam. Saat ini penulis menjadi dosen di STAI Al-Falah Cicalengka Bandung, STIKES Karsa Husada Garut, dan STIT Lakbok Ciamis.

Penulis memiliki kepakaran di bidang Manajemen Pendidikan Islam. Untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis aktif sebagai pengurus ISNU Jabwa Barat dan penceramah di beberapa majelis Ta’lim. Selain sebagai penceramah, penulis juga memulai aktif menulis jurnal dan buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi dunia pendidikan di negara tercinta ini.
Mardan Umar - lahir di Manado, pada tanggal 17 Juli 1980. Menyelesaikan pendidikan S1 pada Program Studi Pendidikan Agama Islam STAIN Manado, sedangkan gelar Magister Pendidikan diraih di Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung Penulis meraih Gelar Doktor Pendidikan juga di Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. Ketekunan penulis mengkaji bidang pendidikan khususnya Pendidikan Islam diwujudkan dalam bentuk karya tulis yang diterbitkan dalam bentuk Buku Pendidikan Agama Islam, Islam Rahmatan Lil Alamin, Manajemen Mutu Madrasah, dan buku Pendidikan Al-Qur’an pada Generasi Milenial. Selain itu, artikel ilmiah yang dipublikasikan di jurnal nasional dan internasional menunjukkan fokus keilmuan penulis di bidang pendidikan, pendidikan Islam,serta pendidikan nilai dan karakter. Penulis terlibat aktif dalam organisasi profesi sebagai Ketua 1 Pengurus Pusat Perkumpulan/ Asosiasi Dosen Pendidik Karakter Indonesia (ADDIKSI), Wakil Sekretaris Asosiasi Dosen Pendidikan Agama Islam seluruh Indonesia (ADPISI) Sulawesi Utara, Pengurus Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia (AP3KnI) Sulawesi Utara, dan Pengurus Pusat PERSADA-NU. Penulis saat ini tercatat sebagai Dosen tetap pada Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado.
Arifia Retna Yunita - Dosen Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Kraksaan Probolinggo dan sebagai dosen tetap di Prodi Manajemen Pendidikan Islam Jenjang Sarjana (S1) sejak tahun 2017. Kelahiran Jeember 1986 ini menamatkan Magister di Universitas Islam Negeri KH Ahcmad Siddiq Jember.
Abdul Gafur - Dosen Tetap pada Kampus Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIS) Sumbawa. Lahir di desa Wora, kecamatan Wera, Kabupaten Bima-NTB, 03 Maret 1993. Anak pertama Pasangan Bapak Hurman dan Ibu Asiah Almh. Penulis menempuh pendidikan SD-SMP di kampung halamannya. Kemudian 2011 melanjutkan ke Jenjang SMA, di Madrasah Aliyah 2 Kota Bima. 2016 meraih gelar Sarjana di Universitas Islam Negeri Mataram. Kemudian melanjutkan ke jenjang pendidikan S2 di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) lulus 2019 dengan IPK memuaskan. Saat ini sedang menempuh Pendidikan Doktoral (S3) di UIN Malang.

Saat menyelesaikan Program S1 di Mataram, penulis aktif dalam organisasi intra dan ekstra Kampus, di intra kampus aktif di kepengurusan badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Tarbiyah 2014. dan kembali aktif pada kepengurusan BEM UIN Mataram bidang Staff ahli luar kampus 2016. Kemudian di organisasi Ekstra Kampus pernah aktif di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Fakultas Tarbiyah UIN Mataram 2013, menjadi Master Of Training Perkaderan HMI Cabang Mataram, dan Juga aktif di kepengurusan Korps Mubaligh Muhammadiyah (KMM) Kabupaten Sidoarjo bidang Jurnalistik. Saat ini sudah menerbitkan lebih dari enam buku.
Uswah Fadilah - Lahir dari pasangan Hi. Kaidi Uman dengan Hj. Ngatinem di Kampung Paduan Rajawali Kecamatan Meraksa Aji Kabupaten Tulang Bawang Provinsi Lampung, dilahirkan Pada Tahun 1987. Menamatkan Pendidikan Magister Pendidikan Islam di IAIN Raden Intan Lampung Lulus Tahun 2012.

Pada tahun 2009 menjalankan tugas sebagai pengajar dibeberapa sekolah di kecamatan Gedung Aji dan Meraksa Aji diantaranya di SMAN 1 Gedung Aji dan di MA Al-Fadlu. Kemudian mulai Tahun 2010 penulis menjadi Dosen Tetap di salah satu Perguruan Tinggi Swasta di STAI Tulang Bawang, Lampung hingga sekarang dan Mengemban Amanah Sebagai Ketua Prodi Manajemen Pendidikan Islam Jenjang (S1). Salah satu buku yang sudah diterbitkan dengan judul “Manajemen Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru PAI” yang diterbitkan pada Tahun 2021.

Saat ini penulis tinggal di Kampung Paduan Rajawali Kecamatan Meraksa Aji Kabupaten Tulang Bawang Provinsi Lampung. Pada Tahun 2013 menikah dengan Windi Hartoyo.
Hasnawati - Penulis mengawali pendidikan di Perguruan Tinggi Islam dan berhasil menyelesaikan studi S1 di prodi Pendidikan Agama Islam di IAIN Imam Bonjol Padang pada tahun 1995. Penulis menyelesaikan studi S2 di prodi Administrasi pendidikan di Universitas Negeri Padang pada tahun 1999.setelah itu menyelesaikan Pendidikan S3 pada prodi Ilmu Pendidikan di UNP pada tahun 2012

Penulis memiliki kesempatan pada tahun 2008 mengikuti program Sandwich yang didanai oleh KemenristekDIKTI ke OHIO State Universiti Amerika Serikat, Pada tahun 2018 diberi HIbah penelitian DIKTIS ke Belanda mengenai Ulama Perempuan di Minangkabau tentang pendidikan perempuan di Minangkabau dan pada tahun 2019 diundang untuk mempresentasikan hasil penelitian tentang pendidikan perempuan di Minangkabau yang berkaitan dengan pola matriakat di India. Selain peneliti, penulis juga aktif menulis buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara yang sangat tercinta ini. Atas dedikasi dan kerja keras dalam menulis buku, berupa buku ilmiah dan buku Daras yang digunKn untuk kelancaran perkuliahan.
Wahyu Fitrina Defi - lahir pada tanggal 18 Desember 1993 di Bukittinggi. Penulis merupakan alumni S2 Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang. Sebelumnya melakoni pekerjaan sebagai pengajar dan pengelola sekolah mulai tahun 2015 sampai awal tahun 2019 di Sumatera Barat. Kemudian awal tahun 2019-sekarang Alhamdulillah diamanahkan sebagai dosen sekaligus sekretaris di Prodi Manajemen Pendidikan Islam, STAIN Mandailing Natal. Penulis memiliki ketertarikan terhadap sastra berupa puisi dan seni olah vokal. Berikut beberapa karya penulis dalam bentuk: 1) antologi Cerpen Dosen STAIN Madina, 2) antologi cerpen istikharah cinta, dan 3) antologi esai perpustakaan. Penulisan bookchapter bersama dosen-dosen senior PPMPI ini adalah pengalaman baru dan pertama bagi penulis yang masih dalam tahap belajar. Semangat literasi.

Editor

Zaedun Na’im - Editor merupakan dosen tetap di STAI Ma’had Aly Al-Hikam Malang dan pada tahun 2020 hingga sekarang menjabat sebagai ketua program studi atau kaprodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI). Dan untuk menguatkan keilmuan dan prodi yang ditekuninya tahun 2020 melanjutkan studi ke jenjang program doktoral (S3) prodi Manajemen Pendidikan Islam di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Ketertarikan Editor pada bidang manajemen pendidikan Islam tidak lepas juga dari pengalaman editor sebagai pengelola jurnal atau editor in chief sejak tahun 2017 hingga saat ini pada jurnal Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam milik prodi MPI STAI Ma’had Aly Al-Hikam Malang yang sudah terakreditasi sinta 3 dan juga beberapa karya buku yang sudah dihasilkan berkenaan dengan manajemen pendidikan Islam (bisa dilihat pada profil sinta editor: https://sinta.kemdikbud.go.id/authors/detail?id=6667607&view=book)
Selain tertarik pada bidang manajemen pendidikan Islam, editor juga memiliki ketertarikan pada bidang pendidikan Agama Islam, hal ini didukung dengan pengalaman editor sebagai editor atau reviewer beberapa jurnal pada perguruan tinggi nasional bidang pendidikan Agama Islam hingga saat ini

Daftar Isi

Cover Depan
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab 1. Konsep Dasar Manajemen Pendidikan Islam
     Definisi Manajemen Pendidikan
     Makna Pendidikan Islam
     Manajemen Pendidikan Islam
Bab 2. Ruang Lingkup Manajemen Pendidikan Islam
     Manajemen Kurikulum
     Manajemen Peserta Didik
     Manajemen Kepegawaian
     Manajemen Keuangan
     Manajemen Sarana dan Prasarana
     Manajemen Perkantoran
     Manajemen Hubungan Masyaraka
     Manajemen Unit Penunjang
     Manajemen Ekstrakurikuler
Bab 3. Manajemen Personalia Pendidikan Islam
     Manajemen Pada Aspek Personalia (Management By
     Manajemen Personalia
     Hal-Hal Penting yang Perlu Ditangani Oleh Para
Bab 4. Manajemen Kesiswaan Pendidikan Islam
     Konsep Dasar Manajemen Kesiswaan Pendidikan Islam
     Untitled
     Prinsip-Prinsip Manajemen Kesiswaan
     Pendekatan Manajemen Kesiswaan
     Ruang Lingkup Manajemen Kesiswaan
Bab 5.  Manajemen Kurikulum
     Konsep Manajemen Kurikulum
     Prinsip Manajemen Kurikulum
     Fungsi Manajemen Kurikulum
     Siklus Manajemen Kurikulum
     Perencanaan Kurikulum
     Pengorganisasian Kurikulum
     Pelaksanaan Kurikulum
     Evaluasi Kurikulum
     Penutup
Bab 6. Manajemen Keuangan Pendidikan Islam
     Pendahuluan
     Pengertian Manajemen Keuangan Pendidikan Islam
     Sumber Keuangan Pendidikan Islam
     Manajemen Keuangan Islam
Bab 7. Manajemen Sarana dan Prasarana Lembaga Pendidikan
     Konsep Manajemen Sarana Prasarana Pendidikan
     Manfaat Manajemen Sarana Prasarana
     Tujuan Manajemen Sarana Prasarana
     Prinsip-Prinsip Manajemen Sarana dan Prasarana
     Perencanaan Sarana dan Prasarana
     Pengadaan Sarana dan Prasarana Pendidikan
     Jenis Sarana dan Prasarana Pendidikan
     Macam-Macam Sarana Pendidikan
     Penyimpanan Sarana Pendidikan
     Pemeliharaan Sarana Pendidikan
     Pengawasan Sarana dan Prasarana
     Jenis-Jenis Pengawasan
     Sistem Inventaris dan Penghapusan Sarana Prasarana
     Penataan Sarana dan Prasarana
Bab 8. Kepemimpinan Pendidikan Islam
     Pengertian dan Hakekat Kepemimpinan Pendidikan
     Fungsi Kepemimpinan Pendidikan Islam
     Teori-Teori Kepemimpinan Pendidikan Islam
     Syarat-Syarat Kepemimpinan Pendidikan Islam
     Tipe-Tipe Kepemimpinan Pendidikan Islam
Bab 9. Manajemen Mutu Pendidikan Islam
     Definisi Mutu
     Implementasi Manajemen Mutu Pendidikan Islam
Bab 10. Manajemen Perubahan Pendidikan Islam
     Pendahuluan
     Konsep Dasar Manajemen Perubahan
Bab 11.  Manajemen Konflik Pendidikan Islam
     Manajemen Konflik
     Tujuan Manajamen Konflik
     Pendekatan Manajemen Konflik
     Penyebab Terjadinya Konflik
     Jenis-Jenis Konflik
     Tahapan-Tahapan Konflik
     Perubahan Padangan Konflik
     Pengaruh Konflik Terhadap Lembaga Pendidikan
     Strategi Penyelesaian Konflik
Bab 12. Manajemen Pesantren
     Pendahuluan
     Pendidikan Pesantren
     Pesantren di Era Perubahan
     Kelemahan Pesantren di Era Perubahan
     Kelemahan Pesantren di Era Perubahan
     Tantangan Pesantren dalam Menghadapi Globalisasi
     Tantangan Pesantren dan Kebutuhan
     Faktor Pendukung Pesantren di Era Perubahan
     Kesimpulan
Bab 13. Manajemen Madrasah
     Konsep Dasar Manajemen Madrasah
     Fungsi Manajemen Madrasah
     Komponen-Komponen Manajemen Madrasah
Bab 14. Manajemen Perguruan Tinggi Islam
     Abstrak
     Pendahuluan
     Pembahasan
     Kesimpulan
Cover Belakang