Inilah Koran dapat dibaca gratis dalam masa terbatas di aplikasi smartphone & tablet Android.

Editorial

TAK susah mencari bagaimana makna bank bjb bagi Jawa Barat. Tengoklah, kemanapun bendera Jabar berkibar, di sana ada bank bjb. Bahkan di ajang-ajang remeh temeh sekalipun.

Tak ada yang keliru dengan itu. Sebab, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten itu menjadi korporasi milik daerah yang paling kinclong. Tidak hanya dari sisi profit, melainkan juga performa.

Tengok saja, bank bjb kini tercatat sebagai Bank Pembangunan Daerah nomor satu di tanah air. Dalam kelompok bank umum pun, posisinya berada di peringkat ke-14. Hanya kalah dibanding bank-bank raksasa, utamanya bank-bank milik BUMN atau konglomerat kakap.

Tahun 2021, misalnya, bank bjb mencatat laba yang tumbuh hingga mencapai Rp2,6 triliun. Tentu masih jauh di bawah BRI, misalnya, yang labanya mencapai Rp31,1 triliun. Tapi, sudah pasti tak bisa membandingkan bank bjb dengan Bank BRI.

Sejarah dan kelasnya beda. Bank Jatim sepanjang tahun lalu hanya meraih laba Rp1,52 triliun. Bank DKI hingga kuartal III baru mencapai Rp564 miliar.

Bank bjb memang melangkah lebih cepat dibanding bank-bank daerah lainnya. Itu semua berawal dari keputusan membiarkan publik memiliki saham bank bjb. Keputusan listing di Bursa Efek Indonesia itu, mau tak mau, membuat bank bjb harus bertransformasi menjadi bank yang harus dikelola amat profesional, jauh dari kepentingan-kepentingan politik dan pemegang saham.

Sejak itu, bank bjb bertransformasi menjadi bank modern. Kita tentu tak boleh melupakan jajaran direksi sebelumnya yang mengawal proses transformasi tersebut. Tapi, yang kita lihat adalah siapapun yang dipercaya memimpin bank bjb, proses tersebut bisa berjalan dan menunjukkan kemajuan berarti.

Terutama saat ini, ketika pandemi mendera seluruh sendi kehidupan bangsa. Bahwa pada tahun buku 2021, perbankan menangguk laba yang besar tidaklah yang mengejutkan. Tapi, di tahun pertama dan kedua, saat perbankan keteteran, bank bjb tetap menunjukkan performa yang meningkat.

Kini pun, kita melihat kemajuan bank bjb menyita perhatian manajemen dan direksi bank-bank daerah lainnya. Bank bjb menjadi role model bagi mereka. Tak sedikit yang menunjukkan minat menjalin kerja sama dengan bank bjb.

Tentu saja itu menjadi hal yang wajarwajar saja. Sebab, kemajuan yang dialami bank bjb, semestinya bisa menghadirkan daya ungkit juga bagi bank-bank daerah lain, menunjang perekonomian daerah, dan pada akhirnya mengungkit pula kemajuan nasional.

Siapa tahu, bank-bank daerah lain juga bisa menikmati laba seperti besarnya laba bank bjb

Maret 2022