Tampilkan di aplikasi

Buku Media Sains Indonesia hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Ilmu Gizi

(Teori, Aplikasi dan Isu)

1 Pembaca
Rp 110.000 41%
Rp 65.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 195.000 13%
Rp 56.333 /orang
Rp 169.000

5 Pembaca
Rp 325.000 20%
Rp 52.000 /orang
Rp 260.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Book chapter ini disusun oleh sejumlah akademisi dan praktisi sesuai dengan kepakarannya masing-masing. Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Ilmu Gizi (Teori, Aplikasi dan Isu). Sistematika buku Ilmu Gizi (Teori, Aplikasi dan Isu) ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Oleh karena itu diharapkan book chapter ini dapat menjawab tantangan dan persoalan dalam sistem pengajaran baik di perguruan tinggi dan sejenis lainnya.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Hepti Muliyati / Haslinah / Erika Nurwidiyanti / Atik Badi’ah / Hilda Sulistia Alam / Oktavina Permatasari / Sanya Anda Lusiana / Hardi Firmansyah / Welresna Juliatri Putri Rupiasa / Adillah Imansari / Ratih Nurani Sumardi / Aliyah Fahmi / Ariani Damayanti / Riana Pangestu Utami / Risti Rosmiati
Editor: Arif Munandar

Penerbit: Media Sains Indonesia
ISBN: 9786233624404
Terbit: Maret 2022 , 270 Halaman










Ikhtisar

Book chapter ini disusun oleh sejumlah akademisi dan praktisi sesuai dengan kepakarannya masing-masing. Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Ilmu Gizi (Teori, Aplikasi dan Isu). Sistematika buku Ilmu Gizi (Teori, Aplikasi dan Isu) ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Oleh karena itu diharapkan book chapter ini dapat menjawab tantangan dan persoalan dalam sistem pengajaran baik di perguruan tinggi dan sejenis lainnya.

Pendahuluan / Prolog

Kata Pengantar
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas berkat, rahmat dan karunia-Nya sehingga buku kolaborasi dalam bentuk book chapter dapat dipublikasikan dan dapat sampai dihadapan pembaca.

Book chapter ini disusun oleh sejumlah akademisi dan praktisi sesuai dengan kepakarannya masing-masing.

Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Ilmu Gizi (Teori, Aplikasi dan Isu).

Sistematika buku Ilmu Gizi (Teori, Aplikasi dan Isu) ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Oleh karena itu diharapkan book chapter ini dapat menjawab tantangan dan persoalan dalam sistem pengajaran baik di perguruan tinggi dan sejenis lainnya.

Kami menyadari bahwa tulisan ini jauh dari kesempurnaan dan masih terdapat banyak kekurangan, sejatinya kesempurnaan itu hanya milik Yang Kuasa. Oleh sebab itu, kami tentu menerima masukan dan saran dari pembaca demi penyempurnaan lebih lanjut.

Akhirnya kami mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada semua pihak yang telah mendukung dalam proses penyusunan dan penerbitan buku ini, secara khusus kepada Penerbit Media Sains Indonesia sebagai insiator book chapter ini. Semoga buku ini dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Bandung, Januari 2022
Editor

Penulis

Hepti Muliyati - Ketertarikan penulis terhadap ilmu gizi dimulai pada tahun 2007 silam. Hal tersebut membuat penulis memilih Prodi Ilmu Gizi untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi dan berhasil menyelesaikan studi S1 di Universitas Hasanuddin pada tahun 2011. Kemudian pada tahun 2015 penulis menyelesaikan studi S2 di Prodi Ilmu Gizi Institut Pertanian Bogor.

Penulis memiliki kepakaran dibidang pangan lokal, gizi ibu dan anak. Penulis pun aktif sebagai peneliti dibidang kepakarannya tersebut untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi dan juga Kemenristek DIKTI. Selain peneliti, penulis juga aktif menulis buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara yang sangat tercinta ini.
Haslinah - Penulis berhasil menyelesaikan studi S1 pada prodi Kesehatan Masyarakat STIK Tamalatea Tahun 2000, Pada tahun 2008, penulis menyelesaikan studi S2 Departement Administrasi dan kebijakan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat di Universitas Hasanuddin dan Pada tahu 2019 penulis menyelesaikan studi S3 Fakultas Kesehatan Masyarakat program Doktoral Universitas Hasanuddin. Penulis mengajar mata kuliah Administrasi dan Kebijakan Kesehatan di Universitas Aufa Royhan Kota padangsidempuang. Dan untuk mendukung efektivitas perkuliahan, maka penulis ikut serta dalam penyusunan buku ini. Selain itu, penulis pun aktif dalam penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh Kemenristek DIKTI dan LPDP. Penulis juga aktif dalam kegiatan ilmiah prosiding, publikasi jurnal nasional terakreditasi dan internasional. Buku ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi mahasiswa dan pendidik.
Erika Nurwidiyanti - Penulis lahir di kabupaten Kulon Progo, pada tanggal 22 November 1985. Penulis memiliki ketertarikan terhadap ilmu keperawatan sejak tahun 2004. Hal tersebut membuat penulis memilih untuk masuk ke Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dengan memilih jurusan pada Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) dan berhasil lulus pada tahun 2010. Penulis kemudian melanjutkan pendidikan magister pada Program Studi Magister Keperawatan di Universitas Gadjah Mada dan berhasil menyelesaikan studi S2 pada tahun 2017.

Penulis memulai karir pada tahun 2010 dengan bekerja sebagai perawat di Puskesmas Desa Lara, Kec Baebunta, Kab Luwu Utara, kemudian menjadi perawat di RSU PKU Muhammadiyah Bantul. Pada tahun 2011, penulis mulai tertarik menjadi pendidik dan melanjutkan karir menjadi Asisten Dosen di PSIK UMY. Pada tahun 2013, penulis menjadi dosen di Akper Notokusumo. Sejak tahun 2015 sampai dengan saat ini, penulis adalah dosen tetap di Program Studi Keperawatan Program Sarjana STIKES Guna Bangsa Yogyakarta.

Penulis memiliki kepakaran dibidang keperawatan medikal bedah dan keperawatan gawat darurat & kritis. Untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis aktif sebagai peneliti di bidang kepakarannya tersebut. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi dan juga Kemenristek DIKTI. Penulis juga aktif menulis buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi yang positif bagi nusa dan bangsa ini.
Atik Badi’ah - Lahir di Trenggalek, 30 Desember 1965. Bekerja sebagai dosen/Lektor Kepala di Jurusan Keperawatan Politeknik Kesehatan Kemenkes Yogyakarta mulai 1988 s.d sekarang. Lulus Akademi Perawat Dep Kes Yogyakarta 1987, Lulus IKIP PGRI Wates Bimbingan Konseling tahun 1994, Lulus S 1 Keperawatan PSIK FK UNPAD Bandung tahun 1997, Lulus S2 Kesehatan Ibu Anak FK UGM tahun 2002 dan Lulus S3 Promosi Kesehatan Pasca Sarjana UNS Surakarta tahun 2018. Pernah menjadi dosen berprestasi Poltekkes tingkat Nasional tahun 2006. Mendapat penghargaan dari Presiden dan Menteri Kesehatan. Menjadi penguji eksternal Disertasi S3 Promosi Kesehatan UNS. Menjadi Asesor Beban Kinerja Dosen (BKD). Menjadi Reviewer Internal Jurnal Caring Jurusan Keperawatan Poltekkes Yogyakarta, menjadi Reviewer Eksternal Jurnal Internasional Health Notion, Jurnal Nasional Forikes Poltekkes Surabaya, Jurnal Nasional Surya Medika Stikes Surya Global Yogyakarta, Jurnal Nasional Health Sciences and Pharmacy Journal Stikes Surya Global Yogyakarta dan Jurnal Nasional MIKKI Stikes Wira Husada Yogyakarta. Menjadi Reviewer Penelitian Eksternal Nasional dan Reviewer internal Penelitian dan reviewer internal pengabdian masyarakat tingkat Poltekkes Yogyakarta. Menjadi pembicara tingkat lokal dan nasional....
Hilda Sulistia Alam - Lahir di Bandung, 14 Juni 1990. Lahir dari Ayah bersuku Buton dan Ibu bersuku Sunda. Hijrah ke Bau Bau sebuah kota kecil di Provinsi Sulawesi Tenggara menghabiskan waktu kecil di kota ini bersama kedua orangtua yang bertugas sebagai PNS. Penulis menyelesaikan pendidikan (D-3) di Akademi Kebidanan Yayasan Kesehatan Nasional Baubau pada tahun 2012. Pada tahun 2012 Penulis bekerja sebagai seorang bidan di salah satu Rumah Sakit Bersalin Swasta di Kota Baubau sebelum melanjutkan pendidikan (D-4). Gelar Sarjana Sains Terapan diperoleh pada tahun 2014 dari STIKes Jenderal Achmad Yani Cimahi. Menyelesaikan pendidikan (S-2) terapan kebidanan di STIKes Dharma Husada Bandung pada tahun 2019. Pada Tahun 2022 lulus Pendidikan Profesi Bidan di STIKes Ngudia Husada Madura.

Saat ini penulis sebagai dosen tetap Yayasan Kesehatan Nasional Baubau di Politeknik Baubau sejak 2014-sekarang. Ketertarikan akan menulis dimulai dengan diterbitkannya Buku Pertama yang berjudul “Upaya Mengurangi Nyeri Persalinan dengan Metode Akupresur”.
Oktavina Permatasari - Lahir di Salatiga, 08 Oktober 1989 dan saat ini tinggal di Semarang. Pendidikan studi S1 Kimia Fakultas Sains dan Matematika Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga lulus pada Tahun 2011 dan pada Tahun 2012 melanjutkan studi S2 Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang lulus pada Tahun 2015. Saat ini aktif menjadi Dosen Prodi Gizi Program Sarjana Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Elisabeth Semarang

Penulis memiliki ketertarikan di bidang kimia pangan dan ilmu gizi sesuai dengan latar belakang pendidikan. Dalam pengembangan karir sebagai dosen profesional, penulis aktif sebagai peneliti dibidang kepakarannya, pelaksanaan pengabdian masyarakat, dan publikasi jurnal baik nasional dan internasional, serta Hak Karya Ilmiah sederhana.
Sanya Anda Lusiana - Lahir di Medan pada tanggal 10 Agustus 1985, menyelesaikan Sarjana pada Program Studi Gizi Masyarakat dan Sumberdaya Keluarga, Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor Tahun 2008. Tahun 2016 Penulis berhasil menyelesaikan Magister Sains dari Program Studi Ilmu Gizi Masyarakat, Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor. Saat ini penulis merupakan staff pengajar pada Jurusan Gizi Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Jayapura. Penulis aktif mempublikasi karya ilmiahnya di Jurnal Nasional dan Internasional yang berkaitan dengan bidang gizi dan pangan. Penulis juga telah beberapa kali mengeluarkan buku bersama dengan penulis lainnya diantaranya Teknologi Fermentasi, Metodologi Penelitian Kesehatan, Ekologi Pangan dan Gizi, Kesehatan dan Gizi Anak, Ilmu Gizi Dasar. Selain itu, penulis adalah Chief in Editor pada Jurnal Gema Kesehatan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Jayapura dan juga sebagai reviewer di salah satu jurnal Nasional.
Hardi Firmansyah - Diawali dengan ketertarikan penulis terhadap fisiologi tubuh manusia, penulis menempuh pendidikan S1 di jurusan Biologi, FMIPA Universitas Syiah Kuala pada tahun 2007. Setelah selesai, penulis mendapatkan beasiswa BPPDN serta melanjutkan pendidikan di Fakultas Ekologi Masyarakat, jurusan Ilmu Gizi, Institut Pertanian Bogor pada tahun 2013. Ketertarikan penulis terhadap fisiologi semakin erat dengan melakukan penelitian yang berhubungan dengan sistem tubuh pada saat menyelesaikan program sarjana dan magisternya. Selain fisiologi, penulis juga mendalami gizi olahraga dan melakukan penelitian dalam bidang tersebut.

Saat ini penulis bekerja sebagai dosen di Program Studi Gizi, Jurusan Pendidikan dan Kesejahteraan Keluarga, Universitas Negeri Medan. Selain mengajar, penulis juga aktif melaksanakan penelitian dalam lingkungan Universitas. Penulis berharap kontribusi penulis dalam membuat tulisan dalam buku memberikan manfaat yang lebih luas terutama untuk pembaca dalam berupaya untuk memenuhi kebutuhan referensi tentang ilmu gizi kerja dan olahraga.
Welresna Juliatri Putri Rupiasa - Ketertarikan penulis terhadap Ilmu kesehatan masyarakat dimulai pada tahun 2012 silam. Hal tersebut membuat penulis memilih untuk masuk ke Fakultas Kesehatan Masyarakat UNDANA dengan memilih Peminatan Gizi Kesehatan Masyarakat dan berhasil lulus pada tahun 2017. Penulis kemudian sempat bekerja selama 2 tahun dan resign dari tempat kerja pada tahun 2019. Penulis kemudian melanjutkan perkuliahan di jenjang magister dan menyelesaikan studi di prodi Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro pada 2021 dan menjadi dosen di FKM UNDANA.

Penulis memiliki kepakaran dibidang Ilmu Kesehatan Masyarakat khusunya bidang promosi kesehatan, gizi masyarakat dan pengembangan pangan lokal. Untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis pun aktif sebagai peneliti dibidang kepakarannya tersebut. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti telah dipublikasi dalam jurnal nasional.. Peneliti juga aktif membuat konten kesehatan khususnya yang terkait dengan gizi pada instagram @nutrihabbit sebagai bagian dari promosi kesehatan melalui media sosial. Selain itu peneliti, penulis juga aktif menulis buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara yang sangat tercinta ini.
Adillah Imansari - Penulis menempuh pendidikan S1 di Program Studi Gizi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia dari tahun 2012-2016. Kemudian penulis mempresentasikan hasil skripsi dalam seminar gizi untuk bangsa pada tahun 2016 di FKM UI dengan judul asupan lemak sebagai faktor dominan terhadap kejadian usia menarche pada siswi SMP Islma Panglima Besar Sudirman Jakarta Timur. Penulis melanjutkan kuliah S2 di Program Studi Gizi di Institut Pertanian Bogor (IPB University) dari tahun 2017-2020. Selama kuliah S2 penulis pernah menjadi asisten pratikum mata kuliah perencanaan pangan dan gizi di Prodi Gizi, Departemen Gizi Masyarakat, FEMA IPB di tahun 2019. Setelah lulus S2, penulis mempublikasikan jurnal artikel ilmiah di Amerta Nutrition, Universitas Airlangga dengan judul pengaruh pendidikan gizi terhadap pengetahuan, sikap dan keterampilan konseling kader di posyandu yang terbit di tahun 2021 yang merupakan bagian dari hasil penelitian tesis.
Ratih Nurani Sumardi - Lahir di Jayapura, pada tanggal 14 September 1977 adalah Dosen di Politeknik Kesehatan Kemenkes Jayapura sejak tahun 2008. Bidang keilmuan adalah Ilmu Gizi. Menyelesaikan pendidikan D III Gizi tahun 1998 pada Akademi Kesehatan Terpadu Jayapura, tempat dimana sekarang Ia bekerja, D-IV Gizi di Universitas Brawijaya tahun 2003 dan S2 IKM di Universitas Gadjah Mada tahun 2011. Menjabat sebagai Ka Prodi D III Gizi Poltekkes Kemenkes Jayapura tahun 2014-2018.
Aliyah Fahmi - Ketertarikan penulis terhadap ilmu kimia dimulai pada tahun 2002 silam. Pada saat itu, penulis memulai perkuliahan pada program studi D3 Analis Kimia di Universitas Sumatera Utara, yang dilanjutkan S1 Kimia pada tahun 2005 s/d 2007. Penulis kemudian melanjutkan perkuliahan pada jenjang magister di tahun 2014 s/d 2016 dan menjadi Dosen Kimia di Universitas Efarina, Pematang Siantar. Pada saat ini, Penulis sedang menjalani studi S-3 di Universitas Andalas Padang dimana topik disertasi Penulis berkaitan dengan teh dari Sumatera Utara. Penulis pula telah melakukan kunjungan ke PTPN 4. Unit Teh Bah Butong untuk mendalami disertasi Penulis. Penulis aktif pula di dalam penelitian dan penulisan artikel-artikel Ilmiah maupun pemaparan sebagai dosen terhadap para mahasiswa/i. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh LPDP, Kemenristek dan BPI. Selain Peneliti, Penulis juga aktif menulis buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi negara Indonesia.


Ariani Damayanti - Lahir di Semarang, 3 April 1985. Ketertarikan penulis di bidang kesehatan khususnya pada bidang gizi sesuai dengan latar belakang pendidikan. Penulis telah menyelesaikan pendidikan S1 Ilmu Gizi di Universitas Diponegoro Semarang pada tahun 2008, kemudian menyelesaikan studi S2 Ilmu Gizi di Universitas Diponegoro Semarang pada tahun 2019. Saat ini aktif menjadi dosen Prodi Gizi Program Sarjana Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Elisabeth Semarang. Dalam mengembangkan karir dosen, penulis aktif dalam bidang pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat.
Riana Pangestu Utami - Ketertarikan penulis terhadap ilmu gizi dimulai ketika penulis berkuliah di semester 3 Departemen Gizi Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor. Penulis tertarik kepada bidang pangan dan gizi, serta berhasil menyelesaikan pendidikan sarjana pada tahun 2015 dengan skripsi berjudul “Ketahanan bakteri kandidat probiotik Lactobacillus casei strain NS yang dienkapsulasi nano-alginat terhadap pH rendah dan garam empedu”. Penulis kemudian melanjutkan pendidikan magister di Departemen Gizi Masyarakat dengan peminatan Gizi Manusia di Institut Pertanian Bogor. Penulis berhasil lulus pada tahun 2018 setelah menyelesaikan tesis berjudul “Kandungan gizi, total fenol, kuersetin, dan kapasitas antioksidan total pada berbagai proses pemasakan okra (Abelmoschus esculentus L.)”.

Setelah menyelesaikan pendidikan magister, penulis bekerja sebagai dosen dan aktif melakukan penelitian dan pengabdian di bidang gizi, terutama pangan lokal, gizi dan kesehatan. Penulis berhasil menyelesaikan Buku Ajar Ilmu Bahan Makanan dan sebuah buku yang mengulas pangan lokal berjudul “Pesona Makanan Suku Kaili: Makanan Khas Suku Kaili dan Kandungan Gizinya”. Penulis gemar menulis dan akan terus menulis untuk menyumbangkan buah pikirannya yang semoga bisa membantu mencerdaskan penerus bangsa.
Risti Rosmiati - Penulis lahir di Sukabumi, pada 5 Mei 1988. Ia memperoleh gelar S.Gz pada tahun 2011 dan M.Si pada tahun 2017 dari Program Studi Ilmu Gizi di Institut Pertanian Bogor. Sejak tahun 2018 sampai saat ini penulis menjadi dosen tetap di Program Studi Gizi Universitas Negeri Medan. Selain mengajar, ia aktif terlibat dalam penelitian dan pengabdian kepada masyarakat khususnya yang berkaitan dengan gizi masyarakat dan institusi. Selain itu aktif menghadiri seminar, konferens, pelatihan baik nasional maupun internasional. Penulis menerbitkan penelitiannya di jurnal peer-review nasional dan internasional serta menjadi editorial section di jurnal nasional dan peer-reviewer pada jurnal nasional dan internasional. Dua buah paten sebagai luaran hasil penelitian sebelumnya berhasil diperoleh pada November 2021 untuk produk softgel minyak ikan lele dan makanan instan berbasis tepung ikan lele. Penulis sebelumnya pernah terlibat juga dalam penulisan buku berjudul Manajemen Bencana dan Kegawatdarutan yang terbit tahun 2021.

Editor

Arif Munandar - Ketertarikan Editor terhadap ilmu keperawatan dimulai pada tahun 2009 silam. Hal tersebut membuat Editor memilih untuk masuk Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Mataram dengan memilih Jurusan Keperawatan dan berhasil lulus pada tahun 2013. Editor kemudian melanjutkan pendidikan Ners Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Mataram dan lulus pada tahun 2014. Lima tahun kemudian, Editor menyelesaikan studi S2 di prodi Keperawatan Program Pasca Ssrjanan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Sebagai pengalaman praktisi, Editor pernah bekerja ±1 tahun sebagai Staf Perawat di Klinik Royal Medikal Kabupaten Lombok Utara dan ±2 tahun sebagai Staf Perawat di Dinas Kesehatan Kabupaten Bima. Namun saat ini Editor memilih untuk mengabdikan diri sebagai Dosen dan aktif mengajar di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Bima. Editor juga pernah mengajar di Universitas Muhammadiyah Cirebon dari tahun 2019 s/d 2021.

Editor memiliki kepakaran dibidang Keperawatan Jiwa, Kesastraan, Riset Kualitatif, Kegawatdaruratan dan Kebencanaan, Manajemen Keperawatan dan Psikologi. Dan untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, Editor pun aktif sebagai peneliti dibidang kepakarannya tersebut. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi. Selain peneliti, Editor juga aktif menulis buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara yang sangat tercinta ini. Atas dedikasi dan kerja keras dalam menulis buku puisi,...

Daftar Isi

Cover Depan
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab 1. Konsep Dasar Ilmu Gizi
     Pengertian
     Sejarah Perkembangan Ilmu Gizi
     Fungsi Zat Gizi
     Macam-Macam Kandungan Gizi
     Ruang Lingkup Ilmu Gizi
     Pengelompokan Zat Gizi Menurut Kebutuhan
     Hubungan Gizi dengan Kesehatan
Bab 2. Prinsip Ilmu Gizi
     Ilmu Gizi
     Pentingnya Gizi
     Tipe Malnutrisi
     Komponen Makanan dan Energi
     Fitokimia dan Densitas Zat Gizi
     Perubahan Promosi
     Menilai Asupan Zat Gizi
Bab 3. Penilaian Status Gizi
     Pendahuluan
     Definisi Penilaian Status Gizi
     Metode Penilaian Status Gizi
Bab 4. Konseling Gizi dan Promosi Kesehatan Gizi
     Konseling Gizi
     Promosi Kesehatan
Bab 5. Gizi pada Ibu Hamil
     Pendahuluan
     Kebutuhan Gizi Ibu Hamil
     Pentingnya Hemoglobin (Hb) dalam Kehamilan
     Tanda dan Gejala
     Akibat Anemia Pada Ibu Hamil
Bab 6. Interaksi Obat dan Makanan
     Proses Pencernaan, Absorpsi, dan Metabolisme  Zat Gizi
     Prinsip Dasar Interaksi Obat
     Interaksi Obat dengan Reseptor
     Interaksi Obat dan Makanan
     Reaksi Tubuh Terhadap Obat
Bab 7. Manajemen Mutu dan Keamanan Pangan
     Pendahuluan
     Manajemen Mutu Makanan
     Keamanan Pangan
Bab 8. Gizi Kerja dan Olahraga
     Pendahuluan
     Karbohidrat terhadap Kerja dan Olahraga
     Protein Terhadap Kerja dan Olahraga
     Lemak Terhadap Kerja dan Olahraga
     Zat Gizi Mikro Terhadap Kerja dan Olahraga
     Air Terhadap Kerja dan Olahraga
Bab 9. Gizi Masyarakat dan Gizi Kuliner
     Konsep Dasar Gizi Masyarakat
     Konsep Dasar Gizi Kuliner
Bab 10. Gizi dalam Daur Kehidupan dan Epidemiologi Gizi
     Pendahuluan
     Gizi Wanita Hamil
     Gizi Remaja
     Gizi Lanjut Usia
     Epidemiologi Gizi
Bab 11. Gizi Untuk Kesehatan Ibu, Balita dan Anak
     Pendahuluan
     Gizi Untuk Kesehatan Ibu
     Gizi Untuk Kesehatan Anak
Bab 12. Biokimia Gizi dan Metabolisme Zat Gizi
     Pendahuluan
     Biokimia Gizi
     Metabolisme Zat Gizi
Bab 13. Sosiologi dan Antropologi Gizi
     Sosiologi dan Antropologi
     Antropologi Budaya
     Unsur dan Karakteristik Kebudayaan
     Budaya dan Makanan
     Konsep Kebiasaan Makan
     Tabu Makanan
     Fungsi Makanan
Bab 14. Ilmu Bahan Pangan dan Mikrobiologi Pangan
     Istilah Pangan
     Sumber Bahan Pangan: Nabati dan Hewani
     Manfaat Mikroba dalam Ilmu Pangan
     Fermentasi dalam Pangan
     Potensi Bahaya dari Cemaran Mikrobiologi  pada Makanan
Bab 15. Intervensi dan Evaluasi Gizi
     Konsep Dasar Intervensi Gizi
     Evaluasi Gizi
Cover Belakang