Inilah Koran dapat dibaca gratis dalam masa terbatas di aplikasi smartphone & tablet Android.

Editorial

PSSI itu banyak masalah. Lubangnya ada di mana-mana. Dengan terbongkarnya kasus dugaan match fixing, bolehlah dikatakan mereka diurus sebagian orang yang amburadul. Tapi, tak pada tempatnya juga kalau kita berkeyakinan PSSI itu nyaris selalu merugikan Persib Bandung.

Tudingan PSSI merugikan Persib itu selalu muncul setiap Maung Bandung menghadapi masalah eksternal dengan otoritas sepak bola itu. Soal denda sanksi yang dijatuhkan, misalnya, pendukung Persib selalu menyudutkan PSSI. Padahal, ternyata, setelah terakumulasi, Persib bukanlah klub yang paling banyak dijatuhi denda musim lalu itu.

Kita paham, tudingan-tudingan seperti itu akan selalu muncul. Sebab, tak mungkin PSSI memuaskan seluruh keinginan klub-klub anggotanya. Jika terjadi pelanggaran atas aturan pastilah ada klub yang akan dijatuhi sanksi. Sayangnya, kebanyakan klub, terutama pendukungnya, menuding sanksi itu sebagai keputusan berat sebelah.

Hal serupa juga sebenarnya terjadi di klub-klub lain. Saat Nugraha Besoes, urang Bandung lama menjadi Sekretaris Umum PSSI, misalnya, banyak pula pendukung klub yang menuding PSSI selalu menganakemaskan Persib. Padahal, tentu tak selamanya seperti itu.

Betapa baiknya PSSI terhadap Persib terlihat dalam dua peristiwa yang terjadi sepekan ini. Pertama, PSSI menunda jadwal pertandingan Persib lawan Arema FC di 16 Besar Piala Indonesia. Jika laga tersebut tetao digelar hari ini, bisalah dibayangkan betapa Persib mengalami kerugian karena kondisi fisik pemainnya terkuras saat laga lawan Persiwa.

Kebaikan lainnya, PSSI menyebutkan besar kemungkinan partai pembuka turnamen Piala Presiden 2019 akan digelar di Bandung. Kemungkinan, laga pembuka itu pun melibatkan Persib Bandung. Itu sebuah kehormatan. Lebih terhormat lagi jika Persib yang tampil di laga pamuncak dan memenangkannya.

Jadi, alih-alih selalu menyalahkan PSSI, tidakkah ada baiknya klub, pendukungnya, melakukan introspeksi atas masalah yang dihadapi?

Februari 2019